Suspend Driver Gojek dengan Tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”

Saya adalah mitra driver Gojek. Akun saya telah di-suspend oleh Gojek selama 7 hari, dengan tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”. Saya merasa tidak melakukan kesalahan yang dituduhkan tersebut.

30 hari terakhir ini, hubungan saya dengan pelanggan baik-baik saja. 30 puluh hari terakhir juga saya tidak pernah diberikan bintang 1, keluhan pelanggan di rincian kinerja juga nol.

Saya sudah melakukan banding lewat aplikasi, tetapi ditolak. Kemudian saya kirim pesan lewat email, agar pihak Gojek memberikan bukti kesalahan saya dan di orderan apa. Namun yang dibalas cuma Anda terkena suspend dan link daftar pelanggaran. Waktu link tersebut diklik, keluar tulisan “Oops! Page is unavailable” (halaman bermasalah), tidak ada rincian atau diberikan bukti kesalahan saya.

Kalau memang saya terbukti salah, saya siap menerima sanksi, tetapi tolong berikan bukti kesalahan saya. Jangan perlakukan mitra driver seperti itu. Saya juga bersedia untuk menampakkan hasil chat saya dengan pelanggan ke pihak kantor Gojek jika diminta.

Saya juga masih ada saldo sekitar Rp1,5 juta yang tersimpan di akun driver, tetapi tidak dapat ditarik, dengan alasan driver tidak aktif. Kenapa dibuat sistem aturan seperti itu? Kalau mitra driver perlu uang tersebut untuk beli beras, bagaimana cara ambilnya?

Padahal uang itu hak milik driver yang diisi ke akun driver Gojek sebagai saldo akun. Seharusnya kalau akun di-suspend, driver bisa tarik uangnya ke GoPay atau rekening bank milik driver. Jangan ditahan uang driver. Saya harap pesan ini sampai ke pihak perusahaan Gojek.

Mirza Urpan
Aceh Besar, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Gojek:
[Total:736    Rata-Rata: 2.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

94 komentar untuk “Suspend Driver Gojek dengan Tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tidak Sopan kepada Pelanggan”

    • 8 September 2022 - (15:26 WIB)
      Permalink

      Bukan waktunya Brow ini masalah makan anak istri keluarga 7hari itu lama 3mnt aja susped driver sudah resah apalagi 7hari ๐Ÿ™ bijaklah dalam berkometar

      38
      16
      • 8 September 2022 - (15:33 WIB)
        Permalink

        Jadi keinget saya pernah kena bintang 1 komentarnya ngebut.. padahal itu tau saya orangnya bocah SMP cewek yang naik duduk nyamping dan dijalan saya ga ngebut orang macet di jalan kecil kampung gitu.. begitu ada polisi tidur pas belokan dia jatoh sendiri mungkin karena rok nya licin eh kena bintang 1 tapi untungnya ga siapa Spain gojek karena emang indikasi membuktikan saya ga ngebut saat itu.. pelajaran buat kita semua nih jangan kasih penumpang duduk nyamping.. kadang yg tolol mereka sendiri kita yang salah

        62
        11
        • 9 September 2022 - (16:30 WIB)
          Permalink

          Untung lo gak di aceh bang, kalo di aceh semua penumpang cwek wajib nyamping dan gak boleh pake celana panjang

          1
          2
        • 9 September 2022 - (22:56 WIB)
          Permalink

          Dari bahasa kamu aja sebut penumpang mu *TOLOL* saja menunjukan attitide mu yang tidak baik. Semoga bisa berubah sehingga rejeki semakin lancar ๐Ÿ™‚

          11
          3
        • 14 September 2022 - (18:01 WIB)
          Permalink

          Liat bahasa mu saja . Ya ga heran kamu kena bintang 1. Td nya mau iba. Eh liat bahasa mu. Malah jd kesel bacanya. Istri sy selalu duduk menyamping tp ga pernah tuh jatuh. Brarti emg situ nya yg menjalankan motor nya *******.

    • 8 September 2022 - (19:29 WIB)
      Permalink

      Padahal iklan gopay muncul dimana-mana “saldo anda akan diganti”. Nyatanya cuma 1,5 jt aja ngga mau ngasih..wkwkwk

      20
      2
      • 9 September 2022 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Itu untuk kustomer. Mungkin kalo untuk driver motto nya “aku ra urus” ๐Ÿ˜…

        8
        1
        • 10 September 2022 - (04:05 WIB)
          Permalink

          Gojek jangan bersikap dzolim seperti itulah pada mitranya!
          Ada uang yang menjadi hak si mitra, berikanlah sepenuhnya jangan menghalanginya memakai alasan sistem yang tidak mengijinkannya…lha yang bikin sistem itu kan Gojek sendiri, ya sudah seharusnya Gojek mengubah sistem yang dzolim seperti itu !!

