Bank Panin Menolak Nasabah yang Ingin Membuka TabunganKu (Produk Bank Indonesia)

Pada hari Senin, 19 September 2022 sekitar pukul 10.00 WIB, saya mendatangi Kantor Cabang Utama (KCU) Bank Panin Lampung, yang beralamat di Jl. Kartini No. 97-99 Tj. Karang, Bandar Lampung.

Di pintu masuk, satpam tentu langsung menanyakan maksud kedatangan saya. Saya mengatakan ingin membuka tabungan dan langsung diberikan nomor antrean. Tidak sampai 1 menit, tiba antrean saya karena memang di gedung Kantor Cabang Utama (KCU) sebesar itu saya lihat tidak ada satu pun nasabah, dan saya langsung menuju meja customers services. 

Cukup hangat menurut saya sambutan dari CS tersebut, dia berdiri, menyampaikan selamat pagi, memperkenalkan diri, dsb. Hingga keramahan itu berubah seketika menjadi dingin dan “menghina” (menurut saya), ketika dia menanyakan maksud tujuan saya.

Saya mengatakan ingin membuka tabungan jenis TabunganKu. Saya masih ingat, CS tersebut langsung mencecar saya dengan kata-kata “Bapak tahu dari mana jenis tabungan ini, kok sudah tahu?”. Menurut saya wajar jika masyarakat umum seperti saya tahu jenis tabungan ini, karena memang ini adalah sebuah produk dan dikampanyekan oleh banyak instansi perbankan, terlebih Bank Indonesia sendiri, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menabung. Yang menurut saya menghina adalah kata-kata “Kenapa harus di Bank Panin pak? Kenapa tidak di bank lain? Tabungan ini kan ada di bank lain juga. Karena paling murah ya?”.

Dia meminta KTP dan NPWP saya dan membawa dokumen saya tersebut ke sebuah ruangan selama 5 menit dan kembali lagi dengan mengatakan “Maaf Pak, kami gak bisa proses, sedang ada gangguan di Dukcapil”.

Jika memang sedang ada gangguan kenapa saya diperbolehkan masuk? Semestinya satpam pun tahu jika proses buka tabungan yang perlu pencocokan data dengan Dukcapil jika sedang trouble semestinya langsung menolak saya di pintu tadi. CS tadi mengatakan “Kalau bapak masih mau dilanjutkan prosesnya tolong lengkapi SURAT IZIN USAHA milik bapak”. Ini lebih aneh lagi menurut saya, semestinya NPWP saya sudah merepresentasikan bahwa saya wajib pajak dan membayarkan pajak dari setiap hasil kegiatan usaha saya. Saya mengatakan hal ini ke CS tersebut, tanggapannya hanya “Ya sementara hanya itu sih pak dari atasan saya”.

Sebagai informasi, produk tabungan “TabunganKu”  adalah jenis tabungan yang wajib ada di setiap bank di Indonesia dengan biaya setoran awal yang minim, biaya-biaya yang minim untuk menggalakkan aktif menabung di bank bagi warga masyarakat di Indonesia.

Saya merasa Bank Panin terutama pegawai KCU Lampung menganggap remeh kampanye pemerintah ini, dan bahkan menganggapnya sebagai beban. Semoga sikap apatis dan tidak profesional seperti yang saya alami tidak dialami masyarakat lainnya.

M. Surya Anggita
Pesawaran, Lampung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Panin:
[Total:476    Rata-Rata: 2.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

55 komentar untuk “Bank Panin Menolak Nasabah yang Ingin Membuka TabunganKu (Produk Bank Indonesia)

  • 21 September 2022 - (08:33 WIB)
    Permalink

    Wah parah kalo benar demikian ceritanya… Harus ditindak dari Bank Indonesia supaya tidak mendiskriminasi calon nasabah.

