Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress oleh Shopee Indonesia Akibatkan Kerugian Saya Sebagai Penjual

Saya salah satu seller di Shopee, yang kedepannya akan segera menutup toko saya setelah kerugian yang saya alami dikembalikan penuh oleh pihak Shopee.

Awal cerita saya sering kali mendapatkan whatsapp penawaran dari pihak Shopee Xpress agar mengaktifkan jasa pengiriman Shopee Xpress di toko saya. Akan tetapi selalu saya tolak karena saya tahu kredibilitas buruk jasa pengiriman Shopee Xpress.

Akhirnya pada suatu ketika saya sangat kaget ketika jasa pengiriman Shopee Xpress di toko saya dinyalakan tanpa izin dari saya dan tidak bisa dinonaktifkan (padahal saya sudah chat ke cs customer Shopee juga). Dari sinilah masalah tersebut dimulai.

Pesanan pertama:

Saya mendapatkan pesanan dengan nomor orderan 221226NJY148SV dengan nomor resi Shopee Xpress SPXID02881247656C dengan nilai 794 ribu rupiah. Pengiriman dari kota Surabaya ke Bali. Barang tersebut sampai di Shopee xpres hub Denpasar pada tanggal 2 Januari 2023. Lucunya tanpa alasan jelas barang tersebut diretur ke penjual.

Pembeli barang sudah melakukan komunikasi dengan saya melalui whatsapp (bukti terlampir) pada tanggal 2 Januari 2023 siang hari. Sekitar pukul 14.00 WITA customer mendatangi Shopee Xpress hub Denpasar untuk melakukan penjemputan paket, karena customer kaget kok paketnya mau dikembalikan ke penjual. Dan setelah menunggu lama di hub tersebut, customer mendapatkan kabar bahwa katanya barang tersebut diretur kembali ke penjual.

Customer tidak pernah mendapatkan konfirmasi mengenai paket tersebut bermasalah atau kenapa,padahal nomor telepon tercantum dengan jelas

Bayangkan hanya dalam waktu 2-3 jam setelah barang tiba di hub Denpasar, tiba-tiba barang sudah dikembalikan ke customer. Sangat hebat sekali kinerja Shopee Xpress ini.

tanggal 2 januari, customer coba ambil paket tersebut ke gudang shope xpress hub denpasar tapi katanya sudah di kembalikan ke seller, akan tetapi faktanya per tanggal 8 januari barang tersebut masih ada disana

Akan tetapi “Kehebatan” mereka belum berhenti sampai di situ, ketika saya menunggu barang saya kembali sampai hari ini, tanggal 16 Januari 2023, barang saya juga belum juga kembali kepada saya.

Saya pun melakukan tracking paket tersebut, dan alangkah terkejutnya saya, ternyata paket tersebut per tanggal 8 Januari 2023 Masih berada di Shopee Xpress hub Denpasar. Kenapa ketika tanggal 2 Januari 2023 customer mencoba melakukan pickup sendiri ke gudang mereka dibilangnya paket tersebut sudah dikembalikan ke penjual?

Saya pun menanyakan masalah ini kepada Tim management Seller Shopee Xpress, jawaban mereka pun sangat singkat “AKU KURANG TAU KAK KARENA AKU TIDAK 100% DI LAPANGAN” (bukti terlampir), dan tidak ada pertanggung jawaban dari pihak Shopee sama sekali terhadap masalah ini.

jawaban ala kadarnya dari tim management Shopee

Pesanan kedua:

Pesanan kedua dengan nilai 473.500 rupiah dengan nomor orderan 221227RF7Y1K2X dan nomor resi shope Xpress SPXID02367723793C pengiriman dari Kota Surabaya ke Kabupaten Gresik yang berjarak kurang lebih hanya 30 KM saja.

Barang dikirim dari tanggal 27 Desember 2022, dan lucunya ternyata barang ini dioper oleh Shopee Xpress ke ekspedisi Sicepat. Bayangkan pihak Shopee sudah memaksa secara sepihak penjual menggunakan jasa pengiriman Shopee Xpress akan tetapi barang tersebut masih dioper ke pihak ekspedisi lain (bukti terlampir).

Shopee dan Shopee eXpress ini sangat sangat serakah tapi tidak mempunyai kemampuan yang memadai dalam menghandle kiriman paket.sampai saat ini paket tersebut pun masih belum diterima oleh pembeli.

Penjual dipaksa menggunakan kurir shopee xpres, akan tetapi ternyata paket dioper ke ekspedisi lain

Dan ada 1 lagi kasus dengan Shopee Xpress, mereka salah menempelkan label alamat pada paketan saya yang membuat paketan saya nyasar entah kemana. Tapi mereka tidak mau bertanggung jawab, sampai saya sendiri yang harus melakukan tracking dan menghubungi customer yang menerima salah paket tersebut. Tapi masalah ini akan saya ceritakan di artikel lain.

Untuk teman teman yang belum menjadi korban dari Shopee dan Shopee Xpress , saya sarankan untuk jangan berjualan di Shopee lagi, karena sangat sangat tidak aman dan tidak terjamin hasil dana penjualan kalian.

