Baru 8 Bulan, Oli Matic Hyundai Creta Sudah Bocor (Rembes) tapi Spare Part dan Oli Tidak Tersedia

Melalui surat ini, saya sebagai pembeli Hyundai Creta yang mengalami kerusakan (bukan karena kesalahan pemakaian), memohon penjelasan kepada Hyundai Motor Indonesia (HMID) kapan spare part (paking o-ring transmisi matic) dan oli transmisi matic bisa tersedia?

Sebagai pembeli Hyunda Creta saya kecewa. Baru 8 bulan, unit Hyundai Creta saya sudah mengalami oli transmisi bocor/rembes. Mau diperbaiki tapi tidak bisa, karena spare part dan oli transmisi pun anehnya belum tersedia di bengkel resmi Hyundai. Kenapa Hyundai bisa produksi mobil ratusan, tetapi oli transmisi pun tidak ada stok di bengkel resmi?

Melalui surat ini saya berterima kasih kepada service advisor Hyundai Serpong, Bapak Dwy, yang sudah sangat helpful, sangat membantu permasalahan unit mobil saya. Namun beliau tidak bisa berbuat apa-apa, selain menunggu spare part dan oli matic dari Hyundai pusat (HMID).

Untuk HMID saya tunggu kejelasan kapan mobil Hyundai Creta saya bisa diperbaiki. Saya sudah telepon 2 kali ke call center 0800 1878 878 dengan nomor laporan: 000 27 202. Saya tanya kapan dan berapa lama spare part bisa tersedia, selalu dijawab harus cek ke departemen terkait.

Jadi sampai berapa lama saya sebagai pelanggan harus menunggu jawaban? Jangan hanya terus jualan, tetapi after sales tidak diperhatikan, sampai konsumen dirugikan.

Jimmy
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Hyundai Motors Indonesia untuk Pelanggan CRETA

Terkait kendala yang dialami oleh salah satu pelanggan Hyundai CRETA, yaitu Bapak Jimmy, sebagaimana disampaikan dalam artikel yang diterbitkan di...
Baca Selengkapnya

30 komentar untuk “Baru 8 Bulan, Oli Matic Hyundai Creta Sudah Bocor (Rembes) tapi Spare Part dan Oli Tidak Tersedia

  • 18 Oktober 2022 - (09:05 WIB)
    Permalink

    Minta aja pertanggungjawabannya selama spearpart tidak ada diberikan mobil pengganti & minta ganti pajak kendaraan dibayar hyundai ditahun itu. (karena merugikan konsumen)

    21
    2
      • 18 Oktober 2022 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Makanya cari mobil yang after sales service sudah ok selama ini, karena masalah ketersediaan spare part dan bengkel yang tersebar adalah kunci dari layanan purna jual

  • 18 Oktober 2022 - (09:09 WIB)
    Permalink

    kayanya udah banyak juga ya yg komplain masalah sparepart untuk varian hyundai creta di media konsumen ini
    percuma desain futuristik dan banyak fitur tapi sparepart sering banget tidak ada stok

    12
    1
    • 18 Oktober 2022 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya banyak yg sudah komplain di group FB, tapi ya gitu deh, langsung dibombardir para marketingnya Hyundai, dibilang laporan palsu lah, susupan dari merk Jepang lah, black campaign, dsb. Padahal ya kenyataannya memang layanan purna jual nya belum siap. Ketersediaan spare part nya juga bisa dikatakan ghoib, bilangnya ada, tapi kapan? Ga tahu. Selalu jawabnya nunggu pusat, pusat, pusat terus.

      15
      1
  • 18 Oktober 2022 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Creta lagi yg bermasalah, stargazer adem ayem gak ada yg komplaim permasalahan ke media konsumen

    2
    1
  • 18 Oktober 2022 - (15:05 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran, biasnya klo mobil KIA atau Hyundai itu pake yg SP-IV.. dari pada nunggu oli gak datang2. Bisa pake merk Total matic LV MV.. kalo rembes itu yg susah, bisa dari packing dan sealnya yg buruk, untuk darurat bisa di sealant bagian luarnya. kecuali Hyundai motor nya mau kasih mobil pengganti, sembari menunggu sparepart datang

    4
    1
  • 18 Oktober 2022 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Sepertinya pihak hyundai kaget dgn tingginya animo masyarakat akan produk hyundai namun tidak dibarengi kesiapan dr divisi terkait,spare part misalanya.

    Merrka hanya fokus jual,jual dan jual.
    Semoga dgn banyaknya masalah pihak hyundai bisa cepat nerbenah.

    8
    1
    • 18 Oktober 2022 - (19:21 WIB)
      Permalink

      Salah satu pertimbangan saya dalam membeli kendaraan adalah konsumsi bbm yg efisien, ketersediaan spare part dan kemudahan perawatan.

      3
      1
    • 18 Oktober 2022 - (19:43 WIB)
      Permalink

      Saya sbg pembeli Creta yg mobil nya rusak tidak bisa diperbaiki hanya ingin segera ada kejelasan. Karena mobil utk antar anak sekolah. Tidak peduli soal ada permainan atau tidak ada permainan antar merk mobil. Intinya sy nyesal beli Creta. Pikir beli mobil baru bisa bebas tanpa habis waktu ke bengkel, nyata nya parah.

      9
      2
      • 19 Oktober 2022 - (14:58 WIB)
        Permalink

        Selamat siang pak Jimmy.

        Perkenalkan saya Angga dari media otomotif GridOto.com.

        Saya ingin mengetahui detail permasalahan dari unit Hyundai Creta milik pak Jimmy.

