BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

Yth. Bank BRI dan bagian terkait,

Melalui surat ini, saya ingin menyampaikan saran dan kritik (mohon jangan dianggap sebagai komplain) terkait digital banking. Mohon sekiranya agar dipersiapkan lebih matang, supaya ke depannya lebih baik. Adapun beberapa poin yang harus saya garis bawahi:

  1. Pembukaan rekening via Tokopedia. Saya berhasil mendapatkan kode bayar, tapi sampai di cabang ternyata terjadi duplikasi CIF, jadi proses tidak dapat dilanjutkan. Saya disarankan membuka rekening via digital banking, soal kalau pembukaan via cabang stok kartu ATM kosong (nah loh). Ini di cabang Ikhlas Magelang.
  2. Via digital saving. Saya menemukan kesulitan di bagian e-KYC video recognition. Saya coba selama 1 minggu tanpa menyerah, karena urgensi, akhirnya berhasil melakukan setoran awal dan rekening pun berhasil dibuka. Namun kemudian disuruh ke cabang guna pengaktifan rekening, sebagaimana lampiran di email.
  3. Ketika saya datang ke cabang Tarumanegara Magelang, pada hari Senin 5 September 2022, saya bertanya pada petugas mengenai antrean CS untuk mengaktifkan BRImo dan rekening. Waktu saat itu menunjukkan pukul 12:10 WIB. Saya diinformasikan bahwa antrean CS sudah habis lantaran masih ada yang belum terlayani. Adakah maksimal layanan CS per hari? Jika iya, kenapa berbeda dengan bank pelat merah yang lain?
  4. Tanggal 6 September 2022 pukul 10.15, saya ke kantor BRI Ikhlas Magelang. Saya menginformasikan bahwa saya mau mengaktifkan rekening sekalian mau aktivasi BRImo. Oleh mbak CS-nya cuma dimintain KTP dan nomor hp, hanya dibantu (entah apa, ndak tahu). Yang jelas setelah itu saya disuruh ke satpam, kemudian dipandu satpam guna transaksi BRIimo. Kurang lebih 1 jaman dan itu tidak berhasil ?. Dari info di grup mas satpam, katanya sedang gangguan dan bilang bahwa tadi juga memandu 3 orang sebelum jenengan gagal semua, karena ada kendala di pusat.
  5. Tanggal 6 September 2022 pukul 19:34, saya mencoba pun masih timbul error. Ketika chat ke CS BRI, yang respons cuma bot. Apakah memang sedemikian sibuknya BRI sehingga buka rekening saja berbelit-belit tidak beres seperti saudaranya yang sama-sama plat merah?

Mohon sekali lagi ini masukan buat BRI, sehingga masalah open account digitally dan masalah lainnya dipersiapkan dengan seksama dan bukan grasah grusuh.

Terima kasih.

Wahyu Nugroho
Magelang, Jawa Tengah


Update (10 September 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Wahyu Nugroho

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kesediaan Bapak Wahyu Nugroho menjadi nasabah Bank BRI dan mohon maaf atas kejadian yang...
Baca Selengkapnya

44 komentar untuk “BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

    • 9 September 2022 - (21:23 WIB)
      Permalink

      Entah apa yg terjadi dgn bank plat merah satu ini, stok kartu ATM hampir di semua uker bahkan KCP di seluruh Indonesia mungkin kosong dan ini sudah terjadi dari beberapa bulan yg lalu hingga sekarang. Padahal bank ini adalah salah satu bank terbaik di Indonesia dgn jumlah nasabah terbanyak, masa kartu ATM aja pd kosong di seluruh kantor BRI yg ada di Indonesia.

      19
      3
      • 10 September 2022 - (09:39 WIB)
        Permalink

        Hampir semua plat merah begitu. Mungkin terlalu santuy. Kurang profesional. Ga ada standar. Slogan doank banyak biar keliatan kompeten.
        Saya aja dpt sms suruh ganti kartu debit karna mau abis masa pakainya dan d tulis free. Disuruh ke Bank terdekat. Begitu kesana d oper suruh ke tmpt pembuatan rek. Sudah d tmpt pembukaan rek, kena bayar 15 rb. Wkwkwk…. begitu d konfirmasi dpt sms dari bri pusat yg sudirman, ga ngepek. Ttp bayar. Berarti BRI pusat sms suka sebar hoak donk….kacau kinerjanya dari pusat sampe cabang ga singkron. Contohlah si Biru swasta. Kuat profesional. Rasa bintang 5 tuh bank.