    Saya sendiri buka tambahan rekening Tabunganku di Maybank, BCA, UOB… gak banyak cingcong basa-basi, pelayanan sama saja dengan produk reguler

    Kalo boleh tahu kepada penulis, untuk apa buka di Panin?
    Apakah ada fitur yang menarik atau terkait gaji/pembayaran/mitra?
    Karena kalo boleh dicek, secara fitur lebih oke di bank lain misal di Maybank dapat akses internet banking dan fitur ATM sama dengan reguler, cuma beda admin fee nol atau minim.
    UOB juga ada akses internet banking, untuk ATM berbayar 2500 sebulan.
    BCA ada batasan tapi jaringan ATM jauh lebih oke.
    Untuk bank lain bisa dicek dulu spesifikasi Tabunganku seperti apa… itu kalo memang gak harus Panin ya.

    25
    5
    • 22 September 2022 - (09:42 WIB)
      Permalink

      Mau kasih saran saja🙏 untuk Produk bank Tabunganku mending dari CIMB niaga aja.. Full fitur dapet semuanya. Dari debit card (GPN), bisa request yg syariah kalo pengen Tabunganku ib, dapet buku tabungan, Mobile banking dan internet banking, limit besar sama kaya Tabungan reguler lain di CIMB niaga, bisa setor dan tarik tunai di atm CIMB niaga. Keren bgt sih gak di beda bedain sama nasabah reguler maupun prefered. Ditempatku satpam dan CS nya juga ramah2 (lokasi Tegal). Btw sudah pakai 3 tahunan best lah👍… Oiya ojol2 juga suka pake produk ini, kadang sering pada ngambil dan setor bareng di atm. Produk nya bagus gak ada biaya admin serta full fitur.

      9
      1
      • 22 September 2022 - (21:32 WIB)
        Permalink

        Buka rekening di Bank Danamon aja, pelayanan nya sudah pasti terbaik dan mengutamakan nasabah.

        1
        1
      • 23 September 2022 - (08:05 WIB)
        Permalink

        Kenapa ojol memakai niaga ? Karena bank parnert nya hanya BCA dan NIAGA , tapi nanti bisa di ganti dengan bank lain kalau akun nya sudah on . Kalau dulu gak bisa di ganti tapi sekarang bisa

        • 21 September 2022 - (15:33 WIB)
          Permalink

          Setahu sy. Buka rekg tabunganku itu harus sdh punya tabungan regular dulu di bank terkait. Tdk tahu juga kebijakan tiap bank. Ada yg bisa buka tabunganku karena ingin menambah nasabah. Nah mana yg benar

          1
          1
          • 21 September 2022 - (18:40 WIB)
            Permalink

            Gak ada syarat harus punya tabungan reguler dari bank terkait. Ini produk berbeda

            6
            1
    • 22 September 2022 - (08:07 WIB)
      Permalink

      Terkadang hal gangguan dari dukcapil emang tidak terduga pak/ibu. Kan bilang banknya waktu sepi, mungkin blm ada transaksi yang berhubungan dengan dukcapil, anda lah yang pertama terus ternyata gangguan pula.

      Kemudian untuk satpam, masing2 bank beda pak, bisa dibilang dari rata rata bank hanya beberapa yang pelayanan satpam ke nasabahnya saling berhubungan dengan cs seperti BCA. Tetapi kembali lg ke kebijakan cabang.

      Terus kok diminta lengkapi surat izin usaha sih, bpk/ibu salah dengar tidak. Cs nya ngigau, Mau nabung bukan mau pinjam uang

      8
      1
      • 22 September 2022 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Saya gak salah dengar soal diminta melengkapi surat izin usaha, saya pun kaget ketika dia meminta itu. Konyol mereka, gak elegan bohongnya

        1
        1
      • 22 September 2022 - (21:05 WIB)
        Permalink

        Ijin komen, CS ataupun teller ada target setiap bulan. Salah satunya pembukaan rekening baru. Mungkin TabunganKu ga masuk target si CS. Makanya dia (CS) ogah melayani nasabah.