          • 10 September 2022 - (13:52 WIB)
            Permalink

            Masih mending kalian di suspent karena sudah menjalankan orderan,sedangkan saya cs yg batalkan saya di suspent oleh pihak aplikator dengan alesan tidak menyenagkan,bagaimana bisa sebuah aplikator driver yg belum menjalankan tapi di sucpent dengan tuduhan tidak menyenagkan,saya dari driver maxim

          • 10 September 2022 - (23:33 WIB)
            Permalink

            Ini adalah pelanggaran ke 4 di tingkatan 1..jngankn sistem bang..
            W aj yg baca klo dh 4x dpt peringatan gk percya sm kemurnian tulisan ente..
            Kenpa gojek lebh percya sistem dr pd manusia..
            Karena sistem bisa salah tp gk bs bohong.
            Manusia..?udah salah,bohong..ditmbh lg pngn bener…

            5
            1
    • 9 September 2022 - (23:23 WIB)
      Permalink

      Sedikit saran pak, kalo ada yang janggal selama trip ketika selesaiin orderan pas kasih rating ke customer selalu lapor duluan lewat kolom komen. Misal “cs minta kebur, saya di buru2, cs membuat saya menunggu, titik antar beda jauh, cs badmood karena jalanan macet, saya dan cs kena cipratan mobil karena jalan becek”. Saya kira pihak gojek akan crosscheck lewat komentar2 itu juga kalo ada laporan sebelum vonis suspend keluar. Tetap semangat pak semoga akun anda segera bisa aktif kembali, tetap beri pelayan terbaik untuk customer. Semoga terhindar dari kesalahpahaman yang merugikan

      • 10 September 2022 - (09:22 WIB)
        Permalink

        Engga ada pengaruhnya pak, saya pernah kena suspend akun gojek saya, padahal saya sudah komentar duluan ke pihak gojek soal customer yang minta buru-buru dan mau ngebut. tetep aja kena suspen alasan “mengemudi berbahaya karena ngebut”

        • 11 September 2022 - (06:43 WIB)
          Permalink

          Benar2 driver panutan jangankan disuruh customer ngebut, disuruh customer lompat ke jurangpun mau. Super sekali, saya salut.

    • 11 September 2022 - (09:49 WIB)
      Permalink

      Ajak geng buat demo kantor gojek .kalau di diamin pasti yang lain bisa mereka injak injak …deliver harus bersatu

      2
      1
  • 8 September 2022 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Sistem gojek gitu sih salah dikit langsung Suspen mo diroot ,meski tidak menggunakan sedikitpun aplikasi tuyul atau mod untuk mencurangi sistem gojek tp tetap Suspen bro.

    9
    2
    • 11 September 2022 - (16:27 WIB)
      Permalink

      karyawan pada perusahaan merupakan aset, sudah sepatutnya perusahaan menjaga aset tsb dg baik disamping tetap memberikan produk yg terbaik bagi konsumennya.
      aplikator adalah jasa dan mitra adalah aset, jd seharusnya aplikator dapat memberikan keputusan yg bijaksana tanpa menghilangkan hak dari mitra apabila mitra tsb sudah melaksanakan kewajibannya. konsumen memang dianggap raja, namun sikap konsumen tidak bisa sepenuhnya diandalkan bisa menjadi “raja” yg bersifat layaknya seorang raja.
      demikian mohon maaf jikalau ada kesalahan kata/penulisan.

      • 11 September 2022 - (16:37 WIB)
        Permalink

        kewajibannya adalah melakukan tugasnya sesuai dengan aturan dan dengan perilaku baik, orang ini sudah melakukan pelanggaran 4 kali, 3 kali selain yang dikeluhkan di surat ini

        orang ini sudah berkesempatan 3x untuk memperbaiki, dan meneliti aturan kembali, akan tetap melakukan pelanggaran, semua ada batas

        lagipula HAK tersebut dibatasi adalah hal normal karena KEWAJIBAN TIDAK DILAKUKAN, HAK tersebut tidak dihilangkan namun DIBATASI, HAK tersebut bisa diambil setelah masa berlalu.

  • 8 September 2022 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Kedepannya, jangan bicara yang tidak perlu apalagi bersikap tidak sopan dengan pelanggan, karena tidak semua pelanggan itu baik. Jika pelanggan lagi pusing dengan masalah mereka sendiri, mereka main lapor saja.

    Tahan diri untuk berbicara dengan pelanggan, kecuali pelanggan yang mengajak bicara baru dijawab dan selalu bersikap sopan dalam ngebid. Anda terkena suspend karena ada laporan dari pelanggan. Mungkin bukan karena anda bersikap/berbicara tidak sopa, tapi mungkin karena pelanggan tidak suka diajak bicara. Untuk sementara, istirahat aja dulu, cuma 7 hari saja gak lama.

