Keberatan atas Biaya Pergantian Kartu yang Dibebankan ke Nasabah Padahal Penyebabnya Kerusakan ATM Mandiri

Saya Benny, tinggal di Solo. pada tanggal 26 november pukul 10.20 melakukan transaksi penarikan uang tunai di ATM Mandiri SPBU Pabelan kode mesin S1AW1CHS, Sukoharjo, Jawa Tengah. Saya melakukan 2x transaksi tarik tunai dengan besaran masing-masing Rp2,5 juta tiap transaksi.

Pada transaksi kedua saat uang diproses mesin tiba-tiba komputer ATM mengalami bluescreen. Singkat cerita uang Rp2,5 juta di transaksi saya yang kedua tersebut tidak sempat keluar dari mesin namun di mutasi rekening saya tertulis berhasil menarik Rp2,5 juta.

Kemudian saya telepon ke 14000 untuk menceritakan kejadian tersebut, dari CS memberi solusi kartu debit saya agar diblokir dahulu karena masih stuck di dalam mesin ATM pasca komputer ATM mengalami bluescreen. Kemudian CS juga menanyakan alamat email saya untuk follow up masalah pengembalian uang Rp2,5 juta tersebut maksimal 7 hari kerja.

Namun yang membuat saya keberatan adalah informasi dari CS terkait pergantian kartu debit baru untuk datang ke cabang terdekat membawa KTP dan buku tabungan serta dikenai biaya administrasi 20 ribu rupiah.

Saya jujur saja keberatan, bukan masalah nominal melainkan ini terjadi karena kesalahan dari mesin ATM sendiri yang mungkin kurang terawat sehingga mudah mengalami bluescreen/BSOD yang bukan dari kesalahan saya. Sehingga saya tidak mau memberikan sepeserpun uang administrasi atas pergantian kartu debit baru tersebut.

Mohon kepada jajaran petinggi Mandiri agar masalah sekecil ini diperhatikan, nasabah juga perlu kenyamanan bertransaksi. Terlebih yang melakukan kesalahan bukan nasabah (kehilangan) melainkan karena error sistem ATM. Apakah etis jika tetap membebankan Rp20 ribu sebagai biaya administrasi untuk kartu debit baru saya?

Benny Suryawijaya
Sukoharjo, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mandiri:
[Total:102    Rata-Rata: 3/5]
Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Benny Suryawijaya

Menanggapi pengaduan Bapak Benny Suryawijaya, kami sampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak alami dan kami ucapkan terima kasih atas...
Baca Selengkapnya

40 komentar untuk “Keberatan atas Biaya Pergantian Kartu yang Dibebankan ke Nasabah Padahal Penyebabnya Kerusakan ATM Mandiri

  • 27 November 2022 - (19:56 WIB)
    Permalink

    Emang rada lucu, saya penggantian kartu (yg lama expired) pun dikenakan biaya penggantian kartu. Dan kartu baru nya pun berumur kurang dari 2 tahun (kartu lama expired di Nov22, kartu baru hanya berlaku s.d Jun24)

    15
    1
    • 27 November 2022 - (20:37 WIB)
      Permalink

      Pengalaman saya beberapa kali urusan dengan ATM error. Salah satunya di bank lain swasta, induk usaha asal negeri jiran… kartu ATM tertelan setelah masukkan PIN, tiba2 mesin seperti restart atau hang…
      Besoknya urus ke cabang sempat diminta biaya meterai dan kartu baru. Saya protes karena bukan salah saya (biasanya kalo salah PIN 3x ya bisa saja tertelan tapi ini kan mesinnya yang ngadat). Staf CS yang melayani langsung konsultasi dengan manajernya, gak lama diiyakan untuk waive biaya.

      Saya kira bank seperti Mandiri ini perlu fleksibel seperti bank swasta lainnya dan berkorban sedikit lah demi kenyamanan nasabah. Apalah arti 20rb bagi bank sebesar Mandiri, apalagi kesalahan bukan di sisi nasabah.

      Oiya, ketika menulis pengalaman di atas, syaa baru ingat kalau keluarga saya tahun lalu kartu ATM Mandiri tertelan karena lupa, ketinggalan setelah transaksi. Besoknya ke cabang minta kartu baru, gak dikenakan biaya lho? kartu ATM nya yg tipe gold.