Laras Safira
Kab Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan di Shopee:
[Total:322    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

98 komentar untuk “Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress oleh Shopee Indonesia Akibatkan Kerugian Saya Sebagai Penjual

    • 16 Januari 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Di cek dulu, metode pembayaran apa pembelimu, kayaknya sih itu menolak paket COD, kadang update resi status pengiriman lambat, kebanyakan yang order dari luar pulau Jawa kebanyakan yang order dengan metode pembayaran COD paket return, Karena pembeli banyak yg menolak, terus pura pura tanya ke seller paket kok belum sampai, padahal ini modus pembeli sendiri, teman saya seller di shopee juga sering mengalami hal ini, sayang sekali anda tidak menyebutkan nama toko.

      11
      53
      • 16 Januari 2023 - (23:04 WIB)
        Permalink

        Expedisi shoppe memang jelek.
        Pesanan sudah di bayar pun tak pernah sampai… Udah gitu slalu minta ongkos tambahan lagi di luar aplikasi. Sudah di laporin tetap nggak ada respon

        17
        4
        • 17 Januari 2023 - (21:57 WIB)
          Permalink

          Saya pernah order barang dari Jakarta barat ke Jakarta timur 2 Minggu baru nyampe, ekspedisi nya shopee express. Asli spx ini ga siap saat orderan banyak tapi sok monopoli. Kalo ekspedisi lain 2 hari nyampe. Perlu dirubah regulasinya. Kalo enggak akan banyak yang kecewa ya kalo yang tau mereka ga akan nyalahin penjual. Tidak semua pembeli cerdas. Ketika lambat penjual yang disalahin.

        • 18 Januari 2023 - (05:29 WIB)
          Permalink

          Memang sophee ga bisa di percaya , terkadang mereka tidak teliti menjaga kepercayaan Pembeli , dan penjual juga ga tau di diri suka nipu” pesanannya apa kirim nya apa. Biar tau rasa emang enak di gituiin

          2
          1
      • 17 Januari 2023 - (01:02 WIB)
        Permalink

        Sdh di jelaskan di atas, baru 2 jam sampe di bali tp lgsg di retur paketnya tanpa dikirim kurir. Gmna ceritanya pembeli yg nolak tuh paket? Anda paham isi berita di atas ga sih?

        30
        7
        • 17 Januari 2023 - (13:06 WIB)
          Permalink

          Ini si pengalaman dr temen saya, si kurir shopee exprrs tanpa tlpn atau wa atau bisa tanya ke tetangga main return ke reseller pesananpun ga smpe k temen saya.
          Makin menggandrungnya bisnis online ada aja oknum jasexp ada yg membuka paket, ada yg malas nganter, pdhal mereka dibayar dn digaji buat mganter barang.

      • 17 Januari 2023 - (02:34 WIB)
        Permalink

        toko saya tidak mengaktifkan jasa pengiriman cod itu yang pertama, yang kedua pembeli ini sering belanja di toko saya dan menggunakan alamat yang sama, AKAN TETAPI TIDAK MENGGUNAKAN KURIR SHOPEE XPRESS , karena pada waktu itu di toko saya tidak saya aktifkan kurir ekspedisi laknat tersebut. DAN PERLU SAYA TEGASKAN TIDAK ADA MASALAH KETIKA MENGGUNAKAN JASA KIRIM LAIN (JNE DAN J&t) kenapa sekarang setelah SAYA DIPAKSA MENGGUNAKAN JASA KIRIM LAKNAT SHOPEE XPRESS ini PENGIRIMAN JADI KACAU BALAU ? ibaratnya saya sudah tau di depan ada bahaya,makanya saya hindari. akan tetapi oleh pihak shopee saya sengaja “DIDORONG KE DEPAN , KE BAHAYA TERSEBUT” sehingga saya mendapatkan musibah. dan sekarang pihak shopee pun tidak bisa bertanggung jawab atas masalah ini.

        42
        3
          • 17 Januari 2023 - (07:59 WIB)
            Permalink

            Percuma lapor shopee . Jawabannya akan belain grupnya sendiri. Matiin aja program gratis ongkir extra. Percuma dipotong 8% larinya ke kantong mereka. Spx itu dasarnya orang2 dak bisa kerja. Cuma karena induk perusahaaanya lagi minus. Makanya semua dimakan. Sop mereka dak jelas. Barang non cod aja bisa retur alasan dak ketemu orgnya. Duit cod aja diminta lebih ke customer didiemin cuma jawaban formalitas sdh kami investigasi. Jawaban paling simpel meteka area tidak terjangkau

          • 17 Januari 2023 - (11:12 WIB)
            Permalink

            Tutup aja Shopee klo egois main raup untung jasa kirim sepihak.. Tidak mau berbagi dgn jasa kirim lain yg nyatanya lebih baik. Klo kekurangan SDM dan gak bisa profesional dalam bekerja, mohon jgn buka jasa ekspedisi. Anda hanya mementingkan meraup cuan, tanpa ada kualitas Bung Shopee.. 🤣🤣

            12
          • 17 Januari 2023 - (13:05 WIB)
            Permalink

            Saya mendapatkan jutaan dari shopee, tidak ada alasan untuk membenci shopee , karena mendukung perkembangan UMKM lokal, yang HATERS shopee fix kalian perlu mentor untuk menjalankan bisnis, kayak t’s si cewek drama ini, semoga shopee kedepannya makin JAYA !!!!

