Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

Awalnya memang saya yang salah, karena memilih pinjol untuk mendapatkan pinjaman uang. Kesalahan saya bertambah, karena memilih aplikasi Tanifund di Google Playstore, yang awalnya saya lihat komentar sebelum download bagus-bagus, tapi ternyata aplikasi Tanifund tersebut penipu.

Karena saya merasa aplikasi pinjol Tanifund bagus, maka saya download dan melakukan pendaftaran. Kemudian untuk melanjutkan konfirmasi terkait pendaftaran, aplikasi Tanifund tersebut  langsung mengarahkan chat via WA. Selanjutnya untuk langkah peminjaman uang sebesar Rp5 juta mereka meminta saya untuk transfer uang sebesar Rp1 juta dengan keterangan sebagai biaya jaminan ke nomor rekening yang di berikan kepada saya via WA. Yang mana uang 1 juta itu akan kembali bersamaan dengan pinjaman Rp5 juta yang dijanjikan.

Bodohnya, saya langsung transfer, karena memang untuk dana Rp1 juta saya ada. Setelah saya transfer dan saya kirimkan bukti transfernya ada balasan WA, saya diminta untuk transfer kembali sebesar Rp2 juta, dengan keterangan biaya administrasi dokumen dan dijanjikan akan kembali bersamaan dengan pinjaman Rp5 juta dan Rp1 juta yang sama transfer sebelumnya.

Dikarenakan saya tidak ada dana lagi, maka saya WA kembali bahwa saya tidak ada dana lagi dan meminta uang saya yang 1juta kembali. Namun ternyata mereka tidak bisa mengembalikan langsung uang saya yang Rp1 juta, dengan alasan proses dan sebagainya lalu menjanjikan 1 minggu akan kembali.

Seminggu kemudian saya minta kembali uang saya, tapi mereka tidak mau mengembalikan dengan alasan tidak jelas dan berjanji akan mengembalikan uang saya pada tanggal 1 bulan berikutnya. Seiring berjalannya waktu, saya terus menagih via WA. Namun sampai dengan tanggal 1 berikutnya, belum ada itikad baik dari mereka dan malah nomor saya diblokir.

Saya coba buka aplikasi Tanifund kembali, ternyata nomor WA yang awal telah ganti dan saya coba WA ke nomor Tanifund yang baru sesuai aplikasi, ternyata bisa dan ada balasan robot. Namun setelah saya WA janji pengembalian uang saya, kembali lagi nomor saya diblokir lagi dan sampai sekarang mereka belum mengembalikan uang saya. Apakah Tanifund, aplikasi ilegal??

Demikian, terima kasih banyak Media Konsumen. Semoga jadi pelajaran bagi kita semua.

Neneng Khairunnisa
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:123    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

    • 30 Desember 2022 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Ojk, Afpi, lembaga perlindungan konsumen, dan polisi hanya makan gaji buta..Menunggu banyak jatuh korban baru menindak keluhan masyarakat..katanya ada pengawas siber online dan lain2..tapi nyatanya pinjol penipu dan yang suka teror dan mengancam masih berkeliaran. Ilegal sma legal sama saja judulnya menagih pakai gaya preman.

      35
      2
      • 31 Desember 2022 - (05:13 WIB)
        Permalink

        Betul sekali.. OJK, POLISI dn negara sprti tidur tdk ad guna dn makan gaji buta. Ini sprti bom waktu, tinggal menunggu aj Suatu saat korban2 pinjol sprti ini yg notabene rakyat, akan berontak. Tgu aja !!!

        16
        3
        • 31 Desember 2022 - (15:22 WIB)
          Permalink

          Mau pinjam tapi di suruh ngasih uang, saking butuhnya logika jd ilang… jelas penipuan lapor. Tp biaya lapor lebih gede

          10
          • 31 Desember 2022 - (19:29 WIB)
            Permalink

            Hilang akal emang kadang

          • 2 Januari 2023 - (06:46 WIB)
            Permalink

            Oalah jeng jeng
            Anak saya yg 12 tahun saja tau
            Masa mau pinjem harus keluar
            Uang duluan
            Hadeeeh…jangn hp saja yg smart
            Otak elu jga perlu di bedah.

            6
            1
      • 31 Desember 2022 - (11:21 WIB)
        Permalink

        Mas bro, ini aplikasi rilis tgl 16 des, baru didownload 100 kali, dan jumlah review ada 6 ditulis ditgl yang sama 21 des, bintang 5 dengan bahasa sales.

        Saya sependapat bahwa lembaga terkait sering terlambat,tapi dikasus yang baru dan obvious gini harusnya tidak pernah terjadi.

        Hampir setara kebodohan belanja online barang rating 1 dengan harga yg gak masuk akal,ketika barang sampai tidak sesuai lalu marah2.

