Menunggu Hasil Revisi Kesalahan SLIK Akulaku dan Bank Neo Commerce

Sebelumnya terima kasih kepada pihak Media Konsumen, yang telah menyediakan platform ini untuk memberikan keluhan secara terbuka.

Pada tanggal 25 Oktober 2022, saya Wahyu RD melakukan komplain terhadap Bank Neo Commerce, atas ketidaksesuaian pencatatan SLIK yang mereka lakukan. Pihak BNC menanggapi dan mengatakan kalau pencatatan tersebut sesuai dengan data pelaporan dari pihak channeling, yaitu Akulaku. Jika terjadi ketidaksesuaian data, saya disarankan untuk mengirimkan bukti kelengkapan dokumen.

Kemudian saya mengirimkan seluruh bukti kelengkapan dokumen ke pihak BNC dan Akulaku. Namun sekitar seminggu kemudian mereka merespons dengan mengirimkan surat keterangan lunas/tidak ada tunggakan, sedangkan revisi SLIK tidak ada kejelasan.

Permasalahan utamanya adalah ketidaksesuaian pencatatan SLIK di OJK yang mempengaruhi data kualitas kredit saya. Sehingga saya ingin permasalahan ini diselesaikan dengan cara revisi SLIK OJK sesuai dengan data saya di aplikasi.

Setiap saya follow up ke BNC, pihaknya selalu respons jika revisi bisa dilakukan setelah pihak channeling memberikan surat keterangan. Sedangkan pihak Akulaku selalu melimpahkan kesalahan antar divisi.

Respons follow up terbaru BNC

Pihak CS Akulaku mengarahkan saya untuk komplain ke Divisi Collection. Sedangkan dari pihak Collection setelah memberikan surat keterangan lunas mengarahkan saya untuk kembali hubungi CS. Kemudian pihak CS memberikan keterangan bahwa di riwayat aplikasi, riwayat kredit saya lancar dan  mengarahkan saya untuk menghubungi Asetku.

Namun dari pihak Asetku menyatakan jika bukan pihak mereka yang melakukan pencatatan dan saya diarahkan kembali ke CS. Terakhir, CS mengarahkan saya untuk menghubungi tim SLIKAFI Akulaku dan kelengkapan berkas saya sudah diterima oleh pihak SLIK AFI tanggal 10 November 2022.

Saya menunggu dan terus follow up kelanjutan kasus ini. Kemudian tanggal 17 November 2022 pihak Akulaku menelepon dan merespons email untuk meminta kelengkapan data berupa KTP, yang mana data tersebut sudah tersedia dalam berkas kelengkapan komplain sejak 25 Oktober 2022. Namun tetap saya kirimkan ulang beserta seluruh data lainnya.

Pertanyaan saya, sampai kapan saya harus menunggu  revisi ketidaksesuaian pencatatan SLIK OJK yang ditulis oleh Bank Neo Commerce dengan channeling Akulaku? Seluruh kelengkapan data sudah saya kirimkan dan pihak Akulaku sendiri bilang kalau riwayat saya lancar. Sedangkan pihak BNC sampai sekarang masih menunggu laporan dari pihak Akulaku. Setiap respons email ditulis jika keluhan akan diselesaikan maksimal 20 hari, tapi sampai saat ini saja masih tidak ada kejelasan padahal sudah hampir satu bulan.

Mohon kepada pihak Bank Neo Commerce dan Akulaku agar segera menyelesaikan permasalahan ini dan bersikap profesional. Karena setelah saya baca keluhan pelanggan, bukan hanya saya yang terdampak kasus kesalahan pencatatan SLIK yang dilakukan oleh pihak Akulaku dan Bank Neo Commerce.

Wahyu Roydoni Dwitama
Brebes, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan Bank Neo Commerce atas Keluhan Bapak Wahyu Roydoni

Jakarta, 23 November 2022 Dengan hormat, Menindaklanjuti pengaduan dalam Suara Pembaca yang dimuat Mediakonsumen.com dengan judul “Kesalahan Pencatatan SLIK OJK...
Baca Selengkapnya

8 komentar untuk “Menunggu Hasil Revisi Kesalahan SLIK Akulaku dan Bank Neo Commerce

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Neo Commerce dan Akulaku?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Menunggu Hasil Revisi Kesalahan SLIK Akulaku dan Bank Neo Commerce

oleh whyroy dibaca dalam: 2 menit
8