Pembobolan Rekening BCA via Mobile Banking

Saya membuat laporan pembobolan rekening BCA dengan nomor ID laporan: 2062731672 dan 2062725114. Pada tanggal 24 Agustus 2022, saya melaporkan kejadian ini ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak bank.

Pada tanggal 1 September 2022, saya menelepon halo BCA untuk mengonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya. Padahal saya berlokasi di daerah Parung, Bogor.

Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tanggal 6 September 2022. Pada tanggal 5, saya dapat email dari pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya? Padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan m-banking saya dan baru saya bisa gunakan pada pukul 3 sore dibantu oleh customer service.

  1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.
  2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah. Padahal harusnya BCA menjamin sistem m-banking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman.
  3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu, sampai kapan? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian.
  4. Transaksi dilakukan di daerah Medan, padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.
  5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.
  6. Saya dibuatkan ID laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tanggal 15 September 2022.

Mana janji kalian yang mengklaim akan menjaga keamanan nasabah dari hacker dan penyalahgunaan sistem oleh pihak lain dan akan mengganti 100%? Kalian yang tahu semua data dan transaksi yang terjadi, tapi saya sebagai nasabah hanya disuruh menunggu.

Miseno Agus
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem keamanan mobile banking BCA:
[Total:515    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Miseno Agus

Menanggapi keluhan Bapak Miseno Agus di Redaksi Media Konsumen tanggal 07 September 2022 dengan judul “Pembobolan Rekening BCA via Mobile...
Baca Selengkapnya

185 komentar untuk “Pembobolan Rekening BCA via Mobile Banking

    • 8 September 2022 - (10:18 WIB)
      Permalink

      Pihak BCA sudah menghubungi saya setelah saya up di media konsumen, semoga ada penjelasan yang lebih saya mengerti bagaimana bisa uang saya berpindah tanpa sepengetahuan saya.

      Semoga ada kejelasan agar tidak ada kejadian seperti ini, karena sudah banyak yang mengalami seperti yang saya alami. Bisa cek di google

      • 11 September 2022 - (06:23 WIB)
        Permalink

        Dalam hal ini,
        Menurut saya hape bapak perlu diperiksa oleh tim cyber security itu baru fair.
        Kalau yg saya tau ya,
        Satu,
        Apabila kita mereset hape, lalu mau install ulang mbca, lalu kita daftar tidak semua langsung dapat aktivasi terutama hapenya berbeda,ini sudah saya test di hape berbeda.
        Kedua,
        Hape bpk apakah sudah root namun di hideroot, magisk untuk android 10 kebawah masih sanggup melakukan ini bahkan aplikasi yg mendeteksi ini tidak tau kalau sudah diroot.
        Ketiga,
        Apk bpk apakah resmi dari playstore,jika bukan kemungkinan berisi hijqck, phising, addon patch tambahan yg berjalan didalam latar, aplikasi inikan sama kaya aplikasi desktop .exe yg mudah di patch hook. Diinject codes tertentu untuk melakukan satu aksi, klo bpk pnh lihat patch keygen ya seperti itulah. Bisa juga bpk install aplikasi vpn, ini juga perlu diperiksa. Ketika seseorang memakai vpn bukan hanya menjadi hide tapi sebenarnya mereka rela menyerahkan segala lalu lintas data yg di post dan get ke server vpn dahulu seperti checkpoint. Kita tidak tau loh saat checkpoint data kita langsung diteruskan atau diobok obok dulu.
        Keempat,
        Transaksi itu menggunakan pin yg hanya bpk yg tau, dan setiap transaksi mengirimkan sms dari nomor anda. Kalau kartu sim dicloning, sampai sekarang harusnya nomor bpk tidak aktif lagi kartunya krn tdk mungkin kartu double.
        Kelima,
        Koneksi data menggunakan ssl, jadi sampai sekarang koneksi ini teraman sampai saat ini. Lalu kok bisa bobol.
        Kesimpulan saya, hape bpk harus dicek,
        Pengalaman sy dengan teman saya yg komplain rekeningnya dikuras dgn transaksi internet banking di komputer, bukan mobile banking di hape, dia suka pakai keygen patch bajakan yg mana keygen ini menginstall addon plugin tambahan di firefox yg memata matai apa yg kita ketik, sanggup melakukan tamper data ketika browsing. Tamper data jika meski dari komputer berbeda sangat susah ketika menggunakan ssl, tapi ketika sudah diinject kedalam badan aplikasi, kita bisa melihat tamper data apa yg di post dan get aplikasi. Ibarat dalam tubuhnya ada virusnya.

