Penagihan Kredivo Tidak Sesuai Peraturan OJK

Dengan ini kami menyampaikan bahwa pihak Kredivo tidak menjalankan penagihan sesuai standar atau peraturan yang diberikan oleh OJK. Dalam hal ini, yang dimaksud tidak sesuai dengan peraturan adalah:

  1. Mengancam datang ke alamat kantor.
  2. Mengancam menagih ke yang bukan debitur, yaitu orang tua.
  3. Melakukan penagihan dengan tidak menunjukkan identitas, sertifikasi profesi dan surat penagihan.
  4. Meneror.

Keempat poin di atas masuk ke dalam peraturan penagihan oleh OJK. Namun mereka tidak melakukan apa yang telah ditetapkan oleh OJK. Jika memang nasabah mengalami keterlambatan pembayaran, cari tahu apa yang menjadi kendalanya bukan malah diintimidasi bahkan diancam. Orang yang memiliki hutang mempunyai perlindungan hukum yang sama.

Perlu diketahui bahwa Field Collector tersebut sudah datang ke kantor saya dan mempermalukan saya, dengan dia menanyakan saya kepada security, OB hingga atasan saya. Padahal dalam peraturan OJK sudah tertera bahwa dilarang mengunjungi alamat kantor untuk penagihan. Bahkan mereka menagih kepada orang tua saya, padahal  itu juga jelas dilarang menagih kepada yang bukan debitur.

Dalam hal ini, saya sudah melaporkan kejadian ini kepada layanan pengaduan Kredivo. Namun terus saja meminta bukti. Padahal saya sudah menjelaskan dan mengirimkan bukti yang ada. Jika tidak ada itikad baik, maka saya akan tindak tegas!

Penagihan yang mempermalukan debitur tegas dilarang dalam peraturan. Jika saya mendapat hukuman dari kantor atau orang tua saya mengalami hal yang tidak diinginkan akibat penagihan ini, maka saya akan meminta pertanggung jawaban Kredivo atas perilaku penagihan yang tidak memiliki attitude.

Jangan hanya melihat debitur memiliki keterlambatan pembayaran, kalian bisa seenaknya bertindak atau menghalalkan segara cara! Lihat dalam 2 sisi, cari tahu kendala nasabah dan OJK pun menyarankan untuk negosiasi dengan baik, ini malah sebaliknya!

Meiliana Angraini
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Kredivo:
[Total:1187    Rata-Rata: 2.2/5]
Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Meiliana Angraini

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

122 komentar untuk “Penagihan Kredivo Tidak Sesuai Peraturan OJK

  • 10 Oktober 2022 - (08:43 WIB)
    Permalink

    Ya klo ga mau di tagih ya ga usah ngutang. Ngutang di kredivo plng buat beli Hape, baju dll yg pada dasarnya utk hal yg konsumtif dan ga guna. Ga ada duit ya ga usah ngutang, klo ngutang ya d bayar tepat waktu supaya gak kena denda dan di kejar2 yg ujungnya maluin diri sendiri. Harusnya tau lah konsekuensi nya sebelum memutuskan NGUTANG

  • 10 Oktober 2022 - (12:43 WIB)
    Permalink

    saya GalBay Kredivo .. memang sengaja karna awal nya belum saat bayar masih ada tempo 2 mingguan kedepan sudah meneror dengan menelpon ke banyak nomor ke kontak list saya termasuk ke kantor ..kalau cara nya baik maka saya akan baik , nah karna saya dongkol .. sdh saya jelaskan akan dibayar tapi malah jawaban kasar maka saya dengan SANGAT SENGAJA SEKALI UNTUK TIDAK AKAN BAYAR 😂 ,sampai hari ini sudah setahun lebih tak ada yang ke saya .. jumlah galbay saya 5JT blom dengan DENDA .. BODO AMAT ,ANDA SOPAN KAMI SEGAN . 🥱

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 122 komentar sampai saat ini..

Penagihan Kredivo Tidak Sesuai Peraturan OJK

oleh Meiliana dibaca dalam: 1 menit
122