Komplain Paket yang Datang Hanya Sebagian

Saya ingin komplain kepada pihak ekspedisi SiCepat. Saya beli pompa di online shop Tokopedia. Saya kirim pesanan saya ke kampung halaman saya dan yang menerima adalah kakak saya. Pesanan saya 2 paket dalam 1 nomor resi: 003111343739, mesin pompa dan tabung terpisah. Namun saat tiba hanya tabungnya saja.

Saya komplain melalui aplikasi Tokopedia. Tokopedia menyampaikan kalau barang sudah sampai. Memang benar sudah sampai, akan tetapi hanya tabung pompanya saja, sedangkan mesin pompanya tidak.

Saya menghawatirkan kalau barang tersebut hilang atau dicuri. Karena sebelumnya saya membeli barang di Tokopedia, barang saya hilang entah ke mana dan tracking barang pun tidak jelas. Padahal pengiriman di wilayah Jakarta Barat, dan mesin pompa termasuk barang yang cukup besar, kecil kemungkinan hilang, kecuali dicuri.

Saya coba komplain masalah ini ke pihak ekspedisi SiCepat via WhatsApp, tidak ada tanggapan sama sekali, saya email pun sama. Mohon untuk pihak ekspedisi mengecek permasalahan saya. Jika memang pihak ekspedisi merasa benar-benar sudah mengirim pesanannya, saya minta bukti foto penerimaan dan foto saat di-pickup oleh pihak ekspedisi SiCepat. Agar saya bisa komplain langsung ke pihak penjual jika memang berbeda barang yang dikirim dan diterima. Karena pihak penjual bilang pesanan 2 paket dalam 1 resi.

Hamdan Sanjaya
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai SiCepat Ekspres:
[Total:2    Rata-Rata: 1.5/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Hamdan Sanjaya

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Hamdan Sanjaya dengan judul “Komplain Paket yang Datang Hanya Sebagian” pada tanggal 19 Desember...
Baca Selengkapnya

7 komentar untuk “Komplain Paket yang Datang Hanya Sebagian

  • 19 Desember 2022 - (20:01 WIB)
    Permalink

    Kalau sicepat di wilayah sy (pluit jakut), tidak menerima kiriman pisah dus / koli dgn 1 resi. Kurir yg pickup pasti akan menolak. Alesan nya suka tercecer/hilang salah satu.

  • 20 Desember 2022 - (04:37 WIB)
    Permalink

    Konfirmasi dari penjual kalau paket saya itu sudah di gabung, di ikat dengan tali. Seperti penjelasan dari pak iwen, kemungkinan tercecer/hilang salah satu. Namun, saya pikir tidak semua tempat ekspedisi sicepat akan menolak, saya terus terang tidak tau. Apakah memang ada SOP kalau 2 barang dalam 1 resi harus/wajib di tolak oleh kurir yang pick up.

  • 20 Desember 2022 - (05:49 WIB)
    Permalink

    Sebelum meminta pihak SiCepat untuk kirim bukti, kamu sudah dapat bukti apa dari pihak penjual?
    Kalau hanya foto, itu tidak kuat untuk dijadikan bukti valid.
    Karena untuk komplain, biasanya admin resolusi tokopedia minta video packing lengkap dengan tanggal & waktu pembuatan (timestamp)
    Kalau seller tidak punya bukti ini, dia bakal kalah banding.
    Kamu desak aja terus sellernya kirim bukti. Sekalian minta ke SiCepat bukti manifested paketnya.
    Ketika paket itu diinput ke sistem SiCepat ada bukti foto paket, nah itu nanti dilihat apakah benar ada 2 paket dalam 1 resi atau tidak.

