Proses Pencairan Saldo Tertahan dan Lambatnya Penanganan Customer Service Itemku

Saya M Nizar, salah satu seller di Itemku dengan nama toko Android31PPOBSTORE. Saya melakukan pencairan saldo hasil penjualan saya pada hari Selasa pukul 08:15 WIB tanggal 15 November 2022 dengan jumlah Rp. 6.256.225, menggunakan poin toko.

Di Itemku penjual memiliki dua pilihan untuk mencairkan saldo hasil penjualan. Yaitu menggunakan Poin Toko, poin yang didapatkan dari pembeli premium yang memberikan rating bintang 5. Dan yang kedua yaitu pencairan biasa yang dilakukan tanpa Poin Toko.

Pencairan Saldo Tokoku

Pencairan Saldo Itemku Menggunakan Poin Toko

Pencairan menggunakan Poin Toko memiliki kelebihan yaitu saldo hasil penjualan akan cair pada hari yang sama atau kurang lebih 1 hari.

Sayangnya sampai postingan ini saya buat, saldo hasil penjualan saya tidak masuk ke rekening. Pada tanggal 16 November 2022 saya melakukan komplain dengan cara menghubungi Customer Service Itemku perihal pencairan saldo saya yang tidak kunjung masuk ke rekening, komplain diterima tapi tidak ada jawaban dari pihak CS kenapa saldo saya tidak kunjung masuk ke rekening.

Karena tidak mendapatkan jawaban, akhirnya saya menanyakan masalah ini ke Discord Tokoku dengan nama Lapak Juragan yang memang digunakan untuk sharing antara penjual di Itemku, dan mendapatkan jawaban “kemungkinan ada masalah di pihak bank” dari moderator Discord Lapak Juragan.

Sore nya saya tanyakan lagi ke anggota Lapak Juragan yang menggunakan Bank yang sama dengan saya yaitu BCA, apakah terkendala tidak cair juga saldonya? dan jawabannya “cair”.

Jadi tidak mungkin ada gangguan atau error dari pihak bank sehingga pencairan saya tertahan. Karena ada penjual lain yang menggunakan bank yang sama dengan saya tapi hari itu tetap cair.

Pada tanggal 17 November 2022, saya tanyakan lagi melalui Lapak Juragan, kenapa pencairan saya belum masuk ke rekening, dan saya mendapatkan jawaban dari salah satu Mentor Lapak Juragan, jika pencairan saya tertahan karena ada komplain dari pembeli, sehingga harus menunggu komplain selesai untuk saldo saya masuk ke rekening.

Jika harus menunggu komplain dari pembeli selesai untuk saldo saya masuk ke rekening, kenapa pada pencairan sebelumnya saldo saya selalu masuk dengan cepat yaitu dengan estimasi 1×24 jam, meskipun ada komplain dari pembeli yang belum selesai.

Jadi apakah komplain dari pembeli ini berpengaruh ke pencairan atau tidak? Sudah saya tanyakan pertanyaan ini di Lapak Juragan tapi tidak ada jawaban dari pihak Itemku.

Efek dari tidak dicairkannya saldo saya berimbas ke penjualan saya, dimana saya tidak bisa jualan hari ini baik online maupun offline karena semua modal saya masih tertahan di Itemku.

M Nizar
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:6    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

6 komentar untuk “Proses Pencairan Saldo Tertahan dan Lambatnya Penanganan Customer Service Itemku

  • 19 November 2022 - (19:22 WIB)
    Permalink

    1. CS bukan lambat tapi sistem CS itu ambil tiket dari terlama
    kalau kamu spam balas tiket otomatis tiket anda jadi naik ya jelas untuk dampat antrian tiket tuh lama

    2. proses dlu orderan yang bermasalah nanti bakal langsung cair

    dari awal sudah di jelas apa yang mesti dilakukan OD nyangkut nah di cross check lagi gan

    • 19 November 2022 - (19:39 WIB)
      Permalink

      Orderan yang bermasalah sudah diproses semua, bahkan ada orderan yang gak bermasalah tapi pembeli masih komplain.

  • 19 November 2022 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Saya juga sudah berjualan lama di sana dan selalu mengingatkan toko-toko lain yang masih saja terulang terus kejadian yang serupa.

    Tolong diingat kembali lagi:
    1. Pencairan menggunakan Poin Toko memang untuk di hari yang sama tapi tetap dengan aturan yang berlaku.
    2. Di sana tertulis ” Saldo ditahan: Rp. 91.105″ Itu ada pesanan bermasalah diselesaikan dahulu sampai dikonfirmasi oleh CS “Selesai” -> Saldo ditahan menghilang -> Pencairan lancar kembali.
    3. Sistem CS itu FIFO jadi tiket baru bakal diurus duluan. Membalas pesan CS atau follow up akan membuat tiket tersebut menjadi baru lagi = Akan lebih lama dibalasnya karena ulang antrian terus.
    4. Pesanan bermasalah hingga moderasi toko (Penutupan toko) akan mengakibatkan penahanan hingga 1 bulan (dari toko-toko yang sudah pernah kena dan tahu kesalahannya) demi keamanan.

    Konklusi: Jangan sampai ada masalah jika mau pencairan tidak terhambat.

    • 19 November 2022 - (19:40 WIB)
      Permalink

      Ini masih ada 3 tiket yang belum terselesaikan, tapi alhamdulillah pencairan sudah masuk ke rekening, kadang bingung komplain dari pembeli ini berpengaruh atau tidak untuk pencairan.

      • 19 November 2022 - (20:03 WIB)
        Permalink

        Sikon jawabannya.
        Banyak kriteria yang diperhatikan oleh pihak itemku dalam menentukan hal tersebut (Melihat dari toko-toko yang pernah kena masalah penahanan pencairan dana). Jadi main aman jangan sampai ada komplain dan selalu patuhi aturan itemku dari aturan penggunaan hingga ketentuan penjualan. Pembeli tidak ada literasi dan baca aturan sudah biasa (tahunya beli doang), tapi jangan penjual juga jangan sampai tidak ada literasi juga (tahunya jual doang). Budaya baca-baca aja aturan :3

 Apa Komentar Anda?

Ada 6 komentar sampai saat ini..

Proses Pencairan Saldo Tertahan dan Lambatnya Penanganan Customer Serv…

oleh Nizar dibaca dalam: 2 menit
6