    Seakan sudah jadi kebijakan dari aplikator taksi online, yang salah selalu mitra driver,
    sedangkan pelanggan selalu benar. Padahal tidak semua pelanggan itu baik, terkadang beberapa oknum pelanggan menganggap driver rendah. Terkadang driver sudah naik / turunkan barang bawaan pelanggan, masih saja dikasih bintang 1-2. Jangan berharap ada tips dari pelanggan. Dikasih syukur gak dikasih terima aja.

    54
    6
    • 9 September 2022 - (22:23 WIB)
      Permalink

      Betul om, saya jg pernah dpt dr bandara obrolan basa basi sih, dr mana mau kemana. Malah penumpang yg banyak tanya. Saya jawab sesopan mungkin. Tp malah di kasih bintang 2 plus komennya “tidak sopan”…untung g ke suspend. Sejak itu saya lbh baik diem aja sih kecuali ditanya, dan jawab seperlunya.

  • 8 September 2022 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Katanya harus mendepankan karya anak bangsa lah ini, ini udah kaya sambo 2.
    Percuma ada pancasila ke 5 . Keadilan bagi seluruh rakyat idonesia. Tapi tdk adil

    19
    7
  • 8 September 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    Sama seperti pengalaman saya ini,saya disuspen 7 hari gara2 laporan customer menyelesaikan order tanpa melakukan pengantaran…terus saya banding karena merasa tidak melakukan kesalahan karena dari pihak customer/gojek tidak memberi kabar kalau barang atau makanan tidak sampai hasilnya sama tetap Suspen tanpa ada win dari kustomer dan driver

    2
    2
  • 8 September 2022 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Kerja rodi di alam modern yg ojek online gx sesuai pemasukanya.. Driver hnya buat kayain aplikator.. Argo 22 rb driver bersih 10rb..belum perawatan kendaraan belum isi paket data.. Aplikator n negara d subsidi driver..

    15
    6
    • 10 September 2022 - (18:34 WIB)
      Permalink

      klo mau enak kerja sndiri, bikin usaha.

      dimanapun jd karyawan ya gitu. dasar kaum ngeluh ga bisa inovasi

  • 8 September 2022 - (15:01 WIB)
    Permalink

    Mang ga pernah komunikasi ia sama driver2 dijalan saling curhat masalah oderan. Itu padahal dah sering diceritain sama temen2 dijalan . Jangan suka simpan uang di deposit terlalu banyak. Gue tiap hari widraw mending simpan di atm. Masalahnya dah banyak yang simpan uang dideposit sampai jutaan .ada aja masalah ga bisa ditarik. Gue dulu suka simpan 2 juta baru tarik.semenjak banyak yang curhat simpan banyak ga bisa ditarik ada aja alasan macem2. Makanya gue takut w tiap hari widraw . Terus resiko kalau main pantat rawan komplain. Gue dah ga mau main pantat lagi banyak ribetnya. Mending main gosend .gofod .gomart.awet dimotor.
    Jujur ia gue aja suka pesen oderan goride kadang emosi sama driver anak pantat . (Pemain goride). Bawel drivernya emosi gue. Gue dapet oderan goride mending diam aja. Ga semua orang mau diajak ngobrol.
    Terus kadang bini gue order goride suka kurang ajar anak2 pemain goride suka godain.
    Tapi ga mau mikir muka jelek .tua . Sok PD.
    Ga semua driver kayak gtu sikap emang. Tapi rata2 driver nya kurang aja. Sedikit yg sopan.
    Gue aja klo dapet oderan goride cewek cantik gue diam aja karena gue mikir kelebihan gue apa gue miskin .jelek .tua. kecuali gue miliarder baru gue berani godain pake uang.
    Kadang driver2 goride rata2 ga sopan kalau cewek yang order masalahnya bini gue order sering dapet driver kurang ajar. Tapi gue kasihan ga mau lapor. Karena gue ojol juga .

    25
    3
    • 11 September 2022 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Saya sependapat dengan masih ada yg sopan walau sedikit, namun tidak sependapat dengan mendiamkan yg tidak sopan karena teman.
      Menurut saya jika bekerja di perusahaan mana saja, harus memberikan yg terbaik untuk perusahaan tempat bekerja. Jika perusahaan makin besar pendapatan tambah dan jika bangkrut jadi pengangguran.
      Pilihannya cuma mengingatkan teman atau membiarkan perusahaan mengambil langkah tegas. Membiarkan bukan pilihan namun ketidakperdulian.

  • 8 September 2022 - (15:06 WIB)
    Permalink

    Sekarang mah di gojek ada cluster masing2.
    Anak pantat kumpulnya sama2 anak pantat.

    Anak paket kumpulnya sama2 anak paket.

    Anak2 gofod kumpulnya sama anak2 gofod.

    Kalau ketemu saling sindir.

    Ga cocok kalau nongkrong smaa anak pantat sama anak gosend instan.

    Bawaannya males aja. Saling .membangga banggakan apa yang dimainkan.

