Penipuan dengan Modus Mengaku Sebagai CS Yup PayLater di Instagram

Pada tanggal 18 November 2022 pukul 15.00, saya berniat membeli hp dan saya menanyakan ke akun Instagram Yup yang resmi. Tiba-tiba ada balasan dari yang mengaku akun Yup (berlogo Yup). Awalnya saya tidak tahu kalau itu akun hacker, karena saya memang lagi menunggu balasan.

Kemudian akun itu ngasih link. Saya tidak tahu kalau link itu jebakan. Saya kira dari pihak Yup yang ngasih link buat menjawab pertanyaan saya. Akhirnya saya masukan nomor HP dan password, lalu disuruh masukan kode OTP. Tapi karena kode OTP-nya tidak masuk, pelaku itu telepon saya. Dia bertanya, tapi saya tidak jawab data diri saya. Karena saya curiga, akhirnya saya matikan teleponnya.

Lalu saya coba buka akun Yup saya. Pas dibuka, nge-hang lola gitu dan pas bisa masuk tiba-tiba tagihan saya jadi banyak banget Rp4.750.000. Padahal limit saya tinggal Rp2.750.000, kok bisa limit saya bertambah 2.000.000 dan diambil juga? Saya lihat di tagihan saya Rp4.750.000 transaksi di tempat makanan, semua tempat yang sama.

Sy benar-benar tidak melakukan transaksi tersebut. Pas kejadian, saya langsung telepon customer service sampai 3 kali dan saya WA juga langsung untuk buat laporannya. Katanya disuruh menunggu, tapi sampai 4 hari ini gak ada kabar hasil investigasinya, lama banget.

Saya sudah kacau banget pikiran, karena saya memang tidak pakai. Akhirnya saya buat laporan juga di kepolisian karena saya takut banget. Sampai sudah 4 hari ini akun saya belum diblokir sementara juga. Padahal dari saat kejadian, saya sudah minta diblokir agar tidak ada limit bertambah tiba-tiba. Saya takut banget dan khawatir.

Saya minta tolong untuk pihak Yup biar sama-sama tidak rugi, saya di sini hanya korban. Biar sama-sama enak, tolong kasih solusi terbaik.

Mar’ah
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Yup terhadap Surat atas nama Ibu Mar’ah

Yth Ibu Mar’ah, Sebelumnya kami ucapkan terima kasih telah senantiasa menggunakan Yup dan meluangkan waktunya untuk berbagi pengalaman dengan kami....
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Penipuan dengan Modus Mengaku Sebagai CS Yup PayLater di Instagram

  • 24 November 2022 - (09:48 WIB)
    Permalink

    Masih ada aja yg ceroboh dan ga mau teliti
    Bisa di lihat dan dibaca sama kalian, Term and Services di YUP nya, coba deh belajar mau baca
    Jelas sekali prosedur yg berlaku di YUP berbeda dengan SOP yg terjadi oleh si TS, yg mana YUP tidak melanjutkan transaksi di WhatsApp dan mengirim link domain gratisan yg bukan berasal dari Domain resmi YUP
    Teknologi yg maju, sayangnya ga dibarengi oleh SDM yg maju

    20
    2
    • 24 November 2022 - (11:36 WIB)
      Permalink

      Ya gitu deh, generasi MICIN (milenial cinta internet) memang #DaruratLiterasi lebih doyan menonton YouTube dan mendengarkan musik ketimbang perbanyak menulis dan membaca. Bikin CV acakadut, menyusun skripsi revisi melulu, menulis komen nggak ada titik koma.. ?

      8
      6
        • 25 November 2022 - (07:16 WIB)
          Permalink

          Jika dilihat artikel yang penulis tulis. Limit tinggal 2.750.000 dan penipu bisa transaksi 4.750.000 itu kemungkinan orang dalam yup sendiri krn jika baca diinternet untuk menaikkan limit yup perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi

          • 27 November 2022 - (14:22 WIB)
            Permalink

            Iya bang makan itu sy aja kaget

          • 3 Januari 2023 - (09:14 WIB)
            Permalink

            Percuma bikin laporan ke Yup dengan dalih akan diinvestigasi tapi gak da solusi terbaik ujung”nya tetap disuruh bayar. Investasi hanya mengulur waktu saja sebagai formalitas, tapi tidak berpihak kepada korban. Saya juga salah satu korbannya, sudah banyak kasus penipuan mengatasnamakan cs Yup untuk mengelabui korbannya kode otp akan terkirim dari Yup asli padahal yang menghubungi Yup palsu.

          • 3 Januari 2023 - (09:19 WIB)
            Permalink

            Sepemikiran, karena jika bukan orang dalam Yup tidak mungkin dapat melakukannya. Kemungkinan hanya orang dalam yang mengetahui seluk beluk Yup dapat diakses oleh mereka. Klo orang IT pasti paham soal remote jarak jauh.

