Scan QRIS dari BCA Mobile Tidak Jelas Masuk Ke Mana

Pada tanggal 26 November 2022 sore hari, seorang pria membeli engsel lemari seharga Rp20.000, di toko saya. Oleh karena kurang uang cash, pembeli minta pembayaran transfer BCA. Lalu saya tunjukkan pembayaran kertas QRIS Shopee Partner untuk di-scan pembeli sebagai berikut:

Setelah itu tampil tulisan transaksi berhasil dan pembeli menunjukkan bukti berhasil di HP pembeli. Sehingga saya yakin saja dan engselnya saya serahkan ke pembeli. Lalu saya foto HP-nya dan saya simpan sebagai bukti transaksi sebagai berikut:

Malam harinya saya coba periksa di website portal Shopee partner, uang penjualan Rp20.000 ternyata tidak masuk ke Shopee saya. Kemudian saya lapor ke customer service Shopee, dengan mengisi data dan bukti foto screenshot, lalu diproses hingga 18 hari lebih.

Setelah lewat 18 hari, saya kaget dengan jawaban Shopee, bahwa uang Rp20.000 tidak masuk ke Shopee tapi malahan masuk ke Telkom SooltanPay, karena kesamaan nomor NMID, sehingga pihak bank BCA mengirim uangnya ke SooltanPay.

Saya lihat QRIS SooltanPay ada kesamaan nomor NMID, cuma beda sedikit dengan QRIS Shopee, ada tambahan A01 di belakang.

Lalu saya cek ditransaksi penerimaan QRIS SooltanPay juga tidak ada masuk Rp20.000 untuk periode November hingga Desember 2022.

Saya hubungi customer service SooltanPay, dan jawabannya oleh karena scan pakai kertas QRIS Shopee maka uang tetap masuk ke Shopee, bukan SooltanPay.

Kenapa saya bisa dilempar dari Shopee ke SooltanPay dan lalu dilempar ke Shopee lagi? Saya lapor ke HaloBCA, katanya foto itu tulisan BERHASIL artinya sukses, coba tanya ke Shopee, sebab BCA tidak bisa buka data nasabah.

Saya pusing dan bingung, kenapa bisa dilempar dari BCA ke Shopee lagi? Apakah bukti foto HP pembeli QRIS Mobile BCA-nya adalah aplikasi mobile BCA palsu?

Akhirnya surat pembaca ini saya buat sebagai puncak kekesalan saya, pihak BCA, Shopee, SooltanPay semuanya gak bertanggung jawab dan tidak membantu mencarikan solusi. Uang penjualan Rp20.000 rupiah lenyap tidak jelas ke mana larinya. Saya simpulkan saja pembeli nakal pakai aplikasi BCA mobile palsu.

Saya sudah kapok, dulunya memang pernah lancar pembayaran QRIS baik lewat SooltanPay ataupun Shopee Partner. Namun terakhir ini kadang-kadang ada delay 5-30 menit, jadi saya anggap wajar makanya saya berikan saja barangnya ke pembeli, daripada pembeli kecewa.

Sistem QRIS di Indonesia baru berumur 2 tahun lebih, tidak memiliki kehandalan. Bisa timbul error jaringan komunikasi data, pembayaran telat 5-30 menit, sehingga lebih baik pembayaran memakai uang tunai saja saja. Walaupun ribet di uang kembalian, tidak masalah. Boleh sih pakai QRIS asalkan pembeli adalah pelanggan terpercaya dan mudah dihubungi kembali. Namun jangan coba-coba gunakan QRIS untuk pembeli baru atau tidak dikenal, susah menghubungi pembeli macam begini, buang-buang waktu dan tenaga.

BCA, Shopee dan SooltanPay sudah bikin saya capek dan pusing saja, gara-gara uang 20.000 ini. Mulai sekarang saya tidak percaya lagi pembayaran QRIS. QRIS memang keren, praktis, tapi sistemnya masih tidak handal. Lebih bagus cari aman saja pakai uang tunai, toh deteksi uang palsu masih bisa pakai sinar ultra violet.

Tedy Ang
Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai QRIS:
[Total:54    Rata-Rata: 1.9/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

37 komentar untuk “Scan QRIS dari BCA Mobile Tidak Jelas Masuk Ke Mana

  • 20 Desember 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya untuk setiap transaksi online langsung di cek apakah dana sudah masuk. Jangan mengandalkan tampilan di ponsel pembeli.

