Satu Bulan Lebih Meteran Token Listrik Pengganti Belum Dipasang

Yth. Direksi PT. PLN Persero

Dengan hormat,

Pada 24 Agustus 2022 saya warga melaporkan ke bagian pengaduan online PLN. Isinya meteran token saya 900 VA tombolnya tidak bisa digunakan untuk mengisi pulsa

Petugas PLN datang hari itu juga. Dia minta saya menyisakan sedikit pulsa saja. Setelah pulsa tinggal 7 kwh pada 1 September, saya lapor lagi, petugas datang untuk membekukan jumlah pulsa di meteran. Sedangkan listriknya dilos.

Saya minta pada petugas agar pemasangan dilakukan secepatnya agar saya tidak mengalami pembengkakan tagihan listrik. Karena selama ini saya membeli token itu secara bertahap, tidak sekaligus sesuai ketersediaan uang. Tapi petugas bilang selama meteran token belum dipasang, pelanggan bebas tagihan alias gratis.

Setelah pergi petugas itu kirim file lewat WA saya. Isinya surat permohonan pemasangan meteran baru ke PLN untuk rumah saya.

Setelah saya tunggu, meteran tak kunjung dipasang pada 27 September saya ajukan pertanyaan ke pengaduan online kapan meteran saya dipasang. Petugas bilang ada tagihan yang harus dibayar dg perhitungan berdasarkan pemakaian rata-rata kwh. Saya komplain karena sebelumnya, petugas bilang bebas tagihan. Tapi petugas tidak bisa jawab.

Pada 30 September saya ke pengaduan online PLN lagi. Saya ungkapkan masalahnya, petugas janji akan hubungi saya lewat HP.

Karena belum juga ada pemasangan, saya datang ke kantor PLN langsung pada 4 Oktober 2022 minta meteran baru segera dikirim. Saya siap membayar tagihan hari itu juga. Petugas meminta saya menunggu karena permintaan banyak. Tapi sampai pengaduan ini ini ditulis, meteran baru belum dipasang. Padahal beberapa tahun lalu saya pernah alami masalah yang sama. Sehari kemudian, meteran baru langsung dipasang. Tetangga saya, pemasangan meteran baru hanya butuh waktu 3 hari

Demikian pengaduan dibuat dengan harapan mendapatkan penyelesaian secepatnya karena selama meteran baru belumn dipasang meteran lama menimbulkan suara yang mengganggu seperti suara pulsa mau habis.

Petugas yang akan datang ke rumah, mohon hubungi WA saya di nomor 082233337***.

Terima kasih.

Surabaya, 6 Oktober 2022

Muhammad Soedarsono
Surabaya Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:16    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “Satu Bulan Lebih Meteran Token Listrik Pengganti Belum Dipasang

  • 6 Oktober 2022 - (21:03 WIB)
    Permalink

    Meteran token rusak sudah lapor dan tekhnisi PLN datang.
    Oleh petugas PLN meteran di los (sambung tanpa meter token) alias listrik gratis selama meteran pengganti belum di pasang.
    Anda termasuk orang yang jujur dan tidak ingin pakai listrik gratis.
    Padahal di luar sana ada beberapa orang bahkan mencari berbagai cara agar bisa pakai listrik sepuasnya dan tidak bayar walaupun mereka mampu (punya banyak barang yang memakai listrik).
    Semoga rejeki anda makin lancar, dan meteran barunya segera terpasang.

    • 7 Oktober 2022 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Yang saya khawatirkan semakin lama pemasangan, tagihan akan semakin menumpuk dan itu memberatkan. Beda jika meteran tokennya sdh normal, kita bisa cicil beli token sesuai ketersediaan dana.
      Yang saya sesalkan, kenapa pelayanan PLN tambah buruk di saat diberlakukannya digitalisasi layanan. Selain habis pulsa telepon puluhan ribu rupiah ternyata pengaduan tdk kunjung ditanggapi. Baru setelah pengaduan lewat mediakonsumen.com, ada petugas PLN kontak lewat hp bahwa selambatnya Senin, 10 Oktober, meteran baru akan dipasang

  • 7 Oktober 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya admin PLN menanggapi pengaduan saya lewat tanggapan langsung di sini. Kalau lewat link tweeter repot krn susah bukanya. Sesuai janji petugas PLN yg tadi pagi telepon saya, meteran baru akan dipasang paling lambat 10 Oktober 2022 dengan tagihan saat listrik dilos 400 ribu. Saya tunggu, saya sdh siapkan dananya.

    • 7 Oktober 2022 - (18:37 WIB)
      Permalink

      @Muhammad
      Itu yg jawab bukan org PLN di twiter, pak. Tapi org vendor. Kita biasa nyebutnya odong2.

      Pak, mendingan untuk sementara pasang watt meter digital setelah MCB yang didalam rumah. Jadi pemakaiannya ketauan dan tidak “dikibulin” oleh PLN yg seenaknya nembak tarif rata2 pemakaian.

      Di markerplace ada kok pak harganya terjangkau. Masangnya setelah MCB yg didalam rumah.

  • 7 Oktober 2022 - (20:26 WIB)
    Permalink

    Saya juga pernah mengalami hal tsb sekitar thn 2014 saya baru beli token senilai 200rb tapi meteran listrik error dan tidak bisa diisi, di kantor pln oleh petugasnya saya di tunjukan surat semacam SK (SOP) perhitungan pemakaian listrik selama di los perhari di hitung pemakaian 5KWH, terlepas pemakaian lebih atau kurang tetap di hitung 5KWH per hari jadi nanti tinggal di hitung berapa hari di los listriknya.. saya sih oke aja karena memang pemakaian saya lebih dari 5KWH.. dan pulsa saya yg 200rb tsb dijadikan pengurang dari total tagihan selama di los,.. klo anda tidak di ke akan tagihan selama di los itu berarti anda beruntung..

  • 8 Oktober 2022 - (18:47 WIB)
    Permalink

    Meteran token baru sudah dipasang Sabtu, 8 Oktober 2022. Terima kasih PLN Surabaya

  • 12 Oktober 2022 - (00:35 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah, petugas PLN Surabaya sdh memasang meteran token di rumah saya pada Sabtu, 8 Oktober 2022. Maaf baru bisa memposting sekarang krn internetnya lemot. Terima kasih

  • 27 Oktober 2022 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Mohon informasinya mengenai ketidaksesuaian tagihan listrik atau lebih Kwh 🙏. Saya sudah lapor , informasi ditindaklanjuti tetapi saya disuruh bayar untuk bulan ini. saya harus bayar tagihan yg tidak sesuai dengan biaya kwh yg saya pakai. Apakah memang harua saya bayar tagihan yang sudah di tetapkan bulan ini agar bulan depan di perbaiki ?

 Apa Komentar Anda?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Satu Bulan Lebih Meteran Token Listrik Pengganti Belum Dipasang

oleh Muhammad dibaca dalam: 1 menit
11