Pembobolan Rekening BCA via Mobile Banking

Saya membuat laporan pembobolan rekening BCA dengan nomor ID laporan: 2062731672 dan 2062725114. Pada tanggal 24 Agustus 2022, saya melaporkan kejadian ini ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak bank.

Pada tanggal 1 September 2022, saya menelepon halo BCA untuk mengonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya. Padahal saya berlokasi di daerah Parung, Bogor.

Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tanggal 6 September 2022. Pada tanggal 5, saya dapat email dari pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya? Padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan m-banking saya dan baru saya bisa gunakan pada pukul 3 sore dibantu oleh customer service.

  1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.
  2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah. Padahal harusnya BCA menjamin sistem m-banking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman.
  3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu, sampai kapan? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian.
  4. Transaksi dilakukan di daerah Medan, padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.
  5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.
  6. Saya dibuatkan ID laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tanggal 15 September 2022.

Mana janji kalian yang mengklaim akan menjaga keamanan nasabah dari hacker dan penyalahgunaan sistem oleh pihak lain dan akan mengganti 100%? Kalian yang tahu semua data dan transaksi yang terjadi, tapi saya sebagai nasabah hanya disuruh menunggu.

Miseno Agus
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Sistem keamanan mobile banking BCA:
[Total:512    Rata-Rata: 2.3/5]
Tanggapan BCA atas Surat Bapak Miseno Agus

Menanggapi keluhan Bapak Miseno Agus di Redaksi Media Konsumen tanggal 07 September 2022 dengan judul “Pembobolan Rekening BCA via Mobile...
Baca Selengkapnya

184 komentar untuk “Pembobolan Rekening BCA via Mobile Banking

  • Halo BCA
    7 September 2022 - (18:52 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk link yang Bapak/Ibu Pelanggan kirimkan tidak dapat kami buka ya. Tks 🙂 ^Alfan

    2
    34
    • 7 September 2022 - (21:03 WIB)
      Permalink

      Pada tgl. 23 Agustus 2022 sekitar jam 9 lewat saya tidak bisa membuka MBanking BCA saya dan saya melaporkan melalui Halo BCA. Saat saya hubungi Halo BCA saya diinfokan ada 3 transaksi keluar yang tidak saya ketahui.

      Ke 1 sebesar Rp. 25.000.000 ke rek BCA an Zulkifli Lubis
      Ke 2 sebesar Rp. 5.600.000 ke OVO nomer telp. 082146135127
      Ke 3 sebesar Rp. 24.990.000 ke rek BNI an Alam Indra Buanam

      Transaksi tersebut keluar tanpa sepengetahuan saya dan pada saat itu juga saya tidak dapat membuka Mbanking saya. Customer service menginfokan kalau transaksi tersebut dilakukan oleh saya sendiri. Saya langsung ke BCA terdekat untuk pengecekan dan saya dibantu customer service bank BCA cabang sawangan untuk pengecekan dan membantu membuka Mbangking saya kembali.

      Mbangking saya baru bisa digunakan pada jam 3 sore dengan bantuan customer service BCA cab. Sawangan.

      Saya membuat laporan pembobolan rekening dengan nomer id laporan 2062731672 dan 2062725114.

      Pada tanggal 24 Agustus 2022 saya melaporkan kejadian ini Ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak Bank.

      Pada Tgl. 1 September 2022 saya menelpon halo BCA untuk mengkonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya, padahal saya berlokasi di daerah Parung, bogor

      Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tgl. 6 September 2022, pada tgl. 5 saya dapat email dr pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan Mbangking saya dan baru saya bisa gunakan pada jam 3 sore dibantu oleh customer service.

      1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.

      2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah, padahal harusnya BCA menjamin sistem Mbanking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman

      3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu sampai kapan ? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian

      4. Transaksi dilakukan di daerah Medan padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.

      5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.

      6. Saya dibuatkan Id laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tgl. 15 September 2022

      21
      3
      • 8 September 2022 - (15:17 WIB)
        Permalink

        Assalamualaikum warahmatullah.
        Menurut saya itu murni kelalaian anda sendiri.
        Kelalaian anda terhadap device, akun bank, password dan pin.
        Anda lalai dengan device anda, jika benar itu bukan anda yg melalukan transaksi berarti ada seseorang yg kenal dengan anda, bisa memegang device anda, tau pin aplikasi dan password mbanking anda.
        Sebab login dan transaksi menggunakan device anda.
        Itu tidak akan bisa anda gugat kemanapun sebab itu murni kelalaian pribadi.
        Bersangkutan dengan lokasi medan sedangkan anda berada di Bogor itu adalah hal yg paling mudah di akali, sebab aplikasi membaca lokasi terkini saat transaksi.
        Dan tidak selalu lokasi ponsel itu akurat, tergantung setelan di device.
        Lebih lagi si pelaku pintar memanfaatkan aplikasi VPN.
        Tapi seandainya login dan transaksi itu tidak melalui device anda, ada kemungkinan besar anda di posisi yg menang gugat nantinya.
        Pesan saya, hati² dengan aplikasi perbankan dan selalu terapkan keamanan ganda di device anda.
        Semoga masalah anda cepat tercapai keputusannya.

        21
        19
        • 8 September 2022 - (22:31 WIB)
          Permalink

          Kok bisa ikut2an menyimpulkan pelaku menggunakan device nasabah yg bersangkutan dan langsung menyalahkan nasabah tersebut?
          Kalau mnrt saya tetap harus ditelusuri dulu sebelum memastikan kesalahan di pihak mana.

          24
          1
        • 9 September 2022 - (08:03 WIB)
          Permalink

          Anda ini keblinger yah, baca baik-baik dan lihat screenshot, pada tgl 23 Agustus pukul 9 korban sudah tidak bisa login, itu berarti akun Mbanking BCA nya sudah ada yg login (diretas), anda sudah main simpulkan, sekarang pertanyaannya kapan HP nya di pegang orang lain??, Sedangkan pada pukul 9 si korban tidak bisa login, itu berarti HP tetap dipegang si korban….payah nih panjul

          17
          2
        • 9 September 2022 - (21:11 WIB)
          Permalink

          Mohon maaf anda pengguna m-bca juga bukan ya?
          Selama ini saya menggunakan m-bca tidak bisa di akses dengan vpn yang terhubung

        • 10 September 2022 - (06:02 WIB)
          Permalink

          Kalau emang kesalahan usernya, bukannya m-bca kalo tanpa kartu SIM yang terdaftar tidak bisa login ya, kalo emang murni kesalahan ts ya bisa jadi hp nya hilang, tapi disini ts menyebutkan bahwa hp nya masih dipegang ketika m-bca error, jadi kalo disimpulkan ini bukan kesalahan ts nya, tpi emang sistem BCA, masa tanpa kartu SIM yang terdaftar bisa login m-bca

          10
      • 8 September 2022 - (22:21 WIB)
        Permalink

        Sebagai sesama pengguna mbca dan pengguna media ini sy turut prihatin, dan doa dari sy semoga mslh yg TS hadapi saat ini segera terselesaikan dan tidak merugikan TS. Aamiin…

        Sedikit pertanyaan dari sy utk TS, kalau boleh tau:

        1. Apakah nomor HP mbanking yg TS gunakan sama dgn yg terdaftar pd market place² TS?
        2. Apakah device yg terdapat aplikasi mbangking TS menggunakan prosesor MTK?

        Demikian pertanyaan dari sy, terimakasih.

