Hyundai Creta Sering Susah Distarter dan Tidak Ada Solusi dari HMI

Saya merupakan pemilik Hyundai Creta tipe Prime dan memiliki beberapa keluhan. Yang mana hal ini pernah disampaikan ke pihak Hyundai, tapi tidak terselesaikan, dan keluhan terakhir tidak ditanggapi. Adapun keluhan saya sebagai berikut:

  1. Mobil terkadang susah menyala, dan bila terjadi, maka harus dicoba 4-5x di-starter baru menyala. Pada saat hal ini terjadi, RPM hanya naik sedikit tapi mesin tetap mati.
  2. Mobil kerap mengalami RPM yang naik turun saat macet/creeping.
  3. Mobil pernah bergetar kencang saat macet, dan RPM drop hingga hampir mati mesin.

Sebelumnya mobil pernah dibawa ke Hyundai Pancoran, tapi mobil tersebut dinyatakan tidak bermasalah dan dikembalikan. Namun frekuensi gagal starter semakin sering dalam waktu yang berdekatan. Untuk informasi, mobil dalam keadaan full standard.

Mohon solusi dari HMI, karena hal ini sangat mengecewakan untuk mobil yang tergolong baru.

Kelvin S.
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Hyundai Creta:
[Total:109    Rata-Rata: 2.4/5]
Tanggapan Hyundai Motors Indonesia untuk Pelanggan CRETA

Pada tanggal 30 September 2022, seorang pelanggan bernama Kelvin Santosa menceritakan keluhannya terkait kendaraannya (Hyundai CRETA) yang seringkali susah di-starter...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Hyundai Creta Sering Susah Distarter dan Tidak Ada Solusi dari HMI

  • 30 September 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Ada pemilik Hyundai Creta Prime yang pernah menuliskan surat pembaca di MK ini:

    https://mediakonsumen.com/2022/07/25/surat-pembaca/kecewa-dengan-after-sales-hyundai-motors-indonesia

    Memang kasusnya berbeda, tetapi punya pengalaman yang sama dengan TS yaitu after-sales HMI yang “asem-asem sedaap” (tanpa pestisida).

    Mungkin TS bisa berkomunikasi dengan yang bersangkutan apabila sudah ada solusi konkrit dari kasusnya. Semoga masalahnya cepat selesai.

    12
  • 1 Oktober 2022 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Hyundai creta mempunyai fitur2 yg terkontrol di software, mungkin penyetelanya kurang pas/ sesuai . Produksi apapun pasti ada cacatnya, seharusnya produsen menyelesaikan dgn bijak, setau saya purna jual hyundai bagus.

    2
    2
  • 1 Oktober 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Saya baru saja beli Hyundai Creta, setelah saya bayar cash, diberi remote cuman 1 biji, remote ke dua nya belum tahu kapan akan diberikan, katanya chipnya lagi habis? Mau saya retur tidak bisa? Waktu mau beli tidak diberitahu mengenai kondisi ini, setelah mobil dikirimkan baru diberi tahu kalau remotenya baru ada satu? Apa ini manajemen Hyundai motor?

  • 1 Oktober 2022 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Berdasar 3 point yg disebutkan, (starter berulang kali, jln macet, erratic idle, RPM menurun sgt lemah (perkiraan mendekati 400rpm ya.., krn tachymetric relay akan aoto cut di 400) Saat idle, kok mengarah ke 1 dugaan: fuel pump. Lemah..
    Pernah ngalamin kejadian tsb. Setelah ganti fuel pump baru, mesin lsg tokcer jaya…

    4
    2
    • 2 Oktober 2022 - (00:14 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas sarannya. Saya pun curiga akan hal yang sama, tapi mobil selalu diisi menggunakan Shell, dan berdasarkan pengalaman saya dengan mobil tempur sebelumnya dari brand sebelah, T.Altis, tidak pernah sekalipun mobil mengalami masalah pada fuel pump walaupun usia sudah lebih tua dibanding Creta yang baru sekitar 7 bulan dengan after sales T yang JAUH lebih bagus.

      Untuk tambahan, blower AC juga kerap tidak stabil, sering besar/kecil sendiri walaupun auto climate control sudah dimatikan dan indikator blower tetap berada pada kecepatan yang sama. Beberapa kali juga mobil mengeluarkan warning chime, tapi hanya sekejap tampil pada speedo, sehingga tidak terlihat jelas peringatan untuk apa.

      Per hari ini sejak surat pembaca dirilis, sudah 3 dealer yang kontak saya, Simprug, Pancoran dan Sunter, dimana akan di handle langsung oleh Simprug.