  • 24 November 2022 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Kalo ngga ada centang biru ngapain diladenin bu, kasih link aneh2 pula. Tiati maenan medsos

  • 24 November 2022 - (10:48 WIB)
    Permalink

    2022 msh ada yg kena tipu online. Link dari orang ga jelas dibuka2. isi data pribadi segala. OTP pake segala dikasih. duh duh.. kalo otak blm smart, jgn pake smartphone. bahaya. serius. maaf kasar penulisannya, tp demi kebaikan penulis juga

    7
    1
  • 24 November 2022 - (14:11 WIB)
    Permalink

    Lagi dan lagi
    Pantes modus seperti ini masih digunakan.
    Ternyata memang ‘pasar’ nya masih ada ya.
    Padahal kejadian seperti ini sudah banyaaak sekali dan diberitakan dimana²

    12
  • 24 November 2022 - (16:02 WIB)
    Permalink

    Yg harus digarisbawahi adalah… Kok mudah sekali si Penipu menaikkan limit yg awalnya 2.75jt jadi 4.75jt. Kejadian serupa juga pernah terjadi di Paylater2 yg lain, kita yg punya akun untuk menaikkan limit ratusan ribu aja susahnya minta ampun, lha kok penipu dg mudahnya dapat kenaikan limit hanya dalam hitungan menit.

    2
    1
  • 24 November 2022 - (16:10 WIB)
    Permalink

    Iya bang, sy juga kaget soalnya awalnya emg 3.000.000 limitnya, pas saya cek 5.000.000 .

    Gapapa sy Terima masukin yg lain yg nge judge sy.
    Tapi maaf sy disini sekedar cerita dan minta solusi dari pihak Yup nya, karna dari kejadian jumat, 18 November 2022 sampai sekarang kamis, 24 November 2022 belum ada hasil investigasi atau kabar apa”

    Mungkin org” Belum pernah ngerasain seperti saya , alhamdulillah. Makanya gatau rasa nya seperti apa fikiran.

    1
    3
  • 24 November 2022 - (16:39 WIB)
    Permalink

    Kk buka aplikasi Yup nya nanti kan ada profil pilih akun disitu ada keterangan limit nya, kurang lebih kaya gt kak coba kk cek” Aja
    Karna saya sudah ga buka lagi masih ada rasa takut,
    Kalo pemakaian lihatnya di tagihan saya pas buka aplikasi Yup nya.

  • 24 November 2022 - (19:42 WIB)
    Permalink

    Aduhh rejeki di akhir taun si penipu nya, budayakan membaca dulu, cari info dulu jangan asal main Dm Dm man di instagram, Facebook apa lagi Whatsapp, akhirnya sakit tidak berdarah kan, klau Yup kerjasama dengan bank selesai tu slik ojk kena, hidup segan mati tak mau,

    • 24 November 2022 - (19:48 WIB)
      Permalink

      Iye bang, awalnya kan cuma mau nanya doang ke akun Yup ig resminya.
      Ah yasudah lah begitu.

  • 24 November 2022 - (22:36 WIB)
    Permalink

    Jangan suka cari2 no cs di Google, ig dll. Dan soal pin dan otp udah diedukasi lewat sms atau wa pas transaksi kenapa gak dibaca ya???

  • 25 November 2022 - (08:09 WIB)
    Permalink

    Awalnya saya tidak tahu kalau itu akun hacker” mau ngakak bacanya.. hacker apaan.. klo dikasih username, password sama OTP mah anak saya yg masih SD juga bisa cuma masukin doank.. ga sekalian dikasih no rekening? No kartu ATM? No kartu kredit? Sama PIN nya sekalian..
    Edukasi udah dimana mana… “JANGAN MEMBERIKAN DATA PRIBADI USERNAME, PASSWORD, OTP KEPADA SIAPAPUN, MASIH ADA AJA YANH NGASIH” ??

  • 25 November 2022 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Pertanyaan nya, kenapa ketika pas chat CS resmi tiba” bisa ada chat masuk dari si penipu nya? Apakah id CS resmi disadap? Atau ada permainan dari orang dalam?

  • 23 Desember 2022 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Menurut saya yang jadi poin perhatian disini adalah ketika penulis chat DM yup kok tiba2 ada akun lain yang nge DM mengatasnamakan yup. kecurigaan kedua ya limit yang tiba2 naik, karena setau saya yang pakai paylater juga untuk naikan limit ga segampang itu, takutnya memang yup sudah disusupi hacker atau ada ordal yang main. buat masnya semoga masalahnya cepat selesai. saran untuk yup kalau sudah ada laporan begini mending langsung ditutup saja akun pelapornya karna sudah kadung kena hack takutnya nanti bisa dengan mudah dijebol lagi.

    • 9 Januari 2023 - (22:58 WIB)
      Permalink

      Iya kak lus, sy sudah lapor ke polisi juga dan ada surat lapornyab, polisi juga lagi telusuri.
      Soalnya korban nya juga makin banyak.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Penipuan dengan Modus Mengaku Sebagai CS Yup PayLater di Instagram

oleh Bagus dibaca dalam: 1 menit
47