      • 9 September 2022 - (09:37 WIB)
        Permalink

        Sy jg pernah mbca sy tdk bs dibuka. Saat itu habis transfer pulsa ke nmr hp lain, tiba2 paginya mbca tdk bs diakses Saat itu jg sy langsung ke kantor bca terdekat. Sy amankan dulu uangnya krn saat itu saldo ada 90 jt lbh. Sy pindahkan ke rekening di bank lain yg tdk pakai mbanking. Setelah itu sy baru kembali ke bca unt mengurus mbca sy. Setelah dibantu CS mbca sy baru bs dibuka.

        3
        1
      • 9 September 2022 - (16:48 WIB)
        Permalink

        Sebelumnya saya turut prihatin, dan semoga anda bisa sabar menghadapi cobaan yg menimpa, namun saya yakin rizki tsb akan balik lagi ke anda dengan cara yg lain ..

        Satu Pertanyaan simple aja .. bahwa menurut pihak bank ada kelalaian dari nasabah .. apakah pihak bank menjelaskan terperinci detail kelalaian tsb?

      • 9 September 2022 - (18:14 WIB)
        Permalink

        bapak jgn cuma sekedar nerima jawaban/tuduhan mereka kalo itu “dari device bapak”, minta detail data recordnya dari proses transaksi itu, mbca dgn userid apa, terkoneksi dgn ATM yg nomornya brp, lalu ATM tersebut terkoneksi dgn nmr hp brp ? dan device gadget yg digunakan apa ? takutnya ada org dalem yg “mengcloning” kartu ATM bapak, lalu diregistrasikan ulang dgn nmr hp yg berbeda, sebenernya hal kayak gini bisa ditracing, asal bapak benar2 yakin tdk bertransaksi saat itu, harus lebih ngotot sama BCA nya

        13
        • 10 September 2022 - (09:02 WIB)
          Permalink

          Betul ini, bang…nomer hp kita yang terdaftar di bca,yg bisa mengakses mbca.tanpa itu tidak mungkin terjadi, pelaporan itu juga terjadi di hari yang sama. semoga masalah bisa terselesaikan

      • 10 September 2022 - (08:49 WIB)
        Permalink

        Betul ini sungguh tidak mungkin ini kesalahan anda, sebab mengaktif kan mbca harus menggunakan kartu sim yang terdaftar dan klo menggunakan klik bca harus menggunakan keybca,, apakah bisa sim card tlp/key bca(walupun pencuri itu sudah tahu nomer kartu atm pass atm)Terbang secepat kilat kah dari bogor ke medan..dan pelaporan terjadi hari itu juga.

      • 12 September 2022 - (11:52 WIB)
        Permalink

        Sepertinya penulisan berbohong ada cerita yang tidak di sampaikan penulis. Untuk membobol mbca itu gk gampang:

        1 harus tau no kartu 16 digit.

        2. No hp yang di daftarkan.

        3. No pin kartu Atm.

        4. Kode akses mbca.

        Jadi sangat aneh kalau ada yang bisa membobol mbca anda. Kalau bisa ada yang masuk dan memakai saldo mbca anda itu semua karena kesaahan anda sendiri bukan kesalahan pihak bank. Kemungkinan besar anda mau belanja online lalu di arahkan oleh penjual agar bertransaksi menurut perintah dari si penjual, kemungkinan ke 2 anda tertipu oleh iming iming Hadiah voucher cashback dari si penipu. Terjadinya transaksi bisa saja terjadi di hp ada sendiri. Kalau anda katakan anda tunggal di Garut sedangkan di beritaukan transaksi itu ada di Medan. Itu cuma IP address anda mungkin IP address anda itu Medan. Seperti saya saya berasal dari Sumsel. Tapi IP address SIM saya di lokasi Medan.. coba anda tanyakan ke istri atau siapapun keluarga anda, mungkin mereka punya akses dan melakukan transaksi tersebut. Kalau bukan juga keluarga anda, kemungkinan yang terjadi anda sudah memberikan akses ke orang lain untuk memindahkan mbca anda ke device lain

        Jelas ini kesalahan anda sendiri

        2
        2
      • 13 September 2022 - (22:29 WIB)
        Permalink

        Salam kenal. Saya pada tanggal 01 September 2022 juga mengalami hal yg hampir dama dg anda. Jadi pada waktu itu skitar pukul 20.00 ada tlp via wa dg profile pict bank bca,3x tlp tdk saya angkat. Kemudian tlp yg keempat saya angkat,penelpon memberitahu saya utk melengkapi data (yg saya tdk tau data apa). Belum selesai pembicaraan kemudian saya tutup karena saya tau itu tipu2. Yg membuat saya kaget adalah tiba2 dia mengirimkan screenshot gambar login mybca saya dg nomor rekening dan nama yg sama begitu juga saldo hingga komanya sama persis. Saat itu juga saya tlp halo bca dan keesokan harinya saya blokir rekening saya. Untungnya belum ada transaksi diluar sepengetahuan saya.

      • 15 September 2022 - (06:01 WIB)
        Permalink

        Tidak mudah loh bobol m bca….tahapannya banyak…dan semua transaksi sukses…
        Mungkin situ meng klik link yang gak jelas hingga bisa diretas…atau mungkin…dihipnotis orang…karena transaksi lancar dan sukses sekali…

      • 8 September 2022 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Saya sendiri tidak faham, karena pagi itu saat saya buka Mbanking sudah tidak dapat digunakan makanya saya menghubungi halo BCA, justru Mbanking saya baru bisa kembali setelah CS BCA cab. Sawangan membantu di jam 3 sore karena setelah saya laporan via halo BCA saya langsung mendatangi BCA terdekat untuk mengetahui kejelasannya.

        5
        1
      • 9 September 2022 - (11:45 WIB)
        Permalink

        Jujurly yang jadi pertanyaan .kenapa pas akun di bobol pas bisa tahu mbca lg ga bisa di akses.seberapa sering akses m bca dalam sehari ??

        Apakah ada hal sebelum kejadian yang membuat TS membuka MBCA apakah mau transfer misalnya??

        • 10 September 2022 - (01:56 WIB)
          Permalink

          Jujurly kamu itu males baca artikel secara lengkap ya, dia bilang di laporan polisi berniat bayar pembelian online yang gataunya ga bisa dipake mbca nya, gausah marah ya, aku cuma gemes. Cubit nih

          • 10 September 2022 - (12:23 WIB)
            Permalink

            Jujurly saya merasa ada yang tidak di ungkapkan di sini.coba deh cermati saya tidak belanja onliine karena mbca tidak bisa di akses.saya akan membayar belanja online.saya nasabah prioritas.saldo saya tinggal 60k..Nasabah Prioritas itu bukan ordinary people lho bambang…

    • 9 September 2022 - (09:51 WIB)
      Permalink

      Sama spt kejadian yang saya alami…sempat berkeras kl call center2 bukan milik bca..giliran bisa saya buktikan, alesannya beda lg…coba ya orang di halo bca itu ditraining mengenai sistem perbankan lu sampai detail biar gak malu2in…
      Dan tidak ada tanggung jwb…

    • 9 September 2022 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin semoga segera terselesaikan dengan baik.

      sekedar penasaran saja, Jika ada kasus Bank Salah transfer kenapa cepet sekali mengusutnya, bahkan sampai segera mengunjungi nasabah yg ditransfer oleh Bank, tapi kalo ada nasabah kebobolan kenapa Bank kok seperti lambat dan berbelit belit. Apakah susah menemukan data nasabah yg membobol, tidak semudah menemukan nasabah yg ditransfer bank karena kesalahan.

      11
  • 7 September 2022 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Dijamin 99.99% aman. Yg membuat tidak aman biasanya pengguna itu sendiri. Memberikan pin, otp, cvv, dll baik disengaja ataupun tidak. Coba ditulis kronologinya yg lengkap.