    1
    2
    • 20 Desember 2022 - (16:33 WIB)
      Permalink

      Kadang sistemnya Shopee memerlukan waktu kak. Pengalaman saya belanja pake Shopee paylater, pihak toko foto layar hp saya. Dia bilang lama kadang.

    • 20 Desember 2022 - (16:52 WIB)
      Permalink

      sudah mau perang dunia ke-3, apapun dipalsukan, termasuk aplikasi BCA mobile, mengerikan

      3
      3
  • 20 Desember 2022 - (16:36 WIB)
    Permalink

    Saya agak bingung ko NMID bisa kembar? Harusnya unik sih dan berbeda-beda. Teman saya punya Toko NMID semuanya beda dari beberapa provider berbeda.

    • 20 Desember 2022 - (16:49 WIB)
      Permalink

      ya itulah, ke-guooblokkk-an shopee, kenapa waktu saya daftar QRIS shopee malah ngikut NMID sooltanPay

      5
      2
      • 23 Desember 2022 - (13:22 WIB)
        Permalink

        Sepengalaman Saya Pak Saya pernah ngalamin mirip seperti ini, Saya pertama x daftar qris itu dari shopee, kemudian Saya daftar lagi OVO, nah pas ada transaksi di qris nya OVO, transaksi nya itu akan masuk ke shopee, kecuali customer nya bayarnya pake OVO juga. Jadi benar yg pernyataan dari shopee, Karena Bapak pertama daftar qris itu dari Telkom. Jadi walaupun Bapak daftar qris lagi selain Telkom itu ttp pembayaran masuk nya ke Telkom. Tapi di case nya Bapak di Telkom gak masuk juga. Berarti customer nya mungkin yg nakal Pak. Karena sebenernya NMID itu akan sama walaupun Kita daftar beberapa qris.

        • 23 Desember 2022 - (14:24 WIB)
          Permalink

          masalah QRIS ini sudah beres, salahnya di komputer BCA nulis alamat NMID tanpa A01 jadi masuknya dana ke sooltanPay bukan shopee, justru mungkin gak masuk sooltanPay karena sooltanPay reject gara gara ada cium dananya kok berbau shopee (kode bintik barcode shopee), tapi sekarang BCA sudah sukses main SUNDUL PAKSA masukin ke sooltanPay, pokoknya gue kapok gak mau pakai QRIS lagi, sangat menyakitkan gue diping pong bertiga oleh BCA / shopee / sooltanPay, masukpun dananya bisa salah kamar/provider, GILA BENER nih QRIS sistem tidak handal

    • 21 Desember 2022 - (07:47 WIB)
      Permalink

      ada yang bilang cuma 20rb aja kayak perang dunia ketiga, justru karena postingan 20rb ini menjaga supaya nominal yang jutaan jaga2, dasar tulul

      • 21 Desember 2022 - (08:20 WIB)
        Permalink

        ya begitulah ada orang masih anggap sepele duit 20.000, tapi ini masalah sistem perbankan loh ya, bukannya sistem mainan GAME anak anak, kalau mau transaksi jutaan rupiah lebih baik TRANSFER SESAMA BANK saja pasti terjamin, misal BCA->BCA atau BRI->BRI lebih aman, kalau mau coba pakai sistem QRIS untuk transaksi receh saja misal 5.000 rupiah

    • 22 Desember 2022 - (15:53 WIB)
      Permalink

      dr kronologi awal, kemungkinan customer nipu dgn cara ngedit foto itu nggk mungkin apalagi cmn utk nambah kekurangan bayar RP. 20.000. ribet..

      yg jd permasalahan kenapa QRIS shopee bisa nyasar. kok shopee dana Shooltanpay Bisa menerbitkan no NMID yg sama?

  • 20 Desember 2022 - (19:35 WIB)
    Permalink

    Menurut analisis saya, itu aplikasi BCA mungkin palsu kenapa? Setelah 20 hari bayangin loh nunggu uang 20 Ribu setelah 20 hari masih tidak masuk? Kalau 1-3 hari mungkin ada batas kewajaran. Ini lebih dari 20 hari masih belum masuk?. Fix pembeli nakal.