        9
        4
      • 12 September 2022 - (19:11 WIB)
        Permalink

        Saya tanya kekantor pusat dia bilang emang disarankan untuk beralih ke digital, walau tarik tunai pun pakai brimo

  • 9 September 2022 - (10:17 WIB)
    Permalink

    BRI memang gitu sih. Malesin. Saya punya rekeningnya cuma buat terima dan ambil uang di atm. Semua sistemnya kayak masih harus datang ke bank deh. Udah ke bank pun masih jaringan eror melulu (daftar ibanking dan brimo) jd yah cuma buat terima uang terus tarik semua pindahin ke si paling ramah yg bikin rekening dan mbankingnya nggak ribet ???.

    10
    7
  • 9 September 2022 - (11:29 WIB)
    Permalink

    yang paling sering itu kekurangan SDM/antrian cs sudah penuh kadang cs 1-2orang ngantri buanyak sebenernya tidak dibatasi berapa orang yg datang kecs namun kasian juga jika tidak terlayani kalo tetep dikasih no antrian Disini juga gitu kadang jam 11 sudah habis krena didalem masih banyak yg ngantri.

    kalo mau datang ke cabang yang paling guede pasti cs banyak dan responsif.

  • 9 September 2022 - (14:28 WIB)
    Permalink

    nomor 3 bukannya justru bagus?

    mereka berhitung dari sejak jam 12 tersebut, berapa orang yang antri dan diestimasikan 1 orang berapa lama

    misal ada 20 orang antri, dan bank tutup jam 3, mereka estimasi satu orang 20/30 menit ya sisanya disuruh pulang daripada dikecewakan kan? antri sampai jam 3 tapi ujungnya tidak dilayani

    ya itu memang batasan sih jadinya, bisa ditangani dengan menambah jumlah CS, tapi saya yakin mereka ada perhitungan sendiri untuk SDM

    • 10 September 2022 - (13:09 WIB)
      Permalink

      1. Setiap jam 12.00 itu jam istirahat mereka dan mereka tidak melayani nasabah sama sekali dan kadang jam istirahat nya bisa sampai dengan jam 14.00.. Sangat berbeda dengan bank sebelah yg walaupun jam istirahat tetap ada CS yg gantian melayani nasabah..
      2. Walaupun antrian panjang, yg melayani nasabah tetap cuma 1 org CS.. walaupun di samping nya ada 1 CS lagi yg ntah sedang melakukan tugas apa.. (bagian teller juga sama)
      3. Dalam melayani 1 org nasabah sangat sangat sangat sangat lama sekali.. Minimal 30 menit.. Ntah sistem jaringan yg lemot atau SDM nya..

      • 10 September 2022 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Sekarang tiap unit cuma ada 1 cs dan 1 teller, paling lama kalau cs melayani realisasi pinjaman, yg ada keperluan lain ke bank selain real, harus antri nunggu lama, krn sekali real sktr 20-30 menitan. Dah gitu satpamnya pada nggak ramah. Di tanyain apa msh lama yg realisasi, jwbnya klo nggak mau antri ambil lwt mesin atm aja mbak, pdl udah tau sini mau ambil di atas 5 jt. Siap2 makan ati klo nggak sabar.

        1
        1
      • 11 September 2022 - (14:17 WIB)
        Permalink

        1. ya ke bank sebelah aja…. kalo mau nyamain2 pelayanan ya samain aja semua bank pelayanan sama suku bunga nya, g usah milih, milih nama doang? beda bank ya beda sistem lah ngapain di sama-sama in, kalau tidak setuju dengan cara mereka melayani, ya pindah bank lain lah, itu bukan masalah anda disalahi atau tidak tapi sudah cara dan aturan disana
        2. lah itu ya semua bank bang… kalau tugasnya belum selesai ya masak lanjut ke nasabah lain
        3. bisa apa selain pindah bank?