            2
            56
        • 17 Januari 2023 - (05:48 WIB)
          Permalink

          Sekarang udh hampir 100% barang diambil sama shopee express mbak.. Dn itu pun udah otomatis.. Bhkan kewajiban pakek tuh ekspedisi🤣😆 kek sholat wajib aja wkwkw.. Iyaa kalau kurir nya sat set.. Kurir nya daerah kota saya kek taik mbak.. Lemot.. Sekaleeee.. Dn heranku nih ekspedisi kgk bisa dinonaktifkan🤣😆 yah mngkin karena tuan rumaj😁

          20
          1
          • 17 Januari 2023 - (09:36 WIB)
            Permalink

            Masih nunggu jawaban, apakah mengaktikan gratis ongkir xtra. Di grup disebutkan itu penyebab tidak bisa menonaktifkan shopee xpress.

          • 22 Januari 2023 - (22:06 WIB)
            Permalink

            Sebagai seller, saya juga mengalami hal yang demikian, di paksa untuk memakai kurir ShopeeXpress, mau saya nonaktifkan fitur kurir ShopeeXpress nya namun tidak bisa, padahal saya sudah chat admin shopee untuk minta di nonaktifkan jasa kurir ShopeeXpress nya, namun jawabannya bertele-tele, tetap harus pakai jasa kurir mereka, egois namanya. Percuma juga chat team mereka.

        • 17 Januari 2023 - (10:38 WIB)
          Permalink

          Wkwkwk, sok Sokan, kalau toko shopee mu di nonaktifkan baru tau rasa kau, kerja apa kau, sok membenci shopee tapi mata pencaharian mengandalkan shopee, minum di air sumur yg sudah kamu ludahi,,SOMBONG DI GEDE IN !!!!

          3
          54
          • 17 Januari 2023 - (11:13 WIB)
            Permalink

            Gak doyan Shopee.. 🤮🤮 Laz lebih oke.. 😛😛

            13
          • 17 Januari 2023 - (19:38 WIB)
            Permalink

            Ente gak ngerti2 , apa yg orang lain bahas.

        • 17 Januari 2023 - (10:42 WIB)
          Permalink

          Gak perlu drama bertele tele, sebutkan nama tokomu biar kami buktikan kamu mengaktifkan COD apa tidak !!!

          1
          37
          • 17 Januari 2023 - (11:20 WIB)
            Permalink

            ngotot bgt bang. dibayar brp?

            17
            1
          • 17 Januari 2023 - (14:05 WIB)
            Permalink

            Terakhir belanja di shopee saat sox mulai berlaku. Padahal sebelum²nya ketika beli secara online paket ntah saya terima dirumah atau saya sendiri ke jasa ekspedisi yg antar. Nah kebetulan tempo hari yg antar pake jasa spx. Du chat formalitas “paket anda blablaba….. Ok saya balas pake share lokasi krn saya liat pake ekspedisi baru.
            Trus saya tambahin klo alamat masih tidak ketemu tolong infokan letak kantormya dimana bir saya yg ke kantornya.
            30 menit kemudian dibalas pake voice klo gk bisa mengantar krn hujan. Jadi saya balas chat saya yg minta alamat kantornya dimana.
            Katanya kntornya di luar kota atau beda kabupatenlah. Iseng² nanya ke ekspedisi lain ternyata kantornya masih di kota yang sama.
            Nah singkat cerita saya kekantornya mau ambil paket tepat jam 19.00±. sampe dikantornya katanya paketnya sudah direturn. Lah padahal baru tadi sore gk bisa diantar krn hujan. Koq tiba” sudah di return. Alasan mereka sistemnya gitu klo kurir gk ketemu atau cs slow respon memang begitu. Yah seketika emoai tersulut ngasih liat dan ksih dengar bukti chat dan vn kurirnya slow respon gw dimana. langgann flatpon online dah lama termasuk sama shope. Malah bermasalahnya sama ekpsedisi mereka sendiri.
            2 hari kemudian gw check mau liat alasan pembatalannya gimana. Ternyata alamat tidak jelas dan bukti percakapan dimana beberapa chat gw dihapus seperti lokasi yg gw kirim dan pertanyaan lokasi kantornya. Seolah² gw yg gk merespon. Seketika itu gw uninstal apk nya.