  • 21 September 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    saya juga baru sekitar 3 bulan lalu buka rek panin
    tabunganku, cuma untuk bayar CC bank panin

    tapi memang benar, produku ini tidak di tawarkan oleh CS
    tapi harus kita yg minta, tp syukurny CS tempat domisili saya sangat bersahabat.

    menurut saya tergantung kantornya
    kalau dari atas sudah penerapannya seperti yg di sampaikan PENULIS
    past bawahnya sama saja….

    tp penulis buka rek pribadi apa toko?
    sampai di minta surat izin usaha?

    6
    1
  • 21 September 2022 - (10:36 WIB)
    Permalink

    bank panin mah programnya kurang menarik kalo cuma buat simpanan pilih bank yg familier di indonesia yg jaringan atm nya luas

    4
    2
  • 21 September 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    Jika memang sedang ada gangguan kenapa saya diperbolehkan masuk? Semestinya satpam pun tahu jika proses buka tabungan yang perlu pencocokan data dengan Dukcapil jika sedang trouble semestinya langsung menolak saya di pintu tadi.

    ======
    Hmmmm aneh logic nya…..

    6
    3
    • 21 September 2022 - (12:04 WIB)
      Permalink

      Standard Satpam BCA bos. Btw Satpam BPJS juga diinfokan alur workflownya juga si. mungkin adalagi yang satpamnya juga bertugas sebagai frontliner?
      good job BCA dan BPJS TK dan BPJS Kesehatan.

      4
      2
      • 22 September 2022 - (13:08 WIB)
        Permalink

        Pertama harus ngerti atau paling tidak, sedikit pengertian sama sistem bank.

        Yang gangguan bukan sistem perbankannya tetapi di disdukcapil nya

        Pada saat Bank mencoba untuk hubung ke sistem disdukcapil ternyata ga bisa, gangguannya disana.

  • 21 September 2022 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Buka rek Panin aga ribet, saya mau buka Tabunganku ditolak disaranin Tabungan yang biasa. Tpi temen sy bisa, kan aneh

    1
    1
  • 21 September 2022 - (11:09 WIB)
    Permalink

    parah banget Bank Panin, seolah tidak butuh nasabah.

    biasanya orang buka rek Tabunganku karena murni alasan untuk menabung, karena tidak ada biaya admin dan kadang ada yg tidak pakai kartu ATM. supaya tidak mudah tergoda menarik uangnya di bank.

    padahal asal bisa komitmen pada diri sendiri untuk menabung, masih ada jenis tabungan yang tanpa biaya admin.

    BSI pilih jenis tabungan Wadiah dengan kartu ATM GPN Silver, tidak ada biaya bulanan sama sekali.
    e-Batara Pos dari BTN, saldo minimal 1 juta per bulan, free biaya admin. tp masih kena biaya kartu ATM 2.500 per bulan.
    atau pertimbangkan bank digital, semisal blu BCA Digital, beneran free biaya adminnya. saldo juga bisa ditarik habis, tanpa ada saldo minimal yg mengendap di bank.

    2
    2
    • 21 September 2022 - (14:43 WIB)
      Permalink

      Saya punya tabunganku di cimb niaga, hanya untuk auto debet kta dan pembayaran kartu kredit. Lumayan minimal saldo mengendap cuma 20ribu dan bebas biaya.

      Waktu pembukaan ga ada masalah malah marketingnya yg saranin buka tabunganku

      3
      2
  • 21 September 2022 - (15:21 WIB)
    Permalink

    Menurut saya bank panin itu bank paling sedikit nasabahnya dan paling sepi peminatnya, karena setiap saya lewat bank panin dimanapun selalu sepi. Harusnya bank panin itu mencontoh bank2 lain dari segi pelayanannya kepada nasabah maupun calon nasabah.