        2
        8
  • 9 September 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Antri panjang n lama tp loket yg buka cuma 2 padahal ruang loket sampe ada 5. Begitu beres langsung tarik duit semuanya di atm. Pindah ke bank yg pelayanannya ramah n cepat….

    7
    2
  • 9 September 2022 - (16:09 WIB)
    Permalink

    BRI dimana2 terkenal dg pelayanan yg semraut dan gaduh apa lagi di unit2. Mondar2 mandir CS ,Nasabah berisik. Apakah karna bank rakyat ya…

    Beda sama saudaranya BNI, dan Mandiri lebih berkelas pelayanannya. Selain itu gedungya juga lebih mewah dan nyaman. Stafnya juga lebih cantik dan penampilannya lebih bagus dari BRI. Dan lagi pula segmen nasabah BNI dan Mandiri kebanyakan kalangan coorporate/pengusaha. Beda ya ama BRI. Segmen UMKM. Maaf ini cuma penilaian pribadi sy.

    10
    19
    • 9 September 2022 - (18:55 WIB)
      Permalink

      Tapi utk kami yg didaerah sangat terbantu adanya bank BRI, BANK lain gak ada yg keplosok penjuru desa,, plyanan disini pun ramah2, bantuan dari negara pun banyak yg melalui bank BRI, jdi kmi di plosok sangat terbantu,,,

      26
      3
    • 10 September 2022 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Mungkin si pembuat aduan..tidak mengerti ..jd udah emosi dluan..
      Kenapa bank bri kartu atm nya banyak kosong.
      Itu ditandakan perlahan era digital yg di program pemerintah itu nyata..mula beranggsur…

      Terus kenapa pelayananya kurang maksimal.
      Ya iyalah yg datang ke bri itu rakyat coi..
      Mulai dr pakai baju dalam.
      Muli tukang kerupuk.
      Tukang ikan..
      Pemulung mau nabung semua diterima tanpa embel2…

      Twrus klo satpam bilang antrian cs udah habjs.
      Ya itu udah dihitung sisa nasabah berapa sampai jam pelayanan…
      Ga mgkinlah nasabah dikasih antrian terus..
      Emang pegwainya ga pulang2 apa…

      Klo saya amati di bri itu nasabahnya jg dibilang kelas bawah tentang digitalisasi.
      Bjangan sok bener juga lah..dkit2 komplen
      Padahal bank bri itu ga satu..
      Terus klo daftar digitalsaving biasa langsung dibikinin brimo oleh cs…pasti banget aplge atm kosing

      14
      6
      • 10 September 2022 - (11:42 WIB)
        Permalink

        Dibaca ga sih dr awal, klo dr awal ga ada masalah yg beruntun yah ga perlu dtg ke cabang, ini sdh ngikutin sesuai prosedur.

        Cape lho dtg berkali2 ke cabang tanpa hasil, ada tenaga waktu dan biaya terbuang, terus knpa kita yg hrs ngerti permasalahan si bank, klo ga bs kasi pelayanan maksimal yah perbaiki bukan si nasabah yg hrs ngertiin.

        Kenapa kartu atm byk yg kosong, klo dr awal dijelaskan langsung kenapanya lalu dibantu masalahnya langsung selesai, calon nasabah jg akan mengerti dan tdk akan ngasi masukan ke mk, lagipula kartu atm masi adalah hak dr nasabah.

        Bank lain itu bisa , BCA pun yg dtg pakai sandal jepit masi dilayanin, dan mereka punya SOP bahwa masalah hrs selesai di hr yg sama dan ts dr awal hanya mau buka rekening dan butuh waktu hampir 2 minggu, hanya buka rekening, yg lain hanya bs kurang dr 1 jam dan tdk perlu keluar rumah, niat awal sdh bagus tapi infrastruktur bri memang perlu dibenahi karna nasabah dr ceritanya sdh runut sesuai prosedur , sdh memberikan bri tuk hak jawab atas keluhan ts melalui jalur resmi bri

  • 9 September 2022 - (19:33 WIB)
    Permalink

    Tanpa BRI percaya saja Indonesia susah maju. Bersyukurlah itu aj pesan saya. Gk cocok pindah gk usah di budayakan koar2, carilah solusi untuk diri sendiri dulu baru menyarankan solusi untuk orang lain. Itu bank yg bagus2 pelayanannya coba suruh buka unit ribuan sperti BRI baru ngerasa pusingnya ngurus khalayak.

