Keluhan Atas Penutupan Kartu Kredit UOB dan Biaya Iuran Tahunan

Hai Media Konsumen,

Saya ada keluhan terhadap Bank UOB, terkait masalah penutupan kartu kredit YOLO. Kartu Yolo ini gak saya pakai, tapi saya tetap berniat pegang untuk lihat apa ada promosi mendatang. Tanpa sadar sudah setahun dan ditagih uang iuran tahunan sebesar Rp300.000.

Saya telepon ke CS (Customer Service) 14008 pukul 9-an pagi, tanggal 27 September 2022. Saya minta supaya iuran tahunan dihapus atau ditutup saja kartu kreditnya. Ya seperti biasa, CS kasih opsi belanja 3 juta, 2 juta, terakhir minta jajan Rp500 ribu dengan kartu ini dan saya tolak semua. Nah di sinilah masalahnya.

Saya minta ditutup kartu kreditnya, tapi gak dikasih. Saya disuruh wajib referensi kartu kredit atas nama orang dekat (istri/anak), baru dihapus iuran tahunan dan baru bisa tutup kartu kreditnya. Katanya ini ketentuan baru bank “Tidak boleh kartu kredit tutup, kalau iuran tahunan gak dilunasi”. Bahkan saya tanya apakah saya bayar dulu baru dikreditkan bulan depan, bisa? Jawaban CS “Gak bisa”.

Ya akhirnya saya turuti untuk membuat kartu tambahan atas nama istri. Sudah saya email ke alamat yang diinfokan, tapi gak ada balasan, istri saya juga gak ditelepon. Apakah bank memang ada wewenang buat ketentuan gitu? Wajib bayar iuran tahunan baru bisa tutup kartu kredit?

Sambungan masalah di atas, saya diminta tidak usah bayar iuran tahunan sampai kelanjutan proses. Siap, saya gak masalah. Nah kartu kredit saya TMRW (join account) dan mau jatuh tempo. Saya bayar seperti biasa (seperti gambar), eh kebayar pula kartu YOLO-nya. Padahal jelas-jelas nomor kartu kredit yang saya bayar tuh TMRW.

Jadi solusinya gimana? Masih ada sisa limit belum bayar kartu TMRW, tapi saya bayar sana yang kurang tuh kartu iuran YOLO-nya. Pemaksaan? Bayar salah, gak bayar kena bunga, tunggu email (harusnya bank ada sistem balas otomatis kalau sudah terima email, ini gak) dan telepon gak datang-datang. Tak usah pake kartu kredit? Sangat gak efisien Bank UOB nih.

Begitulah keluhan surat saya ini pada Bank UOB. Gak ada niat mau menjelek-jelekkan bank, kartu kredit TMRW itu bagus dan saya niat untuk pakai terus menerus. Terima kasih Media Konsumen, saya bisa buat surat ini.

Wijaya
Batam, Kepri

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kartu Kredit Bank UOB:
[Total:16    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Keluhan Atas Penutupan Kartu Kredit UOB dan Biaya Iuran Tahunan

  • 30 September 2022 - (17:22 WIB)
    Permalink

    Seharusnya dapatkan info lebih banyak sebelum anda bikin kartu kredit. Lebih dari setahun pegang kk ditagih iuran anda ngomel. Kalo mo gratis iuran pegang kartu MRT ato batam trans.

    8
    9
    • 30 September 2022 - (18:21 WIB)
      Permalink

      Mestinya dr awal ikutin aja syarat belanja utk penghapusan nya, krn memang begitu sistem nya di berbagai bank yg KK nya saya pegang (beragam dr 200rb sampe 1,2jt paling gede itu danamon). 500rb belanja kebutuhan dapur istri atau bbm mobil selama sebulan, kan ga ditentukan hanya boleh belanja di toko tertentu, bisa transaksi offline maupun online. Hanya sekedar pengalihan alat bayar aja, yang pada akhirnya juga anda ga keluar biaya utk bayar iuran tsb. Masalah kartu ngga dipake selama setahun, itu bukanlah urusan/pertimbangan bank.

      9
      2
      • 30 September 2022 - (18:50 WIB)
        Permalink

        Terima kasih pak, ini lah jawaban yg saya cari pak… Berarti dgn kata lain sekarang gak zaman skip bayar iuran tahunan dengan tutup kartu kredit. Terima kasih lagi pak, saya akan tutup kartu cc yang tak dipake lg 🙂

        5
        3
  • 30 September 2022 - (18:43 WIB)
    Permalink

    Untuk UOB berdasarkan pengalaman pribadi keluarga, kalo CC nya dibilang joint account atau tanggal cetak bareng/satu lembar tagihan… sistemnya secara “pintar” membagi kredit pembayaran yang masuk ke masing2 kartu. Di sinilah ribetnya kalau pembayaran kurang atau mau “nembak” satu nomer saja karena akan tetap dibagi. Bahaya kalau setelah dibagi ternyata satu CC kurang bayar banyak, bisa ribet kena urusan bunga dll

    Saran saya sebaiknya untuk urusan annual fee kalo ditawarkan belanja mending ambil saja lakukan, toh CC dipakai ini kan; tentu dengan catatan sanggup bertransaksi sekian ya… Kalau nambah kartu sih, tahun depan bakal kena lagi annual fee malah ribet juga.

    • 30 September 2022 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Terima kasih pak… Makasih sarannya pak, malam saya telepon terima tawarannya 🙂 selamat malam

      1
      2
  • 30 September 2022 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Dah lah pak paling bener emang tutup ini kartu bank satu. Coba aja di searching seabrek itu keluhannya di media konsumen wkwkwk. Lagian waive annual fee doang rempong bener, bca ama bni ngga gini2 amat.

    Btw ini bank yg beli bisnis cc citibank kan ya? Kebayang ngga tuh downgradenya, ancurrr wkwkwk…

    11
  • 1 Oktober 2022 - (06:56 WIB)
    Permalink

    Berarti anda ga baca syarat dan ketentuan kartu kredit yolo uob nya. Kartu itu gratis iuran tahun pertama dan tahun kedua dan seterusnya harus dibelanjakan minimal 1x dengan nominal 100 ribu rupiah dalam sebulan kalau mau gratis iuran tahunan.

    2
    1
    • 1 Oktober 2022 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Sudah baca pak, cuman pengetahuan saya salah tentang iuran tahunan… Kirain apapun iuran tahunannya akan dihapus kalo memilih tutup kartu kreditnya… Sudah ada agan diatas yang telah kasih pencerahan. Terima kasih pak!

  • 4 Oktober 2022 - (11:34 WIB)
    Permalink

    harusnya dari awal tanyakan iuran tahunan ada atau tidak. ada jg bank yg tdk pakai iuran tahunan. tp uob emang g transparan. sya di masukan asuransi tanpa konfirnasi yg berujung sya tutup kartu minta surat keterangan lunas. g ada urusan dgn namanya UOB. kalau info seperti itu ikutin aja pakai dlu, bln dpn lunasin tutup. minta surat keterangan lunas nya

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank UOB?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Keluhan Atas Penutupan Kartu Kredit UOB dan Biaya Iuran Tahunan

oleh Wijaya dibaca dalam: 1 menit
10