        Salam cyber security

      • 14 September 2022 - (00:18 WIB)
        Permalink

        Pa Miseno, rekening saya kena retas hacker , saya mengalami hal yang persis ,ada pemindahan dana 3 kali, tidakbisa digunakan di MBC* nya pada awal september ini , sayasedang menunggu feedback ID laporannya dari Bank BC*, mungkin saya bisa berjumpa dgn pa Miseno, agar ada solusi dari perbankannya,bilamana sesama korban bisa kita bisa bertukarpikiran. Terimakasih. Alamat email prj.2022@yahoo.com

        • 16 September 2022 - (00:43 WIB)
          Permalink

          Pak, gmn apakah ada update terbaru dari pihak Bank.. Saya juga mengalami hal saya seperti bapak. Kejadian nya tgl 11 september 2022. Sudah lapor bank dan pihak polisi juga, Mungkin bisa kita saling sharing pak ūüôŹ

      • 14 September 2022 - (17:29 WIB)
        Permalink

        Gimana update nya? Tolong jabarkan. Kesalahkan dr pihak nasabah, atau sistem BCA nya?

    • 9 September 2022 - (10:09 WIB)
      Permalink

      Miriplah kejadiannya dgn saya, ada notif masuk ke call center2 milik bca, berarti ada transaksi…yg saya dinfo kl kk saya di jebol. Saya komplain ke bca bgmn ada orang yg bisa pakai kk saya..tp anehnya transaksi tidak ada di statement bank
      Call center2 milik bca dan mereka sdh akui itu.
      Siapa yg pakai kk saya dan kemudian bisa menghapus transaksi itu??? Pikir aja sendiri….

    • 9 September 2022 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Sedikit bertanya gan.
      Pada waktu agan menyadari halo bca tidak dapat digunakan apa agan ada bukti rekaman ? ( video yg berisi wajah agan + posisi lokasi + aplikasi mbank bca yg tidak dapat digunakan + tanggal dan hal hal yg mendukung pernyataan agan ).

  • 8 September 2022 - (09:39 WIB)
    Permalink

    Capek banget Pak baca comment Bapak dari atas ke bawah banyakan cuma copas2 aja, tapi ceritanya selalu mulai dari “Tgl 23 Agustus tiba¬≤ saya tidak bisa buka mbanking saya…..” Yg pembaca pengen tau adalah sebelum itu Bapak ngapain aja, ada akses apa aja, HP bapak ada dipegang orang lain di rumah kah terus ada telepon masuk minta OTP dikasih oleh orang itu ga, coba ceritain proses sebelum ga bisa dibuka itu Pak kalau mau sama¬≤ mikirin potensi penyebabnya apa.

    3
    2
    • 8 September 2022 - (10:15 WIB)
      Permalink

      Tidak ada pak karena saya hanya tinggal ber dua sama istri dan saya baru mau buka Mbanking saya karena mau bayar pesanan via market place lewat Mbanking.

      Tidak ada telp atau apapun yang saya terima.

      Setelah saya up dimedia kosumen BCA kembali menghubungi saya untuk menindaklanjuti Malasah ini kepihak terkait. Mohon doanya saja semoga ada kejelasan bagaimana bisa terjadi seperti ini karena saya sendiri awam dan tidak tahu

      1
      1
      • 8 September 2022 - (12:46 WIB)
        Permalink

        “Saya mau bayar pesanan via marketplace lewat mbanking”. Berarti sebelum ini anda sering melakukan transaksi lewat mbanking?