            14
          • 17 Januari 2023 - (17:16 WIB)
            Permalink

            Tuh kan si @muhammad ini adalah antek2 dan kroninya si shopee…
            Cari kerjaan lain Napa yang halal bang…🤐

            10
          • 17 Januari 2023 - (19:39 WIB)
            Permalink

            Biasa nasik bungkus

        • 17 Januari 2023 - (19:35 WIB)
          Permalink

          Sebenarnya dari pihak pembeli masih bisa mengganti kurirnya ke yang lain. Hanya saja hal ini tidak terlalu diperhatikan pihak pembeli. Saya selalu ganti ke kurir lain setiap melakukan pembelian. Hahaha

          4
          7
          • 17 Januari 2023 - (23:27 WIB)
            Permalink

            Tidak bisa bang sekarang, sekarang pilihan cuma standar, instans, tau cepat, nama kurirnya tidak dicantumkan… Memang sering masalah ni aplikasi baik di penjual maupun pembeli

          • 18 Januari 2023 - (09:44 WIB)
            Permalink

            Ngak bisa bang, auto ke situ smua. Kalo bisa gua udah pindahin ke jne jnt yg emg langganan paket gua dri 2017 3-4 hari mesti nyampe meski lg event” gede. Ga kek sopi ex bisa 3 minggu ga nyampe” eh malah direturn paketnya. Paketnya mendadak jd bang toyib

        • 18 Januari 2023 - (09:49 WIB)
          Permalink

          Kak pertayaanya barang yang direturn ke seller itu beneran balik atau ngga? 2 kali paket saya direturn nominal skitar 400k, apakah itu smua balik ke penjualnya. Kalau ga balik ya gila aja ini si oren

      • 17 Januari 2023 - (16:08 WIB)
        Permalink

        Menurut saya sih kenapa dari awal anda membuka toko di Shopee kalau anda tidak ingin menggunakan jasa kirim dari Shopee, dan anda bisa langsung kontak watsap dgn pembeli utk pick up barang tersebut, kalau seperti ini kenapa dari awal anda tidak watsap aja pembeli nya utk secara langsung di kirim kan tanpa harus melalui Shopee kan pembeli ini langganan anda yg sering belanja jualan anda.. Bingung soalnya saya sering belanja di Shopee tetapi Alhamdulillah lancar 2 aja apa pun itu jasa kirim nya

        3
        13
      • 17 Januari 2023 - (17:11 WIB)
        Permalink

        Pasti ini @muhammad adalah antek2(buzzer)nya si shopee dia nya kelihatan banget dia ngebela si shopee…🤐

        10
      • 19 Januari 2023 - (00:55 WIB)
        Permalink

        Baru ini ketemu admin yang nyelesaiin masalah dengan menyalahkan bayer dan seller. Blom lagi dari cara penyampaian maaf nya aja gg terlihat sama sekali. Minimal paham lah tata cara berbahasa.masuk shopee via nyogok orang dalam kan elo. makanya nggak kompeten sama sekali.

      • 19 Januari 2023 - (02:15 WIB)
        Permalink

        Saya sebagai pembeli juga mengalami kejadian yang tidak menyenangkan dengan shopee express, kalau COD, kurir sering tidak menghubungi kalau dia mau datang mengantar atau sudah sampai di rumah sehingga barang pesanan saya selalu dikembalikan ke penjual. Beda halnya dengan pengiriman jnt atau jne, kurir selalu menghubungi ketika mau mengantarkan pesanan.

      • 19 Januari 2023 - (15:34 WIB)
        Permalink

        Orang shopi pak? Coba Dicermati lagi artikelnya, orange agak maslah emang sama spxnya. Belum siap itu.

      • 22 Januari 2023 - (01:45 WIB)
        Permalink

        ni si muhammad kayaknya yang bilang “aku tidak tau kak, karna aku tidak 100% dilapangan nya kak”
        ngohahahaha

      • 22 Januari 2023 - (12:03 WIB)
        Permalink

        Maaf kak, menajemen SPX emang bad banget. Saya juga seller, dulu cuma pake 1jasa kirim(selain SPX) dan ngga pernah ada problem. Semenjak pengaktifan paksa SPX. Sebulan dari 15paket retur ada 10 cust yg komplain dg alasan yg sama gegara paket tiba” dikembalikan ke seller tanpa konfirmasi. Apakah itu masih drama cust spt yg kaka bilang?

    • 17 Januari 2023 - (06:16 WIB)
      Permalink

      Gue mo matiin pilihan shopee express ga bisa. Ini masuknya Monopoli ga sih? KPPU ga bisa bertindak?

      15
      • 17 Januari 2023 - (13:34 WIB)
        Permalink

        Agan mengaktifkan gratis ongkir xtra ndak?
        Coba matikan dulu gratis ongkir xtra, baru matikan sopi xpressnya.

          • 17 Januari 2023 - (14:16 WIB)
            Permalink

            Soalnya sering di bahas di grup, makanya ingin memastikan. Saya sendiri tidak ikut gratis ongkir xtra dan langsung bisa matiin sopi xpresnya. Nah, saya penasaran itu kebetulan atau memang seperti itu cara untuk mematikan sopi xpres. Soalnya dari tadi nanya belum ada yang jawab.

            FYI, saya gak belain sopi. Nanya murni karena penasaran.