    7
    2
  • 8 September 2022 - (15:39 WIB)
    Permalink

    ๐Ÿ™ salam satu aspal โ˜บ๏ธ saya sering bilang ke driver baru klo ada kerja yg pasti meski penghasilan blom UMR ambil saja karena di ojol/taxol semua serba di awang-awang ๐Ÿ™karena kita hanya mitra dan lemah. ๐Ÿ’ช Semoga cpat selesai urusannya ๐Ÿ‘

    8
    2
    • 8 September 2022 - (20:04 WIB)
      Permalink

      Alhamdulilah saya skg udah kerja dan udah hampir 2tahun ga narik lg.pengen iseng2 aktipin tp keinget susahnya narik panas macet dll jd males aktipin..

      3
      4
  • 8 September 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Gojek Indonesia makin semena2 sm driver…pdhl driver itu tulang punggung nya gojek…kl ngga ada driver,gojek bs apa?

    15
    4
    • 8 September 2022 - (16:34 WIB)
      Permalink

      Kalau ga ada laporan ga nungkin gojek suspend.
      Soalnya banyak oderan driver mana ingat .
      Saran saya mending ga usah main pantat .kita ngomong biasa mana tahu dihati penumpang mungkin dipikiran dia ga sopan.

      Gue sering main pantat banyak custumer bikin emosi tapi gue sabar.
      Misalnya minta buru2 giliran dah didepan rumah belum apa2 masih lama.gue sabar.

      Minta kebut padahal macet gimana mau ngebut

      Dijalan ada aja berhenti ke indonaret jajan dulu. Bukan jarang tapi sering banget ketemu penumpang kayak gtu.
      Tapi gue sabar resiko tinggi bisa disuspend klo emosi.

      Jalan satu satunya jangan main pantat lagi. Banyak oderan kok. Gue main selain pantat main argo jauh tiap hari insya allah dapet terus bersih 300rb.

      Buat saran kalau masih teteh kekeh main pantat kesabaran harus tinggi.

      Terus kalau dapet cewek cantik dah diam aja ga usah gombalin atau godain. Ingat anak bini
      Ingat diri juga jangan sok ke gantengan . Sok PD . Siapa tahu penumpang itu punya suami.walaupun kelihatan masih anak2.

      Walaupun lu masih bujangan lihat juga diri sendiri berkaca. Kalau mau cari cwewk diluar pekerjaan aja . Mang niat kita godain biasa aja.
      Ada aja wanita yang ga mau digodain sama tukang ojek merasa rendahan.

      Soalnya bini gue kalau order goride dapet rata2 pasti kurang ajar. Godain merasa ganteng. Miskin .tua .belagu godain bini orang.
      Gue aja dapet goride ga pernah godain cewek cantik. Kadang emosi aja sama driver goride. Hampir setiap order. Sekarang bini gue suruh dirumah aja. Gue dapet tiap hari 300rb cukup.

      Iangat ia buat anak2 goride buat masukan dan saran gue aja . Biar hidup lu tenang . Ga pusing mikirin suspend

      11
      4
    • 8 September 2022 - (23:34 WIB)
      Permalink

      Gue sepakat sama gojek. Gue sering dapet cancel sepihak padahalg nunggu malam malam. Ga usah bahas tulang punggung deh. Disini semua simbiosis mutualisme. Saling membutuhkan. Paham

      6
      10
      • 9 September 2022 - (19:12 WIB)
        Permalink

        Ente banyak bertanya sama tetangga ente yg ojol,, rating ente ancur kek antabur jadi driver takut sama ente, perbaiki dulu rating ente

        1
        2
        • 9 September 2022 - (19:36 WIB)
          Permalink

          Driver ojol ada yg pantas di suspend ada yg ga… Berarti Anda layak di suspend dari perkataan Anda. Makin banyak yg di suspend artinya kualitas gojek makin bagus terhadap pelayanan konsumen, bravo gojek

          2
          2
    • 10 September 2022 - (18:37 WIB)
      Permalink

      bisa cari yg lain bro.
      kebiasaan orang indo pemalas mikirnya klo ga ada kami mau jadi apa kantor??

      lo itu cuma angka di mata manajemen, ilang ya ganti baru. biasain ya

      1
      1
  • 8 September 2022 - (16:47 WIB)
    Permalink

    btw itu pelanggaran ke 4.. udh sering kena pelanggaran brti.. susah sih dibuktikan klo pelanggaran bicara gk sopan..

    apakah cukup 1 laporan aja terus driver bisa di suspend? atau perlu bbrp laporan dan akhirnya driver kena suspend 7 hari?

    7
    1
    • 8 September 2022 - (19:54 WIB)
      Permalink

      Pernah punya pengalaman serupa. Pengalaman pertama. Kirim paket nasi kotak plastik, dichat pelanggan minta ditunggu makannya selesai lalu bawa balik box plastiknya dan ongkos baliknya akan dibayar tunai (karena orderan sudah selesai) tapi chat gak saya balas karena gak ada kewajiban saya tuk bawa balik paket bekas makan. bbrp saat kemudian dapat pesan peringatan spt itu. Saya email ke gojek dengan menjelaskan kronologinya dan melampirkan bukti chat. Alhamdulillah besoknya ilang peringatannya.

