Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

Awalnya memang saya yang salah, karena memilih pinjol untuk mendapatkan pinjaman uang. Kesalahan saya bertambah, karena memilih aplikasi Tanifund di Google Playstore, yang awalnya saya lihat komentar sebelum download bagus-bagus, tapi ternyata aplikasi Tanifund tersebut penipu.

Karena saya merasa aplikasi pinjol Tanifund bagus, maka saya download dan melakukan pendaftaran. Kemudian untuk melanjutkan konfirmasi terkait pendaftaran, aplikasi Tanifund tersebut  langsung mengarahkan chat via WA. Selanjutnya untuk langkah peminjaman uang sebesar Rp5 juta mereka meminta saya untuk transfer uang sebesar Rp1 juta dengan keterangan sebagai biaya jaminan ke nomor rekening yang di berikan kepada saya via WA. Yang mana uang 1 juta itu akan kembali bersamaan dengan pinjaman Rp5 juta yang dijanjikan.

Bodohnya, saya langsung transfer, karena memang untuk dana Rp1 juta saya ada. Setelah saya transfer dan saya kirimkan bukti transfernya ada balasan WA, saya diminta untuk transfer kembali sebesar Rp2 juta, dengan keterangan biaya administrasi dokumen dan dijanjikan akan kembali bersamaan dengan pinjaman Rp5 juta dan Rp1 juta yang sama transfer sebelumnya.

Dikarenakan saya tidak ada dana lagi, maka saya WA kembali bahwa saya tidak ada dana lagi dan meminta uang saya yang 1juta kembali. Namun ternyata mereka tidak bisa mengembalikan langsung uang saya yang Rp1 juta, dengan alasan proses dan sebagainya lalu menjanjikan 1 minggu akan kembali.

Seminggu kemudian saya minta kembali uang saya, tapi mereka tidak mau mengembalikan dengan alasan tidak jelas dan berjanji akan mengembalikan uang saya pada tanggal 1 bulan berikutnya. Seiring berjalannya waktu, saya terus menagih via WA. Namun sampai dengan tanggal 1 berikutnya, belum ada itikad baik dari mereka dan malah nomor saya diblokir.

Saya coba buka aplikasi Tanifund kembali, ternyata nomor WA yang awal telah ganti dan saya coba WA ke nomor Tanifund yang baru sesuai aplikasi, ternyata bisa dan ada balasan robot. Namun setelah saya WA janji pengembalian uang saya, kembali lagi nomor saya diblokir lagi dan sampai sekarang mereka belum mengembalikan uang saya. Apakah Tanifund, aplikasi ilegal??

Demikian, terima kasih banyak Media Konsumen. Semoga jadi pelajaran bagi kita semua.

Neneng Khairunnisa
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

53 komentar untuk “Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

  • 31 Desember 2022 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Kalo mau download aplikasi pinjol,liat ulasan nya dulu,tapi cari ulasan yg paling rendah,krn banyak aplikasi pinjol review nya palsu dgn username yg aneh2.
    Perhatikan bahasa yg digunakan utk mereview,kalo ejaan bahasanya terlalu bagus,tanpa ada singkatan,brrt itu kebanyakan review palsu

  • 1 Januari 2023 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Jelas penipuan saya aja kalau pinjol kalau tidak 100% cair tidak mau karena itu jelas jelas jebakan pinjol secara lisan dan tertulisan pinjaman boleh dipinjam 10.000.000 tetapi yang cair 9.000.000 sudah GK mau Saya, saya butuh 10.jt bukan kurang dari itu apapun itu baik bank atau yang lain

  • 3 Januari 2023 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Jadi pembelajaran aj ya pak/ibu, jangan deket deket sama pinjol untuk hal apapun, kalaupun kepepet kan bisa pinjem ke keluarga.

  • 4 Januari 2023 - (07:20 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf sebelumnya, Untuk pembelajaran, seluruh penyedia pinjaman terdaftar OJK tidak pernah ada meminta uang di awal apapun alasannya, karena potongan apapun entah itu admin deposit dsb pasti akan dipotong bersamaan dengan uang yang cair jadi yang diterima tidak full.
    Saya juga pernah nyaris tertipu karena saat saya meminjam di sebuah koperasi saya diajarkan oleh mereka seperti tadi yang saya katakan. Mereka bahkan memberikan saya arahan sebisa mungkin jauhi pinjol karena sistem digital lebih rentan terkena tipu. Kita yang tidak tahu apa-apa akan lebih mudah percaya tanpa ada kerabat/orang di sekitar yang tau akan apa yg kita lakukan.
    Semoga semua permasalahan TS cepat terselesaikan, aamiin.

  • 6 Januari 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Itu bukan apk pinjol ka tp udh FIX penipuan.. Ikut prihatin atas kejadian yg menimpa kk.. Smoga bs dijadikan pengalaman berharga utk ke depannya.. Hampir smw pinjol yg mnt biaya d awal dg alasan apapun pst menipuan

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

Aplikasi Pinjol Tanifund di Playstore Penipu

oleh Neneng Nisa dibaca dalam: 1 menit
53