    • 20 Desember 2022 - (05:57 WIB)
      Permalink

      Saya sedang minta bukti dari sicepat ya, tapi responnya lama. Saya via wa tidak ada jawaban, via email baru” ini baru di balas. Saya mau minta foto dari pihak si cepat saat barang di pickup dan saat barang di terima oleh Kaka saya, agar saya tau bentuk paket yang sebenarnya, karena kalau ekspedisi setiap selesai pasti ada foto saat penerimaan paket. Hanya ekspedisi sicepat saja yang tidak menerapkan itu. Saya mau minta fotonya agar tau perbandingannya kalau barang yang di pickup dan dikirim sama dalam foto berarti kesalahan pada seller. Saya khawatir karena paket gabungan 2 paket dalam 1 resi, di manfaatkan oleh oknum” kurir bandel. 1 paket di ambil 1 paket dikirim. Intinya kan mereka ada barang yang terkirim, seperti komentar pak iwen sebelumnya. Biasanya barang tercecer atau hilang. Kalau tercecer tidak mungkin, kalau hilang pun tidak mungkin. Karena konfirmasi dari seller kalau paket di ikat jadi 1. Walaupun 2 resi, berarti kan tidak terpisah.

      • 20 Desember 2022 - (07:41 WIB)
        Permalink

        Lalu, kamu sudah di kasih bukti apa oleh sellernya? Seperti yang saya bilang admin resolusi tokopedia biasanya minta video packing barang dilengkapi tanggal & waktu pembuatan.
        Seller punya bukti itu ga?
        Kalau gak punya ya desak aja sellernya. Bukti foto itu tidak bisa dijadikan acuan valid. Dan kamu sebagai pembeli bisa minta bantuan admin untuk menilai jalannya komplain sesuai bukti yang diupload.
        Kalau admin minta video, dan seller tidak bisa berikan, ya kamu tinggal bilang, seller tidak bisa menunjukkan bukti. Lebih simpel.

    • 20 Desember 2022 - (07:56 WIB)
      Permalink

      Memang, pihak seller tidak memiliki bukti yang jelas. Namun, pihak seller pun membantah dan juga pihak seller pun ikut mengajukan komplain ke pihak si cepat. Ini pendapat saya, ada kemungkinan kan kesalahan pada 3 pihak. Pihak saya selaku pembeli, pihak seller atau ekspedisi. Maka dari itu saya meminta foto dari pihak ekspedisi, agar tidak terjadi salah paham antar 3 pihak. Karena setiap barang ekspedisi saat di pickup maupun sampai ke tangan pembeli pasti akan di foto atau ada fotonya. Kalau misalkan pihak ekspedisi mengirimkan fotonya dan saya bandingkan ternyata sesuai dengan yang di pickup oleh pihak ekspedisi, berarti kan kesalahan ada di seller. Jadi saya bisa komplain kalau masalah itu ada di seller dan seller pun akan lebih jelas kalau ada foto saat pickup dan penerimaan barang. Ekspedisi yang bermasalah atau saya yang bermasalah. Intinya foto dari pihak ekspedisi itu penting agar tidak menjadi salah paham. Saya sendiri tidak mau kalau disangka berbohong. Karena kenyataanya memang yang saya terima itu hanya tabung pompanya saja. Karena setiap kurir di Tokopedia selalu melampirkan foto saat penerimaan, hanya ekspedisi si cepat yang tidak melampirkan foto.

      • 20 Desember 2022 - (11:02 WIB)
        Permalink

        Kamu ga perlu takut di bilang berbohong, penipu, atau semacamnya.
        Disitu kan sudah masuk komplain, ada admin resolusi sebagai penengah.
        Nanti dia bisa melihat bukti mana yang lebih valid, pembeli atau penjualnya.
        Kalau penjual ga bisa melampirkan bukti yang diminta admin itu kesalahannya sendiri, yang penting kamu bisa melampirkan bukti yang diminta admin.
        Kamu pasti menang banding kok, daripada nunggu info dari SiCepat terlalu lama.
        Dan kamu juga jangan asal percaya kalau penjual kirim paket 2 koli dalam 1 resi, kalau tidak ada bukti valid dia packing barang tersebut. Foto tidak bisa dijadikan acuan, saya juga bisa manipulasi foto dengan barang dan resi serupa.

 Apa Komentar Anda mengenai SiCepat Ekspres?

Ada 7 komentar sampai saat ini..

Komplain Paket yang Datang Hanya Sebagian

oleh Hamdan dibaca dalam: 1 menit
7