      5
      2
  • 8 September 2022 - (17:33 WIB)
    Permalink

    Itu di suspend karena penulis melakukan pelanggaran berulang, dan sudah mendapat peringatan. Penulis sudah diingatkan jika dalam 90 hari masih mengulangi pelanggaran yang sama, maka akan diberikan sanksi /suspend selama 7 hari.

    Tampaknya penulis gak peduli dengan peringatan pertama dan kedua, dan masih melakukan pelanggaran, akhirnya kena suspend. Gojek gak akan men-suspend akun mitra driver jika tidak mengulangi pelanggaran sama dalam waktu tertentu, kecuali pelanggan berat, langsung kena PM.

    Pelanggan melapor bukan hanya karena Anda bersikap/berkata tidak sopan, mungkin Anda “menggoda ” pelanggan Anda, atau mengajak ngobrol yang gak perlu, padahal pelanggan belum tentu suka. Jadi, bersikap lah sewajarnya, jangan overacting sama pelanggan.

    16
    3
    • 8 September 2022 - (17:39 WIB)
      Permalink

      Seharus nya kan ditanyakan dulu ke driver, apa betul saya ada melakukan yang saudara katakan tadi, Pernah saya ke kantor grab, mau daftar jadi driver ternyata sudah ditutup, saya lihat disana ada pegawai yg lagi konfirmasi ke driver lewat telpon, pegawai itu menanyakan pesanan semalam ada diantar atau tidak. Kan begitu lebih baik

      4
      8
      • 9 September 2022 - (08:35 WIB)
        Permalink

        Maaf saya cuma kasih tahu aja kenapa pihak gojek ga mau kasih bukti . Kalau dikasih bukti nanti takutnya ada keributan. Ga mau nama gojek rusak gara2 custumer komplain gojek datengin yang ada custumer takut lagi pake gojek.

        Maaf ia seperti temen aku cerita temennya disuspend tahu siapa yang lapor dia datengin ramai2 bawa base campnya yang ada jadi tindakan kekerasan. Makanya gojek ga mau terjadi apa2.

        Pernah driver gendut dijalan cerita sama saya katanya kesal sama custumer ak bilang sabar bang jangan emosi nanti disuspend . Anak bini makan apa.
        Dijawabnya malah ga sopan. Bilangnya awas aja klo dia lapor gue bunuh . Saya bilang astagfirulah . Saya diamin aja lah capek nasehatin. Yang ada merusak nama baik gojek nanti klo terbawa emosi.

        Emang sih di ojol mah bebas sekolah maupun ga sekolah bisa masuk ojol.
        Disekolah mah saya diajarin sopan santun.
        Walaupun lulusan sma halhamdulilah bisa sekolah paham sopan santun.saling menghargai. Kesabaran.

        11
  • 8 September 2022 - (19:51 WIB)
    Permalink

    Ada driver ojol yg baik tapi gak sedikit yang arogan. Saya sebisa mungkin gak ngasih bintang di bawah 5 walaupun kadang tingkah drivernya bikin jengkel/emosi. Padahal saya tipe penumpang yang gak segan kasih uang tips kalau pelayanan yang diberikan sangat baik. Terus terang saya gak terlalu suka order layanan ojol kecuali memang benar benar butuh layanan ojol (bike or car) karena saya pernah mendapat perlakuan tidak menyenangkan yang mana itu bukan kesalahan dari saya melainkan dari drivernya sendiri. Terutama mitra dari aplikasi ojol asing warna kuning.. mitranya banyak sekali yang tidak sopan.. mereka sering meminta customer untuk meng-cancel orderan apabila dirasa ongkosnya tidak sesuai dengan apa yang mereka mau. saya pernah dimaki-maki oleh driver car karena dia menolak menjemput dan meminta cancel dan saya menyuruh dia untuk cancel sendiri dari ponselnya. Alhasil saya saling maki di telepon dan berujung saya melaporkan yang bersangkutan kepihak m*x*m padahal seumur-umur saya tidak pernah melakukan pelaporan dll. Sampai – sampai saya Meng-uninstall aplikasi itu dari ponsel saya. Pernah juga pada saat dikantor saya order makanan via aplikasi ojol warna ijo.. drivernya ngasih makanan dengan muka masam, cemberut dan tidak mau turun dari motornya padahal ordernya juga gak ada pake promo apa2.. hadeh.. berasa gak butuh duit gitu.. ntar giliran gak daper orderan koar2.

    12
    3
    • 8 September 2022 - (22:27 WIB)
      Permalink

      @Urroji, tidak dapat dipungkiri, beberapa oknum ojol / driver bersikap arogan, tapi lebih banyak yang sopan dan beretika. Kembali ke pribadi ojol / driver masing-masing.