      Semoga Hyundai Simprug serius dalam menangani, tidak bercanda dan melawak lagi seperti sebelumnya. Dimana sebelumnya pada 28/9 Bluelink sudah menjadwalkan pick-up oleh Simprug pada 29/9, namun tidak ada kabar sama sekali dari Simprug dan setelah hubungi Bluelink, ternyata tiket aduan sudah di close dan dinyatakan solved oleh Simprug (berdasarkan info agent Bluelink a/n Iwan), padahal saya tidak dihubungi sama sekali oleh Simprug dan sudah menunda meeting untuk menunggu mereka.

      Penjadwalan kedua dilakukan pada 29/9, dijanjikan Bluelink akan di pick up Simprug 30/9 jam 9 pagi, dan jam 9 pagi saya baru dihubungi untuk bisa datang ke bengkel. Tentu saya menolak karena tidak sesuai janji, dan dikabarkan akan di pick up jam 12 siang. Saya konfirmasi bahwa harus ada mobil pengganti bila menginap, tidak disanggupi dan saya dilempar balik ke call center tanpa tanggung jawab, dan WA tidak dibalas lagi.

      Per 01/10 pun pada saat dihubungi, mereka tetap tidak bisa menjanjikan mobil pengganti bila inap, dan setelah saya bilang akan escalate ke HMI, baru disanggupi.

      Saat Hyundai Pancoran menghubungi, mereka bingung karena mobil tidak ada record kedatangan/service pada sistem mereka, dan percaya setelah diberikan bukti WA/Call/SMS bahwa mobil berada dalam penanganan mereka pada 15 Sep. Sungguh mengecewakan, bengkel authorized dengan sistem yang tidak jelas, tidak ada record. Hal ini membuat saya meragukan apakah benar telah dilakukan pemeriksaan pada kedatangan sebelumnya.

      7
      1
        • 4 Oktober 2022 - (11:32 WIB)
          Permalink

          Kemarin baru dijemput HMID, dengan estimasi pengerjaan 1 minggu dan dikasih mobil pengganti Creta Prime.

          Buat root cause dan solusinya belum ada, mungkin karena baru dijemput.

      • 12 Oktober 2022 - (09:49 WIB)
        Permalink

        Selamat pagi pak Kelvin. Saya dari media otomotif GridOto.com. Saya ingin mengetahui lebih detail kondisi Hyundai Creta Prime milik pak Kelvin. Apakah ada alamat e-mail yang bisa saya hubungi?

        • 12 Oktober 2022 - (10:20 WIB)
          Permalink

          Selamat Pagi Pak Angga. Apa ada email atau kontak yang bisa dihubungi? Karena saya keberatan untuk expose email pribadi saya. Terima kasih

          • 13 Oktober 2022 - (12:52 WIB)
            Permalink

            Siang pak Kelvin.. mau bertanya, apakah problem Hyundai Cresta-nya sudah ada kelanjutan?

          • 13 Oktober 2022 - (12:59 WIB)
            Permalink

            Siang Pak, mobil dikembalikan ke dealer dan sedang di investigasi oleh dealer ya. Saya kemarin sudah email ke anggarecaro@gmail.com beserta no wa saya untuk mempermudah komunikasi. Thank you.

          • 16 Oktober 2022 - (21:52 WIB)
            Permalink

            Halo pak Kelvin, saya mengamati kisah bapak dan kebetulan Creta saya juga mengalami masalah serupa yakni susah distarter. Sudah dibawa ke 3 bengkel, Pluit, Simprug, dan Sunter, tidak ada perbaikan. Apa mungkin bisa bertukar kontak untuk saling Update? Terima kasih sebelumnya

  • 7 Oktober 2022 - (09:57 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya hyundai creta, ini jadi cemas, kalau pelayanan yg mengecewakan spt itu, seharusnya pihak hyundai harus membantu, kalau melihat pengalaman, saya melihat bengkel
    di dealer memang belum setara dgn merk mobil jepang dan nunggu spare parts terlalau lama padahal hyundai sudah ckd, mohon.prnjelasan HMI

  • 9 Oktober 2022 - (00:53 WIB)
    Permalink

    Wow ternyata banyak juga yg mengalami ini ,

    Beberapa hari yg lalu saya lihat di postingan Ig: creta.society.nusantara (komunitas creta) masalahnya serupa…
    Akhirnya saya inisiatif meneruskan postingan komplain tersebut ke hyundaimotorindonesia ,bukannya ada tanggapan ,malah beberapa komentar saya dihapusi … 😂

    Saya juga pengguna creta prime , Alhamdulillah gak ada masalah (mungkin karena jarang dipakai) ,tapi lumayan ketar ketir banyak berita tentang ini 😭

 Apa Komentar Anda mengenai Hyundai Creta?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Hyundai Creta Sering Susah Distarter dan Tidak Ada Solusi dari HMI

oleh Kelvin dibaca dalam: 1 menit
17