Surat Pembaca

Kartu ATM BRI Bagaikan Berlian Langka

Pada hari ini Rabu 5 Oktober 2022, saya mendatangi 2 cabang Bank BRI (salah satunya adalah Bank BRI Unit Kalisari Jakarta Timur tempat saya membuka rekening BRI), dengan maksud ingin menanyakan ketersediaan Kartu ATM. Karena saat saya membuka rekening pada tanggal 12 Agustus 2022 yang lalu, di cabang BRI Unit Kalisari Jakarta Timur tidak tersedia Buku Tabungan dan Kartu ATM. Jadi saya hari itu berinisiatif mendatangi BRI Unit Kalisari Jakarta Timur tersebut untuk menanyakan apakah kartu ATM sudah tersedia.

Ternyata jawabannya “Belum tersedia”. Kemudian saya mencoba mendatangi cabang lain yaitu BRI KCP Cijantung untuk menanyakan hal yang sama. Namun jawabannya tetap sama “Kartu ATM belum tersedia/habis”.

Sedemikian susahnya kah untuk mendapatkan kartu ATM BRI? Bagaikan mencari berlian langka, dan saya harus bulak balik ke BRI unit Kalisari Jakarta Timur menghabiskan waktu dan tenaga hanya untuk menanyakan soal kartu ATM.

Apakah bank sekaliber BRI tidak mampu lagi mencetak kartu ATM untuk para nasabahnya sehingga ketersediaan kartu ATM habis di setiap cabang BRI?

Royke
Depok, Jawa Barat


Update (10 Oktober 2022): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank BRI sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Royke

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Setauku sekarang BRI berproses ke digitalisasi deh. jadi bukan gk mampu cetak kartu sih dan udah 6 bulan transaksi pke brimo. Yok bisa yok transaksi pakai brimo?

    • Dear Ahsan,
      Digitalisasi didunia perbankan syah syah saja tetapi mengapa tidak ada sosialisi secara umum ..... ?

      Saat saya ingin membuka rekening BRI tidak ada informasi bahwa saat ini BRI tidak menerbitkan Kartu ATM lagi karena semua Transaksi hanya dilakukan melalui aplikasi BRImo tetapi setelah proses pembukaan rekening selesai baru diinformasikan bahwa Kartu ATM habis (sekali lagi habis ya informasi yang disampaikan).

      Jika memang benar saat ini BRI sedang bertransformasi menjadi digital Banking selayaknya informasi yang disampaikan adalah "Bapak/Ibu, saat ini Bank BRI tidak lagi menerbitkan Kartu fisik ATM karena Bank BRI saat ini sedang berproses ke era digitalisasi perbankan" tetapi informasi yang disampaikan oleh CS adalah " Mohon maaf saat ini Kartu ATM sedang habis jadi kami sarankan untuk melakukan pengecheckan berkala untuk mengetahui apakah Kartu ATM sudah tersedia"

      Bagaimana menurut anda kedua dialog diatas ... dapat dibedakan bukan maksudnya.

      Sebelumnya terima kasih atas komennya.

    • Tidak semua nasabah BRI sudah menggunakan smartphone atau tinggal di daerah yang sinyalnya cukup kuat untuk digunakan bertransaksi via BRImo

      Tetap sediakan kartu atm seperti biasa dan biarkan nasabah memilih apakah memerlukan kartu atm tersebut atau tidak sesuai kondisi masing²

      • maaf ikut coment,BRI sedang ada kerja sama cash back bosqu..kalo semakin kartu di cetak banyak semakin jebol cash back.jadi alesan kartu habis itu formalitas.harga kartu berapa???
        inti nya kalo belum siap program mending sejahterakan aja karyawanya ..jadi gak usah berbohong sama nasabah..seluruh bank indonesia sedang bingung cari nasabah.karena orang sekarang udah jarang pada nabung..invest ke antam semua..cukup info dari saya dan terimakasih..gak usah coment nyeleneh manusia indonesia..bosqu bank asia masih gampang cetak kartu..salam waras indonesia.kerja jujur pasti terukur.

  • nyetak kartu mah bisa, chip nya yg langka...klo kartu doang tanpa chip kagak bisa dipakai juga

    • Dear Sdr/i apaan,
      Sudah jelas kartu dan chip adalah satu kesatuan sebagai bentuk fisik Kartu ATM diera saat ini, jadi tanpa dijelaskan mengenai "kalo kartu doang tanpa chip kagak bisa dipakai juga" kalau ini mah lansia jompo juga tau kalau era saat ini hampir semua kartu ATM yang diterbitkan oleh Bank dilengkapi Chip

      Anyway thank's for your comment

      • kan emang masalahnya bukan bisa atau tidak nyetak kartu...dan ini yg tidak semua lansia jompo tahu

    • memang betul semua akan digiring ke mbanking, kartu atm akan dihilangkan. ATM bank sebelah sudah mulai hanya bisa trx pakai mbanking (tidak bisa pakai kartu ATM).