      Mengenai aplikasi transportasi online warna kuning , menurut cerita teman, gak seketat yang warna hijau-hijau. Untuk warna kuning, kalau si driver mau cancel order, gak jatuh performa kok, tinggal cancel aja, gak perlu minta minta ke pelanggan untuk meng-cancel.

      Tak dapat dipungkiri, untuk warna kuning tarifnya murah sehingga bagi driver suka pilih-pilih order. Murahnya tarif ojol warna kuning karena potongan aplikasi yang lebih kecil, yaitu sekitar 10%, dan tarif yang dipakai adalah tarif batas bawah.

      Meskipun tarif ojol warna kuning lebih murah tapi driver belum banyak, hanya di kota saja, sedangkan dipinggir/diluar kota masih jarang/ sedikit.

      Kembali ke masalah cancel order oleh driver, jika baik driver yang meng-cancel order gak bikin performa turun kok, justru yang bikin performa turun jika pelanggan yang cancel dengan alasan yang menjatuhkan driver. Kalau driver yang cancel, driver bisa pilih alasan cancel, misalnya titik jemputnya terlalu jauh atau tidak sesuai servis. Jadi, ngapain driver harus marah marah ke pelanggan, kalau gak terima order tinggal cancel sendiri.

      • 9 September 2022 - (06:01 WIB)
        Permalink

        Banyak juga yg menghujat aplikasinya..
        Padahal tanpa aplikasi gojek kalian tdk bisa menjadi driver, paling juga driver lorong.. bersyukur gojek masih ngasih rejeki, driver dapat rejeki, pemesan juga menghemat waktu… Semua dapat untung…. Ada yg bilang “gojek bikin aturan seenak dengkulnya”… Padahal sudah mengais rejeki dari gojek.. gojek itu bukan milik nenek moyangmu …. Trus maunya gimana ?? OJOL tanpa aturan ??? Kadang jaket kalian sebulan ngga dicuci, bau .. tapi ada juga penumpang tdk komplian… Jadi bersyukurlah…

        6
        1
        • 9 September 2022 - (06:10 WIB)
          Permalink

          Yang ngasih rejeki Allaah, bukan aplikasi, kami adalah mitra gojek, mitra adalah kerja sama, kami tidak diberi gaji oleh gojek, kami mengeluarkan modal sendiri untuk jadi mitra, yaitu beli motor, bensin , dan helm untuk penumpang. Tidak ada bantuan 1 rupiah dari gojek untuk kami ketika ingin bergabung jadi mitra, atribut gojek yang saudara lihat itu pun dijalan dijual oleh gojek ke driver.

          4
          10
          • 9 September 2022 - (06:20 WIB)
            Permalink

            Trus kalo tdk ada gojek kalian mau bermitra dgn siapa ?? Silahkan cari mitra baru, atau cari kerjaan lain…. Ngga perlu komplain, kan rejeki dari Allah ..berarti anda tdk perlu mitra.. kalo masalah uang 1.5jt, nanti setelah 7 hari tetap bisa ditarik…

            9
            1
          • 9 September 2022 - (16:39 WIB)
            Permalink

            rejeki mu mana skrg disuspen? ga usah bingung gini kalau yang ngasih rejeki bukan gojek, lucu ๐Ÿ˜ƒ kalau driver merasa ditekan oleh tarif gojek kecil selalu bilang nya nutupin rejeki orang/nyusahin rejeki, kalau dibilang gini bilangnya rejeki dari Allah

            lucu lucu

        • 9 September 2022 - (06:13 WIB)
          Permalink

          Jangan berpikir kami tidak bisa hidup tanpa gojek, dulu saya dari rahim ibu saya sudah diberi rejeki oleh Allaah

          1
          8
          • 9 September 2022 - (06:25 WIB)
            Permalink

            Bagus dong kalo bisa hidup tanpa gojek…. Berarti seharusnya ngga perlu komplain.. kalo masalah uang sementara tdk bisa ditarik, itu kan memang aturannya… Memangnya ada aplikasi tanpa aturan ??? Masa gojek harus merubah system aturan hanya demi 1 org ????

