Pengiriman Paket Saya Melalui Shopee Express Tidak Ada Kejelasan

Pada tanggal 02 Januari 2023 pukul 20:30 saya melakukan pesanan dan sudah payment dengan nomor 230102AMA1EAHF.

Pada tanggal 04 Januari 2023 pukul 17:25 pesanan sudah diserahkan ke kurir dengan ekspedisi Shopee Xpress Standard. Pengiriman Reguler dengan ekspedisi Shopee Xpress Standard-SPXID039018680251. Paket dalam perjalanan dari Kota Jakarta menuju kota Semarang.

Pada tanggal 08 Januari 2023 pukul 01:26 ada keterangan di aplikasi “Pesanan dalam pengiriman : pesanan sampai di lokasi transit terakhir Tembalang Hub”. Jarak antara kota Tembalang dengan alamat tujuan (Alamat tertera di pengiriman) tidak lebih dari 15 menit. Namun sampai dengan Hari ini surat dibuat (14 Januari 2023) paket belum sampai di lokasi dan tidak informasi yang jelas mengenai status barang.

Yang membuat saya heran dan tidak habis pikir itu keterangan yang tertera di aplikasi Pada tanggal 7 Januari 2023 pukul 18:21 (Pesanan gagal dikirim karena penerima tidak di tempat, Pengiriman akan dilakukan kembali oleh jasa kirim).

Pada tanggal 13 Januari 2023 pukul 18:46 (Mohon maaf, Paket Anda mengalami keterlambatan karena penerima tidak di tempat). Sebagai informasi setiap hari 24 Jam itu di rumah selalu ada orang yang menempati.

Saya sudah menghubungi customer service Shopee via chat aplikasi berulang kali sejak tanggal 8 Januari 2023 sampai dengan tanggal 14 Januari 2023 namun customer service tidak memberikan informasi yang jelas mengenai status pengiriman. Saya heran dengan kendala yang terjadi dan berulang kali komplain petugas tetap tidak ada inisiatif untuk menyelesaikan kendala.

Saya sudah dihubungi oleh Tim Shopee, pada tanggal 11 Januari 2023 sekitar pukul 11:31 via telepon dan dibuatkan laporan kendala pengiriman dengan nomor 1612829185404129314. Informasi yang disampaikan bahwa kendala masih dalam tahap investigasi jasa kirim.

Memang secara nominal orderan saya tidak besar, namun ini barangnya bagi saya itu sangat penting. Seharusnya tim Shopee memperbaiki proses pengiriman dan komunikasi di jajaran tim internal agar proses investigasi cepat mendapatkan kejelasan. Karena kejadian ini merugikan saya sebagai konsumen (butuh barang) dan penjual juga rugi karena dananya belum diterima.

Saya hanya ingin pesanan sampai dan segera digunakan barangnya. Kalau memang paket saya hilang dalam proses kirim mohon segera disampaikan dan ada itikad baik sebagai kompensasi.

Dian Faristiyanto
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

2 komentar untuk “Pengiriman Paket Saya Melalui Shopee Express Tidak Ada Kejelasan

  • 15 Januari 2023 - (09:58 WIB)
    Permalink

    Klo menggunakan Shopee Xpress lebih baik pembayaran COD
    Memang lelet kinerja kurir Shopee Xpress ; biasanya pesan barang dalam provinsi bisa sampai dlm sehari, sekarang malah 2 hari sampai ?‍♂️?‍♂️

  • 15 Januari 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Update [15 Januari 2023]

    Terima kasih Team Media Konsumen, setelah surat ini dimuat tepat hari ini tanggal 15 Januari 2023 paket saya dinyatakan Hilang oleh jasa pengiriman, pesanan otomatis dibatalkan dari Sistem Shopee dan Dana saya sudah dikembalikan ke akun Shopee Pay.

    Akhirnya kejelasan akan paket saya diberikan oleh tim Shopee, jadi paket saya itu Hilang sehingga tidak berhasil dikirimkan ke Lokasi tujuan. Notifikasi dari ekspedisi yang claim sepihak sebelumnya “Mohon maaf, Paket Anda mengalami keterlambatan karena penerima tidak di tempat” itu tidaklah benar. Semoga kedepan tim pengiriman melakukan perbaikan, mohon informasikan proses pengiriman yang Jujur dan sesuai realita di Lapangan. Pembelajaran juga buat seluruh petugas customer service Shopee agar memiliki solusi yang cepat dan tepat kepada pelanggan.

    Komplain ini sudah saya nyatakan selesai, pihak Shope sudah menghubungi saya dan menjelaskan.

    Terima Kasih

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Pengiriman Paket Saya Melalui Shopee Express Tidak Ada Kejelasan

oleh Dian Faristiyanto dibaca dalam: 1 menit
2