            2
            1
      • 17 Januari 2023 - (18:35 WIB)
        Permalink

        Terjadi juga dengan saya, persis seperti ini, padahal barang yg saya jual itu custom, jadi sulit dijual lagi jika diretur, akhirnya saya non aktifkan star seller plus, dan saya ajukan penonaktifan shopee express bisa mba, ke cs dengan alasan drop point terlalu jauh, walau ribet ikutin aja, cod masih bisa dipake, dengan jnt, asli parah emang shopee express,sebagai konsumen aja, baru aja ngalamin, dari bekasi tangerang 5 hari baru sampe, yang belain shopee paling tu buzzer mba

    • 17 Januari 2023 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Ini yg saya ga suka dari shopee express, terutama di Jogja area Maguwoharjo, suka naruh paket tanpa konfirmasi dulu, mana yg naruhnya bukan didepan rumahku tp di depan rumah tetangga, kog ga wa dulu kenapa, sering bgt, sampe dikomplain. Ganti orang sama aje kek gitu jg, pernah jg di Madiun, ga ngetuk pintu, saya intip ternyata kurir shopee express naruh paket aja trs di foto, lgsg ku buka pintu ketahuan deh dia bilang maaf.

    • 17 Januari 2023 - (21:25 WIB)
      Permalink

      Hi shopee… Kemana nih profesionalisme kalian?!!!
      Udah merasa diatas angin ya..jd bisa seenaknya ajah??!!
      Awasloh.. kl yg lg diatas itu bisa jatoh… Dan ingat jatohnya itu bisa hancur…!!
      Kl kebobrokan dr dlm ga kalian benahi..sy yakin 1000% shopee akan tinggal nama dan meninggalkan nama buruk kelak jd bahan cerita anak cucu…
      Dlm berbisnis itu utamakan akhlaq boss…

    • 18 Januari 2023 - (09:35 WIB)
      Permalink

      Sekitar bulan nov-des 22 saya ada 3 pesanan pengiriman pakai shopee express smua. Semua macet di hub denpasar. 2 pesanan saya direturn bgtu saja tanpa pemberitahuan kendalanya dan yang satu harus saya spam komplain baru sampai rumah paketnya. Rata” menunggu 2-3 minggu untuk satu pesanan. Sudah brapa kali juga saya ke gudang jawabanya msh disortir, dan tiap kesana byk jg yg komplen. Disortir apanya sampe 2 minggu? Pelayanannya buruk bgt, coba pake cod biar pastiin sampai atau ngga jg ttp ga sampai. Kurirnya tau” nanya patokan alamat deket warung y udah dijawab bener juga ga sampe main return aja. Yang dispam komplain juga pas nganter kurirnya ngomel “gausa komplen kali mbak” ye gimana ga komplen org klo ga komplen ga jalan paketnya nginep di gudang mulu. Skrg sy unistal sopi pindah ke yang lain smua normal jawa bali 3 harian nyampe. Sopi ni emg aneh bgt bikin males blanja disana lg. Percuma free ongkir klo ekspedisinya aja goib

  • 16 Januari 2023 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Memang ga beres skrg shopee , saya sudah kehilangan total 6 paket dgn harga 1.350.000 , gagal cod bukan karena konsumen tp memang kurirnya ga antar ke alamat tujuan , parahnya lagi paket yg dikirim ga balik lagi ke penjual , chat CS shopee jawaban nya kaya robot disuruh nunggu sampai nanti keluar alasan pemeriksaan paket sudah melebihi batas waktu , nanya ke kurir ga tau , nanya ke gudang shopee ga tau juga.
    Sepertinya banyak kejanggalan, kalo sekali dua kali wajar ini sering dan management shopee ga mau tau , mau nya admin dr penjual aja.
    Saran saya kl mau jualan d shopee non aktifkan shopee ekspres dan layanan COD nya , atau pindah market place sekalian.
    Shopee yg sekarang ga jelas banyak merugikan penjual.

    23
    2
    • 16 Januari 2023 - (18:48 WIB)
      Permalink

      nah masalah nya itu jasa pengiriman laknat si shopee xpress itu ga bisa dimatiin , dan jasa pengiriman laknat tersbut di nyalakan secara sepihak oleh si shopee laknat

      30
      4
      • 17 Januari 2023 - (07:13 WIB)
        Permalink

        Udah aktifkan jasa kirim lain ga ka ? Sya aktifkn yg jnt jg & d chat otomtis sya info ke cust nya klo mau lbh cepat smpe pke jnt. Sabar ya ka.. InsyaAllah pketnya kembali..

    • 17 Januari 2023 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Itu ga dikembalikan apa gimna ? Slnya saya klo cod shopee Alhamdulillah aman smua dikembliin/ada kurir khusus yg anter pket cod ggal.

    • 17 Januari 2023 - (18:15 WIB)
      Permalink

      Saya sebagai customer Shopee pun anti dg ShopeeExpress. Enggak percaya aja gitu, mending yg pasti² saja.