            9
            3
        • 9 September 2022 - (06:17 WIB)
          Permalink

          Sampai sekarang pun saya masih diberi rejeki oleh Allaah, mana ada gojek ngasih rejeki

          1
          8
          • 10 September 2022 - (18:39 WIB)
            Permalink

            masnya kerja cari uang dari platform gojek kan? kok ya bodoh pola pikirnya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ

          • 9 September 2022 - (06:26 WIB)
            Permalink

            Amiiiin… Setuju… Berarti ngga perlu mengeluh.. cukup berdoa kepada Allah

            9
            1
        • 9 September 2022 - (06:42 WIB)
          Permalink

          Saya berusaha untuk merubah aturan gojek yang kalau pelanggan buat laporan pihak gojek tanpa konfirmasi ke driver langsung memberikan sanksi dab juga aturan uang milik driver ditahan waktu akun terkena sanksi, 7 hari itu bukan masa yang singkat. Sangat beda jauh dengan grab dan maxim yang aplikasi nya buatan luar negri tetapi mereka waktu pelanggan buat laporan mereka konfirmasi dulu ke driver atau diberi sanksi terus driver nya dipanggil ke kantor. Gojek aplikasi ngaku buatan anak bangsa tapi aturan nya macam aturan penjajah

          1
          9
          • 10 September 2022 - (18:40 WIB)
            Permalink

            laporannya bukan 1x tp udah 4x
            berarti emang dari diri sendiri aja yg ga beres. introspeksi aja ga usah sok jadi batu ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

          • 13 September 2022 - (10:34 WIB)
            Permalink

            Trus maunya gimana ?? Gojek hanya boleh memenangkan driver ?
            Ya ngga begitu juga bambang… Trus penumpang ngga boleh komplain ??
            Platform itu harus adil… Adil itu tdk bisa dilihat dari pikiran 1 org saja..
            Platform online memang begitu, mereka pasti wajib berusaha utk adil antara diver dan penumpang..
            Sama juga dgn olshop, platform harus adil antara penjual dan pembeli…

            Mereka juga berusaha meng investigasi setiap kasus supaya adil.. karna banyak juga driver yg curang bukan ?? Dan banyak juga penjual yg curang di olshop….

            Jadi bijaksanalah menggunakan platform

        • 9 September 2022 - (19:17 WIB)
          Permalink

          Ente terlalu sombong bang rasakan ketika ente jatoh susah jadi driver,, makan ludah sendiri ente,,,,, banyak belajar dan bertanya bukan hasil pemikiran ente sendiri,, kalo bgitu ente sombong melebihi tuhan

          • 13 September 2022 - (10:39 WIB)
            Permalink

            Cuma di indonesia driver ojol merasa bahwa itu adalah pekerjaan tetap, bahkan ada yg berusaha untuk demo utk dijadikan pegawai tetap… Platform ojol itu dibuat untuk org2 yg ingin mencari income tambahan.. di negara manapun begitu… Jadi kalo anda merasa jatuh bangun itu berarti anda merasa ojol sebagai pekerjaan tetap…

    • 9 September 2022 - (15:01 WIB)
      Permalink

      Setuju dgn aplikasi ojek yg kuning (m*x*m) itu, pernah saya order dr supermarket, dan kebetulan jaraknya ga jauh dari tempat tujuan. Orderan taxi nya diterima tapi cuma buat koar koar ga jelas, malah saya dimaki-maki sama driver, dibilang gini “jarak deket aja pake taxi online, nanti ngotorin mobil saya gimana” . Astagfirullah disitu saya kaget banget, kok ada ya orang yg kayak gitu, kenal engga, tau muka juga engga, nerima orderan cuma buat menghina. Sakit hati sumpah, inget banget pengalaman itu.

  • 8 September 2022 - (23:29 WIB)
    Permalink

    Terkadang driver ga, merasa bahwa sikapnya termasuk ga, sopan mungkin karena adat budaya yg berbeda… Tp sepatutnya intropeksi diri mungkin juga ada salah… Itu lebih baik selama masa suspend 1 minggu

    11
    1
  • 9 September 2022 - (01:50 WIB)
    Permalink

    Gak semua driver baik. Begitu pun gak semua customer baik.
    Sebagai customer, saya juga pernah ketemu driver yang menghina.
    Toh, masih banyak driver yang anggap cs pake promo di orderannya rendahan, makanya kadang susah dapat driver, padahal promo yang dipake cs juga bukan dia yang tanggung. Nah itu cuma jadi salah satu contoh.
    Apalagi sekarang tarifnya mau naik, saya sih pake ojol kalau darurat aja, selebihnya jalan dan beli makan sendiri. Lebih hemat.

    10
  • 9 September 2022 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Gak ada yang nge-bahas ojol lawan arah? Berasa bener aja kalau udah pada lawan arah.

    10
  • 9 September 2022 - (06:29 WIB)
    Permalink

    Gojek skrg juga meresahkan.. karna sangat buaaanyaak… Sudah punya geng geng… Kalo ada yg macam2 kita di keroyok di jalan.. apalagi kalo sudah pake rompi geng… Mainnya keroyokan..

