Findaya Sangat Sulit Memberikan Akses dan Bantuan Penyelesaian Kepada Saya Peminjam yang Sedang Kesulitan

Selamat sore,

Saya Irma dan saya memiliki tagihan Findaya yang memang sudah menunggak beberapa bulan di aplikasi gopaylater baik cicil maupun gopaylater biasa sejak beberapa bulan lalu.

Sejak awal saya mulai merasa keteteran saya sudah sering mengajukan keringanan pembayaran pelunasan dengan media cicil karena keadaan saya yang saat itu sedang benar benar telilit hutang sana sini karena bisnis online saya bangkrut dengan sisa stok yang hingga saat ini belum bisa terjual atau kembali modal. Tapi jawaban pihak Findaya adalah selalu tidak bisa dijadikan cicilan dan harus bayar full.

Awalnya saya masih bisa mengiyakan dan membayar sebagian, tapi untuk selanjutnya saya sudah sangat keteteran. Dan beberapa fintech juga mulai memberikan keringanan yang sudah berbentuk kesepakatan agar bisa segera dilunasi. Sekali lagi saya berharap Findaya juga memberikan keringanan berupa cicilan di sini, tapi masih tidak diterima pengajuan saya.

Lalu saya mengatakan jika begitu mungkin saya baru mulai bisa mengumpulkan dana pada tahun baru 2023 saat itu. Pihak Findaya hanya menjelaskan jika saya nantinya harus membayar denda dan saya mengiyakan selama memang diberikan waktu hingga awal tahun untuk mulai mengumpulkan dana.

Sekarang saya baru mulai mengumpulkan dana sesuai dengan yang saya janjikan dan hanya perlu mendapatkan sekitar 3-4 bulan lagi agar dana keseluruhan terkumpul dan mencoba konfirmasi pihak Findaya. Tapi yang menjawab selalu dengan kalimat yang default, tidak ada penyelesaian. Coba menghubungi via twitter hanya menyarankan kirim DM tapi tidak pernah dibuka DM saya. Sedangkan coba mencari nomor perusahaan, tapi ternyata tidak ada sama sekali.

Saya benar-benar ingin melunasi tagihan ini, tapi saya juga tidak bisa tiba-tiba memiliki dana. Kalau memang saya baru saja mulai mengumpulkan dana bulan ini sesuai janji. Tapi pihak Findaya tidak memberikan jalan tengah sama sekali meskipun saya berulang kali mengajukan, entah itu ide untuk bisa menjadi cicilan per bulan ataupun penambahan waktu 3-4 bulan untuk bisa mengumpulkan dana dengan janji jika memang dana tersedia lebih cepat. Maka akan lebih cepat pula saya lunasi.

Saya harap melalui media konsumen ini pihak Findaya atau Gopaylater membaca surat saya dan bersedia memberikan penyelesaian jalan tengah dalam hal ini. Karena saya benar-benar kesulitan untuk menghubungi perusahaan tersebut. Dan saya masih sangat memiliki keinginan untuk melunasi meskipun memang untuk saat ini saya hanya bisa dengan metode cicilan atau pun penambahan waktu untuk mengumpulkan dana.

Saya harap saya bisa mendapatkan respons dalam waktu dekat agar menghindari satu dan lain hal yang tidak diinginkan atau diperlukan.

Terima kasih.

Irmawati Utami
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Findaya Sangat Sulit Memberikan Akses dan Bantuan Penyelesaian Kepada Saya Peminjam yang Sedang Kesulitan

    • 14 Januari 2023 - (00:24 WIB)
      Permalink

      ini jawaban findaya selalu seperti ini waktu saya chat berulang kali lewat dm twitter juga seperti ini. tapi dm saya sama sekali nggak di baca ataupun di gubris. saya bahkan sudah menuliskan nomer whatsapp saya didalamnya

      7
      1
    • 14 Januari 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Bantu tuh Fin… Jgn iklan aja di gedein. Giliran nasabah niat bayar tapi hanya keringanan metode alasan “Namun” “semoga bisa membantu “. Kata2 apa itu… Hadech….

