Masalah Refund Premi Asuransi Kendaraan

Selamat pagi,

Pada tanggal 22 Agustus 2022, saya melapor terkait refund asuransi kendaraan Fortuner VRZ tahun 2018, ke kantor leasing ACC Manado dan dilayani oleh CS a.n. Mel****. Karena mobil sudah dilunasi dengan dipercepat, lalu dibuatkan pernyataan refund, tapi nilainya tidak ditulis. Saya diberitahu secara lisan bahwa refund biasanya hanya 1 s.d. 3 juta rupiah.

Nama pelanggan: Bunarto Gunawan
Nomor kontrak: 01600802002525460
Kantor cabang Manado

Surat permohonan transfer tidak jadi saya tandatangan, karena tidak ada nilai yang dicantumkan oleh ACC Manado. Lalu saya diarahkan ke kantor asuransi Ramayana dan diterima oleh Bapak Gatot, lalu dialihkan lagi ke ACC Manado untuk penyelesaiannya.

 

Di ACC Manado, saya sempat ditelepon oleh Bapak Al** yang mengaku sebagai Kacab dan sempat bersitegang. Karena perbedaan antara polis Asuransi Ramayana pasal 27, yang dinyatakan akan dipotong biaya akuisisi, tanpa dijelaskan rincian biaya akuisisi dan berapa besarnya.

Kalau dihitung berdasarkan prorata sesuai pasal 27, maka sisa premi saya tidak mungkin terima Rp3 juta. Karena sisa premi masih 8 s.d. 9 bulan, sementara premi asuransi sekitar Rp11 juta. Di sinilah saya merasa dikerjai atau diakali, karena saat saya minta hitungannya Ibu Mel**** atau Bp. Al** (ACC Manado) tidak memberikan secara tertulis. Pihak Asuransi Ramayana selaku penerbit polis pun lepas, tangan karena ini urusan ACC.

Dimana tanggung jawab ACC sebagai mediator pihak asuransi dan konsumen? Untuk diketahui, perjanjian intern antara ACC dan Ramayana konsumen tidak dilibatkan, sedangkan saat bayar uang premi, pakai uang konsumen bukan perusahaan ACC.

Sekitar awal bulan Oktober disetujui secara lisan dan dibayarkan tunai Rp2 juta, sisa Rp5 juta lebih akan ditransfer bersama. Itu saya tandatangan surat refund senilai 5 juta lebih, untuk diproses dengan janji 1 bulan dana masuk. Bagaimana kinerja ACC Manado dalam menangani refund konsumen?

Ini sudah pertengahan bulan November dan dari ACC tidak ada penyelesaian. Sudah saya DM ke Twitter Acconeid, tapi disuruh tunggu tanpa ada kejelasan.

Bunarto Gunawan
Manado, Sulawesi Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Jika beli asuransi krn leasing/perantara pengembalian PASTI tidak akan full krn Leasing/ perantara/ Sales Dealer 100% pasti ambil komisi asuransinya (makanya ga akan ada rinciannya krn mrk ga mungkin sebutkan biaya dipotong komisi leasing yg ditulis cuma biaya akuisisi) jd jgn harap sesuai perhitungan anda. Asuransi pasti merefund sesuai yg mereka terima dipotong komisi yg dikembalikan ke PIC Leasing/ Sales Dealer, sedangkan kalau komisi disebutkan mrk pasti akan ribut dengan leasing / Sales Dealer yg terima setoran komisi. Kesimpulannya, kalau mau beli asuransi ya beli langsung sama perusahaan asuransi.

  • Baru tau, memang kalau kredit mobil, trus pelunasan dipercepat, asuransi bisa diminta balikan cash ya?
    Soalnya sy kredit mobil 4thn, 2thn berjalan sudah sy lunasi. Tp lising diem2 bae, ga ada bilang asuransi dikembalikan.

  • Sekarang apakah sudah ditransfer/belum untuk refundnya 7juta sesuai yang disetujui kacab ACC manado pak? Atau sampai sekarang masih janji manis saja?