    • 9 September 2022 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Maksudnya apa bang ko geng,, itu kerja sama tim bang bukan geng,, kerja sama saling membantu nte pernah ga ditolong sama driver udah paham, belajar dewasa bang

  • 9 September 2022 - (06:49 WIB)
    Permalink

    Daftar lagi ke grab
    Lagian gojek di tempat saya kurang laku
    Sekali install cari pengemudi nya susah bener
    ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    2
    2
  • 9 September 2022 - (07:45 WIB)
    Permalink

    krn pelanggaran sudah 4x dalam waktu 90 hari. kemungkinan :
    1. terlalu banyak biacara dan berdebat
    2. sering ngebut

    saya pengalaman pernah naik gojek dan drivernya terlalu banyak bicara yg menjurus perdebatan, kadang suka nanya pendapat saya tpi malah di debat sama drivernya. ๐Ÿ˜…

    10
        • 9 September 2022 - (16:35 WIB)
          Permalink

          yang nanya gitu banyak, penulis TIDAK BERANI menjawab dengan tegas apa pelanggaran nya

          karena nyatanya dia MEMANG SALAH, kalau dia tidak salah dia tidak akan protes pelanggaran terakhir saja, tapi SEMUA ke 4 4 nya

          • 9 September 2022 - (17:02 WIB)
            Permalink

            sabar ivan sabar wkwk

      • 9 September 2022 - (08:50 WIB)
        Permalink

        Mang banyak bang . Saya juga ojol ijo tapi saya klo bawa penumpang ga mau banyak omong. Bini kalau mau berangkat kerja suka order saya suruh soalnya saya kalau subuh narik kalau dapet jauh ga bisa jemput macet.
        Kenapa setiap order rata2 dapet driver kurang ajar . Setiap pesan . Tapi sama bini gue ga ladenin. Minta nomor hp lah .nawarin mau dianter lagi ga.
        Bini gue mang mukanya kayak anak smp cantik anak dah 5.dikira masih abg .

        Walaupun kelihatan abg .driver juga mikir lu tuh tukang ojek tugasnya anterin dibayar. Muka jelek .tua bangka merasa ganteng apa. Mikir umur .jangan godain.
        Namanya kurang ajar.

        Gue driver bawa penumpang ga kurang ajar. Bini gue order grab gojek sama aja kurang ajar drivernya.

        Bini teman gue aja digodain sama tukang ojek aja katanya najis ga tahu malu cuma tukang ojek berani godain. Diangkap merendahkan wanita. Kadang ga mikir gtu dah tua bau tanah masih mikirin pikiran kotor.bukannya banyak tobat kurangin dosa. Gue mah tahu cwok godain cewek pikirannya pasti kotor. Gue juga cwok tahu perasaan gtu

        1
        4
      • 9 September 2022 - (10:28 WIB)
        Permalink

        Suspen wajar..tapi saldo jangan di rampok juga .kalau emang salah ya terima..tapi uang deposit di balikin…

        1
        1
        • 10 September 2022 - (18:42 WIB)
          Permalink

          kan ga dirampok itu cuy, cuma ditahan

          bedain kata dirampok/dicuri dengan di tahan sementara selama 7 hari.

          ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

  • 9 September 2022 - (17:34 WIB)
    Permalink

    Turut berduka ya, dl sy pernah narik grab th 2016 kalo ga salah. Pokoknya waktu itu insentif 1.2jt dan gampang banget deh dapet order.. sampe sy ambil cuti 2 minggu dari kantor karena ngejar insentif wkwkw.. asli enak banget pada saat itu.. jujur pernah ada pikiran buat alih profesi berhenti kerja, tp untungnya engga.. karena cuma sesaat alias bakar duit, lihat nasib ojol dan taksol skrg sedih sekali.. denger temen bekas nongkrong yg msh jd taksol.. insentif maksimal puluhan ribu kadang ga dapet.. order sepi.. potongan 20%.. harga tarif ga naik, bbm naik.. gw salut sama yg msh berprofesi driver online.. salam mantan 1 aspal bro

  • 10 September 2022 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Memang penyakit dari dulu perusahaan yg satu ini seneng banget bekuin akun yg punya saldo. Kenapa saya bilang begitu? karena yang bukan mitra gojek pun sering diperlakukan seperti itu, dan mereka tidak pernah sama sekalipun memberikan rincian bukti. Menahan uang seseorang seperti itu bisa termasuk besit, hukum perdata, dan jika tidak ada itikad baik bisa termasuk perampasan dan masuk ke pidana.

  • 10 September 2022 - (12:48 WIB)
    Permalink

    ุงูŽู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏูู„ูู„ูŽู‘ู‡ู pada hari ini tanggal 10 september akun driver gojek saya sudah bisa aktif kembali, akun saya tidak jadi disuspend 7 hari dan uangnya sudah bisa ditarik, terimakasih dukungannya

    • 10 September 2022 - (17:55 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah, Allah masih kasih rizqi. Tetap semangat berkarya dan jangan melanggar aturan, terutama aturan lalu-lintas.

 Apa Komentar Anda mengenai Gojek?

Ada 94 komentar sampai saat ini..

Suspend Driver Gojek dengan Tuduhan “Bersikap/Berbicara dengan Tโ€ฆ

oleh Mirza Urpan dibaca dalam: 1 menit
94