        1
        1
        • 8 September 2022 - (13:38 WIB)
          Permalink

          Bukannya hal biasa pembayaran via Mbanking jika kita beli barang di market place seperti lazada dan shopee, saya yakin BPK juga pernah melakukan pembelian melalui market place dan membayar via Mbanking.

          Pagi itu saya membuka mbanking untuk membayar pesanan barang tapi sudah tidak bisa dibuka

        • 10 September 2022 - (11:22 WIB)
          Permalink

          Saya turut prihatin, semoga cepet selesai masalah dan kembali uang nya. Kemungkinan ada permainan eks bank atau oknum pegawai bank nya yang bermain, mengcloning data nasabah. Kalau berita bank kebobolan tau sendiri media di kasih kue biar diem. Mau media online, sosial media, TV, dan news ada oknum pegawai yang nakal. Saya dulu kerja di media jadi tau kalau rekan kerja saya dan temen saya kerja di media lain ada yang nakal. Seharusnya media itu netral bukan untuk kepentingan. Tapi ga semua yang kerja di media itu nakal untuk kepentingan pribadi maupun politik, semua tergantung hati nurani dan individu nya. Setau saya di bca mau transaksi harus pakai kartu yang sama dari awal daftar, jangan kan berbeda salah naro SIM card aja tidak bisa. Saran saya up ke media news/ online lainnya biar cepet selesai prosesnya. Hati-hati jangan klik link apapun yang mengatas namakan bank.

  • 8 September 2022 - (12:19 WIB)
    Permalink

    Maaf pak. Ini saya baca secara cepat dan bapak tuh pas komentar panjang sekali, padahal sudah dibilang di MK kalau mau cerita kronologi yang lengkap. Jangan hanya diputar lagi di komentar. Orangpun capek bacanya. Yang terpenting kronologi di MK benar dan sesuai ada bukti pendukung. Sebelum dan sesudah yang terjadi seperti apa. Kalau saran saya coba bapak buat Surat MK Baru dengan lebih lengkap. Karena ada komentar dari Bapak yang jawabannya lompat2, tapi di atasnya sama.
    Untuk masalah BCA sendiri, jangan hanya halo BCA, segera ke gerainya. Itu uang lumayan besar 50 jutaan.
    #JernihBerkomentar

    • 8 September 2022 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Sudah pak saat saya telp halo BCA menanyakan Mbanking saya yang tidak bisa dibuka dan dinfokan ada 3 transaksi yang bersamaan terjadi, dr pihak BCA pun sudah memblokir rekening pelaku dan menginfokan ke saya kalau sedang pelacakan di BCA cabang pelaku.

      Pada hari yang sama setelah Telp halo BCA saya langsung ke BCA cabang terdekat dan CS BCA baru bisa membuka Mbanking saya pada jam 3 sore di BCA cab. Sawangan.

      Karena sebetulnya saya sendiri menulis kronologi berantakan sehingga banyak yang berkesimpulan kalau ini karang2an saya.

      Kenapa akhirnya saya menuliskan di MK karena dr tgl. 23 saya diinfokan menunggu sampai tgl. 6 untuk proses investigasi, sampai akhirnya tgl. 5 malam saya dapat email yang menjelaskan kalau penarikan itu karena kesalahan saya.

      Yang perlu saya tekankan pada pagi hari itu saya tidak dapat SMS atau telp dr pihak manapun mengenai permintaan otp atau kode akses, pin Mbanking hanya saya yang tau dan dirumahpun tidak ada orang lain kecuali saya dan istri.

      Setelah saya menerima jawaban via email saya langsung menghubungi halo BCA kembali dan dibuatkan ID baru tentang keberatan saya menerima hasil investigasi BCA.

