Kecewa Pelayanan Customer Service Bank Danamon

Tanggal 23 September 2022 adalah hari gajian saya. Seperti biasa saya ingin memindahkan dana yang ada di ATM Danamon ke bank lain. Kenapa saya tidak menggunakan ATM bank lain dari awal gajian? Karena perusahaan saya telah bekerja sama dengan Danamon.

Tanggal 23 September 2022 pukul 19.00, saya ingin melakukan transaksi pengecekan gaji dan transfer uang ke bank lain. Saya login dengan menggunakan aplikasi D-bank PRO yang sudah ter-sync dengan face ID. Saat itu saya berhasil masuk namun saya tidak bisa melihat saldo dan melakukan transfer

Setiap saya ingin mengecek saldo ataupun melakukan transfer muncul kode “Mohon maaf ****** (16)”. Akhirnya saya lakukan uninstall aplikasi dan install ulang, dan login manual dengan meng-input alamat email serta password, namun responsnya “System temporary unavailable“.

Saya mencoba chatting Hello Danamon di twitter, tapi tidak ada respons. Kemudian saya coba hubungi call center di-handle oleh CS dengan baik dan CS itu mencoba untuk melakukan reset sistem dengan cara saya meng-input nomor 16 kartu dan PIN HP. Setelah saya selesai input, sistem merespons jika kartu saya diblokir, karena telah salah sebanyak 3x.

Jujur saya bingung, karena saya tidak pernah salah input atau pun memberikan PIN saya ke orang lain. Saya mencoba kembali dan respons sistemnya juga masih sama. Akhirnya saya end call dan telepon ulang CS kembali. CS yang kedua ini sangat tidak kompeten. CS bilang jika respons yang terblokir tersebut adalah respons dari PIN HP, bukan PIN ATM, dan CS tersebut mengarahkan saya ke ATM untuk mencobanya.

Setelah itu saya bahas kembali tentang akun saya yang tidak bisa login ke D-bank Pro. Namun respons CS tersebut bertele-tele dan meminta saya untuk melakukan reinstall kembali padahal saya baru saja install app. Akhirnya saya mengikuti anjuran, namun telepon terhenti karena pulsa habis.

Saya merasa sangat kecewa dengan pelayanan CS yang kedua tersebut, karena saya khawatir kenapa bisa ATM saya tiba-tiba terblokir. Padahal saya tidak memberikan data/pin serta hp yang digunakan untuk m-banking ke siapa pun (disisi lain menghabiskan pulsa saya). Saya khawatir ada hacker atau penjahat cyber lainnya mengakibatkan kerugian pada saya

Akhirnya saya ke ATM Danamon wilayah Cimahi untuk mengikuti arahan dari CS tersebut. Saat saya ingin cek saldo betapa terkejutnya sistem ATM langsung menginformasikan ada kegiatan yang mencurigakan setelahnya ATM saya ditelan oleh mesin tersebut.

Saya kembali ke kosan dan melakukan top up pulsa dan menghubungi CS kembali untuk melaporkan kartu yang tertelan, di sini saya juga merasa kecewa betapa lamanya CS tersebut untuk membuat laporan pemblokiran!!

DANAMON, please perbaikilah kualitas mutu pelayanan kalian, kecewa dengan layanan call center kalian, aku sungguh sangat tidak respek.

Regards

Abdull
No rek 0036-****-5098
Bandung, Jawa Barat


Catatan redaksi (diperbarui 27/9/2022): Surat ini mendapatkan tanggapan lanjutan dari pihak terkait sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:24    Rata-Rata: 2.5/5]
Tanggapan Bank Danamon atas Surat Bapak Abdull

Yth. Redaksi Media Konsumen di Tempat Perihal : Tanggapan Danamon Sehubungan dengan pengaduan yang disampaikan oleh Bapak Abdull melalui redaksi...
Baca Selengkapnya

6 komentar untuk “Kecewa Pelayanan Customer Service Bank Danamon

  • 26 September 2022 - (05:54 WIB)
    Permalink

    Usul Ka, komplain baik baik juga ke HRD payroll kantor anda secara internal ya.
    Mungkin jasa transfer danamon lebih murah bagi kantor Anda atau ada kerja sama lain, misalnya kantor anda kredit bisnis di Danamon.
    Untuk transfer bulan depan kirim dikit2 aja, coba gunakan gratis transfer dari FLIP atau DANA (system mereka juga tidak sempurna dan rekon mungkin lama) tapi klo sedikit2 mungkin tidak bikin gampang naik Darah ketika stuck/error/pending.
    Bukan endorse tapi saya gunakan beberapa tahun ini dan itu triknya.
    Sama akhir dan awal bulan seperti biasa ya system bank pada busy jadi mohon maklum. Soalnya BI dan OJK minta laporan banyak bener.

  • 26 September 2022 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Langsung ke kantor cabangnya saja laporkan masalahnya dripada habis pulsa gak ada hasil via cs

  • 27 September 2022 - (02:54 WIB)
    Permalink

    Lebih baik langsung ke kantor cabang bank danamon untuk verifikasi.
    Dari sistem bank sepertinya sudah terdeteksi kalau ada percobaan membobol rekening anda (baik melalui atm ataupun mbanking) maka oleh bank sementara semua akses ke rekening di blok.

  • 27 September 2022 - (07:10 WIB)
    Permalink

    Sistem danamon memang aneh. Dulu saya ikuut program buka tabungan registrasi dari app juga nyangkut. Masa akhirnya disuru ganti hp sama email, padahal saya cuma ada nomor hp 1, dan ga perlu bela2in ganti hp karena bank 1 ini aja. Cs dan cabang bahkan sampai pusat tidak bisa apa2. Aneh sekali.

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Kecewa Pelayanan Customer Service Bank Danamon

oleh Abdull dibaca dalam: 2 menit
6