Paket Tertahan di Gudang Sortasi Jakarta Timur, Jawaban CS Hanya Formalitas Tanpa Solusi

Saya seorang seller di Shopee. Ada tiga paket saya tertahan di gudang sortasi Jakarta Timur SiCepat, tanpa ada pergerakan. Satu paket dikirim sejak tanggal 31 Agustus 2022, dan dua lagi dikirim sejak tanggal 4 September 2022.

Sejak tanggal 3 dan 4 hingga sekarang, statusnya masih tergantung. Sudah keluar dari gudang sortasi Jakarta Timur, tapi entah di mana dan bagaimana kelanjutannya sekarang. Nomor resinya:

  • 004079336112 (dikirim 31 Agustus 2022)
  • 004080785082 (dikirim 4 September 2022)
  • 004080708799 (dikirim 4 September 2022)

Menghubungi CS SiCepat via telepon berulang kali pun percuma. Jawabannya hanya formalitas: “Karena sudah melewati estimasi, kami bantu buatkan laporan untuk diteruskan ke tim operasional agar dimaksimalkan pengirimannya”.

Namun tidak ada bukti nyatanya! Buyer sudah menanyakan nasib paketnya, bahkan ada satu buyer yang sempat minta refund. Masalahnya mekanisme Shopee tidak bisa seperti itu, buyer tidak bisa mengajukan pengembalian dana/dapat penggantian dana sebelum paket dinyatakan sampai ataupun hilang oleh pihak ekspedisi.

Di sini reputasi saya sebagai seller sudah pasti rusak karena ketidakbecusan SiCepat. Di twitter mereka menuliskan sedang ada perubahan work flow sehingga pengiriman Jabodetabek terhambat. Namun saya juga tahu mereka sedang ada masalah dengan karyawannya, karena PHK maupun perubahan status karyawan tetap jadi outsourcing.

Tolong perubahan sistem kerja tersebut jangan sampai merugikan seller maupun buyer yang notabene orang luar. Saya ingin solusi nyata atas permasalahan ini.

Habibah Rahmah
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kurir SiCepat di Shopee:
[Total:25    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Ibu Habibah Rahmah

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Habibah Rahmah dengan judul “Paket Tertahan di Gudang Sortasi Jakarta Timur, Jawaban CS Hanya...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Paket Tertahan di Gudang Sortasi Jakarta Timur, Jawaban CS Hanya Formalitas Tanpa Solusi

    • 16 September 2022 - (17:17 WIB)
      Permalink

      Ohhh..
      Pantesan kmaren paket saya yg sdh sampe di sicepat terdekat dgn rumah (+/- 2 KM) dari 14/9/22 jam 7 pagi sampe saya samperin tgl 15/9/22 jam 9 pagi (26 jam) menurut petugasnya belom dipilah.
      Atau mau ganti sitransit namanya kali

      • 20 September 2022 - (00:54 WIB)
        Permalink

        Ekspedisi halu, persis kaya service nya halu, jadi banyak ngehalu wkwk
        Anw paket saya juga sudah 5 hari dipendam ditahan tanpa alasan padahal sudah sampai di kota tujuan
        Mengenai cs nya, maklum mungkin ijazah nya cuma formalitas jadi ketika ada keluhan konsumen, kerjanya asal asalan, asal jawab aja tanpa solusi, yang penting masuk kantor, dapet gaji wkwk

  • 14 September 2022 - (11:46 WIB)
    Permalink

    kalo belanja di shopee, kan bs tuh diubah free ongkirnya, ga mau sicepat lagi, pasti ganti. kapok

    • 14 September 2022 - (12:58 WIB)
      Permalink

      Kalo coba di cek, terakhir status semua paketnya keluar dari gudang sortir utama di wilayah alamat pembeli, itu udah berangkat ke gudang lokal buat proses pengiriman. Kemungkinan nya cuma
      1. Hilang di gudang lokal, biasanya pake kecamatan di nama belakang gudangnya (misal Sicepat Margahayu)
      2. Barang udah ada di gudang lokal,tapi belum ke sortir/scan buat di lanjut ke proses delivery (mungkin ini ada hubungannya sama phk banyak kurir+pegawai sortir di Jakarta sana, atau emang paketnya keselip, apalagi ini paket buku ya?)