      14
      1
    • 28 November 2022 - (10:55 WIB)
      Permalink

      waduh itu mah akal2an staff nya aja buat dapet duit sampingan. selama ini penggantian kartu krn expired di bank mandiri ataupun mana aja, gratis tis tis…

    • 29 November 2022 - (16:44 WIB)
      Permalink

      pindah aja,
      bank mandiri memang begitu,
      dan yang lebih lucu lagi, orang mengajukan pinjaman tapi suruh bayar administrasi nya didepan. gmn punya uang? kn blm pencairan????

      2
      1
  • 27 November 2022 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Kalau kesalahan mesin, tidak dikenai biaya. Itu CS call centernya mandirinya ndak update.

    9
    1
    • 27 November 2022 - (23:44 WIB)
      Permalink

      sudah saya tanyakan ke orang mandiri yang kebetulan beliau pernah mengurusi soal pembuatan tabungan payrol untuk semua karyawan di kantor saya dan beliau mengiyakan ada biaya 20rb tersebut setelah saya ceritakan kronologinya..

      8
      2
    • 28 November 2022 - (01:03 WIB)
      Permalink

      klo ganti kartu baru semua bank ya sama, hrs byr biaya administrasi. kecuali mau menunggu wktu mesin dibuka dan diperbaiki yg biasanya bth wkt 1 minggu. klo ganti kartu gak perlu wkt lama.

      2
      9
      • 28 November 2022 - (07:03 WIB)
        Permalink

        maksud kamu self service machine? stau saya mesin itu hanya untuk upgrade tipe tabungan dan pergantian kartu baru yang mana sebelum kartu baru dicetak pun kita wajib verifikasi ktp dan kartu lama kita dimasukkan ke tray mesin tersebut. atau jika kartu lama tidak dimasukkan ke mesin, kita wajib input data 16digit kartu debit lama kita. lha kalau kartu saya tertelan, lalu saya input angkanya bagaimana?

        7
        1
        • 29 November 2022 - (09:39 WIB)
          Permalink

          Wah anda ketinggalan jaman….lah bisa ganti kartu hilang gmana sih….pernah memakai CS Mechine gak sih…..saya aja udah bbrp kali Kota Kasablanka

          1
          2
        • 29 November 2022 - (09:40 WIB)
          Permalink

          Terakhir kan ada namany e-ktp bung benny untuk ganti kartu hilang di CS Mechine….Lah saya udah pernah bbrp kali di Mall Kota Kasablanka Jakarta

        • 29 November 2022 - (19:52 WIB)
          Permalink

          Belajar dari pengalaman sy dulu. Sy ingin berbagi ilmu yg bermanfaat untuk kalian semua. Jika kalian menghadapi masalah kartu atm tertelan karena kesalahan sistemnya/error/hang no responds/ blue screen. ( bukan karena salah masukin pin 3x). Jangan panik!!! Apalagi tendang mesinnya. Itu mesin kan hanyalah komputer yg bertugas bagi2in duit. Itu kartu masih tertahan ditenggorokan mesinnya. Jadi jika ingin kartu atmnya kembali cari satpam di sekitar mesin atm tersebut. Bilang ke satpam kartunya nyangkut terus minta matikan dan nyalakan kembali mesin atm ini. Soalnya jika mesin atm restart (komputer restart). Kartu yg tertahan itu akan keluar kembali. Jadi pada saat si satpam itu menyalakan kembali. Pastikan anda di depan mesin atm tersebut. Dan anda akan dengar bunyi kartu keluar dari mesin.

          Sy sudah 3 x kejadian seperti ini.
          Atm bank mandiri di kemayoran jakarta utara. 1x
          Atm bca di kartasura sukoharjo jawa tengah. 2x

          Satpam atm akan membantu jika kita benar2 tulus menceritakannya.
          Dari pada ribet atur waktu ganti kartu atau urus kartu di bank.
          Mending kasih uang rokok ke satpam seikhlasnya.

          Tapi selama ini satpam atm selalu menolaknya karena gak enak atau takut kelihatan atasannya terima tiping.(karena ada cctv disekitarannya).