    19
    7
    • 7 September 2022 - (20:53 WIB)
      Permalink

      Tgl 23 pagi itu saya sudah tidak bisa menggunakan Mbanking saya dan pihak BCA cabang yang membantu mengaktifkan. Tidak pernah sms permintaan otp, cvv atau apapun saat saya konfirmasi via telp laporan Mbanking di jam itu juga baru terjadi transaksi keluar

      3
      10
    • 7 September 2022 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Pada tgl. 23 Agustus 2022 sekitar jam 9 lewat saya tidak bisa membuka MBanking BCA saya dan saya melaporkan melalui Halo BCA. Saat saya hubungi Halo BCA saya diinfokan ada 3 transaksi keluar yang tidak saya ketahui.

      Ke 1 sebesar Rp. 25.000.000 ke rek BCA an Zulkifli Lubis
      Ke 2 sebesar Rp. 5.600.000 ke OVO nomer telp. 082146135127
      Ke 3 sebesar Rp. 24.990.000 ke rek BNI an Alam Indra Buanam

      Transaksi tersebut keluar tanpa sepengetahuan saya dan pada saat itu juga saya tidak dapat membuka Mbanking saya. Customer service menginfokan kalau transaksi tersebut dilakukan oleh saya sendiri. Saya langsung ke BCA terdekat untuk pengecekan dan saya dibantu customer service bank BCA cabang sawangan untuk pengecekan dan membantu membuka Mbangking saya kembali.

      Mbangking saya baru bisa digunakan pada jam 3 sore dengan bantuan customer service BCA cab. Sawangan.

      Saya membuat laporan pembobolan rekening dengan nomer id laporan 2062731672 dan 2062725114.

      Pada tanggal 24 Agustus 2022 saya melaporkan kejadian ini Ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak Bank.

      Pada Tgl. 1 September 2022 saya menelpon halo BCA untuk mengkonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya, padahal saya berlokasi di daerah Parung, bogor

      Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tgl. 6 September 2022, pada tgl. 5 saya dapat email dr pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan Mbangking saya dan baru saya bisa gunakan pada jam 3 sore dibantu oleh customer service.

      1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.

      2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah, padahal harusnya BCA menjamin sistem Mbanking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman

      3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu sampai kapan ? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian

      4. Transaksi dilakukan di daerah Medan padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.

      5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.

      6. Saya dibuatkan Id laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tgl. 15 September 2022

      3
      8
    • 8 September 2022 - (00:35 WIB)
      Permalink

      Bukan maksud berburuk sangka pada TS, tapi dari sudut pandang sebagai korban, bau-baunya ada cerita yang “hilang”, dan itu mengarah pada pemberian data pribadi berupa no ATM, pin, dsb. baik sengaja/tidak.

      Karena setahu saya yang namanya password tidak disimpan dalam wujud aslinya, melainkan hash… dan itu ga bisa diliat oleh pihak bank, apalagi orang lain kecuali si pemilik.

      12
      7
    • 8 September 2022 - (14:06 WIB)
      Permalink

      Belum mengalami sendiri ya bang. Mbanking BCA selalu menggunakan SMS berarti kartu SIM NYA ada yang kloning, atau memang system Di BCA kurang baik.

      6
      1
      • 8 September 2022 - (14:09 WIB)
        Permalink

        Pernah mengalami juga yaa pak ? Karena saya sendiri bingung kenapa bisa.

        Alhamdulillah pagi ini BCA sudah telp kembali dan bilang akan proses lebih lanjut perihal ini, semoga ada kejelasan sampai ada info selanjutnya.

        3
        1
        • 8 September 2022 - (14:16 WIB)
          Permalink

          Kira Kira kejadiannya Sama, BCA menanggapi nya cukup cepat. Berachir uang di credit kembali.
          Mbanking tidak mungkin dilakukan diluar ponsel berisi simcard no Tel terdaftar di mbanking.

          • 8 September 2022 - (14:45 WIB)
            Permalink

            Semoga saya juga ada kejelasan dr pihak BCA menunggu tahap selanjutnya.

      • 8 September 2022 - (23:20 WIB)
        Permalink

        Ini baru betul..berrti sim card anda di sudah ada 2 dong…
        Yg arti nya kalau sim card anda tidak ada di dalam device/handphone kan berarti m-banking tidak bisa bekerja/digunakan

      • 10 September 2022 - (20:10 WIB)
        Permalink

        Kalau sistem BCA ada yang cacat seperti kata Anda, kenapa hanya si pencuri hanya berhasil mengambil uang dari satu dua orang? Dengan memanfaatkan celah keamanan itu, ambil uang dari rekening ribuan orang pun bisa dilakukan.

        Saya sih dari jauh juga dapat mencium aroma cerita TS yang sengaja dibikin tidak lengkap. Tujuannya supaya bisa menyalahkan pihak bank.

        1
        1
    • 9 September 2022 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Saya pingin tau penjelasan anda…bgmn mungkin ada trasaksi tp di statement bank laporannya gak ada?? Aman spt itu??

    • 9 September 2022 - (11:53 WIB)
      Permalink

      untuk login mbanking BCA awal dibutuhkan nomor kartu debit dan SMS dari nomor HP yang sudah didaftarkan sebelumnya dari ATM

      kalau data itu bisa didapatkan oleh si hacker ya saya yakin nya dari pengguna sendiri memang

      kalau sistem BCA yang bisa diretas oleh hacker nya ya korbannya pasti bukan cuma si Miseno, tapi sangat banyak orang, dan saya yakin sudah masuk berita

      tapi karena ini tertarget ke satu orang, saya yakinnya ada kebocoran data dari pengguna, entah gimana caranya, yang tahu hanya hacker nya

    • 11 September 2022 - (00:31 WIB)
      Permalink

      Sebenernya ini sih yg penting. pernah kejadian tetangga kek begini. udh marah2 di bank. gtwnya pas diselidikin, istrinya sempeg dpt telepon ngaku dri Shop** katanya mw ngasih hadiah vocher . selidik2 istrinya inget disuruh ngirim sms format dri si pelaku lwt hp suaminya. gtwnya kata pihak bank itu sms persetujuan untuk akses mbanking device lain. pin sama kode akses lgsg diganti sama si pelaku jadi tetangga saya gakbisa buka mbankingnya. untung saat itu duitnya cuma 650k soalnya abis ditarik.

      pihak bank ngingetin kalo jangan sampe kasih tau pin, otp, kode dibelakang kartu apa tu yg suka ada 3 digit, ngirim sms ke 69999 hasil copas/instruksi orang lain, atau bahkan ngisi hal2 tsb di sebuah link yg bukan dri bca nya (soalnya link ini kek google form yg dibikin si pelaku) krna pihak bank gpernah minta data kayak gitu.

      semoga cepet selesai masalahnya 🙏

  • 7 September 2022 - (20:40 WIB)
    Permalink

    Seperti nya ada yang ditutupi dari asal muasal pesan barang,sehingga terjadi pembobolan mbca nya……

    19
    2
    • 7 September 2022 - (20:55 WIB)
      Permalink

      Tidak ada pemesanan barang apapun pada hari itu dan cs halo BCA sendiri yang menginfokan bahwa transaksi terjadi di Medan, sedangkan lokasi saya di bogor

      4
      5
      • 8 September 2022 - (15:09 WIB)
        Permalink

        Terima kasih supportnya pak aamiin semoga ada kejelasan dan penjelasan yang jelas dari pihak BCA. Semoga

  • 7 September 2022 - (20:50 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf, bukan maksud menyalahkan TS. Tapi kronologi nya tidak lengkap. Setau saya kalo mobile banking BCA jangan kan mau masuk dari device lain, ganti kartu hp kemudian pake internet dr kartu baru aja harus masukin no ATM, terus dpt SMS aktifasi lagi. Ga bisa tau2 masuk akun mobile banking orang lain kalo ga dari kelalaian yang punya akun dengan memberikan info no ATM. Tapi ya ga tau juga kalo ternyata malingnya lebih lihai bisa login ke akun mobile bangking tanpa no ATM. Kalo kata lirik lagu “ENTAH SIAPA YANG SALAH, KU TAK TAU”.. ya semoga malingnya cepet ketangkep, syukur2 duit bisa balik..

