Cicilan di Leasing PT BAF Sudah Lunas tapi BPKB Tidak Bisa Diambil

Terima kasih kepada media konsumen yang sudah menerbitkan artikel ini.

Pada tanggal 14 Desember 2022 saya sudah melakukan pelunasan di kantor PT BAF cabang Banjarmasin tapi terkendala untuk pengambilan BPKB dikarenakan harus membayar sisa denda yang tersisa sebesar Rp 1.289.960. Padahal hal ini bukan murni kesalahan saya sampai denda semakin banyak tapi sengaja oleh oknum kolektor yang menunda penagihan biar denda yang saya bayar semakin banyak.

Dan permohonan untuk keringanan pembayaran denda pun sudah saya lakukan dengan melampirkan surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan oleh pemerintah tetapi pengajuan saya ditolak. Padahal saya sudah membayar sebagian denda sebesar Rp 1.479.500 selama membayar dalam periode 3 tahun. Dalam hal ini PT BAF seperti rentenir.

Telepon ke CS BAFcare malah disuruh datang ke kantor cabang. Datang ke kantor cabang malah tunggu dari BAF Pusat, terkesan seperti mempermainkan. Beberapa hari kemudian ditelepon sama kantor cabang bahwa hanya bisa diajukan keringanan sebesar 50% dari nilai denda tapi sifatnya masih diajukan.

Di sini saya sangat kecewa sekali untuk bayar pajak jadi telat sebab BPKB masih di tahan.

Ahmad Gojali
Banjar, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai BAF:
[Total:129    Rata-Rata: 1.7/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

36 komentar untuk “Cicilan di Leasing PT BAF Sudah Lunas tapi BPKB Tidak Bisa Diambil

    • 7 Januari 2023 - (05:55 WIB)
      Permalink

      Di angsuran ke bulan 33 sampai dengan ke bulan 35 tidak ada tlp atau kunjungan sama sekali dari DC leasing

      2
      1
        • 7 Januari 2023 - (16:37 WIB)
          Permalink

          Dengan adanya kunjungan DC malah lebih enak untuk negosiasi denda sebelum melakukan pelunasan

          • 7 Januari 2023 - (23:13 WIB)
            Permalink

            Keponakan sy juga ada yg begitu, kredit Honda Beat bekas tahun 2017, termin 3 tahun, lancar 6 bln, lalu sempat tunggak angsuran sejak covid, terhitung 12 bulan, tp sdh minta keringanan dan tdk ditanggapi. Blm jatuh tempo berakhir masa pinjaman, ponakan sy mau lunaskan krn kebetulan ada bantuan dari mertua, maka diminta ke leasingnya utk dihitung brp lagi kewajiban bayar. Pihak leasing sampaikan harus lunas semua angsuran baru bisa dilihat brp beban bunga tunggakan. Setelah semua angsuran dan beban bunga tunggakan dibayar, maka leasing baru boleh mengeluarkan jaminan.

            Kemudian ditetapkan pihak leasing jika angsuran bulanan yg harus dibayar Rp.12.900.000,-.

            Setelah dibayar semua angsuran tsb, maka ponakan diperlihatkan beban bunga tunggakan yg harus dibayar sebesar Rp.52.000.000,- Otomatis ponakan sy terkejut, tidak mempercayai angka fantastis yg disampaikan Oleh pihak leasing. Dan ponakan pun berusaha meminta keringanan. Oleh pihak leasing hanya bs katakan 50% maksimal keringanan yg bs diberikan dari bunga tunggakan yg tertera.
            Langsung saja ponakan sy stress mengetahui hal tsb. Sampai skrg blm diketahui bgm upaya penyelesaian. Yg jelas, motor Honda Beat nya tetap dipakai pergi bekerja oleh ponakan.

            Lalu bgm pengurusan pajak STNK yg sdh mati, Wallahualam. Ponakan sy sdh tidak mau berkomentar lagi.