    • 14 Januari 2023 - (22:27 WIB)
      Permalink

      Tanggung mbak, nama kamu sudah terlanjur buruk. Pasti sudah ada catatan di BI checkingnya.
      Mending kuatkan mental aja, buat hadapi DC / tim penagih.
      Fokus aja buat cari dana saat ini, toh udah macet bayar, nanti bayar lagi setelah dana terkumpul.
      Begitu dana sudah ada dan sudah cukup buat lunasi tagihannya, tinggal deh negosiasi sama DC / penagihnya, minta bayar pokok hutangnya saja, dendanya ga perlu dibayar. Itu pendapat saya.

    • 14 Januari 2023 - (00:21 WIB)
      Permalink

      puluhan juta enggak sih. saldo kredit saya aja nggak sampe segitu, cuma memang waktu itu keteteran. dan satu tagihannya ada yang harus 2 juta lebih, sisanya juga nominalnya segitu. sedangkan pihak penagih maunya langsung dua duanya di lunasi dengan keadaan saya yang baru mulai lepas dari banyak pinjaman waktu pengajuan untuk modal jualan saya waktu itu. jadi ya agak bingung

      2
      6
  • 14 Januari 2023 - (06:19 WIB)
    Permalink

    Entahlah….ini yg salah yg berhutang tetapi tdk melaksanakan kewajibannya atau yg memberi hutang tetapi tdk mau berikan keringan cicilan?…
    Apakah sdh tdk ada sama sekali barang yg bisa dijual untuk bayar hutang yg bunganya bertambah?…

    2
    5
  • 14 Januari 2023 - (07:39 WIB)
    Permalink

    Knp harus pake paylater? Brg yg mo dibeli sangat2 urgent butuh kah, ato cm sekedar pengen? Pinjol mmg menjanjikan kemudahan di awal, rasanya seneng bgt pas pinjaman di-acc & cair,,, tp liat pas wktunya jatuh tempo, di situ derita dimulai…
    Kl pas ada uang ya santai bs melunasi, tp kl gk ada? Siap2 diteror & dipermalukan sm DC, blm lg denda & bunga yg terus bertambah… Mereka gk peduli anda lg susah ato gmn, yg penting anda bs mengembalikan pinjaman+bunga & denda sesuai perjanjian…
    Mengeluh di media? Sama aj buka aib sendiri…

    Riba itu ganas bos…
    Mdh2n bs segera lunas & selesai urusan dg pinjaman riba…
    Hidup wajar sesuai kemampuan itu lebih menenangkan…

    8
    7
    • 14 Januari 2023 - (09:33 WIB)
      Permalink

      @Wildan yg saya baca sih penulis ini pedagang yg mungkin sedang macet usahanya.. namanya manusia kan kadang di atas kadang di bawah. Lumrah pedagang putar duit ada hutang, apalagi kalau bisnisnya lancar, Kredit/hutang itu malah jadi sumber cuan klo sm pedagang sukses.. cek aja perusahaan2 gede, hutangnya juga gede,, mereka tau cara muter duit jd walaupun hutang ttp untung jadinya.. jd gak melulu hutang cuma buat foya2…
      semoga kita semua usahanya lancar dan sukses..

      17
      1
    • 14 Januari 2023 - (09:59 WIB)
      Permalink

      Kalo gak bisa ngasih solusi gak udah komentar. Kalo bilang hidup tanpa hutang mah gembel juga bisa. Di forum ini adalah untuk saling membantu menyelesaikan masalah. Kalo ente ga suka forum ini ngapain ada disini.

      13
      2
    • 14 Januari 2023 - (17:06 WIB)
      Permalink

      Sok sok lu..
      Nnti kena musibah bgtu baru tau lu..
      Doakan carikan jln bukan menghakimi bos..

  • 14 Januari 2023 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya banyak usaha lagi kusut di akhir tahun.
    Jadi saya sarankan kurangi produk yang akan dijual. Bukan tidak ada barang yang mau dijual lagi. Kalau barang pribadi pasti dia ada tapi tidak semudah itu jual barang pribadi dengan harga murah dan cepet dapat pembeli.
    Saya sarankan untuk pelaku usaha kecil menengah untuk mengajukan pinjaman usaha di tempat yang didukung pemerintah.