    33
    2
    • 7 September 2022 - (20:56 WIB)
      Permalink

      Nah ini saya sudah infokan ke BCA dan mereka infokan kalau device hp saya di hack dan pelaku berlokasi di Medan

      5
      1
      • 8 September 2022 - (20:58 WIB)
        Permalink

        Apakah anda sebelumya klik link di web atau apapun itu berupa link.
        Masuk akal apa yg dikatakan bpk agus diatas.

        Semoga urusannya lekas selesai dan uang dikembalikan utuh.

  • 7 September 2022 - (22:01 WIB)
    Permalink

    BCA mobile bukannya paling susah dibobol? Ganti kartu SIM 1 ke SIM 2 aja harus verifikasi ulang

    17
    2
    • 7 September 2022 - (23:34 WIB)
      Permalink

      Emang iya bang paling susah harus verifikasi ulang, ada yg gak jujur itu yakin gw yg disalahkan ya bank nya namanya cuci tangan

      13
      4
      • 9 September 2022 - (08:17 WIB)
        Permalink

        Begini brow, kejahatan perbankan itu masalah gampang, jangankan bobol aplikasi, mesin ATM pun bisa di bobol, intinya begini, kejahatan perbankan itu sudah pasti orang yg tau Selak beluk sistem keamanan perbankan, singkat saja intinya kejahatan perbankan itu pelakunya pasti orang dalam atau eks pegawai bank itu sendiri, pernah terjadi kasus pembobolan seorang nasabah yg kena bobol lantaran hanya memberikan nomer REKENING saja,,,cuma nomer rekening aja brow gila gak tuh

        • 10 September 2022 - (14:24 WIB)
          Permalink

          Hhhh bener banget bang, gw juga yakin hal kya gini pasti ada hubungannya dgn org dallem. Org ITU pasti pahamlahhh

    • 8 September 2022 - (05:00 WIB)
      Permalink

      Kenyataannya bukan hanya saya yang mengalami ada beberapa kejadian sama yang dialami nasabah lain.

      5
      1
    • 8 September 2022 - (18:51 WIB)
      Permalink

      Kronologinya kurang jelas masa tiba2 mbanking ga bs login tau2 udh berpindah transaksi kpd yg bkn pemiliknya
      Anehh

      9
      2
    • 8 September 2022 - (05:01 WIB)
      Permalink

      Saya tidak melakukan pembelian barang sama sekali, karena pagi saya cek Mbanking saya tidak bisa digunakan makanya saya telp cs untuk menanyakan

      2
      2
      • 8 September 2022 - (08:37 WIB)
        Permalink

        Di laporan kepolisian tertulis “akan membeli barang melalui pembelian online”.

        7
        1
        • 8 September 2022 - (08:49 WIB)
          Permalink

          Saya memang suka membeli barang via market place dan membayar melalui MBanking. Tapi pada hari itu Mbanking saya tidak bisa dibuka sama sekali sampai akhirnya saya telp halo BCA untuk menanyakan Mbanking yang tidak bisa dibuka.

          1
          7
          • 8 September 2022 - (14:43 WIB)
            Permalink

            Jwbn diatas
            #Saya tidak melakukan pembelian barang sama sekali, karena pagi saya cek Mbanking saya tidak bisa digunakan makanya saya telp cs untuk menanyakan.

            #jwbn dibwh beda lagi
            Saya memang suka membeli barang via market place dan membayar melalui MBanking. Tapi pada hari itu Mbanking saya tidak bisa dibuka sama sekali sampai akhirnya saya telp halo BCA untuk menanyakan Mbanking yang tidak bisa dibuka.

            Pembaca merasa pusing sndri apa lagi saya tepuk jidat….

            15
            2
          • 8 September 2022 - (14:56 WIB)
            Permalink

            Pembelian barang melalui market place dan membayar via Mbanking bukannya semua orang pernah melakukan.

            Saya memang belum melakukan pembelian barang sama sekali pada hari itu, pagi saya membuka mbanking saya untuk membayar via Mbanking tapi sudah tidak bisa dibuka.

            Penjelasan saya mungkin buat bingung karena saya bukan penulis, sampai detik ini saya saja masih bingung kenapa bisa.

            Dapat jawaban via telp pagi ini kembali dari pihak BCA setelah surat yang saya terima via email tgl . 5 dari BCA semoga ada kejelasan.

            Kalaupun saya diminta untuk melaporkan tindakan kriminal setidaknya dokumen yang dibutuhkan untuk laporan ke polisi yg diminta dr kepolisian bisa BCA keluarkan.

            Surat keterangan bahwa saya nasabah yang mengalami kehilangan uang ke rekening lain saja tidak bisa dikeluarkan.

  • 7 September 2022 - (23:27 WIB)
    Permalink

    Ini kasus yang aneh, menurut penulis, tiba-tiba m-BCA dibobol orang dan melakukan transaksi puluhan juta rupiah, padahal pada waktu yang sama penulis tidak bisa masuk ke aplikasi m-BCA. Dan, menurut CS BCA, transaksi tersebut dilakukan melalui device yang sama.

    Disini penulis tidak menjelaskan apakah ada sesuatu yang terjadi sebelumnya, misalnya, ada pihak lain yang menelpon penulis, meminta nomor rekening atau lainnya.

    Sepengetahuan saya, untuk mengakses m-BCA membutuhkan nomor kartu ATM, nomor hp yang terdaftar dan terakhir kode OTP. Tidak mungkin seseorang bisa membobol m-BCA tanpa memiliki nomor kartu ATM 16 digit, nomor HP yang terdaftar dan kode OTP? Kecuali, penulis sendiri yang memberikan semua data itu kepada seseorang di daerah Medan.

    22
    2
    • 8 September 2022 - (04:59 WIB)
      Permalink

      Kronologinya seperti ini, karena tulisan awal saya diedit

      Pada tgl. 23 Agustus 2022 sekitar jam 9 lewat saya tidak bisa membuka MBanking BCA saya dan saya melaporkan melalui Halo BCA. Saat saya hubungi Halo BCA saya diinfokan ada 3 transaksi keluar yang tidak saya ketahui.

      Ke 1 sebesar Rp. 25.000.000 ke rek BCA an Zulkifli Lubis
      Ke 2 sebesar Rp. 5.600.000 ke OVO nomer telp. 082146135127
      Ke 3 sebesar Rp. 24.990.000 ke rek BNI an Alam Indra Buanam

      Transaksi tersebut keluar tanpa sepengetahuan saya dan pada saat itu juga saya tidak dapat membuka Mbanking saya. Customer service menginfokan kalau transaksi tersebut dilakukan oleh saya sendiri. Saya langsung ke BCA terdekat untuk pengecekan dan saya dibantu customer service bank BCA cabang sawangan untuk pengecekan dan membantu membuka Mbangking saya kembali.

      Mbangking saya baru bisa digunakan pada jam 3 sore dengan bantuan customer service BCA cab. Sawangan.

      Saya membuat laporan pembobolan rekening dengan nomer id laporan 2062731672 dan 2062725114.

      Pada tanggal 24 Agustus 2022 saya melaporkan kejadian ini Ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak Bank.