            6
            1
        • 10 Januari 2023 - (13:39 WIB)
          Permalink

          Ya sudah tetap saja bayar denda nya tidak bisa full karena jika mau full harus ke kantor cabang nya

  • 6 Januari 2023 - (21:06 WIB)
    Permalink

    Bukan enak gak ditagih keterlambatan, sebagian kecewa kalau telat ditelponin dan diteror terus, kewajiban tetep kan😁 bisa lewat teller, atm, mobile banking, bahkan alfamart, tanpa harus kolektor datang.

    • 7 Januari 2023 - (05:57 WIB)
      Permalink

      Memang tetap bisa tapi bayar dendanya tidak bisa full harus datang ke kantor cabang yang jarak tempuh nya sekitar 20 km

      • 7 Januari 2023 - (12:02 WIB)
        Permalink

        Oh berarti sebelumnya bapak pernah terlambat bayar bgtu? Jd kalo bayar angsuran+denda harus ke kantor cabang yg ±20km itu atau nunggu collector kerumah?

        Saya blm pernah alami telat bayar dan baru sekali pengalaman kredit motor, tp tetangga ada kejadian nunggak, jadi pembayaran Denda tunggakan yg lewat jatuh tempo itu kan bunga terus berjalan, nah diakumulasikan pas saat pelunasan atau angsuran akhir, total sekian, jd pas mau ambil BPKB yah harus bayar angsuran+dendanya. Karna kebetulan tetangga ga ada uang saat itu dibebankan lg jd nego 2x bayar untuk dendanya saja (BPKB ditahan) dibayar sesuai kesanggupan. Misalkan denda 1,4jt jd dicicil perbulan 700 bgtu. Untuk cicilan Motornya yah sudah lunas, tinggal mencicil denda untuk ambil BPKBnya itu. Untuk urus pajak bisa minta keterangan dr leasing nya pak.

        • 7 Januari 2023 - (16:34 WIB)
          Permalink

          Bagi yang mampu untuk mencicil denda itu tidak masalah tapi bagi yang tidak mampu itu yg jadi masalah.

          1
          1
          • 10 Januari 2023 - (17:53 WIB)
            Permalink

            sudah tau jauh brti sudah tau juga konsekuensi nya masalah jarak.

    • 11 Januari 2023 - (23:46 WIB)
      Permalink

      Kyaknya kagak sich om klo untuk di sekolah kan hampir 99% pihak lesing tidak berani meng otak atik hak orang lain sebab itu ada pasal dan undang2 nya jdi gak segampang itu buat nyekolahkan BPKB punya orang lain dari pihak lesing sebab stau saya perlu pengajuan lagi tanda tangan lagi cek fisik unit gesek norang sama nosin jdi klo anda ber asumsi seprti itu sama saja anda asal ceplus
      Kenapa para custumer dikenakan denda bukan karna kesalahn lesing tpi memang kasalahan dari konsumen yang telat membayar dari tanggal yg sudh di sepakati sama2 dan kontrak perjanjian pun di tanda tangani di atas matre dan tanpa ad paksaan dari kedua belah pihak kan sudah di jelaskan awal mula kresdit konsekuensi kalau telat konsekuensi kalau nunggak laah bayar ngus2an udah dapat denda malah marah2 itukan memang kasalahn dari custumer9
      Ntar kapan2 jngn lagi lah kredit klo ujung2 bikin hidup susah bkin blngsak khidupan hidup lah sesuai kebutuhan dan keprluan
      Bukan dgn tarap dan gaya masalah DC gak ad datng kerumah bs bayar via pos alfa online dll yg pastinya klo mau kredit mau gak. Mau nanggung konsekuenainya klo keluar dari perjanjian dan kalau gak mau denda bertumpuk2 usahakan pembayaran tepat waktu dan jngn sampe telat apalagi telat berbulan yah wajarlah kena sangsi

      Saran saya beli lah sesuai isi dompet meskipun gak baru tpi gak ngutang apalgi kredit
      Toh kan jadi ribet
      Masih bnyak jalan bisa punya motor tnpa harus kredit

      Hanya sekedar saran mohon maaf klo salah syukran

  • 7 Januari 2023 - (04:55 WIB)
    Permalink

    padahal gak ditagih kolektor, tetep bisa bayar tepat waktu lho..

    gak mau komen banyak² dah, ntar gw dikira DC.

