Ketidakjelasan Pengembalian Lebih Bayar dari Wuling Finance

Terima kasih buat media konsumen yang sudah mau menerbitkan kembali surat saya, semoga kali ini juga dapat terbantu.

Pada bulan Juni 2022, saya memberanikan diri untuk mengambil unit Wuling Cortez di dealer Prima Wuling Fatmawati, setelah sebelumnya saya bertemu dengan marketing di PRJ, waktu itu ada pameran. Setelah berulang kali dikirim simulasi akhirnya saya memutuskan untuk ambil tapi kemungkinan di awal bulan.

Marketing menginfokan ke kepala cabangnya bahwa saya berminat, dan pada tanggal 27 Juni beliau menelpon dan menginfokan simulasi dan diskon. Selang 3 hari kemudian, saya datang ke dealer tersebut untuk memastikan unit dan warna. Lalu pada tanggal 30 terjadi transaksi pembelian unit tersebut. Saya menggunakan cara bayar transfer by mobile banking untuk pembayaran DP yang sudah ditentukan. Tetapi karena diuber uber oleh Pak Raymond dan di tengah kepadatan kerja, transferan saya lebih bayar 2 juta.
Karena saya pikir kesalahan dari saya, yah saya ikuti saja prosesnya. Sudah bikin surat pernyataan pun sampai sekarang, belum ditransfer balik. Alasannya belum ada pencairan dari Wuling Finance. Saya kurang jelas uang saya nyangkut di mana.

Dari awal pengiriman, sudah banyak terjadi masalah. Talang air yang dijanjikan hanya terpasang bagian depan saja. Bagian penumpang tidak terpasang. Pas serah terima di kantor hujan, jadi tidak bisa pengecekan full. Besoknya baru terlihat bintik-bintik jerawat di kaca film keliling. Saya pikir proses keluar unit ada quality control dari dealer.

Akhirnya saya melapokan ke pihak dealer, lalu kepala cabang langsung follow up ke pihak kaca film Lumarr di jalan panjang. Pihak Lumarr datang dan hanya mengerjakan sebagian karena bahan yang dibawa kurang, dan kaca film yang diganti pun masih ada juga bintik jerawat karena di kantor saya bukan ruangan kedap, jadi banyak debu.
Akhirnya seminggu kemudian saya langsung datang ke lokasi pemasangan di Lumarr Jalan Panjang.

Selama 3 hari saya tidak bisa membuka semua kaca, biar hasil maksimal. Karena mobil saya pakai buat operasional. Saya kerja dan pulang ke apartemen. Yang biasanya saya parkir bisa mendengar suara tukang parkir dan bisa melihat dengan kaca terbuka, karena sedang dalam masa pemasangan, kaca film belum bisa dibuka tutup.

Bayangkan 80% persentase kegelapan kaca mobil, dan tidak bisa mendengar suara dari luar, menyebabkan mobil saya tertabrak tembok pembatas di apartment. Asuransi memang ada, tapi segala masalah yang terjadi karena ketidak siapan dari dealer. Saya meminta kejelasan dari Pihak Dealer Prima Wuling Fatmawati dan dari pihak Wuling Finance. Uang saya senilai 2 juta itu tidak banyak. Tapi karena begitu banyak masalah yang terjadi dari awal sampai serah terima kendaraan, membuat saya tidak ikhlas uang itu tidak dikembalikan kepada saya.

Mohon pihak Wuling Indonesia mencermati masalah ini. Boro-boro after sales service, on going sales nya pun masih berantakan. Saya juga ada masukkan asuransi karena mobil saya ditabrak Avanza. Ketahanan rangka wuling memang bagus, Avanzanya yang hancur parah dibandingkan pintu di kanan sopir saya. Tapi sampai sekarang, ketersediaan pintunya masih belum ada ada juga. Jadi saya harus membawa mobil baru keluar bulan 7 yang sudah baret dan penyok dimana mana karena ketidak siapan Wuling…. Katanya mau jadi nomor 1 di Indonesia.

Tolong dibantu segala permasalahan saya.

Lai Yunie Yanto
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:52    Rata-Rata: 3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

15 komentar untuk “Ketidakjelasan Pengembalian Lebih Bayar dari Wuling Finance

  • 18 Oktober 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Btw om ini udh ngelapor blm ke customer care nya Wuling? atau ke social media officialnya Wuling? biasanya keluhan gini, klo ngelapor biasanya langsung dibantu sama SGMW langsung, jd coba aja dulu om share keluhannya di customer carenya Wuling.

    4
    1
    • 18 Oktober 2022 - (16:48 WIB)
      Permalink

      Baru sebatas ke kepala cabang nya aja sih, karena kan memang kesalahan awal di saya, saya yang transfer lebih. Tapi makin lama kok makin dikacangin. Dari awal saya kan orangnya males komplain, males komplain talang air, komplain kaca film, tapi kok makin lama makin ngk jelas. Kalau chat & telpon sih pasti dibalas dengan ramah juga, tapi tidak ada penyelesaian. Dari bulan juli loh proses nya

      • 18 Oktober 2022 - (16:53 WIB)
        Permalink

        iya om, coba aja lapor dulu di customer care, biasanya langsung di proses sama tim SGMW keluhannya.