      Saya diminta untuk melaporkan kembali ke kepolisian tentang tindakan kriminal sedangkan dr kepolisian meminta surat keterangan dari BCA untuk bukti laporan kalau benar saya nasabah BCA dan benar terjadi keluar uang tanpa sepengetahuan saya sebagai nasabah, tapi pihak BCA tidak mau mengeluarkan surat tersebut.

      Saya menuliskan ini di MK karena mungkin disini jalan saya bisa mendapatkan kepastian dan dimana pelaku melakukan penarikan karena hanya pihak BCA yang tau.

      Pagi ini setelah saya up pihak BCA sudah menghubungi saya kembali untuk investigasi ulang ke pihak terkait. Saya hanya menyampaikan kejadian yang saya alami walau mungkin penyampaian saya masih kurang

  • 8 September 2022 - (12:37 WIB)
    Permalink

    ada klik link dari wa / sms ? ada kasi2 OTP atau nomor kartu? jujur aja dulu daripada BCA membuat klarifikasi yg menohok

    • 8 September 2022 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Tidak ada pak saya terima SMS meminta nomer otp dan nomer kartu.

      Pagi ini BCA sudah menghubungi saya kembali untuk proses lebih lanjut semoga ada kejelasan

  • 8 September 2022 - (13:47 WIB)
    Permalink

    Semoga lekas selesai dan memang bs kembali uang nya Pak TS, maklum buzzer perjuangan BCA memang militan dimana2 masuk membela klo ada yang nyebut2…

    • 8 September 2022 - (13:50 WIB)
      Permalink

      Aamiin pak semoga setidaknya pagi ini BCA sudah menghubungi saya kembali untuk proses lebih lanjut setelah email terakhir tgl. 5 yang saya terima.

      Semoga ada kejelasan dan titik terang

  • 8 September 2022 - (14:16 WIB)
    Permalink

    Apa yang anda lakukan sebelumnya cuma anda dan istri yang tau. Kalau memang kesalahan dari pihak BCA pasti akan tanggung jawab. Tapi kalau setelah dilakukan investigasi kesalahan dari pihak bapak atau keluarga ya apa mau dikata? Soalnya skrg trik penipuan itu banyak. Mulai dari sebar link atau website scam yang menyerupai situs website asli, trik seller e-commerce transaksi di luar aplikasi dengan metode pishing, atau trik telp dari pihak yang mengaku petugas bank. Dari sini nanti akan diketahui bahwa pihak bank atau nasabahnya yang salah.

    Banyak kok nasabah BCA yang aman2 aja. Cuma segelintir orang dari sekian juta nasabah yang kebobolan itupun terkadang karena kelalaian sendiri.

    1
    1
    • 8 September 2022 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Justru itu yang saya minta penjelasan yang jelas dimana penarikan itu terjadi, benar atau tidak BCA cabang pelaku dihubungi. Karena saya tidak dapat penjelasan rinci saat saya bilang akan ke BCA pusat jawabannya hanya disuruh menunggu investigasi kembali sampai tgl. 15.

      Semoga ada kejelasan itu saja yang saya tekankan

    • 9 September 2022 - (23:01 WIB)
      Permalink

      Sabar pak semoga ada kejelasan … Yang komen banyakan Buzzer BCA jadi biar ga keliatan tih bobroknya..

  • 8 September 2022 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Tanpa kita memberikan data, data2 kita dijual bebas kok, tinggal pinter2 si hacker aja sortir data yg valid.

    • 8 September 2022 - (15:32 WIB)
      Permalink

      Semoga pak ada titik terang dan penjelasan yang detail karena hanya itu yang dibutuhkan

    • 9 September 2022 - (15:57 WIB)
      Permalink

      Wedeh para si paling ngerti sistem keamanan BCA sedang berkumpul.. Hacker itu udah pada canggih bos, itu memang bapaknya lagi hoki aja sedang mau membuka mbanking, Tante saya ilang 200 juta dari transaksi mbanking dan tarik tunai ATM (kartu ATM tidak pernah hilang) dan baru ketauan setelah 5 hari karena mbanking nya tidak bisa diakses. Terus juga sama kaya si Bapak, kejadiannya masih terhitung baru sekitar awal bulan Agustus.. jadi ya hacker emang canggih