    3
    1
  • 21 September 2022 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Kenapa masih minat buka tabungan di bank konvesional. Padahal sdh banyak bank2 digital yg bisa buka rekening online tanpa datang ke kantor..Ada bank Neo, jago seabank’ TMRW BCA digiital dll. yg bebas biaya admin dan transfer. Produk dan promo nya jg banyak.

    • 22 September 2022 - (12:01 WIB)
      Permalink

      bener pak. Pdhl praktis buka rekening di bank digital. Jago, Neo, Seabank, Blu, saya ada. Buat setor tunai andalan saya, Blu. Baru disebar ke rekening bank digital yg lain. Pengalaman saya buka rekening di bank konven CIMB, udh antre lama, proses jg lama. Lebih dr 2 jam prosesnya krn saya bermasalah dg tanda tangan, di KTP dan tanda tangan langsung gak bisa sama persis.

      1
      2
  • 21 September 2022 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Semprot aja pak CS model begitu. Kebiasaan ngeremehin orang mungkin selama ini ga ada yg nyemprot dia balik

    1
    3
    • 21 September 2022 - (18:45 WIB)
      Permalink

      Itu sudah kena semprot juga pak dia hanya muter2 saja omongannya, akhirnya menyesal juga dia berbohong begitu

      1
      4
  • 21 September 2022 - (18:45 WIB)
    Permalink

    Mending daftar seabank/bnc, bebas admin & gratis transfer bank, kalo mau duit nambah tinggal daftar aja dposito(bnc)

  • 21 September 2022 - (18:56 WIB)
    Permalink

    customer service itu bekerja dibawah perintah dan tekanan supervisornya karena dia sempat masuk, dan supernya yg gak menyetujui.. gaktau apa alasannya tp panin kan memang ada produk tabunganku, seharusnya tidak mempersulit, kalopun stok buku khusus dan kartu khsusnya habis kan bs diberi alasan seperti itu lebih masuk akal.

    aneh juga sih , bank gak laku dan miskin nasabah kok aneh perilakunya.

    6
    5
    • 21 September 2022 - (22:10 WIB)
      Permalink

      “Tidak sampai 1 menit, tiba antrean saya karena memang di gedung Kantor Cabang Utama (KCU) sebesar itu saya lihat tidak ada satu pun nasabah, dan saya langsung menuju meja customers services.”

      “Jika memang sedang ada gangguan kenapa saya diperbolehkan masuk? Semestinya satpam pun tahu jika proses buka tabungan yang perlu pencocokan data dengan Dukcapil jika sedang trouble semestinya langsung menolak saya di pintu tadi.”

      Bisa jadi anda nasabah pertama yang datang pagi itu untuk membuka tabungan. Sehingga saat dilakukan pembukaan rekening, baru diketahui bahwa sedang ada kendala dengan sistem Dukcapil.

      • 22 September 2022 - (11:04 WIB)
        Permalink

        Saya di teror oleh beberapa csnya, bahkan ada yg mengaku dari KCP tegal. Mereka mencari cari saya di internet, komen di youtube saya yg tidak ada hubungannya sama sekali dengan komplain ini, berusaha follow ig saya karena saya private. Saya sudah kasih nomor hp saya ke cs cs yg menteror saya itu. Saya tantang apa mau mereka

        2
        3
        • 22 September 2022 - (11:27 WIB)
          Permalink

          Untuk penulis, hanya gegara gak bisa buka rekening “TabunganKu” pakai komplain di MK. mungkin saja KTP Anda gak terbaca di dukcapil sehingga gak bisa diproses. Dan, permintaan CS untuk melampirkan dokumen, wajar aja, tinggal bawa dokumen jika Anda punya dokumen. Disamping itu, jika gak bisa buka rekening di Panin, bisa buka di bank yang lain bukan? Ngapain dibikin ribet?