      Pada Tgl. 1 September 2022 saya menelpon halo BCA untuk mengkonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya, padahal saya berlokasi di daerah Parung, bogor

      Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tgl. 6 September 2022, pada tgl. 5 saya dapat email dr pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan Mbangking saya dan baru saya bisa gunakan pada jam 3 sore dibantu oleh customer service.

      1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.

      2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah, padahal harusnya BCA menjamin sistem Mbanking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman

      3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu sampai kapan ? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian

      4. Transaksi dilakukan di daerah Medan padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.

      5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.

      6. Saya dibuatkan Id laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tgl. 15 September 2022

      1
      1
      • 9 September 2022 - (17:26 WIB)
        Permalink

        data di device kita bisa dibobol salah 1 via akun google kita, pembobolan akun ad yg pake link pishing, jd harap hati2 ketika ad yg minta suruh klik link yg diberikan… krn aktifitas di perangkat kita bisa di akses si hacker, coba di ingt2 apa dihari sebelumnya pernah klik link ?

    • 9 September 2022 - (20:38 WIB)
      Permalink

      setau saya sih harus ada no 16 digit di kartu, dan nomer hp pengguna mbanking. kalau nomor didalam kartu atm pernah terekspose, di foto atau apalah bisa jdi, dan bgtu pelaku tau no kartunya, tinggal bagaimana cara pelaku untuk bisa mengakses hpnya, bisa dengan cara memasukkan malware atau sejenisnya.. saran saya, setelah masalah terselesaikan, Hpnya di reset pabrik, dan diinstal apps yang sesuai kebutuhan saja.. takutnya ada bbrp apps yang dipakai mengandung malware atau phising

  • 7 September 2022 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Bca itu bank paling aman yg gak aman itu pengguna nya sendiri tanpa sadar kasih data2 valid kaya no telfon, no atm, pin, cvv, dll. Padahal kena tipu yg mengaku ngaku sebagai pihak bank yg verifikasi data, disini kronologi nya aneh dan ada yg sengaja di tutupi semoga aja pihak polres turun langsung ngecek ke lapangan supaya dilihat ini kelalaian pengguna atau bank, jika kelalaian pengguna bank bisa saja melaporkan nasabah atas dasar pencemaran nama baik, apa lagi yg di post ini di media konsumen dari sabang sampe marauke bisa buka ini

    12
    3
    • 8 September 2022 - (05:03 WIB)
      Permalink

      Tidak ada yang meminta data sama sekali dihari2 sebelumnya, waktu saya telp konfirmasi ke cs BCA justru saya kaget ada transaksi keluar. Kalau aman kejadian ini bukan hanya saya yang mengalami ada beberapa nasabah lain bisa di cek di google dan media sosial

      3
      2
    • 10 September 2022 - (10:04 WIB)
      Permalink

      Untuk bisa masuk M-BCA yg saya tahu harus ada 3 informasi ini..
      16 digit no. kartu
      No. Hp yg terdaftar
      No. Pin

      Kalo 3 informasi ini tidak bocor, sy rasa hampir mustahil untuk bisa membobol M-BCA.

      Saya rasa secara tidak sadar TS pernah memberikan informasi2 diatas. Karena 3 informasi diatas adalah tanggung jawab kita sebagai nasabah untuk menjaganya.

      Kalo sudah begini pengaduan ke BCA pun saya rasa sulit untuk mendapatkan ganti rugi.

      Saya berharap semoga masalahnya cepat terselesaikan.

  • 8 September 2022 - (00:05 WIB)
    Permalink

    Komplain surat penulis diatas sangat meragukan, tidak jelas dan patut diduga untuk mendapatkan pengembalian dana dari Bank.

    Untuk membobol m-BCA tidak semudah itu, pasti ada yang ditutupi oleh penulis. Untuk mengaktifkan aplikasi m-BCA harus daftar nomor HP dulu via ATM atau CS, kemudian melakukan verifikasi di kantor bank untuk mengaktifkan. Setelah itu baru login ke aplikasi dengan memasukkan nomor nomor kartu ATM dan OTP.

    Tidak semudah itu pihak lain bisa bobol m-BCA seseorang dan melakukan transaksi. Kuat dugaan penulis yang melakukan sendiri atau melalui orang lain dengan memberikan data-data yang dibutuhkan.

    15
    3
    • 8 September 2022 - (00:27 WIB)
      Permalink

      Iya bnr bgt. Tanpa babibu lgsg cerita di pertengahan dan akhir, jadinya tdk tau jelas penyebabnya

      6
      1
    • 8 September 2022 - (05:05 WIB)
      Permalink

      Haduh buat apa saya memanipulasi saya melaporkan karena dana saya keluar tanpa sepengetahuan saya, kalau anda diposisi saya mempercayakan uang untuk disimpan tiba2 hilang saya yakin anda pasti melakukan hal yang sama.

      3
      3
    • 8 September 2022 - (05:31 WIB)
      Permalink

      Maaf yaa pak tapi dana simpanan saya yang diambil dan BPK bisa mengecek bukan hanya saya yang mengalami hal ini, proses skimming semoga BPK tidak mengalami apa yang saya alami

      4
      4
      • 8 September 2022 - (08:22 WIB)
        Permalink

        Kalo dr nasabah lain yg komplain di MK mah itu mereka yg salah, seperti tiba2 menyetujui perpindahan device pelaku ya jelas kalo ini salah nasabah karena nasabah dr kota A kemudian pelaku yg berada di kota B menyuruh korban untuk menekan link notif dr BCA resmi pdhal itu link untuk pemindahan mbanking (tertera di atas link) ya jelas mbanking berpindah tangan lah karena korban aja menyetujui dengan menekan link tsb

        4
        2
        • 8 September 2022 - (08:51 WIB)
          Permalink

          Tidak ada telp atau SMS sama sekali yang meminta data atau otp atau apapun. Justru saya sendiri shock saat menghubungi halo BCA dan diinfokan ada transaksi keluar

          1
          1
  • 8 September 2022 - (00:25 WIB)
    Permalink

    Awal mula ketika korban akan melakukan pembelian online…. Nah pada saat transaksi online itu apakah sodara diarahkan untuk bertransaksi di luar aplikasi? Pembelian onlinenya dimana? Apakah ada klik link atau URL pishing kemudian input kode OTP dari SMS? Kalau ada klik link atau memberikan kode OTP bisa dipastikan anda sudah memberikan data pribadi ke pihak pembobol dan jelas itu bukan kesalahan dari pihak bank. Waspada loh anda bisa dituntut balik oleh pihak bank kalau anda sendiri yang lalai. Coba kalau mau minta bantuan bank langsung datangi pihak bank dan ceritakan kronologi yang sejujurnya. Gak mungkin sistem di bank sangat mudah dibobol kalau segampang itu udah bangkrut bank sebesar BCA.

    11
    2
    • 8 September 2022 - (05:06 WIB)
      Permalink

      Maaf karena kronologi yang saya ceritakan diedit

      Pada tgl. 23 Agustus 2022 sekitar jam 9 lewat saya tidak bisa membuka MBanking BCA saya dan saya melaporkan melalui Halo BCA. Saat saya hubungi Halo BCA saya diinfokan ada 3 transaksi keluar yang tidak saya ketahui.

      Ke 1 sebesar Rp. 25.000.000 ke rek BCA an Zulkifli Lubis
      Ke 2 sebesar Rp. 5.600.000 ke OVO nomer telp. 082146135127
      Ke 3 sebesar Rp. 24.990.000 ke rek BNI an Alam Indra Buanam

      Transaksi tersebut keluar tanpa sepengetahuan saya dan pada saat itu juga saya tidak dapat membuka Mbanking saya. Customer service menginfokan kalau transaksi tersebut dilakukan oleh saya sendiri. Saya langsung ke BCA terdekat untuk pengecekan dan saya dibantu customer service bank BCA cabang sawangan untuk pengecekan dan membantu membuka Mbangking saya kembali.