      • 16 September 2022 - (09:13 WIB)
        Permalink

        Bagaimana kelanjutannya kak karena saya masih menggantung sampai sekarang

  • 8 September 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Nomer sim card bisa di cloning, okelah masih masuk akal walau itu hal yg sangat sulit, login M banking tanpa 16 digit ATM, wow canggih sekali dia.. Sampai sini netizen masih heran semua, bagaimana mngkin bisa login jika tidak tau 16 digit atm

  • 8 September 2022 - (22:12 WIB)
    Permalink

    Ikut nyimak komen2 diatas, gak ada yg mustahil kalo digital mah setau saya, mudah2an kejadian ini gak kena kesaya aamiin, saya doakan duitnya bisa kembali

    yg terpenting hp jgn di root, jgn install2 VPN karena itu bisa jadi jalan masuk, dan link2 yg ga jelas

  • 9 September 2022 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Bukan mau menyalahkan bapak yg sedang kena musibah, namun selain kelalaian sendiri bisa jadi entah akun m-banking atau devicenya sendiri yg datanya ter-leak/terbobol mengingat data data di indonesia saat ini sudah banyak yg terbobol mulai dari situs pemerintahan dan situs swasta, jadi jika melihat hal hal atau link link yg mencurigakan sebaiknya hindari, atau jika mendengar berita kebobolan data segera ganti password pada hal-hal yg bersifat sensitif. Semoga masalahnya cepat selesai.

  • 9 September 2022 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Ada 3 cara bobol M-Banking (bank apapun) :
    1. Kerjasama dengan orang dalam (bank)
    2. Anda adalah hacker kelas mosad dan punya komputer kuantum. Sayangnya belum ada komputer kuantum.
    3. Social engineering aka tipu-tipu. Ini yang paling banyak terjadi. Bilang anda dapat hadiah lah, dapat kartu kredit lah, naik limit kartu kredit lah, bebas biaya transfer lah macam-macam. Yang dilakukan adalah meminta OTP dari anda.

    So, dalam kasus ini anda termasuk yang mana?

  • 9 September 2022 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Kl BCA niat serius pasti cepet dapat pelakunya…krn sdh jelas aliran uang ke rek mana aja.tiap buka rek kan ada nama lgkp,foto,alamat dll.tggl dicari yg penerima uangnya.trs kerjasama dgn pihak kepolisian utk interogasi penerima dana nya dr siapa,atau utk transaksi apa dsb…

    3
    1
  • 9 September 2022 - (21:34 WIB)
    Permalink

    Kok di comment banyak yang seperti buzzer BCA ya?sudah jelas Bapak ini menyampaikan keluhan terhadap transaksi suatu bank, kenapa menjadi menyalahkan si Bapak ini??BCA itu juga bikinan manusia, bukan bank yang sempurna juga…alangkah lebih baik dari BCA, punya customer service baik ke nasabah juga atau minimal nasabah terjelaskan dengan baik..jangan bersifat defensif sebagai bank namun sama sama mencari jalan keluar

    • 16 September 2022 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Setuju karena kita yang mengalami malah semakin jadi tertekan sudah rugi materi disalahkan sesuatu yang saya sendiri bingung kenapa bisa terjadi.

      Padahal semua data hanya saya yang tau dan penjelasannya pun saya tidak mengerti

  • 9 September 2022 - (22:15 WIB)
    Permalink

    Ngeri, yg saya tau BCA termasuk aman karena untuk login diperlukan HP dengan sim yg sudah di daftarkan. Selain aplikasi BCA yg lawas, ada juga sekarang yg tipe e-wallet seperti Blu, apakah duit hilang tersebut berasal dr rekening asli atau Blu.