  • 16 Januari 2023 - (17:35 WIB)
    Permalink

    Jangankan pake shopeeexpress jualan di shopee aja saya ogah 😅😅, pernah bikin iklan bbrp untung keburu laku di tokoijo 😂😂😂

    Anteraja, sicepat, jne, jnt, pos, wahana, lionparcel, ninja, rex ga pernah satupun ada masalah selama jualan ditokoijo, kecuali ekspedisi yang saya tulis terakhir kalo pickup suka 3 hari 😂

    12
    4
    • 16 Januari 2023 - (18:51 WIB)
      Permalink

      harusnya di phk semua ni shopee indonesia, tutup skalian aja.kerja pada ga becus

      11
      1
    • 16 Januari 2023 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Mustinya jawaban saya tidak 100℅ dilapangan tidak dilontarkan kepada seller..asli ngekeeek saya
      Sekelas shopee bagian divisi maintenance seller memberikan jawaban seperti itu..mustinya berikan jawaban yg baik..misalnya mohon menunggu ya kak..kami sedang lakukan investigasi bersama pihak kurir kami..jika mmng ini masalah internal di shopee sampaikan dengan bahasa yg elegant pula..misal mohon maaf kk paket tersebut telah melampaui batas waktu pengiriman.dan kami akan kembalikan segera kepada kakak sebagai seller.mohon maaf atas ketidaknyamanan nya..

      13
      1
      • 17 Januari 2023 - (13:18 WIB)
        Permalink

        Iya, lucu ya jawabannya 🙂
        Untung gak dijawab “Maaf kakak saya 90% lagi ditempat tidur, 10% nya lagi sedang adi alam mimpi…” Total 100% sedang terlelap…. 🙂

  • 16 Januari 2023 - (18:33 WIB)
    Permalink

    Sya sebagai pembeli juga pernah dibikin kesel sama kurir shopee expres. Kurirnya nganter ke alamat jauh beda dr alamat tujuan. Untung sy bisa cari & ketemu paket sy. Kurirnya bener² parah

  • 16 Januari 2023 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pelanggan saya mengalami hal yang sama, waktu itu saya buat pesanan di shopee, dengan jasa pengirimannya menggunakan shopee express.

    Saya benar-benar butuh barang yg saya pesan tersebut, tapi setelah beberapa hari saya tunggu dan saya cek di setatus pesanan, ternyata ada kendala pengiriman dan barang dikembalikan ke penjual tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu dan alasan kendalanyapun tidak jelas.

    Setahu saya jika ada kendala contohnya ada banjir, kurir kesulitan menemukan alamat atau penerima sedang tidak ada di rumah, dari pihak jasa kirim biasanya ada yg menghubungi langsung karna nomor saya sudah tercantum di sana. Namun untuk kasus ini tidak ada pemberitahuan sama sekali.

    Waktu itu saya coba untuk hubungi cs shopee express untuk menanyakan kendalanya apa, kalaupun saya harus ambil sendiri, saya harus ambil dimana, namun tidak berhasil. Saya tidak menghubungi penjual karna saya tahu penjual akan mengarahkan saya untuk menghubungi jasa kirim langsung, saya hanya berhasil menghubungi cs shopee tapi saya tidak mendapat jawaban yg memuaskan, hanya dijelaskan bahwa uang akan dikembalikan itupun membutuhkan waktu beberapa hari, dan akhirnya saya harus buat pesanan baru.

    Saya kecewa dengan shopee express karna waktu itu saya sangat membutuhkan barang tersebut.

    Saat ini saya masih menggunakan shopee untuk belanja namun untuk jasa pengiriman saya tidak pernah menggunakan shopee express lagi.

    • 16 Januari 2023 - (23:57 WIB)
      Permalink

      Lupakan sudh shopee bikin rugi seller dan buyer, bagus di lazada murah dan aman hahaha

      2
      5
  • 16 Januari 2023 - (18:57 WIB)
    Permalink

    Sama ka, paket saya udah 4 hilang ma shopee express sebulan ini, padahal dl ga pernah hilang sm expedisi lain, tp yah gmn, skr ini tiap paket sdh otomatis pake shopee, ga bs non aktifin

    • 16 Januari 2023 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Saya pembeli di shopee. Dulu saya paling demen sama shopee awal free ongkir itu. Tapi ahir2 ini kok jadi kyk gini ya. Beberapa kali lelet sekali pake shopee express. Terakhir saya baca ada pemaksaan penggunaan kurir shopee express yang ternyata saya alami sendiri. Saya order barang di shopee. Sudah pembayaran. Setahu saya setelah itu dalam 1 jam kita bisa ubah kurir. Dan saya ubah ke jne. Ternyata setelah diubah gagal dan menunjukkan kurir beralih ke shopee express. Saya keberatan. Saya hubungi CS shopee katanya saya terlambat krna perubahan hanya 1 jam. Saya bilang saya ubah ga sampe 5 menit dari waktu trasfer. Alasannya CS shopee berikutnya, menyalahkan pihak seller sudah terlanjur memilih kurir shopee express sebelum saya ubah. Saya kontak seller, malah dia heran krna merasa gak pernah merubah kurir dan semacamnya. Akhirnya krna faktor saling percaya, kita cancel orderan dan bertransaksi ulang dengan seller yg sama di toko ijo. Akhirnya pesanan sukses sesuai keinginan saya. Saya hepi seller pun hepi. Fix, setelah ini saya ga akan lagi bertransaksi di shopee selama masih ada pemaksaan kurir shopee express setiap saya ingin belanja.