        Jika berkenan, boleh saya minta nomor kontak atau email pak Jimmy?

        Mohon dikirimkan ke email saya : anggarecaro@gmail.com agar privasi terjaga.

        Terima kasih atas perhatiannya pak Jimmy.

  • 18 Oktober 2022 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Saya juga punya hyundai creta bukan senang tapi malah cemas!, banyaknya klaim masalah after sales tapi pihak HMID sepertinya kurang respone, karena saya lihat bengkel resmi di sby, bengkelnya sangat memprihatinkan kurang lengkapnya spare part , contoh spt klaim oli bocor, ban dan pentil ban yg sepele ber bulan bulan, harusnya hyundai mencheck bengkel resminya , jangan jual unit aja, spt masalah saya kunci remote cadangan aja udah 2 bulan belum dikirim, ini jual kendaraan kok ndak lengkap , tlng ditanggapi keluhan ini

    12
    3
  • 18 Oktober 2022 - (17:16 WIB)
    Permalink

    saya juga punya large printer epson baru 8 bulan warna tidak keluar katanya head rusak, pesan indent head 3 bulan, saya cari yang lain yang sudah ada stok, tapi setelah ganti head tetap sama tidak keluar, terus beralih lagi katanya pompanya gak kuat, dan sampe sekarang epson service tidak pernah ladenin saya lagi, seperti tidak peduli. hus minggat pake epson.

    3
    6
  • 18 Oktober 2022 - (17:20 WIB)
    Permalink

    Mohon penjelasan saya beli hyundai creta sudah 2 bulan, kenapa kunci remote cadangan sampai sekarang belum dikirim, janji salesnya segera dikirim, mohon penjelasan HMID, jgn cuman jual jual unit aja, pikirkan aftersalesnya

    3
    1
    • 19 Oktober 2022 - (21:24 WIB)
      Permalink

      Hyundai lagi² Hyundai…nge gas doang diawal, abis itu memble..Promosinya doang bagus, vaian mobil keluar segabrukan. Dari dulu soal penggantian sparepart selalu sulit dan mahal..Tetep mobil Jepang msh yg bisa diandalkan..

  • 18 Oktober 2022 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Penyakit aftersales mobil korea gak berubah dari dulu. Dulu waktu demam mobil Korea krn dipikir alternatif merk Jepang, pas msh baru aman, setelah ada kerusakan mau beli sparepart indent 3 bulan, 6 bulan. Apa mkn orang yg ngurusin departemen sparepart msh orang yg sama krn model masalah nya sama hehehe, ada uang barang tidak ada

    3
    1
  • 18 Oktober 2022 - (19:49 WIB)
    Permalink

    Sy punya hyunday creta tipe prime,alhamdulillah ok bangat,sejak dulu sy pake merek hyunday ok ok s@ja

    2
    5
  • 19 Oktober 2022 - (01:22 WIB)
    Permalink

    Saya pemakai hyundai santa fe, sekarang punya creta juga masih aman2 dan berasa enak banget. udah lama tinggalin merk jepang, dan tdk bakalan mau balik lagi

    2
    7
  • 19 Oktober 2022 - (14:12 WIB)
    Permalink

    //paking o-ring transmisi matic..//

    Daripada pusing mikirin lamanya inden yg blm ada kejelasan, gimana kalau bikin custom seal oring di Glodok? ?

    Ya buat sementara aja. Nih toko yg suka bikin seal oring custom nya. Langganan saya jg buat bikin filter air kedap udara high pressure.

    Nama tokonya Glodok Queen. Ada di tokped jg bisa tanya2 dulu.

    Siapa tau dpt material yg lebih bagus drpada vendornya hyundai bisa awet tahan lama ?

    • 19 Oktober 2022 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Wah wah, padahal lagi nabung mau beli santa fe atau palisade, kalau begini case nya jadi urung deh saya.

  • 19 Oktober 2022 - (15:31 WIB)
    Permalink

    Dari dulu kalau merk korea itu sparepartnya susah dan inden. Heran bisa bikin mobil di sini masa sparepartnya harus inden berbulan bulan. Oli termasuk fast moving aja gak tersedia??? Apalagi yg slow moving

  • 20 Oktober 2022 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Saya baru ngambil Stargazer malah jadi was-was. Saya kira dengan adanya pabrik hyundai di cikarang, maka suku cadang untuk kedepannya tidak ada masalah, tp kalau sampai harus indent berbulan-bulan nyesel jg ngambil stargazer. Tau gitu mending ngambil mobil jepang

  • 20 Oktober 2022 - (13:36 WIB)
    Permalink

    Saya punya pengalaman yang sama dengan hyundai Creta.Kunci cadangan saja pada awal pembelian tidak diberikan dan harus menunggu 1 Minggu,yang pada kenyataannya hingga 6 bulan tidak diberikan.
    Panoramic electric pun sekarang sudah berbunyi.
    Dulu kami memiliki CRV gen 4 dari baru, hingga akhirnya kami jual pun tidak ada masalah sama sekali.
    Sekarang ingin dijual pun penurunan harga nya cukup tinggi karena merek non Jepang.

  • 29 Oktober 2022 - (00:25 WIB)
    Permalink

    Selain after sales, built-in quality nya juga jadi pertanyaan. Masa baru 8 bulan matic udah rembes gitu?

 Apa Komentar Anda mengenai Hyundai Creta?

Ada 30 komentar sampai saat ini..

Baru 8 Bulan, Oli Matic Hyundai Creta Sudah Bocor (Rembes) tapi Spare …

oleh Jimmy dibaca dalam: 1 menit
30