  • 7 Januari 2023 - (11:24 WIB)
    Permalink

    Itulah Jahatnya Leasing/ Bank/ Pinjol, dsb, giliran telat di teleponin, denda, diancam, tapi giliran udah lunas malah hak yang seharusnya kita peroleh malah ditahan, dan klo bisa di uang kan lagi, sungguh kejam,
    Wajar klo Riba itu haram, wong cara nyari duit nya aja ngerugiin orang

        • 10 Januari 2023 - (14:48 WIB)
          Permalink

          semua konsumen berhak memilih cash/kredit.
          kalau mau cash susah biasa nya dari sales dealer nya yg mempersulit krn beli cash komisi nya kecil buat dia.
          solusinya cari dealer lain pa, dealer kendaraan tiap daerah begitu buanyakk banget.
          saya aja beli motor cash di dealer dilayani dengan baik kok.

          • 10 Januari 2023 - (16:04 WIB)
            Permalink

            Ke depan nya saya tidak mau kredit lagi mungkin beli motor bekas saja sesuai kemampuan finansial

  • 7 Januari 2023 - (12:19 WIB)
    Permalink

    kadang ada leasing yang jaminin bpkb ke bank untuk dapet dana. Biasanya nanti yang mau diambil bpkb nya dituker sama bpkb yang lainnya. Mungkin dia kelupaan nuker jaminan bpkb

    3
    1
  • 7 Januari 2023 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Kejar terus pak, bapak sudah melaksanakan kewajiban bapak yaitu bayar iuran plus dendanya. Kalo dibilang ada denda lagi minta bukti denda by sistem BAF, bukan denda ditulis pakai tangan. Ada kemungkinan BPKP bapak disekolahkan lagi.

    • 7 Januari 2023 - (15:47 WIB)
      Permalink

      yang ditulis tangan itu pengajuan keringanan denda woy bukan total denda dr leasing.
      denda yg sudah dibayar bukan denda keseluruhan bukan total denda.

  • 7 Januari 2023 - (13:48 WIB)
    Permalink

    Senasib, BPKB ngegantung, Cicilan motor Yamaha N.Max tahun 2019 selama 35 bulan, dgn cicilan 1.250.000 perbulan.
    Selama tenor 35bulan ada beberpa kali keterlambatan pembayaran, dan pada covid19 terjadi wkt itu ada PPKM dan saat itu dibebaskan dr cicilan selama 3 bulan, dan setelah melakukan pelunasan tenyata denda membengkak sebesar 12.450.600 (Dua belas juta empat ratus lima puluh ribu enam ratus rupiah), setelah negoisasi ternyata bs dpt potongan denda sebesar 40%, krng lbh diangka 5jt.
    Krn angka 5jt bagi saya msh sangat besar, akhirnya negosiasi lg dan fix di angka 3.2.
    Pembayaran di tgl 31 Desember 2022, hingga saat ini blm bs turun, krn brbagai alasan..

    • 7 Januari 2023 - (17:54 WIB)
      Permalink

      Kasusnya mirip. Denda keterlambatan sudah dicicil lunas sama angsuran. Eee pas mau ambil BPKB ada denda entah apalg istilah mereka dan angkanya fantastis. Wis mending ga usah pake bpkb

  • 7 Januari 2023 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya baik itu BAF, IMFI, FIF dll itu ya rentenir cuma dia sudah punya kemasan dengan label leasing buktinya kan sudah anda alami pemaksaannya

 Apa Komentar Anda mengenai BAF?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

Cicilan di Leasing PT BAF Sudah Lunas tapi BPKB Tidak Bisa Diambil

oleh Ahmad dibaca dalam: 1 menit
36