    1
    1
    • 20 Desember 2022 - (20:00 WIB)
      Permalink

      ya begitulah, sekarang akhir zaman, perang dunia ke-3 semakin dekat, teknologi semakin canggih dan mengerikan, jika sampai muncul mesin ATM/CDM BCA palsu pula, wah gawat bisa bisa di sini kejatuhan bom nuklir juga

      • 23 Desember 2022 - (00:03 WIB)
        Permalink

        Kalau komen yang waras, alay banget sampai bawa perang ketiga sama bom nuklir dan akhir zaman lu tuhan

        • 23 Desember 2022 - (08:48 WIB)
          Permalink

          om biden tetap ngotot kirim rudal patriot ke om zelensky buat tampar om putin, jadi kesimpulan perang dunia ke-3 tetap lanjut tayang 2024 gak bisa digugat lagi, siap siap saja kuras habis bank simpan harta di bawah bantal karena internet 2024 padam total jadi pada akhirnya semua kembali lagi pakai UANG CASH

    • 20 Desember 2022 - (21:45 WIB)
      Permalink

      Bener saya setuju. Krn di qris tersebut ketika discan memiliki 2 acquired. Dimana merchant defaultnya ada ditelkom.

    • 20 Desember 2022 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Gw pake qris shopee belum pernah 1x pun ngalamin dana gak masuk, kalo sudah 7 hari kerja gak masuk ke saldo shopee merchant ya berarti, lu di tipu pembeli, pembeli memberikan foto editan yg seolah-olah transaksi berhasil padahal screenshot editan yg di kasih liat ke toko, supaya barang di kasih ke pembeli.
      Perang dunia ketiga ngapain di bawa2, baru kena nyangkut 20k aja udah perang dunia ketiga apa lagi apa lagi bawa2 bom nuklir, apa lagi nyangkut di qris jutaan mungkin langsung konsultasi ke psikiater

      6
      1
  • 21 Desember 2022 - (01:06 WIB)
    Permalink

    Aku pernah melakukan transaksi pake qris, transaksi berhasil tp suruh nunggu dulu sampe uangnya beneran masuk, akhirnya tunggu sekitar 3 menitan baru dag barangnya d kasih,,
    Setelah itu aku malas pake qris..

  • 21 Desember 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Status berhasil larinya ke si penerima bukan BCA artinya ke sope yang bertanggung jawab tetapi tidak sepenuhnya bisa jadi kesalahan konsumen tidak memperhatikan tujuan penerima, tetapi jika semua sudah benar ya sibshope. Minta penjelasan lagi bagaimana solusinya

  • 21 Desember 2022 - (17:49 WIB)
    Permalink

    hari ini tanggal 21/12/2022 saya sudah dihubungi oleh pihak halo bca, dan diinformasikan bahwa bukti foto transaksi QRIS BCA tersebut adalah ASLI tapi mengalami keterlambatan pengkreditan, sehingga dari pihak BCA tadi siang telah melakukan kontak ke pihak sooltanPay untuk dilakukan pengkreditan dana Rp 20.000 ke saldo pendapatan sooltanPay saya, dan saya cek memang sudah masuk dana tersebut di sooltanPay saya hari ini, terima kasih atas penyelesaian dari pihak BCA

    saya harap sistem pembayaran QRIS dari BCA mobile wajib diperbaiki lagi, sehingga bisa lancar tanpa ada gangguan seperti ini lagi karena benar benar sangat merepotkan saya sampai di-ping pong dari shopee ke sooltanPay dan sebaliknya

    • 21 Desember 2022 - (20:42 WIB)
      Permalink

      Wah untung bapak lapor ya. Kalo ngga lapor bisa2 ngga dikreditin sama BCA. Berarti BCA yang error ya.

      • 21 Desember 2022 - (21:39 WIB)
        Permalink

        wajar BCA bank besar gensi donk ngaku salah, jika sudah disoroti/dibaca se-indonesia BCA langsung kelabakan, langsung dikerjakan/dicek/diperiksa, jika gak dimasukin media konsumen, sampai tahun/abad depan pun kaga digubris BCA, dan kaga usah pakai kalimat halus “keterlambatan pengkreditan dari BCA”, ngaku saja “nyangkut di BCA” gitu loh singkat/jelas/hemat kata-kata

        payah BCA bank swasta terbesar se-indonesia gimana nih infrastruktur perbankan sampai amburadul begini??