      12
      1
  • 16 Januari 2023 - (19:09 WIB)
    Permalink

    Mustinya jawaban saya tidak 100℅ dilapangan tidak dilontarkan kepada seller..asli ngekeeek saya
    Sekelas shopee bagian divisi maintenance seller memberikan jawaban seperti itu..mustinya berikan jawaban yg baik..misalnya mohon menunggu ya kak..kami sedang lakukan investigasi bersama pihak kurir kami..jika mmng ini masalah internal di shopee sampaikan dengan bahasa yg elegant pula..misal mohon maaf kk paket tersebut telah melampaui batas waktu pengiriman.dan kami akan kembalikan segera kepada kakak sebagai seller.mohon maaf atas ketidaknyamanan nya..

    • 17 Januari 2023 - (02:38 WIB)
      Permalink

      dia ini sales pak, udah berbulan2 lalu merayu2 toko saya untuk mengaktifkan jasa kirim shopee xpress , dan selalu saya tolak (bisa cek itu screenshot di atas yang saya lampirkan) akan tetapi ada kebijakan shopee yang mewajibkan seller mengaktifkan kurir shopee xpress. gilee ini shopee udah kaya kompeni aja.harus diviralkan masalah ini,biar tau rasa nih sih shopee, mending kalo dipaksa pake kurir nya itu bagus,lah ini KURIR NYA BUSUK PAKE BANGET.

      5
      2
        • 18 Januari 2023 - (00:00 WIB)
          Permalink

          Udah males beli di sopi, free ongkir susah, minimal beli 40k, skrg pilih tokoijo aja, ada layanan plus, gratis ongkir tanpa batas, min order cuman 25k.

  • 16 Januari 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    Wah tnyta emg gak beres ya kurir shopee, saya sbg pembeli jg dibikin sebel sama kurirnya, sampe 5x nganter paket kok cuma ditaruh teras ditinggal pergi gitu aja, sore2 baru tau kalo ada paket. Saya buat komplen ke cs bhw kurir wilayah saya gak profesional krn tidak pernah menyerahkan paket scr langsung. Stlh dikomplen bukannya jd bener, justru bbrp kali paket dibawa lagi ke gudang, pdhl saya dirumah, wong tiap hari jaga warung yg di samping rumah… kurir ekspedisi lain gak ada yg begitu, kalaupun rumah kosong lgsg WA saya..

    3
    1
    • 16 Januari 2023 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Bukannya tidak profesional kurir ada ditargetin waktunya pak, klw gtu knpa gak dirumah bapak ditaruh keranjang paket biar enak

      • 17 Januari 2023 - (08:00 WIB)
        Permalink

        Gara2 kejar target bisa berpotensi merugikan customer kalo spt itu. Pencet bel pintu, nunggu hitungan detik gak lama loh. Misal paket saya hilang diambil orang apa kurir mau tanggungjawab? saya kira enggak, krn status paket sdh diantar sampai tujuan. Rumah saya tanpa pagar dan persis depan rumah dipakai lalu lalang pejalan kaki, paket saya ditaruh diatas kursi teras sangat keliatan, jika ada org niat jahat sgt mudah diambil itu.. Dan sekali lg itu tdk terjadi di kurir ekspedisi lainnya yg selalu diserahkan lgsg. Kalaupun rumah kosong kurir ekspedisi lain msh ada tggjwb, paket ditaruh di bawah kursi, atau pernah ditaruh di fentilasi jendela, atau dititipin tetangga sebelah, dan lgsg WA ke saya.

  • 16 Januari 2023 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Mulai detik ini Mari kita sama-sama berhenti berbelanja online di shopee dan anak usahanya Shopee Express

    9
    2
  • 17 Januari 2023 - (01:52 WIB)
    Permalink

    Sy sbg customer shoppe hanya untuk belanja receh max 200rb, transaksi di atas 200rb di tokped, kapok, ngalami paket senilai 600rb hilang cuma di ganti 150rb (10× ongkir) krn di sopi gada asuransi

    • 17 Januari 2023 - (03:31 WIB)
      Permalink

      Pakek j&t aja kak hehehe
      Soalnya saya di gudang j&t ga pernah tu ada yg kek gini wkwkkw

    • 17 Januari 2023 - (14:34 WIB)
      Permalink

      ekspedisi SpX itu bagus kalo di Jakarta/kota besar doang, soalnya gudangnya banyak tapi kalo dah masuk kota2 kecil atau pinggiran jgn harap pake ekspedisi SpX soalnya ga ada gudangnya di kota2 kecil kecuali kurirnya mau anter paket antar kota itu jg pasti mikir2 si kurir buat anterin smpe pelosok mungkin. Itu kelemahannya mungkin ekspedisi lain juga mirip tpi klo JNe dan JnT udah mulai ada yg masuk kota2 kecil

      • 18 Januari 2023 - (15:22 WIB)
        Permalink

        Tetep lelet jg. Ekspedisi lain biasanya order hari ini sblm jam 15.00 besok udh sampe pake reguler, klo shoexp paling cepet lusa atau malah pernah 1 minggu.