      Mbangking saya baru bisa digunakan pada jam 3 sore dengan bantuan customer service BCA cab. Sawangan.

      Saya membuat laporan pembobolan rekening dengan nomer id laporan 2062731672 dan 2062725114.

      Pada tanggal 24 Agustus 2022 saya melaporkan kejadian ini Ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak Bank.

      Pada Tgl. 1 September 2022 saya menelpon halo BCA untuk mengkonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya, padahal saya berlokasi di daerah Parung, bogor

      Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tgl. 6 September 2022, pada tgl. 5 saya dapat email dr pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan Mbangking saya dan baru saya bisa gunakan pada jam 3 sore dibantu oleh customer service.

      1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.

      2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah, padahal harusnya BCA menjamin sistem Mbanking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman

      3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu sampai kapan ? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian

      4. Transaksi dilakukan di daerah Medan padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.

      5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.

      6. Saya dibuatkan Id laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tgl. 15 September 2022

      1
      6
  • 8 September 2022 - (01:27 WIB)
    Permalink

    kronologi yang lengkap dong pak, verifikasi mybca/mobile bca sekarang muantep loh pak harus verifikasi telpon bca dulu, setelah itu bakal ada yg telpon dari BCA nanya ini itu, lupa password aja harus hubungi 1500888😭😭. tapi bagus untuk keamanan kita juga toh.

    • 8 September 2022 - (05:07 WIB)
      Permalink

      Justru saya juga bingung kronologi yg saya tulis lengkap tapi sepertinya diedit

      Pada tgl. 23 Agustus 2022 sekitar jam 9 lewat saya tidak bisa membuka MBanking BCA saya dan saya melaporkan melalui Halo BCA. Saat saya hubungi Halo BCA saya diinfokan ada 3 transaksi keluar yang tidak saya ketahui.

      Ke 1 sebesar Rp. 25.000.000 ke rek BCA an Zulkifli Lubis
      Ke 2 sebesar Rp. 5.600.000 ke OVO nomer telp. 082146135127
      Ke 3 sebesar Rp. 24.990.000 ke rek BNI an Alam Indra Buanam

      Transaksi tersebut keluar tanpa sepengetahuan saya dan pada saat itu juga saya tidak dapat membuka Mbanking saya. Customer service menginfokan kalau transaksi tersebut dilakukan oleh saya sendiri. Saya langsung ke BCA terdekat untuk pengecekan dan saya dibantu customer service bank BCA cabang sawangan untuk pengecekan dan membantu membuka Mbangking saya kembali.

      Mbangking saya baru bisa digunakan pada jam 3 sore dengan bantuan customer service BCA cab. Sawangan.

      Saya membuat laporan pembobolan rekening dengan nomer id laporan 2062731672 dan 2062725114.

      Pada tanggal 24 Agustus 2022 saya melaporkan kejadian ini Ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak Bank.

      Pada Tgl. 1 September 2022 saya menelpon halo BCA untuk mengkonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya, padahal saya berlokasi di daerah Parung, bogor

      Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tgl. 6 September 2022, pada tgl. 5 saya dapat email dr pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan Mbangking saya dan baru saya bisa gunakan pada jam 3 sore dibantu oleh customer service.

      1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.

      2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah, padahal harusnya BCA menjamin sistem Mbanking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman

      3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu sampai kapan ? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian

      4. Transaksi dilakukan di daerah Medan padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.

      5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.

      6. Saya dibuatkan Id laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tgl. 15 September 2022

      1
      5
  • 8 September 2022 - (02:14 WIB)
    Permalink

    Setelah di serang netizen, TS pun diam. Ga kan ada asap kalo g da api. Keterangan nya Jadi di counter kan sama netizen.

    6
    3
    • 8 September 2022 - (05:10 WIB)
      Permalink

      Saya tidak nenghilang pak mohon maaf saya yang kehilangan dana saya dan kenyataannya bukan hanya saya yang mengalami tapi ada beberapa nasabah lain. Bisa cek di google pak

      3
      5
  • 8 September 2022 - (03:09 WIB)
    Permalink

    Ts play victim menyalahkan BCA dan menutup-nutupi kronologi sebenarnya. Awas aja kalo sampai ketahuan bohong terus di laporin BCA pencemaran nama baik. Udah bego , ketipu , masuk penjara

    9
    4
  • 8 September 2022 - (03:54 WIB)
    Permalink

    m-BCA itu, ganti sim card no HP yang sama saja, pasti akan di minta reg ulang 16 digit kartu ATM. sebab system nya membaca 16 digit ICCD di sim card

    Lahh ini. tiba” cerita di bobol… ?? aya” wae…

    5
    3
    • 8 September 2022 - (05:09 WIB)
      Permalink

      Pada tgl. 23 Agustus 2022 sekitar jam 9 lewat saya tidak bisa membuka MBanking BCA saya dan saya melaporkan melalui Halo BCA. Saat saya hubungi Halo BCA saya diinfokan ada 3 transaksi keluar yang tidak saya ketahui.

      Ke 1 sebesar Rp. 25.000.000 ke rek BCA an Zulkifli Lubis
      Ke 2 sebesar Rp. 5.600.000 ke OVO nomer telp. 082146135127
      Ke 3 sebesar Rp. 24.990.000 ke rek BNI an Alam Indra Buanam

      Transaksi tersebut keluar tanpa sepengetahuan saya dan pada saat itu juga saya tidak dapat membuka Mbanking saya. Customer service menginfokan kalau transaksi tersebut dilakukan oleh saya sendiri. Saya langsung ke BCA terdekat untuk pengecekan dan saya dibantu customer service bank BCA cabang sawangan untuk pengecekan dan membantu membuka Mbangking saya kembali.

      Mbangking saya baru bisa digunakan pada jam 3 sore dengan bantuan customer service BCA cab. Sawangan.

      Saya membuat laporan pembobolan rekening dengan nomer id laporan 2062731672 dan 2062725114.

      Pada tanggal 24 Agustus 2022 saya melaporkan kejadian ini Ke Polres Bogor sebagai data pelengkap yang diminta oleh pihak Bank.

      Pada Tgl. 1 September 2022 saya menelpon halo BCA untuk mengkonfirmasi laporan saya dan dari pihak customer service menginfokan kalau transaksi terjadi di daerah Medan dengan menggunakan device hp saya, padahal saya berlokasi di daerah Parung, bogor

      Saya diminta menunggu info laporan saya sampai tgl. 6 September 2022, pada tgl. 5 saya dapat email dr pihak BCA jika transaksi tersebut terjadi atas kesalahan saya sendiri. Bagaimana bisa jadi kesalahan saya padahal pada jam tersebut saya tidak dapat menggunakan Mbangking saya dan baru saya bisa gunakan pada jam 3 sore dibantu oleh customer service.

      1. Pihak BCA hanya menginfokan kalau masih koordinasi dengan cabang pelaku untuk pencarian dan belum ketemu.

      2. BCA mengklaim bahwa itu kelalaian saya sebagai nasabah, padahal harusnya BCA menjamin sistem Mbanking tidak dapat mudah dibobol agar nasabah merasa aman

      3. Pihak BCA hanya meminta saya menunggu sampai pelaku ketemu sampai kapan ? Padahal itu jadi tanggung jawab kalian

      4. Transaksi dilakukan di daerah Medan padahal saya berlokasi di Parung, Bogor.

      5. Surat jawaban yang dikeluarkan BCA seperti menyalahkan kelalaian nasabah, padahal nasabah menyimpan uang di BCA agar aman.