        • 20 Oktober 2022 - (09:59 WIB)
          Permalink

          Sudah buat kok… Disuruh buat sama dealer langsung. Hanya saja ketidakjelasan pengembaliannya kapan, itu yang tidak ada kepastian.

  • 18 Oktober 2022 - (20:23 WIB)
    Permalink

    Kedua belah pihak salah..
    Maklum wuling merk baru, berani beli, berani ambil resiko.. Tapi btw dari wulung ada etika baik untuk follow up perbaikan dll..
    Klo mau aman ambil toyota, Honda, dll

    Pembeli juga gimana yak udh tau kaca film 80% gelap banget, masih complain gk kelihatan klo belok/jalan

    1
    2
    • 18 Oktober 2022 - (20:34 WIB)
      Permalink

      Kalau dr wuling, kaca film samping dan belakang ngk bisa request gan. 80%, masalah nya bgt keluar dr dealer, ngk dicek QC lg. Jerawat nya banyak bngt. Kata org kaca film, paling susah pasang di wuling cortez. Cuma ngk enak aja bawaannya, kan beli mobil baru, bkn mobil bekas.

      • 18 Oktober 2022 - (20:46 WIB)
        Permalink

        Wih gk nyalahin aturan kah kaca film 80% langsung dari dealer?
        Yah gitulah merk baru, bnyk kurang..
        Kemarin mau ambil Wulung Almaz, tapi akhirnya ambil Rush wkwk.. Masih takut merk baru

          • 19 Oktober 2022 - (17:46 WIB)
            Permalink

            Nyaman tapi konsumsi bbm 1:8 😁

        • 19 Oktober 2022 - (18:12 WIB)
          Permalink

          Terus terang saya ga perhatikan angka konsumsi bbm yang 1:8 tapi kalo dibilang boros ya memang lebih boros dibanding mobil lain

          Tapi ketutup kok sama fitur² lain yang langsung terasa saat bawa almaz ini

          (Kok di balasan yang ttg bbm 1:8 tidak ada ikon balas ya?)

    • 20 Oktober 2022 - (06:54 WIB)
      Permalink

      Coba ditanya gan ke supplier untuk masalah pintu, kebetulan saya pemain spare part wuling belakangan lagi gaada masalah untuk supply nya

  • 20 Oktober 2022 - (06:58 WIB)
    Permalink

    Mungkin permasalahanny di asuransi pak mungkin mereka TDK memiliki fendor rekanan resmi yg lengkap sy pemilik Cortez 1,8 2018 beberapa kl mengalami kecelakaan Krn pakai beberapa kali k Jawa timur tp cm hitungan seminggu lah kelar kl untuk pintu saya rasa sekitar 2 Minggu lah pernah sekali sm mobil China semua boros baik wuling Dfsk atau mg soalnya saya sudah coba tiga2nya tp kl soal kenyamanan mobil cina top cm ya itu mesinnya blm bs secangih Jepang ataupun Eropa soal efisiensi bahan bakar

  • 20 Oktober 2022 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Media Konsumen ini Dahsyat banget kekuatannya. Tiap saya memuat artikel, esoknya atau esok lusa langsung dihubungi oleh pihak yang bersangkutan. Bapak Tio dari Prima Wuling menghubungi saya kemarin tanggal 19 November, Rabu kemarin. Menginfokan kalau hari Jumat tanggal 21 November ini, permasalahan kelebihan bayar dan permasalahan sparepart pintu klaim an asuransi akan diselesaikan. Saya tinggal menunggu saja follow up dari Beliau. Semoga benar adanya, karena permasalahan ini sudah terlampau berlarut larut. Sampai bikin cape ati dan tidak begitu antusias lagi terhadap merk Wuling.

  • 22 Oktober 2022 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk Media Konsumen dan Bapak Tio dati Prima Wuling Pusat. Permasalahan ini sudah selesai dengan pengembalian dana pada tanggal 21 Oktober pukul 19 : 29. Dan sudah dibantu pula terkait sparepart pintu untuk klaim asuransi. Kepada pihak yang terkait yang saya sebutkan namanya disini, sebelumnya saya minta maaf kepada Pak Isaach dan Pak Raymond. Tidak ada maksud mengdiskreditkan siapapun disini. Saya hanya menjelaskan kronologis dari awal dan fakta yang terjadi. Sekali lagi terimakasih buat media konsumen yang selalu menjadi andalan saya dan Bp. Tio dari Prima Wuling pusat. Penanganannya cepat dan Reliable.

 Apa Komentar Anda?

Ada 15 komentar sampai saat ini..

Ketidakjelasan Pengembalian Lebih Bayar dari Wuling Finance

oleh Lai Yunie Yanto dibaca dalam: 2 menit
15