Surat Pembaca

Paket Kosong dari Merchant di Akulaku

Pada hari Senin, pukul 10.00 WIB tanggal 31 Oktober 2022, saya menerima paket dari kurir J&T, tapi setelah dibuka paketnya kosong. Sebelumnya saya memesan handphone Sony Xperia 1 dari marketplace Akulaku.

Saya langsung mengajukan resolusi retur ke toko, tapi refund langsung ditolak oleh toko. Kemudian saya minta bantuan Akulaku untuk menangani kasus komplain saya, baik melalui chat customer service maupun langsung lewat telepon. Namun selama tiga kali itu pula refund saya selalu ditolak.

Saya sudah mengikuti prosedur refund yang diterapkan oleh pihak Akulaku, mulai foto chat dengan toko, sampai upload video di YouTube. Namun tetap saja, saya harus diwajibkan membayar cicilan selama satu tahun, untuk paket yang berisi cuma kardus kosong.

Saudi
Tegal, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Audy Prawiro

Jakarta, 15 November 2022 Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Audy...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ud tulis di mk biasa sih di TL. Tp belanja jgn disitu lah sarang penipu. Lagian ngapain jg beli hape BM tar gak bisa dipake. Sony tuh gak terdaftar di sini

    • Katanya sih masih dalam proses tapi sampai kapan, memang Sony dah hengkang dari indo tapi saya mau jadikan hp itu hp kedua saya

  • Solusinya ya anda menyewa pengacara, melapor ke kepolisian dan anda viralkan kasus anda ke media sosial anda, keluarga anda dan teman-teman Anda. Kalau anda tidak menyewa pengacara maka kasus anda akan kurang perhatian dan jika anda tidak viralkan kasus anda maka kasus anda akan lemot kayak sinyal 3 G

  • Jangan berbelanja di aku laku..nanti aku ketipu...aku laku cuma nyari keuntungan sebelah pihak..tidak memikirkan hak konsumen..banyak kejadian.buat aku laku benahi badan usaha anda jangan sampai ada yang di rugikan.

  • Harga segitu dapat x1, kelewat murah lah itu..
    Kalo mau beli barang pake akulaku
    Bisa kok beli d Bukalapak, blibli, jd.id
    Kalo shopee sama lazada enggak tahu masih bisa apa tidak

  • Sepertinya Blibli, tokopedia, JD.id lebih terpercaya baik dari seller maupun Admin yg bertugas menangani seller bodong. Pihak Akulaku sepertinya sering kena komplain dan admin yg bertugas mungkin kewalahan jadi malah cenderung adanya pembiaran masalah ini tentu berdampak pada brand akulaku.

  • Setiap beli barang apapun secara online sebaiknya unboxing divideokan.. jangan hanya melalui foto, kalo di tokopedia sih selalu ada notice untuk melakukan itu.. meskipun kadang saya abaikan untuk produk" yang harganya dibawah 50rb ?

    • Aq prnh beli hp dr AL dg sistem cicilan tp alhamdulillah aman hp diterima sesuai yg aq pesan,, harga sesuai pasaran saat itu sih jd aq termasuk beruntung dpt toko yg amanah.. Utk refund kl pk sistem cicilan emg rada sulit kyknya,, aq refund dana tunai aja smp 1 bulan lbh br balik duitku,, itu jg stlh pengajuan refund berkali2 ditolak seller.. Tp dicoba aja terus k cs mdh2an refundnya berhasil.. Utk jd pembelajaran aja k dpn spy jgn tergiur harga murah,, rajin2 cek review dr tokonya sblm berbelanja.. Krn wlpn byk seller nakal yg pk review2 palsu/bayaran tp pst ada aja review jujur dr real customer yg nyelip2 ?

      • Gak ada ruginya juga biasakan mengintip ulasan dengan bintang terbawah, karena tidak jarang kebenaran "tersembunyi" disitu. Jadi jangan hanya silau dengan review/rating bagus berbintang 5.
        Online shopping makin kesini memang udah gak terkomtrol. Bahkan dijadikan kedok utk perjudian. Contohnya di shopee (sy hanya pakai shopee dan tokopedia), banyak banget skrg jualan2 terutama ponsel dengan judul FLASH SALE, tapi sistem undian. Jadi kita membeli undian yang notabene udh tepi jurang. Memang itu urusan personal masing2 orng ya mau beli atau tidak, sy tidak menyinggung perspektif agama tp lebih concern ke perspektif hukum.
        Belum lagi seller2 gadungan dengan LASKAR REVIEW GADUNGAN juga. Dilihat sekilas barangnya terlihat cakep dengan ulasan yang "memuaskan". Tapi jika diperhatikan nama para pemberi ulasan itu, kentara sekali bahwa itu akun2 palsu. Sebab itulah penting untuk intip review bintang terendah, bisa jadi kita akan temukan kebenaran dalam larik-larik indah sumpah serapah. So stay alert, kawan-kawan. Jadilah pembeli bijak, penjual yang amanah. Dan saling respek. Wassalam..

        • Review komen baik2 juga orang2 tu yg nipu . Mangkanya jgn belanja hp elektronik di online dah. Lebih baek ke gerai konter atau elektronik dehh..

  • untuk semua paket baiknya divideo unboxing dari awal terima dan cek apakah ada lakban ulang. biasanya dicuri oknum. disini bisa aja oknum penjual, oknum gudang dan oknum pengirim dan oknum pembeli

    • kl utk kasus penulis sih, udah jelas bgt tanpa video unboxing, penjual udah ngaku kalo blm dikirim. tunggu 5 stars dulu baru dikirim which mean it scams

    • saya beli pulsa 100 pake paylater laporan di aplikasi akulaku suksek tapi pulsa gak masuk, tetep wajib bayar, ampe di terror di telpon in trus karna udah lewat tgl bayar nya ?

  • Akulaku sebenarnya bagus bang
    Asalkan jangan pernah melakukan check out barang dimerchant aplikasi
    Mending lakukan pemesanan di aplikasi lain yg kerjasama dengan akulaku

    Saya pernah dulu minta batalkan yg udah kebayar diaplikasi akulaku tapi pihak penjual dan juga akulaku tidak bisa membatalkan padahal penjual belum mengemas orderan saya
    Alhasil dengan terpaksa membayar cicilan selama setahun deh Untung aja barangnya sampe

    Semoga akulaku baca komen saya ini,
    TOLONG PERBAIKI SISTEM KALIAN, REFOUND BARANG DAN CANCEL ORDER DIPERMUDAH SEPERTI APLIKASI ORENS