    15
    7
    • 9 September 2022 - (23:35 WIB)
      Permalink

      Saya bank tdk cuma bri , hsbc citibank mandiri bca pun ada nah disini yang saya garis bawahi sistemnya pak infastruktur it nya ..jadi bukan waton kritik tanpa solusi …?dan saya bukan orang kmrn sore yang baru masyk ke bank

      7
      4
      • 10 September 2022 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Makanya sy bilang, gk sama kerumitan infrastruktur bank yg cuma puluhan cabang sama bank yg punya ribuan cabang. Cba suruh hsbc mu buka ribuan unit di pelosok2 bs ttap prima gk layanannya.

        4
        4
      • 17 September 2022 - (08:56 WIB)
        Permalink

        Namanya Juga BUMN, Yang Dari BUMN Emang Gak jelas dari dulu kek pemerintah wakanda sekarang lagi sibuk nyari hacker bukannya peningkatan database sistem biar kuat wkwk, Mending Masnya Bukak BCA yang enak mudah cepat, BCA Bank Swasta Yang Customer Service dan Satisfaction Terbaik Di Indonesia, Dijamin Puas Makek BCA

  • 9 September 2022 - (22:48 WIB)
    Permalink

    Waah Bank pesaing sudah mulai memprovokasi.. Haha
    Saya nasabah pinjaman BRI dari tahun 2009.sampai skarang saya sudah bisa deposito, nabungbahkan rumah dan kendaraan dan lain2 awal jalannya dikasih pinjaman sama bank rakyat ini.. Dan sampai saat ini tetep baik kok..

    10
    2
  • 9 September 2022 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Percayalah saya penghasilan 26jt per bulan karna awal di modalin BRI. Yang awalnya toko sembako biasa sekarang jadi toko grosir

    6
    2
    • 12 September 2022 - (17:41 WIB)
      Permalink

      Iya kenapa ya kartu ATM BRI di semua daerah kosong, kemarin kartu ATM BRI lama ibu saya ketelan ATM nya, mau ganti kartu ATM kata tellernya kosong di suruh pakai brimo saja, ibu saya gak mau, gak ngerti pakai aplikasi internet karena beliau sudah tua, takut salah-salah pencet atau takut kena scaming. Akhirnya sekarang cuma pakai buku tabungan.

  • 10 September 2022 - (00:20 WIB)
    Permalink

    BRI ini bagus sebenarnya dan potensinya sangat besar krn menjangkau hingga ke pelosok negeri tetapi memang kekurangannya ada di sistem IT dan digital produknya. Jika saja ini bisa dibenahi maka saya berani jamin kelak akan bisa menyamai atau bahkan melampui 2 saudaranya.
    Mengenai suasananya yg seperti pasar sepertinya itu memang ciri khasnya dan tidak perlu dirubah. Justru jika dirubah malah konsumennya pada lari karena segan.

    • 12 September 2022 - (15:31 WIB)
      Permalink

      kami di sini di pedalaman sulawesi enjoy aja ama bri antrean cuma senin sama jumat yg padat selasa rabu kamis hampir lengang kl di jawa padat merapat ,ganti kartu atm geratis bikin brimo cepat

  • 10 September 2022 - (01:20 WIB)
    Permalink

    Bri masih yang terbaik dengan banjir nya nasabah pemula maupun yang sudah akut !?!?.. cuma SDM harus di tingkat kan grade harus naik.. untuk 1 kcp sudah kewalahan melayani nasabah.. di hajar dari dunia digital yang secara sistim it gak siap dan belum mampu walau katanya punya satelit sendiri..!!

