BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

Yth. Bank BRI dan bagian terkait,

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan saran dan kritik (mohon jangan dianggap sebagai komplain) terkait digital banking. Mohon sekiranya agar dipersiapkan lebih matang, supaya ke depannya lebih baik. Adapun beberapa poin yang harus saya garis bawahi:

  1. Pembukaan rekening via Tokopedia. Saya berhasil mendapatkan kode bayar, tapi sampai di cabang ternyata terjadi duplikasi CIF, jadi proses tidak dapat dilanjutkan. Saya disarankan membuka rekening via digital banking, soal kalau pembukaan via cabang stok kartu ATM kosong (nah loh). Ini di cabang Ikhlas Magelang.
  2. Via digital saving. Saya menemukan kesulitan di bagian e-KYC video recognition. Saya coba selama 1 minggu tanpa menyerah, karena urgensi, akhirnya berhasil melakukan setoran awal dan rekening pun berhasil dibuka. Namun kemudian disuruh ke cabang guna pengaktifan rekening, sebagaimana lampiran di email.
  3. Ketika saya datang ke cabang Tarumanegara Magelang, pada hari Senin 5 September 2022, saya bertanya pada petugas mengenai antrean CS untuk mengaktifkan BRImo dan rekening. Waktu saat itu menunjukkan pukul 12:10 WIB. Saya diinformasikan bahwa antrean CS sudah habis lantaran masih ada yang belum terlayani. Adakah maksimal layanan CS per hari? Jika iya, kenapa berbeda dengan bank pelat merah yang lain?
  4. Tanggal 6 September 2022 pukul 10.15, saya ke kantor BRI Ikhlas Magelang. Saya menginformasikan bahwa saya mau mengaktifkan rekening sekalian mau aktivasi BRImo. Oleh mbak CS-nya cuma dimintain KTP dan nomor hp, hanya dibantu (entah apa, ndak tahu). Yang jelas setelah itu saya disuruh ke satpam, kemudian dipandu satpam guna transaksi BRIimo. Kurang lebih 1 jaman dan itu tidak berhasil 😭. Dari info di grup mas satpam, katanya sedang gangguan dan bilang bahwa tadi juga memandu 3 orang sebelum jenengan gagal semua, karena ada kendala di pusat.
  5. Tanggal 6 September 2022 pukul 19:34, saya mencoba pun masih timbul error. Ketika chat ke CS BRI, yang respons cuma bot. Apakah memang sedemikian sibuknya BRI sehingga buka rekening saja berbelit-belit tidak beres seperti saudaranya yang sama-sama plat merah?

Mohon sekali lagi ini masukan buat BRI, sehingga masalah open account digitally dan masalah lainnya dipersiapkan dengan seksama dan bukan grasah grusuh.

Terima kasih.

Wahyu Nugroho
Magelang, Jawa Tengah


Update (10 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank BRI:
[Total:266    Rata-Rata: 2.6/5]
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Wahyu Nugroho

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Wahyu Nugroho menjadi nasabah Bank BRI dan mohon maaf atas kejadian yang...
Baca Selengkapnya

44 komentar untuk “BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

  • 13 September 2022 - (09:03 WIB)
    Permalink

    BNI jg sama kali kak…sy jam 12 nyampe katanya antrian buat ke CS udh tutup. Hrs dibawah jam 12, diarahkan ke cabang lain yg lbh jauh, lah ntar nyampe sana bs2 udh tutup banknya. CSnya lelet2 nyantai bngt gak kyk bank swasta…yg salah apanya ya?

  • 14 September 2022 - (07:18 WIB)
    Permalink

    Kalau ngantri di BRI paling mantep, niatnya cuman mau buka blokir ATM, dibiarin kita buat ngadem diruangan ber AC selama 2 jam padahal yg ngantri termasuk saya cuma 4 orang. Gilak sih pelayanannya. Mantep… kalau dibank lain mah mana bisa, ada yg buka blokirnya malah disuruh ke CS Mesin, abis itu udah. Kalau gitu mana bisa ngadem lama2 di ruangan AC saat cuaca panas

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

oleh wahyu dibaca dalam: 1 menit
44