      Saya seller+buyer juga, udah 6 bulanan ini malah ga mau/kurang sreg kalau ga pake sicepat buat barang yang saya beli/saya jual di toko ijo sama oren. Biasanya saya pesan dari toko-toko di Jabodetabek buat di kirim ke Bandung, dan semuanya paling lambat 2 hari pasti sampai, di hitung sejak barang di drop di gerai/di pickup kurir. Malah lebih banyak kirim kemarin sore,sampe besok sorenya kalau di tempat saya meskipun yang REG. Pembeli di toko agan juga harusnya ngerti kalau sebenarnya yang harus dikejar di sini itu pihak sicepat, seller ga punya urusan kalau soal pengiriman yang udah sejauh ini prosesnya. Kadang buyer-buyer olshop ini lucu-lucu juga sih.

      • 14 September 2022 - (14:35 WIB)
        Permalink

        Kalo lancar tidak stuck emang normal aja sicepat sampenya.

        Tapi kalau yg stuck, itu gk jelas banget bro statusnya, kebetulan saya ada kejadian seperti ini dan lagi mau buat surat pembaca juga. Status sama kyk si TS menunggu operasional, ditanya ke sicepat jawabannya ambigu cuma disuruh nunggu, pdhl pengiriman sudah 1minggu lebih sesama jabodetabek

  • 14 September 2022 - (12:18 WIB)
    Permalink

    senasib sis , SiLambat ini memang meresahkan , kalo memang uda mau bangkrut langsung aja ga usa nyusahin orang laen , uda mo bangkrut masi aja ngerusuh

  • 14 September 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Sejujurnya saya punya sejarah baik dgn sicepat. Selama dua taun buka toko di MP maupun jadi member sicepat, semua service nya excellent. Kurir pick up ga pernah alpha, CS dan manager ops gerai yg responsif menangani masalah, sistem timbang yg terekam kamera, kecepatan pengiriman baik, hingga respon cs pusat pun biasanya bagus.

    Namun baru kali ini bermasalah hingga 2 minggu. Per hari ini sicepat menghubungi saya maupun buyer, pesanan dinyatakan batal karena hilang. Saya mau tau, penggantian dana dr shopee dan sicepat ke seller cepet engga. Kalau buyer sih udah langsung dapat balik dananya.

    Saya ga membenci sicepat ataupun kapok secara general karena dua taun yg memuaskan servicenya tidak bisa saya lupakan begitu aja.

    Semoga dgn adanya surat pembaca ini sicepat maupun shopee bisa segera menyelesaikan perkara ini. Bagaimanapun saya penggemar sicepat dan selama ini merasa berterima kasih pada sicepat

  • 14 September 2022 - (13:30 WIB)
    Permalink

    Sama dan senasip, saya pengirim. Tgl 3 sept kirim barang ke jagakarsa dari tebet sesama jaksel sampe sekarang belom sampe. berkali kali telfon jawaban sama “akan kami maksimalkan pengiriman, paket dialihkan ke JNE/J&T dan akan di update nomor resi terbaru.” Kapok pakai silambat ini, ga akan pernah pake ini lagi deh.

  • 14 September 2022 - (18:51 WIB)
    Permalink

    Masalahnya di shopee brarti..gw blanja di toko ijo pake sicepat aman2 aja ga prnah masalah..smpe cod pun dikirim tepat waktu.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir SiCepat di Shopee?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Paket Tertahan di Gudang Sortasi Jakarta Timur, Jawaban CS Hanya Forma…

oleh Buku dibaca dalam: 1 menit
11