  • 10 September 2022 - (07:23 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah buka tabungan BRI via aplikasi lancar prosesnya sampai ambil kartu atm + buku tabungan (mungkin karena saat itu belum banyak yang ngerti buka rek BRI bisa via aplikasi).
    Mungkin BRI mesti cetak lebih banyak kartu atm + buku tabungan dan di distribusikan ke seluruh cabang2xnya yang ada di mana2x (Sampai di desa – desa).
    Terima kasih BRI

  • 10 September 2022 - (15:41 WIB)
    Permalink

    Wkwkw baru tau ya bri bengini?
    Belom lagi ambil duit d ATM, gangguan teruss
    Gajelas emang,
    Sya putus kan pindah ke bca dan BNI aman2 aja sampe krng ga ada eror, kendala, dll
    Bri bank ruwet indonesia

  • 10 September 2022 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Memang begitu faktanya BRI saya pun pernah mengalaminya, sangat berbeda jauh dengan bank plat merah lainnya katakanlah seperti Mandiri yang sangat sigap terhadap pelayanan nasabah apalagi Customer Servicenya dua jempol

  • 10 September 2022 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Ngapain buka rekening tabungan online tapi harus offline buat verifikasi atau ambil kartu? Mendhingan pake bank digital yang kartu debitnya dikirim. Contoh: Jenius BTPN, Bank Jago, dll. Sebenarnya BRI semakin bagus kok secara teknologi dan infrastrukturnya. Tapi ya faktanya banyak juga ganguan dan keluhan. Saya sih nggak berani naruh duit di rekening, paling cuma buat numpang lewat terima gaji, habis itu disimpen ke bank lain yang lebih aman.

  • 11 September 2022 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Hahaa BRI gue prnh mau setor tunai uangnya blm rapih aja berani ngomel teller coba bandingkan sm bank bca jauh banget pelayanannya bca number uno
    Kapok berurusan sm BRI

    1
    1
  • 11 September 2022 - (05:01 WIB)
    Permalink

    Pengalaman aj sh,, bri adalah salah satu bank yg terlemot.. mgkn mrasa zona nyaman,, bumn.. kerja baik & buruk yg penting gajian, lambat dalm uprgade pelayanan..
    Tdak sperti swasta sebelah yg sat set..cepat & efektif..
    Utk kecepatan dalam bisnis/pengusaha,, bri menurut sy kurang pas..

    2
    1
  • 11 September 2022 - (05:23 WIB)
    Permalink

    Setelah membaca keluhan anda, kesan saya pelayanan BRI kok AMATIRAN ya? Laba paling besar karena bisa menjangkau seluruh kecamatan. Lama kelamaan bisa KO sama bank lain

    1
    2
  • 11 September 2022 - (06:05 WIB)
    Permalink

    Dah g aneh pa ,bank plat merah 1 ini. Mau aktifin mbangking dah ngantri,pas d cek alwsan gangguan dari server datang lagi besok nya gitu juga. Ampe karang dah 2 tahun g d benerin males buang waktu aj. Harusnya contoh bank swasta biru. Pelayanan dari 0 sampi akhir bintang 5. Profesional.

    Mohon dperbaiki pelayanannya jangan jargon doang

    2
    1
  • 11 September 2022 - (23:40 WIB)
    Permalink

    Jgn mengada ada, adanya cif ganda itu karena ts kemungkinan besar sudah pernah punya rekening, entah perihal ktp atau nama ibu kansung beda, makanya bisa ke generate 2 cif. Perihal point 3 antrian habis jam 12, kenapa habis? Anda mau antrian masih ada 10 lagi anda masuk antrian ke 11? Dimana 1 antrian memakan waktu 10-30 menit, kurang kurangi ego , coba belajar memikirkan orang sekitar anda, mulai dari hal kecil.

    1
    1
  • 12 September 2022 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Waktu itu saya pernah dapat bantuan UMKM di Bank BRI. Entah kenapa tidak bisa dicairkan, lalu ketika datang lagi katanya sudah telat dan diblokir uangnya. Jadi jumlah buku tabungan dan ATM tidak sama.
    Saya minta di cs agar buku tabungan dan ATM dibuat sama, jadi bantuan UMKM dikeluarkan.
    Yg terjadi diluar dugaan, dana yg ditarik bang BRI 2 x lipat dari bantuan yg diberikan.
    Saya balik lagi ke cs, akhirnya dicoret di buku tabungan dan di print ulang.
    Kalau saya tidak periksa, apakah tabungan saya juga ketarik?

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BRI?

Ada 44 komentar sampai saat ini..

BRI Oh BRI, Mohon Benahi Infrastrukturnya

oleh wahyu dibaca dalam: 1 menit
44