      6. Saya dibuatkan Id laporan baru tentang keberatan jawaban BCA perihal ini dan menunggu prosesnya sampai tgl. 15 September 2022

      2
      4
  • 8 September 2022 - (05:14 WIB)
    Permalink

    Saya klo login mbanking bca itu kudu pake paket data simcard nomor yg terdaftar, itu pun sblmnya harus mendapat link verifikasi yg dikirim BcA ke nomor trsebut. Setelah login pun ada pemberitahuan sms bahwa ada pemberitahuan; “KAMI MENDETEKSI PERMINTAAN AKSES BARU BCA MOBILE DARI PERANGKAT ANDA
    Jika ini bukan aktivitas Anda, segera hubungi Halo BCA 1500888″ & ” Terdapat perubahan pada perangkat BCA mobile Anda
    JANGAN BERI KODE OTP KE SIAPAPUN TERMASUK PETUGAS BANK
    OTP Code 634285 berlaku 60 detik”. Setelah semua prosedur dipenuhi baru bs akses mbanking via wifi atau paket data dr beda nomor.

    9
    2
    • 8 September 2022 - (05:21 WIB)
      Permalink

      Apa mgkn ada kloning nomor simcard yg aktif bersamaan (kecuali nomor TS tiba2 terblokir/mati krn pelaku sudah mengaktifkan simfard baru di gerai yg otomatis simcard lama yg dipakai TS terblokir/mati. Itu pun klo kehilangan simcard harus verifikasi ktp & utk mengaktifkan mbanking jg pelaku harus mengetahui nomor rekening, nomor kartu, bulan/tahun masa berlaku kartu..

      5
      1
      • 8 September 2022 - (05:33 WIB)
        Permalink

        Saya sendiri kurang faham pak, saya shock karena saldo tiba2 hanya tersisa 60 rb, saya sudah melaporkan bahkan pihak kepolisian minta surat keterangan bahwa saya nasabah BCA dan kehilangan uang tapi pihak BCA tidak mau mengeluarkan

        4
        3
    • 8 September 2022 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Tidak ada saya diminta OTP atau SMS bahkan telp yang menanyakan data saya, nomer yang saya gunakan tetap sama dr awal saya melakukan pendaftaran Mbanking.

      2
      2
  • 8 September 2022 - (05:57 WIB)
    Permalink

    Sepengetahuan saya BCA mobile bisa diakses multi SIM-card apakah masih ketentuannya seperti itu karena kalau riskan untuk pembobolan

    • 8 September 2022 - (06:14 WIB)
      Permalink

      Saya juga tidak mengerti karena semua pin dll hanya saya yang tau dan nomer saya tidak pernah ganti dari hampir 9 tahun jadi nasabah

      2
      2
      • 8 September 2022 - (12:59 WIB)
        Permalink

        Kalau Bpk tanya kenapa saya juga bingung, karena di BCA saya juga sebagai nasabah prioritas bisa terjadi seperti ini saya juga tidak mengerti.

        2
        1
  • 8 September 2022 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Pernah juga ada yg kebobolan nih https://youtu.be/boWgsGgzOjA skimming apapun bekas data tersisa disimpan yang daftar sebagai apapun walaupun sisa” kertas abis berobat, atau bayar dsb terserah, pas awal mulanya ada orang dalam kalau memang mungkin, yg dijual datanya, atau memang data sudah bocor oleh hacker baru” ini kebetulan orang luar yang menjual dat data berkasnya tepat, bahkan foto atau tulisan dari apk atau link” keylogger udh pasti kenak bobol

    5
    1
  • 8 September 2022 - (06:33 WIB)
    Permalink

    Kayanya bapak ini kena hack simcard sm hp nya diclone+keylogger. Kl sukses kaya gini nnti hacker2 ke bank ini bakal tambah banyak. Paling aman yah bank yang pake face recognition selain device sama password

    • 8 September 2022 - (06:56 WIB)
      Permalink

      Saya tidak tau karena dr pihak bank hanya menginfokan di tgl. 1 kalau device hp saya digunakan orang lain.

      1
      1
      • 9 September 2022 - (08:42 WIB)
        Permalink

        Ini analisa saya yah pak, ada aplikasi untuk HP yg ilegal atau pinjol yg secara langsung kerjanya bisa mengambil semua data di HP tersebut, hacker canggih pun bisa remote HP kita jika HP kita sudah terinfeksi aplikasi tersebut, HP android bisa diretas karena open source, analisa saya yg kedua adalah ini kemungkinan kejahatan perbankan yg dilakukan oleh oknum pegawai bank itu sendiri, disini besar kemungkinannya karena oknum tersebut sangat mengetahui celah system bank itu sendiri terlebih oknum tersebut mempunyai team, gak heran klo rekening yg dibobol itu history transfer nya beberapa kali ke rekening yg berbeda pemilik, yah namanya juga kerja Team, duitnya dibagi-bagi, sekarang harus waspada jika punya duit banyak jangan simpan di 1 bank saja tetapi dibagi-bagi, sekian…

  • 8 September 2022 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Postingan ini kebetulan orang tua saya sendiri yang mengalami, beliau benar2 kehilangan tabungannya dan hanya bersisa 60 rb tabungan masa tua.

    Orang tua saya tinggal diparung Bogor hanya ber dua dengan ibu saya dan beliau sudah usia karena saya berdomisili di Sumbawa

    Yang saya baca kejadian yang sama banyak menimpa nasabah lain BCA

    Viral Saldo ATM BCA Hilang Misterius, Begini Tips Cegah Kejahatan Skimming| theAsianparent – https://id.theasianparent.com/saldo-atm-bca-hilang – Download theAsianparent app (https://theasianparent.page.link/getapp

    https://mediakonsumen.com/2022/03/12/surat-pembaca/saldo-di-rekening-bca-hilang-secara-tiba-tiba

    https://www.kompasiana.com/fahmiranupani/6290c4b6bb448638c209a2b2/dan-terjadi-lagi-uang-di-bca-raib-ratusan-juta-rupiah

    Dan banyak kasus2 yang sama lainnya. Kalau kalian yang membuat komen negatif kalau ini hanya permainan semoga kejadian ini tidak menimpa orang tua kalian yang menyimpan uang untuk masa tuanya.

    14
    3
    • 8 September 2022 - (08:56 WIB)
      Permalink

      Ya jelaslah banyak yg kontra, tiba2 lgsg nulis tanpa ada kronologi awalnya. Anda blg sendiri org tua anda (itu pun kalau benar) sdh tua, bs jd dia lp apa yg sdh terjadi atau tdk mau cerita karena sdh pasti akan di salahkan.

      8
      6
      • 8 September 2022 - (09:02 WIB)
        Permalink

        Kronologi sudah saya jelaskan lengkap tapi sepertinya ada pengeditan dr media, dan saya sudah jelaskan semua saya masih bisa ingat semua pak sampai saya mengurus semua ke bank minta penjelasan perihal ini

        2
        1
      • 8 September 2022 - (09:13 WIB)
        Permalink

        Semoga saja keluarga anda, orang tua anda tidak mengalami apa yang orang tua saya alami. Kami up dimedia karena ini jalan satu2nya agar dapat kejelasan setelah dr tgl 23 orang tua saya dijanjikan dan dijelaskan lengkap kejadian di tgl. 6 September. Tapi orang tua saya hanya menerima email dr pihak BCA sudah saya lampirkan. Dan diinfokan menunggu kembali sampai tgl. 19 setelah di up pagi ini orang tua saya dapat telp dr BCA bahwa akan ditindak lanjuti lebih lanjut perihal kejadian yang kami share di media konsumen.