  • 14 Januari 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    semoga cepat bisa mendapatkan jawaban dr pihak perusahaan ya mbak, krn sy liat mbaknya punya inisiatif utk mencari jalan agar bisa membayar. bbrp penulis mk ada yg mendiamkan sj hutangnya smpai bertahun2, saat mau kredit dan tertolak krn bi checking, barulah berkoar2 di MK minta keringanan. Jika surat MK ini masih belum mendapatkan tanggapan nanti misalnya, Saya sarankan mbaknya datang ke kantor perusahaan saja langsung, mungkin lebih cepat dapat jawaban.

    5
    1
  • 14 Januari 2023 - (14:20 WIB)
    Permalink

    NgeRIBAnget deh.. moga jd pembelajaran orang” yg baca, untuk nggak bermudah”an buat berhutang, apalg sistem riba seperti ini, di dunia sengsara, di akhirat diancam berperang melawan Allah dan rasulNya

    3
    2
    • 2 April 2023 - (16:11 WIB)
      Permalink

      Iya emang klw susah mahh gak ada yg bantuiin mereka melakukan tuh terpakasa klw yg terpaksa mahh mereka juga ogahh mijem riba …
      Mereka tau ko itu riba ya mau gmn lagi karena butuh kepepet , tetangga juga belom tentu bantuinn

      Memang klw kelaparan atw buat bayar sana sni , bayar sekolah dll mau bantuiin engga kan in alasan knp orang selalu mijem online padahal tau itu riba

  • 14 Januari 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    Ini kalau dibawa ke ranah hukum perdatanya pasti si Findaya nya yg kalah.

    Hakim pasti memenangkan debitur dengan skema nyicil. Pasti hakim tanya sama debitur “sanggup berapa per bulan?”.

    Makanya si findaya ngotot tanpa tedeng aling2 pengen dibayar lunas.

    Kl dilihat kronologis TS sih lg dagang onlen.

    Kl menurut saran saya, Findaya nya kasih keringanan dengan skema nyicil ke si TS. Toh yang bersangkutan udah mau bayar tp gak kuat full. Hal lumrah sih.
    Cuma semua ini gimana niatan si pegawai Findaya nya aja mau melaksanakan atau kekeuh kepada pendiriannya. Ya itu mah terserah.

    • 20 Maret 2024 - (12:10 WIB)
      Permalink

      Nah setuju sekali, sekali waktu pasti akan ada orang yang memperkarakan secara perdata kepada findaya ini, arogant sekali mereka ini tidak mau dibayar tapi mereka akan membuat slik nasabahnya rusak selamanya. Mungkin mereka ini sudah siap hancur reputasi nya dan siap gulung tikar.

  • 14 Januari 2023 - (20:39 WIB)
    Permalink

    Kuat mental dak. Kl kuat jangan bayar. Tggu ada dana baru negosiasi pembayaran. Kadung macet. Sekalian macetkan. 3bulan berhenti tagihan . Baru disaat itu negosiasi pokok hutang saja. Denda dak usah dibayar. Yg penting kuat mental

  • 14 Februari 2023 - (10:06 WIB)
    Permalink

    sudah berapa lama ka telatnya? ada DC ke rumah gak? kalau ada DC kerumah langsung omongin aja baik baik ka

  • 2 April 2023 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama mau bayar akhir bulan karena kendala nya lagi susah nunggu sampai sore jam5 saya suruh colektor nya datang ajj ke rumahh biar gampang ngobrol nya
    Sambil ngobrol kya temen ajj dia juga ngerti ko klw kita ada niat buat bayar …

    • 1 September 2023 - (22:53 WIB)
      Permalink

      Sudah datang belum kak? Saya juga uda telat 3 bln gopay cicil. Mau bayar juga niat bayar sebenarnya tp dana blm terkumpul

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Findaya Sangat Sulit Memberikan Akses dan Bantuan Penyelesaian Kepada …

oleh irmawati aji utami dibaca dalam: 2 menit
24