        2
        1
    • 22 Desember 2022 - (11:50 WIB)
      Permalink

      bank besar seperti BCA sudah overload nasabah, traffik data transaksinya selalu penuh sesak dan hampir bergesekan, sehingga wajarlah BCA mudah terjadi yang namanya “nyangkut”, saran saja nih, beri perhatian pula bank bank kecil, bukalah rekening di sana, mereka walaupun bank kecil bisa lebih memperhatikan nasabah dengan tulus, bank kecil pun butuh “kasih sayang” berupa parkiran dana, kita sebagai para pedagang jangan cuma tahunya pakai BCA doang

  • 23 Desember 2022 - (05:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama juga, kalo saya menggunakan qris dari mobile banking bank NAGARI, 2 transaksi sudah hampir 2 bulan g tau dana nyangkut dimana, dari merchantnya bilang dana belum masuk

    • 23 Desember 2022 - (08:44 WIB)
      Permalink

      jangan percaya QRIS lagi, selanjutnya bayar transfer sesama bank masih oke dan lancar, jika mau nyoba QRIS mbayar transaksi receh saja dulu 10.000 rupiah

      • 23 Desember 2022 - (09:01 WIB)
        Permalink

        Saya sudah kapok pke qris om, klo sudah nyangkut urusannya lama dan d pinpong sana sini, kmaren pihak bank minta 1 bulan untuk mlkukan kroscek lgi, awal Januari ini harusnya dapat kabar, klo g saya mo coba cara om di MK ini, mudah2an masalah saya dapat terselesaikan

    • 23 Desember 2022 - (08:42 WIB)
      Permalink

      masalah QRIS ini sudah beres, pihak BCA sudah minta maaf secara pribadi lewat telpon hp ke saya, gak masalah walaupun tidak direspon BCA secara publik di mediakonsumen.com (maklum-lah faktor gengsi BCA kelewatan besar)

      sangat disayangkan om biden tetap ngotot kirim rudal patriot ke om zelensky buat tampar om putin, jadi kesimpulan perang dunia ke-3 tetap lanjut tayang 2024 gak bisa digugat lagi, siap siap saja kuras habis bank simpan harta di bawah bantal karena internet 2024 padam total jadi pada akhirnya semua kembali lagi pakai UANG CASH

      1
      1
  • 30 Januari 2023 - (23:59 WIB)
    Permalink

    Wah rasanya nyesal baru baca ini. Pernah ngalamin hal serupa tp bedanya saya yg disisi pembayar yg rugi. Pertengahan Desember 2022, makan di tempat langganan. Bayar melalui qris pke m-bca juga. Seminggu kemudian kembali ke tempat yg sama. Pas bayar disinggung soal pembayaran lalu belum masuk (btw sama pemilik resto udah kenal). Padahal saya cek mutasi keterangan transaksi berhasil credit. Karena kami (saya dan pegawai resto) sama2 kebingungan, ya saya inisiatif aja membayar ulang secara cash dana yg “tidak masuk itu” pada Minggu lalu. Dengan berpikir mungkin itu kesalahan bank, nanti bakalan otomatis refund. Tp emang anehnya sampai kini tidak ada penambahan saldo berupa refund. Saya memang tidak berniat untuk mengurus masalah tsb karena selain bingung, saya rasa akan rumit dan panjang. Dan membaca ulasan anda, ternyata urusan masalah ini memang ranah anda sbg penerima pembayaran. Makanya nyesal baru baca. Tp apapun itu, kita tahu bahwa tidak ada yg aman (bisa dipercaya) termasuk sistem yg katanya canggih itu. Horor sih wkwk

    • 31 Januari 2023 - (10:53 WIB)
      Permalink

      komplain saja ke BCA, pasti nyangkut di BCA komputer sering ERROR, rugi donk uang anda ditelan BCA

 Apa Komentar Anda mengenai QRIS?

Ada 37 komentar sampai saat ini..

Scan QRIS dari BCA Mobile Tidak Jelas Masuk Ke Mana

oleh Tedy Ang dibaca dalam: 2 menit
37