    Lalu juga perlu diperhatikan untuk e-commerce & e-wallet kita banyak dimanjakan oleh top up langsung dari aplikasi terkait, melalui OneKlik BCA. Buat jaga-jaga saja jika memang kerjaan hacker maka peluang tersebut pasti ada. Maka pastikan aplikasi mana saja yg terhubung langsung dengan sistem top up, jika jarang transaksi dengan itu lebih baik di putus saja link nya (bs dicek di aplikasi BCA Mobile), dan setting limit harian yang paling aman buat diri sendiri.

    Yg paling ngeri itu jika terjadi kloning sim kartu, sudah ada kejadiannya sempet heboh, tp sy lupa kasusnya siapa. Jadi soal tuduh menuduh, lubang tersebut bisa jadi bukan di BCA namun di provider telekomunikasi anda jadi kerjasama penyelesaian kasus diperlukan tindak lanjut dari banyak pihak yang terlibat dalam perbankan elektronik.

    • 10 September 2022 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Bagaimana kelanjutan investigasinya Pak? Semoga sudah ada titik terang. Turut prihatin. Semoga uang Bpk bisa kembali.

  • 10 September 2022 - (00:16 WIB)
    Permalink

    Coba lebih detail mas kronologisnya.
    Mbca gabisa login 2 device even simcard betul di cloning, karena akan muncul notif bahwa mbca masih aktif di perangkat lain, dan jika tekan ok pasti keluar. Ke 2, akun login device di kota lain, ini bisa saja terjadi karena kalibrasi gps error, atau memang pelaku melakukan dari luar kota, berikutnya kemungkinan terbesar adalah modus peralihan mbanking ke device lain, dimana nasabah di pandu untuk paste link verifikasi. Semoga masalah cepat selesai, dan lebih hati hati lagi terhadap data perbankan. Karena jika memang semudah itu sistem bca di retas, pasti korbannya bukan 1 orang saja, melainkan khalayak ramai nasabah bca.

    • 16 September 2022 - (09:10 WIB)
      Permalink

      Yaa karena yang saya cek ada beberapa nasabah yang sama mengalami apa yang saya alami.

      Saya minta penjelasan detail infonya BCA itu tidak dapat dijelaskan karena data tidak dapat diberikan kecuali ke pihak penyidik kepolisian

  • 10 September 2022 - (03:00 WIB)
    Permalink

    Mungkin pernah kena skimming ini kyknya . Pernah servis hp, bisa aja hpnya di kloning,

    • 16 September 2022 - (09:08 WIB)
      Permalink

      Kebetulan hp saya tidak pernah diservice jadi saya sendiri heran

  • 10 September 2022 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Entah sistem BCA yang bobol, atau Anda sendiri yang kebobolan detail informasi perbankan secara sadar atau tidak, yang jelas tidak ada sistem bank yang sempurna, termasuk BCA. Sembari menunggu hasil investigasi BCA, saran saya coba Anda reset device (factory default) jika ragu apakah HP Anda sudah tersadap mungkin terpasang aplikasi (ini hanya dugaan lho ya). Kalau modusnya SIM card cloning, berarti lebih repot lagi, segera urus ganti nomor ke BCA (tapi semoga saja ini tidak terjadi). Banyak spekulasi, tapi kejadian semacam ini sering mengabaikan bahwa ternyata pelakunya bisa jadi ada di sekitar korban (tahu tentang korban dan informasi perbankannya).

    • 16 September 2022 - (09:07 WIB)
      Permalink

      Saya sendiri tidak faham apa yang dijelaskan mereka hanya sampaikan device digunakan di hp berbeda

      Saya hanya menggunakan 1 hp dan nomer telp yang digunakan ada di hp yang saya pakai. Yang saya bingung saya tidak memberikan data apapun kepihak manapun, tapi info yang sama saya dapat kalau saya memberikan data kepihak lain.