        Sebaiknya berkata baik pak mendoakan yang terbaik bukan memojokan, karena pada dasarnya kami orang awam yang tidak tau sistem seperti apa

        9
        3
        • 8 September 2022 - (12:53 WIB)
          Permalink

          Dalam suatu berita pasti ada komen pro dan kontra bu, apalagi jika isi keluhan tdk jelas spti berita diatas, jelaslah akan banyak org yg berspekulasi.

          4
          4
          • 8 September 2022 - (12:55 WIB)
            Permalink

            Semoga saya ada kejelasan pak karena pagi ini saya ditelp kembali oleh BCA dan akan dilakukan investigasi kembali.

  • 8 September 2022 - (07:05 WIB)
    Permalink

    Sistem mana ada yg 100% aman ,bahkan didalam suatu perusahaan besar ,ada oknum orang dalam yg membocorkan data nasabah dan di berikan pada orang lain yg menyalahgunakan data tersebut,dari perusahaan pemerintah dan swasta,contoh dari swasta ,mereka tau sedang meminjam uang dengan jumlah berapa ,jam berapa dan hari apa ,serta data data nya mereka(penipu) tau semua pada hari ini yg cair berapa banyak ,dan email pada langsung masuk agar metranfer uang yg telah dicairkan karena ada kesalahan sistem ,jadi data data gampang dibocorkan,saya ajah data di eccomerce bocor tanpa sepengetahuan saya ,malah Mentri informasi minta agar hacker jangan menghack data data pribadi,tapi diketawain Ama hacker hacker

    6
    2
    • 8 September 2022 - (14:02 WIB)
      Permalink

      Saya jamin modus begini pasti ketahuan, emangnya staf bank cuma satu yg mengawasi? Yg jelas gak mungkin terjadi, kalaupun terjadi dari pihak bank langsung memproses internal karena ini menyangkut nama baik bank, liat saja kelanjutannya.

      4
      2
    • 8 September 2022 - (07:30 WIB)
      Permalink

      Saya sampai hari ini tidak berani membuka kembali Mbanking dan masih trauma. Sampai sekarang masih menunggu kepastian dari pihak bank

      3
      3
      • 8 September 2022 - (09:13 WIB)
        Permalink

        nunggu bagaimana investigasi-nya yang benar. apa si nasabah yang memberikan kunci rumah atau terjadi skimming, hack, clone sim card apalah. semoga cepat terungkap. soalnya bank ini satu²nya yg menerapkan verifikasi mbanking yang cukup aman

        2
        1
        • 8 September 2022 - (09:17 WIB)
          Permalink

          Hampir 9 th lebih saya jadi nasabah dan menyimpan uang saya, sampai habis hanya tersisa 60 rb hal yang wajar kalau saya sebagai nasabah meminta kejelasan.

          Karena mereka yang tahu, saya hanya berharap investigasi benar agar tidak ada nasabah2 lain yang dirugikan.

          Karena kejadian ini bukan hanya saya yang mengalami

          3
          1
      • 8 September 2022 - (11:16 WIB)
        Permalink

        Sekedar menambahkan, demi keamanan, orang tua/gaptek jangan sekali kali mengaktifkan m-banking. Begitupun orang2 yang teledor sering kehilangan hp. Dan jangan pelit langganan kuota dan akses wifi gratisan di manapun itu (kalo ini juga berlaku utk para seller di MP, agar ga kebobolan acc nya). Turut simpati dgn pelapor. Asal muasal bisa kebobolan itu ngga tertutup hanya aktivitas/jejak digital yg baru dilakukan menjelang kejadian. Apakah pernah menjual hp bekas pakai dan tidak factory reset? Hp lama hilang? Kalo sy pribadi, hp bekas itu disimpan, ngga dijual lagi (duit ga sebrp, cari aman lbh penting… Krn ga tau kecanggihan hacker sejauh apa)

        • 8 September 2022 - (12:04 WIB)
          Permalink

          Belum pernah menjual hp bekas pakai pak kebetulan saya juga orang yang tidak suka ganti2 hp kalau tidak benar2 rusak. Semoga aja ada titik terang agar saya sebagai nasabah bisa tau jelas infonya dan tidak ditutup2i oleh pihak Bank.

          Karena ada beberapa kejadian yang sama dialami oleh nasabah BCA lain, uang yang dikumpulkan sedikit demi sedikit buat masa tua habis begitu aja.

          2
          1
    • 8 September 2022 - (11:40 WIB)
      Permalink

      Balik ke zaman dulu, simpan di bawah kasur ato brankas rumah saja. Ketahuan lebih aman, dibanding persentase maling online dengan maling masuk rumah masih terbilang jauh lebih banyak maling online. Kalau tiba” ilang pun tanpa maling masuk ya gampang ketahuan pasti org rumah yg nyolong.

      • 8 September 2022 - (12:06 WIB)
        Permalink

        Benar mba 9 th lebih jadi nasabah menitipkan agar dana aman dan bisa jadi simpanan, tapi tiba2 keluar tanpa saya tahu.

        3
        1
  • 8 September 2022 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Semoga cepat terselesaikan deh. Asalkan kronologinya jelas. Soalnya pihak bank pasti punya rekam jejak login.

    • 8 September 2022 - (07:47 WIB)
      Permalink

      Justru ini yang saya minta jelaskan terus ke Bank tapi bank hanya bilang sedang dicari pelakunya melalui cabang pembuka rekening pelaku. Pihak kepolisian minta surat dari bank menjelaskan bahwa saya nasabah yang mengalami kehilangan uang tapi bank tidak mau mengeluarkan.

      3
      2
  • 8 September 2022 - (08:56 WIB)
    Permalink

    Pak, mungkin yg dibobol bukan m-banking nya, tp HP nya. Ketemu hacker yg bisa ngoperasiin device jarak jauh, kalo device aja bisa kebobol, pin / password untuk masuk pun bukan masalah buat orang itu.
    Turut prihatin, semoga kasus nya cepat selesai.

    • 8 September 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Aamiin pak, pihak BCA baru saja menelpon untuk kembali menindaklanjuti kasus ini ke pihak terkait. Saya sebagai nasabah hanya ingin kejelasan karena bank yang tau dimana device itu digunakan dan pengambilan dana terjadi dimana.

      3
      2
    • 8 September 2022 - (11:43 WIB)
      Permalink

      Balik ke zaman dulu, simpan di bawah kasur ato brankas rumah saja. Ketahuan lebih aman, dibanding persentase maling online dengan maling masuk rumah masih terbilang jauh lebih banyak maling online. Kalau tiba” ilang pun tanpa maling masuk ya gampang ketahuan pasti org rumah yg nyolong.

  • 8 September 2022 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Beberapa menit lalu BCA menghubungi atas kejadian ini dan akan ditindak lanjuti lebih lanjut, saya harap ada kejelasan dan penjelasan yang lebih bisa dimengerti nasabah awam seperti saya bagaimana bisa uang dalam rekening bisa keluar.

    Karena setiap nasabah pasti mengingkan keamanan dalam menyimpan dananya dan tidak ada satu orang pun mau kejadian yang saya alami dialami nasabah lain.

    Semoga ada kejelasan untuk saya dan korban2 lain yang mengalami kejadian yang sama seperti yang saya alami.

    7
    2
    • 8 September 2022 - (22:17 WIB)
      Permalink

      Kalau asa link2 di media sosial jangan asal di tekan. Saya sampai sekarang tidak mau pakai mbanking karena tau hp kita sering lihat fb dan banyak link2 yang berbahaya. Lebih bagus pakai internet banking + token.

      2
      1

 Apa Komentar Anda mengenai Sistem keamanan mobile banking BCA?

Ada 184 komentar sampai saat ini..

Pembobolan Rekening BCA via Mobile Banking

oleh Miseno Agus Priyanto dibaca dalam: 1 menit
184