  • 30 Desember 2022 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Kasihan sih. Tp mau gimana lg, logika gk dipake, mgkn krn kebingungan harus cari dana dr mana lg. Masa org butuh uang harus dimintain dulu uang baru bs cair.
    Semoga beres urusannya, tp saran saya lupain itu uang, tp paling gk keluhan ibu ini berguna utk org2 yg sama putus asanya spt ibu, wlo sebenarnya udh jutaan kasus spt ini tp org tetep gk mau belajar dr kesalahan atau males baca informasi.

    38
  • 30 Desember 2022 - (17:07 WIB)
    Permalink

    ini orang otaknya lagi buntu mungkin tidak berpikir cerdas, masa mau pinjam uang harus tranfer dulu uang, di turutin lagi.

    15
    6
  • 30 Desember 2022 - (17:24 WIB)
    Permalink

    Penipuan macam Ini sama kaya yg lamar kerja onlen itu dimintain duit dulu suruh transfer buat biaya ini pas dah bayar suruh bayar lagi biaya lain dan gak ada habisnya.. kesimpulan jgn mudah percaya sama app/web yg baru dikenal.

    15
    • 31 Desember 2022 - (22:31 WIB)
      Permalink

      Aplikasi TaniFund yg anda download jelas aplikasi scam karena saat ini aplikasi TaniFund yg asli sedang tidak tersedia di Google play store.
      Aplikasi TaniFund yg saat ini ada di google play store adalah aplikasi palsu & ilegal.

      Mengharapkan uang yg sudah anda transfer bisa kembali, sangat tidak mungkin. Karena anda sudah jadi korban penipuan.

      Semoga anda bisa mendapatkan ganti yg lebih baik. Aamiin…

      2
      1
  • 30 Desember 2022 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Cek di PlayStore aplikasinya masih ada sampai saat ini. Heran juga sama Google, aplikasi2 penipuan kek gini kok bisa dilolosin yah? 🤔 Padahal dari namanya aja udah jelas2 nyatut nama perusahaan startup P2P yg legal (meski dah mau bangkrut).

    13
      • 31 Desember 2022 - (10:56 WIB)
        Permalink

        Rating di playstore itu bisa pake semua akun google bisa review & kasih rating. Di hp android bisa pasang akun email google sampai puluhan. Beda dgn ios app store yg cuma bisa 1 akun utk 1 perangkat.

    • 31 Desember 2022 - (01:49 WIB)
      Permalink

      Lho, bukannya memang Tanifund sedang diawasi dan ditangguhkan oleh OJK, beritanya santer 2 bulan ini, banyak yang gagal bayar dan rugi, sepertinya mau di tutup OJK. Kok bisa paham media konsumen, tapi gak ikut perkembangan digital ya…,

  • 30 Desember 2022 - (17:29 WIB)
    Permalink

    Sudah saya laporkan ke pihak Google. Semoga bisa di takedown secepatnya. Organisasi Tanifund yang asli ada di alamat web http://www.tanifund.com dan tidak memiliki aplikasi (baik di Google Play Store maupun Apple AppStore) karena memang bentuk usahanya bukan jasa permodalan tanpa agunan layaknya pinjol.

    10
  • 30 Desember 2022 - (19:02 WIB)
    Permalink

    Saya tidak menjudge menggunakan pinjol mungkin ada keperluan mendesak atau apa, tp akan lbh baik melakukan research dulu apakah pinjol tsb terdaftar di ojk ,dan melakukan perhitungan bunga, dan setau saya pinjol itu pinjaman tanpa anggunan, kenapa harus ada jaminan, dan bila pun ada biaya akan dipotong dari pinjaman bukan harus tf terlebih dahulu

    14
    1
  • 30 Desember 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Lain kali lebih berhati-hati dan melakukan riset dulu. Apalagi berkaitan dengan finance. Terlebih lagi jika diminta transfer dulu. Sudah merupakan tanda-tanda penipuan..

    Mau pinjam uang, kok disuru transfer, apapun alasannya sangat aneh. dari logika sederhana saja sudah tidak beres.

    11
    • 31 Desember 2022 - (08:50 WIB)
      Permalink

      Parah emng dari apk nya ajaa udh gak jelas dari fitur” nya.
      Apk nya baru yg ngasih ulasan juga itu komplotan semua makannya bintang nyq 5 semua

  • 30 Desember 2022 - (19:10 WIB)
    Permalink

    Saya bingung kenapa orang2 harus cari pinjol yg gak jelas2. Kalau mmg butuh bgt pinjaman coba ke spinjam (shopee pinjam). Ini udh pasti aman. OJK. Bunga juga masih wajar namanya pinjol pasti tinggi bunga nya. Tapi gakan aneh asal bayar tepat waktu. Sy udh hampir setahun soalnya pinjam aman2 aja dan pencairan mudah dan jelas. Tentu klo gak butuh2 bgt gak perlu krn bunga tinggi. Tp setidaknya udh jelas ini dr shopee perusahaan besar

        • 31 Desember 2022 - (21:20 WIB)
          Permalink

          Mari kita kuras habis pinjol2 yg ilegal maupun legal..sama aja…biar musnah kita galbaykan saja.