          Oh ya, Anda tidak jelaskan berapa setoran pertama yang akan Anda simpan? Kalau Anda mau setor setidaknya 10 juta up, Bank pasti melayani Anda. Tapi kalau Anda cuma setor 100 ribuan, Anda teriak di MK, itu memalukan! Anda orang yang suka bikin ribet, semua orang harus tunduk kepada Anda? Anda pantas dikecam sama Bank karena Anda suka cari masalah.

          6
          16
          • 22 September 2022 - (11:32 WIB)
            Permalink

            Anda cs KCP mana haha

            6
            3
          • 22 September 2022 - (12:30 WIB)
            Permalink

            tp coba dites utk membuka tabungan biasa/reguler, pasti dilayani dgn senang hati & pasti tuntas. hihihi.
            anyway mau setor berapapun, aplg tabunganku, cuma setor 20rb pun bisa, itu diperbolehkan kok. ga harus 10juta. krn ini memang produk ditujukan kpd rakyat miskin. paham kau?

            3
            3
          • 22 September 2022 - (16:46 WIB)
            Permalink

            Ini Pasti Orang Dalam
            Pegawai Bank Panin!!
            Bank Gaklaku Sepi Peminatnya
            Banyak Tingkah!!
            Ckckckc.. 🤣🤣

            4
            2
        • 22 September 2022 - (17:04 WIB)
          Permalink

          Hahaha. Pake nantang segala? Anda jagoan? Udahlah, kalau Anda masih musquin jangan sombong, sampai nantan CS Bank.

          Mau buka rekening setoran recehan aja sampai ribet gini, bagaimana Bank mau percaya Anda? Anda mau lawan bank, padahal Anda butuh rekening Bank? Lucu anda! Hidup anda dalam kesulitan dan menyedihkan.

          1
          10
          • 22 September 2022 - (18:04 WIB)
            Permalink

            Fix melihat kelakuan anda yang seperti itu, dan terlihat jelas mungkin anda adalah pihak yang bekerja, berelasi, atau memiliki afiliasi dengan panin.

            Dengan ini saya dan seluruh keluarga atau saudara saudara saya, tidak akan pernah berhubungan dengan Panin.

            7
            2
          • 22 September 2022 - (21:29 WIB)
            Permalink

            Seperti M Zubir inilah kira-kira representasi dari seluruh ekosistem di bank panin. Silahkan netizen menilai sendiri 🙂

            5
            2
  • 22 September 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Kepala cabang Sana bisa ketar ketir jika Tau ini dilaporkan ke Media Konsumen.
    Paling nanti ada tanggapan permintaan maaf dan jawaban normatif.
    Resiko kena denda Dari BI, dan SP dari kantor pusat.
    Bank bisnis kepercayaan dan Pelayanan.
    Jika dari calon nasabah saja sudah diperlukan begitu, bagaimana dengan nasabahnya (kreditur atau debitur).
    Bravo oknum panin telah menurunkan imagenya.

    6
    3
  • 22 September 2022 - (12:26 WIB)
    Permalink

    byk kok bank2 di jkt pun yg menolak pembuatan tabunganku. krn memang tabunganku itu ga ada ‘chuan’ nya bagi bank hihihihihi…. tp seharusnya bank juga ga boleh menolak krn setiap bank diwajibkan utk menyediakan produk tabungan “tabunganku” meski byk keterbatasan misal ga dpt buku/atm. kalo mau fitur atm, tambah biaya bulanan.

    • 22 September 2022 - (17:05 WIB)
      Permalink

      udah mending nabung di seabank, bunganya besar. kalau mau ada atm, nabung di bank jago. bisa tf ke seabank untuk dapat bunga yg besar dari seabank.

    • 22 September 2022 - (21:39 WIB)
      Permalink

      Benar Pak Herwin, pihak bank tentu boleh menawarkan produk tabungan yg paling menguntungkan bagi mereka atau demi keberlangsungan bisnis yang pada akhirnya juga saya yakin menguntungkan nasabah di bank tersebut juga. Tapi semestinya jika nasabah/calon nasabah sudah menentukan produk mana yg mungkin paling cocok bagi mereka sebaiknya pihak bank juga tidak menolak dan bahkan mendiskriminasi seperti yg saya alami.