          • 30 November 2022 - (08:51 WIB)
            Permalink

            Thanks infonya

  • 28 November 2022 - (05:25 WIB)
    Permalink

    Cari aja mesin ATM mandiri yang bisa cetak kartu ATM langsung dimesinnya gratis.. Gunakan kemudahan teknologi skrng

    1
    4
    • 28 November 2022 - (05:31 WIB)
      Permalink

      Coba dong kasitau di Sukoharjo dimana atm yg bs cetak kartu debit mau tau saya. Ketimbang nyari ke seluruh Sukoharjo lbh baik nulis di MK untuk perbaikan ke bank mandiri

    • 29 November 2022 - (05:33 WIB)
      Permalink

      ATM mandiri dan BRI sumpah kadang tombol2 nya aja pada longgar , trus atm mandiri cahaya di layar nya kurang heran bngt

  • 28 November 2022 - (07:28 WIB)
    Permalink

    Emang masi penting ATM gitu? Kan uda bs cadless. Asal mbanking nya aman. Punyaku
    mandiri expired biarin aja ga mw ganti. Males urusan sm bank pemerintah. Org kantor jg sama. Keblokir token nya jg males. Sebisa mgkn ga mw buang waktu sama bank pemerintah.

  • 28 November 2022 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Bagus, klaim anda, karena sudah ada biaya bulanan yg didebet dari saldo tabungan, nah biaya bulanan itu buat apa bank.?

  • 28 November 2022 - (18:46 WIB)
    Permalink

    Iya sangat tidak setuju dg adanya biaya penggantian kartu, sdh jelas kesalahan dari mesin ATM knp nasabah dikenakan biaya lagi, terus tiap bulan bayar admint kartu itu buat apa?

  • 29 November 2022 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Pak beny…
    Sebenarnya kartu tertelan bisa diminta ke kantor cabang mandiri terdekat, kenapa mesti buat baru…gratis itu… tinggal bawa ktp sama buku tabungan…biasanya setiap 3 hari ada pengisian ATM ..nah kartu yg tertelan mereka ambil dan diserahkan ke cabang mandiri terkait.
    Kalau anda ganti kartu baru ..ya pasti kena biaya…semua bank akan mengenakan biaya…bohong kalau ada bank yg menggratiskan biaya kartu baru…
    Dan soal biaya kartu ..itu hak masing masing bank kalau tdk mau Kena biaya jangan menabung di bank ..simpan di rumah saja…bank juga butuh income toh…intinya hidup adalah pilihan…

    • 30 November 2022 - (09:04 WIB)
      Permalink

      Pak Benny,

      Coba di urus ke cabang terdekat dulu, saya kejadian sama persis di tanggal yang sama di jam yang sangat dekat degan pak Benny (29 November, jam 9.45), Waktu saya mau ambil uang di ATM tiba2 ada tulisan kartu saya tidak bisa di gunakan, saya cek livin mandiri saya untung uang yang tadinya mau saya tarik dan tidak keluar langsung reversal jadi balik ke tabungan. Saya telepon CS mandiri infonya kartu terblokir permanen dan harus ganti baru dengan kartu bayu dan kena biaya administrasi bayar 20 ribu. Hari ini (30 November 2022) saya ke cabang terdekat untuk buat kartu baru, begitu di cek historicalnya bahwa betul kartu saya terblokir karena mesin ATM error (bukan karena kesalahan saya), saya di bebaskan dari biaya 20 ribu untuk penggantian kartu.

      Mungkin bisa di coba dulu ke cabang bank mandiri terdekat.

  • 1 Desember 2022 - (10:00 WIB)
    Permalink

    20ribu aja diributin…
    Penggantian kartu emang bayar.. Klu saya pake bca, biasanya bisa potong dr saldo rekening.
    Klu mau nunggu ATM yang tertelan ya biasanya makan waktu 3-7 hari kerja..
    Emangnya bikin ATM pihak bank kagak pake duit sehingga bisa menggratiskan ke nasabahnya..
    Yang gratis itu ATM pertam ketika buka rekening

    • 1 Desember 2022 - (11:02 WIB)
      Permalink

      kalo 20rb karena kesalahan saya gapapa mas, lah ini machine error kok,, kalo saya yang error pun bayar 100rb saya juga ga keberatan, 20rb dikasih ke orang yang membutuhkan lebih bermanfaat

    • 2 Desember 2022 - (20:14 WIB)
      Permalink

      Logikanya jongkok sekali anda pak bejo. Disini TS mempermasalahkan biaya dimana itu “bukaan kesalahannya” catet!
      Emangnya anda mau kalo disuruh keluar duit dimana itu bukan kesalahan yang anda buat?

  • 2 Desember 2022 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Itu kan kendala kartu ATM nya Tertelan mesin yaa, seharusnya Gratis saat ganti Kartu Baru, beda Cerita kalau misalkan Hilang. Cs Bank nya yg kurang Update berartii

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 40 komentar sampai saat ini..

Keberatan atas Biaya Pergantian Kartu yang Dibebankan ke Nasabah Padah…

oleh Benny dibaca dalam: 1 menit
40