      • 31 Desember 2022 - (14:28 WIB)
        Permalink

        Apa Anda gak curiga mau pinjam uang tapi disuruh tf dulu? Setidaknya berpikir dulu, secara logika udah ketahuan ini modus penipuan. Malah buntung ini mah.

        • 31 Desember 2022 - (10:32 WIB)
          Permalink

          Saya Pakai Kredivo, Yup, Adakami sekitar 2,5%, Spinjam & Spaylater itu naik jd 5% kalo ga salah Akhir tahun ini (sebelumnyabjuga masih 2,5%).

  • 30 Desember 2022 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Kasihan sekali ibu ini, jadi ingat teman yg tertipu loker online. Saat kami datangi, perusahaan yg mengaku sebagai supplier spare part sepeda motor dan berlokasi di Cempaka putih tsb berhasil mengelabui teman saya dgn meminta Rp. 500k via trnsfr dgn alasan utk buka rek. bank guna pembayaran gaji nantinya. Setelah sukses yg pertama mereka meminta sejumlah uang lagi untuk baju seragam, untungnya pada saat itu saya menelpon teman saya dan saya meminta teman saya untuk segera meninggalkan ruko yg di setting spt kantor disekitaran kawasan Cempaka mas. Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua.

  • 31 Desember 2022 - (00:00 WIB)
    Permalink

    Buat apa instal aplikasi kl akhirnya tawar menawar lewat wa (jelas penipuan). mau pijam uang tp suruh byr dl. Gmn pinjol minjemin duit kl.dia g pny duit buat bayarin administrasi dan minta ke nasabah dl. Hrsnya potong diawal stlah pinjaman cair. Pinjam 5juta cair 4 jt. Entah logika apa krng wawasan. Tp karena ibu g punya2 juta lagi dia gak semakin dlm rugi. Kok bs ada di playstore apk palsu?

    3
    1
  • 31 Desember 2022 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Gimana pinjol mau ilang klo setiap permasalahan soal uang larinya ke pinjol
    Stop pinjol dgn alasan apapun

  • 31 Desember 2022 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya dari awal juga udah keliatan, masa mau pinjem duit malah di mintain duit dulu gak logis, kalau pun administrasi biasanya di potong pas udah terima duit

  • 31 Desember 2022 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Hati – Hati aplikasi TaniFund masih ada di google playstore. Berganti baju, dengan comment dibuat- buat. Hati – Hati, ayo rame- rame laporkan kembali. Biar tidak ada korban

  • 31 Desember 2022 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Saya mau ngomong panjang lebar tp kasihan sekali TS nya. Saran saya hanya 1.. logika dan nalar sehat lain kali mgkn lebih diutamakan, itu aja semoga masalahnya cepat selesai

  • 31 Desember 2022 - (08:02 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut saya,, jika ingin meminjam uang di pinjol, sebaiknya di cek terlebih dahulu aplikasi mana yg terdaftar di OJK,, karna skrg banyak aplikasi aplikasi yg terdapat di play store itu ilegal bahkan ada logo OJK nya,, sungguh mengerikaaann,,,!!! Dn rating itu hanya trik dr aplikasi tersebut utk menaikkan rating padahal itu hanya menjebak!! Jadi tetap berhati-hati

  • 31 Desember 2022 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Prihatin, kejahatan spt ini tetap bebas leluasa melakukan aksinya dan klupun ditangkap, hukumannya terlalu ringan. Hrsnya pelaku dihukum berat krn tindakan ini bisa merugikan banyak org dan jg perusahaan pinjaman online yg dijalankan sesuai aturan hukum walau faktanya cara2 mrk menagih semuanya MELANGGAR HUKUM.

  • 31 Desember 2022 - (21:42 WIB)
    Permalink

    Kalau boleh saran sih, pas mau nyari aplikasi pinjol, terutama yg download nya masih dikit atau baru rilis, cek dulu aja komen yg *5, biasanya aplikasi gitu dia makai sistem komen bot, yg bakal ngasih review positif yg tidak sesuai dengan kebenaran dari aplikasi tersebut, kalau bisa sih cek aja komen *3-*1, karna biasany komen komenan itu isinya dari pengguna yg udah nyoba aplikasi tsb

  • 31 Desember 2022 - (22:48 WIB)
    Permalink

    @Neneng Khairunnisa
    Saya tidak akan menghakimi anda , ambil hikmahnya saja agar kedepan tidak terulang.
    Langkah posting disini sudah benar, tapi alangkah baiknya anda posting juga keluhan anda di LAPOR.GO.ID ditujukan ke Kepolisian RI, tembuskan ke Kominfo dan Komisi I DPR/RI.

    Jangan lapor ke OJK, percuma. Mereka tidak bisa membantu karena ini posisinya penipuan. Jangankan pinjol ilegal, legal pun mereka tidak bergeming.

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

oleh Neneng Nisa dibaca dalam: 1 menit
53