  • efek perang antara china dan taiwan yg bikin chip nya langka karena untuk kebutuhan chip rata rata disuplay dari taiwan

    • Dear Sdr Supandi,
      Bisa jadi demikian penyebabnya, namun mengapa di Bank lain masih dapat menerbitkan Kartu ATM yang sudah dilengkapi Chip.

      • iya sama sih,sy dah mnunggu hampr sbulan masih blum ada kabar.kata cs sih suruh tny cabg lain.
        cm klo bgitu kyknya jawabn pasti sama,gk ada jg.
        info tmn kantor yg lain yg urus jg sama dah bbrapa org.
        kyknya buang² waktu jg sy ngemis ke cabang lain mcm gk punya waktu aja.
        lagian dana jg uda sy pindah dan tutup akun.
        masih bnyk bank lain yg lebih profesional

    • Gak ada hubungannya, chip dari Taiwan itu hp, laptop, dll dan bahan chip Taiwan banyak disuplai dari China. Sementara chip kartu ATM itu mirip seperti chip kartu SIM Card.

    • Ada apa dengan BRI, sampai sekarang kartu ATM mastercard masih belum tersedia padahal saya memerlukan kartu mastercard untuk keperluan saya bekerja di luar negeri???

      • Kartu ATM BRI bekas laku ngak.!??!? Kalau laku saya jual kartu ATM BRI bekas saya.. 1 juta Saja.???

  • Kalau rekening baru banget atau, coba tanya ke cs nya, ada produk bri apa? Jika perlu mastercard, tanyakan ada kartu mastercardnya enggak, nanti dibukakan rekening baru dengan buku dan atm dari cabang yang didatangi,

    Kemarin sih saya begitu, dan dibuatkan rekening baru, namanya britama muda atau apa gitu, jadi rekening yang dibrimo saya gak pake terus pake rekening baru yang dibuatkan cabang tersebut dapat kartu debit dan buku tabungan cabang tersebut.

    • Dear Sdr/i Busan,

      Terima kasih sudah berbagi pengalaman yang relevan dengan keluhan saya, saat ini saya masih menunggu tanggapan dari BRI seputar keluhan saya di Media Konsumen ini karena saya juga sudah mengirimkan link keluhan saya ini ke email resmi BRI.

      Salam sehat selalu

  • Karena kartu chip itu di stok bank lain yang tidak sebanyak BRI permintaan kartunya.
    Anda bisa pilih bank lain yang memiliki stok kartu ATM atau tunggu BRI pengadaan kartu berchip?
    Saya sendiri sudah di dormantkan rekening BRI karena melihat pelayanannya menurun akibat terlalu banyak nasabah tugas negara / BLT.

  • Berkenaan dengan keluhan saya yang sebelumnya sudah saya sampaikan :

    https://mediakonsumen.com/2022/10/07/surat-pembaca/kartu-atm-bri-bagaikan-berlian-langka

    Berikut ini saya klarifikasi bahwa per hari ini Sabtu tanggal 8 Oktober 2022 Bapak Raimuna Andi selaku Pimpinan Cabang BRI Unit Kalisari Cijatung Jakarta Timur sudah mendatangi kediaman saya untuk memberikan Kartu ATM dan Buku Tabungan.

    Saya sangat mengapresiasi sebesar besarnya atas apa yang telah dilakukan oleh Bapak Andri karena beliau bersedia meluangkan waktu dan tenaga untuk langsung mengantarkan Kartu ATM serta Buku Tabungan ke kediaman saya.

    Maka dengan ini semua masalah yang saya keluhkan di Media Konsumen sudah saya anggap selesai, Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada Media Konsumen yang sudah secara tidak langsung menjembatani permasalahan saya ini.

    Terima kasih
    Salam sehat selalu
    Royke

  • Bukan jakarta timur aja aku aja jakarta selatan nggak ada kartunya gimana sih aku mau kerja diluar negeri bawah bawa brimo mengecewakan sekali,padahal bang rakyat Indonesia loh

  • Lah hampir sama dengan bini gua, atm mati bulan 6 kemarin, mau ganti kartu Atm simpedes, malah sama CS diarahkan ganti kartu Atm britama, alasannya atm simpedes belum datang sampai detik ini bulan 10, ya gak mau lah, potongan britama lebih gede dari simpedes,,, gak tau apa maksudnya sih, makanya gua sekarang beralih ke mandiri.