    • 16 September 2022 - (09:05 WIB)
      Permalink

      Sudah saya lakukan pak karena kecewa dengan jawaban yang abu2

    • 16 September 2022 - (09:32 WIB)
      Permalink

      Sama juga pak. Beberapa bulan lalu jg ada nasabah mandiri yg kebobolan 125jt dr atmnya. Ada penarikan yg tdk dia lakukan. Kasusnya viral di twitter, dan dr komen2nya banyak yg mengalami hal sama dgn jml berbeda2. Pihak bank lepas tangan juga, menyalahkan nasabah. Entah bgaimana kelanjutannya akhirnya.

  • 11 September 2022 - (03:03 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat selesai pak masalah nya.dan BCA bertanggung jawab penuh atas uang nasabah..percuma bos BCA berkoar di media blg BCA mengganti penuh uang nasabah yg terkena hacking.. jgn cuma Gimik.. saya jg pernah mengalami jg ada transaksi yg tidak saya lakukan dari mbca ke ovo orang.. saya lapor ke BCA malah di suruh blokir rekening dan buat laporan polisi.saya malah di suruh hubungi ovo .berbelit² ribet akhirnya mereka jg ga mau bertanggung jawab malah suruh saya tutup rekening dan buat baru.padahal jelas² saya ga merasa melakukan transaksi itu.untung cuma 900 ribu jadi saya iklasin aja dari pada ribet. Update lg pak perkembangan nya..

  • 14 September 2022 - (07:51 WIB)
    Permalink

    Agak bingung dengan kalimat : menggunakan device saya.
    Apakah yang dimaksud device itu :
    – nomor hp/sim card yang sama?
    – jenis hp yang sama?
    Di tiap HP ada nomor IMEI dan MAC address yg unik dan tidak mungkin sama untuk setiap device.

    • 16 September 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Saya juga tidak mengerti karena yang saya gunakan hanya 1 hp dan BCA menjelaskan digunakan di device berbeda.

      Saya tidak memberikan data apapun pada pihak manapun hari itu

  • 14 September 2022 - (12:39 WIB)
    Permalink

    Cuma orang bodoh yang anggap sistem perbankan kita aman,jelas harus ada solusi terbaik dari bca.

  • 16 September 2022 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Banyak komentar yg sadis di awal. Org tua yg kehilangan uang puluhan jt krna rekeningnya dibobol dihakimi dan dibully. Banyak yg dengan naifnya mengatakan tdk mungkin krna jika ganti device, ganti kartu, memindahkan posisi kartu, ganti provider data hrs verifikasi ulang, input nomor kartu atm dsb. Ya betul jika yg login adalah nasabah. Hacker tdk perlu menginput ini itu. Namanya hacker, keahliannya mmg meretas sistem keamanan suatu situs/aplikasi. Para hacker pelaku kejahatan perbankan skrg ini keahliannya sdh semakin canggih. Menjadi keharusan bagi bank2 untuk terus meningkatkan sistem keamanan transaksi digitalnya dan tdk lepas tangan jika nasabahnya mjd korban peretasan.

  • 19 September 2022 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Untuk yang mengalami kejadian sama seperti saya bisa email ke mogeseno@gmail.com biar bisa sharing, karena banyak korban2 yang sama seperti saya alami sekarang.

    Biar kita juga bisa dapat kejelasan kenapa hanya nasabah yang disalahkan tapi bank sendiri tidak memberikan data yang valid ke nasabah yang dirugikan

  • 19 September 2022 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Saya korban peretasan rekening di Bc* juga..apa yang dialami pa Seno saya alami juga,kami akan berjuang untuk mendapatkan apa yang telah diambil para hacker pembobol rekening,terimakasih buat dukungan teman2 setanah air yang mendoakan kami.

    • 19 September 2022 - (14:54 WIB)
      Permalink

      Semoga BC* bisa kasih solusi yang terbaik yaa pak karena Ndak Ndak cuma menyudutkan nasabah kesalahan nasabah padahal kita yang dirugikan.

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan mobile banking BCA?

Ada 185 komentar sampai saat ini..

Pembobolan Rekening BCA via Mobile Banking

oleh Miseno Agus Priyanto dibaca dalam: 1 menit
185