  • 22 September 2022 - (14:44 WIB)
    Permalink

    saya pke rek Tabunganku dr CIMB dpet atm, ebanking, dana mngendap 10rb
    transaksi harian ky tab reguler ambil atm maks 15jt/hr,transfer maks 200jt/hr,ambil tunai maks 100jt/hr kl ada uangnya hehehe
    jd bisa buat bisnis jg, suamiku ad bca ekspresi,bri britama krn emng buat bisnia kg buka tabunganku cimb krn emng ga ad biaya lain” samsek (atm ga ad biaya, dpet buktab jg,tnpa biaya bulanan)

    1
    2
    • 22 September 2022 - (14:45 WIB)
      Permalink

      mksud sy dana mngendap 20rb (pas buka dlu 2011) dpet hadiah handuk pdhl buka setor awal jg cm 20rb hahaha

      • 22 September 2022 - (21:53 WIB)
        Permalink

        Wah sudah 12 tahun kak nourra masih ingat dikasih handuk 😄 attention to detail seperti ini yg akan diinget terus oleh nasabah. Kalau dinilai berapa sih harga handuk, tumbler atau sekedar reward saldo tabungan, tapi itulah bentuk keramahan sebuah korporasi ke konsumen mereka dan timbal baliknya adalah loyalitas dari nasabah mereka yg tidak bisa dinilai dengan rupiah.

    • 22 September 2022 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Banyak juga komentar yg nyaranin saya buka cimb niaga, akhirnya saya buka tadi bahkan tanpa video call seperti di iklannya 🙂 saya telpon tadi cs dan cs kasih saran setor 2jt saja sudah bisa dapat reward saldo tabungan, mengendap 50rb saja berikut free tf 20x saya sudah coba tadi. Sampai disini bagus, semoga jadi bank favorit saya setelah taplus bisnis bni.

      2
      1
    • 23 September 2022 - (10:04 WIB)
      Permalink

      logika aja, buat apa marketing bank promo disini? toh dia ga dpt komisi apa2 juga??

  • 23 September 2022 - (12:41 WIB)
    Permalink

    Ini masalah paling sering dalam buka rekening, dan pertanyaan CS saya anggap wajar sih tentang nanya maksud dan tujuan. Tapi kalau nada meremehkan saya no comment karena saya belum pernah merasa.
    Untuk NIK di dukcapil kadang² dibeberapa bank itu enggak sinkron atau gak terdaftar, contohnya saya sendiri membuka rekening BSI di Cabang Ponorogo pun tidak bisa karena masalah NIK Dukcapil. Padahal data saya itu juga sudah online karena sebelumnya saya udah punya rekening dibeberapa bank swasta yang daftarnya juga Online. Saya juga sudah WhatsApp Dukcapil Kabupaten Ponorogo pun data saya itu sudah Online. Alhasil saya tidak jadi bikin rekening bank BSI karena Cabang juga gabisa membantu sama sekali karena mereka bekerja berdasarkan sistem.

  • 23 September 2022 - (19:26 WIB)
    Permalink

    Kalau benar kejadian seperti itu, parah benar bank ini. Pengalaman saya buka rekening TabunganKu di Bank Jatim, CIMB Niaga dan BCA semua aman dan lancar. Tidak pernah dipersulit apalagi direndahkan seperti yang penulis alami. Semoga pihak bank Panin baca surat konsumen ini dan segera melakukan perbaikan

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Panin?

Ada 55 komentar sampai saat ini..

Bank Panin Menolak Nasabah yang Ingin Membuka TabunganKu (Produk Bank …

oleh M Surya Anggita dibaca dalam: 2 menit
55