  • 17 Januari 2023 - (03:47 WIB)
    Permalink

    @Laras.
    Wes mbak, pindah marketplace aja ke yg lebih rasional.
    Shope terancam punah dilihat dr kinerja karyawannya yg dibawah rata2 rasio orang normal.

  • 17 Januari 2023 - (08:11 WIB)
    Permalink

    Saya penjual di marketplace shopee juga mengalami hal yg sama dengan penulis. Saya bisa merasakan apa yg dialami oleh penulis. Shopee tdk akan pernah dan mau mendengar keluhan seller. Shopee hanya bisa ditaklukkan oleh peraturan yg dibuat oleh pemerintah. Saya harap ada LSM atau pribadi yg menggugat shopee di kppu krn monopoli usaha yg sewenang wenang

    • 17 Januari 2023 - (20:52 WIB)
      Permalink

      @cheese
      Trus udah tau begitu ndak minggat2?
      Minggat lah, sy udah lama minggat dr situ. Haram deh jualan di shope yg angkuh kebijakannya .

  • 17 Januari 2023 - (08:31 WIB)
    Permalink

    shopee mah management jelek, apk nya banyak bug nya sistem bermasalah,
    jualan di tokped aja disana juga banyak promo2 buat customer

  • 17 Januari 2023 - (08:44 WIB)
    Permalink

    Saya jg seller di shopee merasa kecewa Krn kita dipaksa menggunakan jasa kirim yg tidak kompeten
    Saya biasa menggunakan JNT Krn sudah ad langganan kurir untuk pickup dan tidak pernah ruwet
    Tapi knp kurir shopee itu ruwet semua… Dan tidak sopan , saat di wa tidak membalas , saat saya sudah request pick pun paket tidak di pick up sesuai wktu yg saya pilih dan itu merugikan saya sbg seller

  • 17 Januari 2023 - (10:17 WIB)
    Permalink

    Iya bro, saya juga pernah dikecewain, sejak itu saya rasa cara kerja shopee berbeda dgn toko sebelah, dari pada kenapa2 kedepannya, saya pindah ke toko sebelah. Eh ternyata benar, kejadian benar adanya dan untungnya bukan di saya. Thanks sudah berbagi pengalamannya bro, moga kedepannya anda lebih sukses.

  • 17 Januari 2023 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Iya ka, ak juga pernah ngalamin kyk kk, pernah 3x dikembalikan. Dan toko ak g pk sistem COD. Info tracking pengiriman gagal, lalu dikembalikan ke seller. Ak di chat oleh pembeliny lsg, komplain Krn barang dikembalikan, waktu itu kasusny kirim barang k Bandung. Dan yg terahir (mudah2n ga terjadi lg) ke Cianjur. Namun stlh dikembalikan, mereka order ulang lg ke ak dg barang yg sama. Pernah juga ad pembeli pk jasa kirim shopee express, itu tujuan ke randu dongkal, Pemalang. Stuck sampai seminggu di JKT, ak komplain ke cs shopee, Tlp jg stlh 1minggu baru dikirim ke kota tujuan namun dialihkan menggunakan sicepat, setelah itu seminggu kemudian baru nyampe ke tujuan, total 14hari. Tu pun barang pecah, pdhl sudah dibubblewrap berlapis.
    Udh kejadian begitu biasany di sempatkan ngecek ka, kalau ad waktu senggang kl udh klar packing 🙏

  • 17 Januari 2023 - (17:00 WIB)
    Permalink

    Shopee ini ingin menghidupkan bisnis jasa ekspedisinya, sayang shopee xpress nya memang tidak profesional. Akhirnya kredibilitas shopee sebagai marketplace terbesar dipertaruhkan.

  • 17 Januari 2023 - (22:14 WIB)
    Permalink

    Shopee express.
    Jasa kurir samp*h. Saya tidak akan pernah mengaktifkan jasa kurir tersebut. Mending JT dan si cepat.

    Tapi kalau order dari shopee. Kena kurir shp xpress ampun dah. Paket dr jakarta seminggu belum jalan

  • 17 Januari 2023 - (22:37 WIB)
    Permalink

    Sepertinya Lapak TS star seller. Jadi saat jadi star seller otomatis shopee xpress aktif.
    Saya cek lapak saya ternyata benar. Pdhl dari dulu saya non aktifkan shopee express. Td tiba2 aktif otomatis.
    Padahal shopee biaya adminnya paling gede tp masih serakah pula. Benerin tu kurir spx

    Mending ketokopedia saja

  • 17 Januari 2023 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Maklum gaji kurirnya borongan, perpaket skitar 2000an jadi kurirnya asal2an ngejar jumlah paket yg banyak, belum lagi klo sedang ada event, panggil kurir freelance, jadi g’ ada sop yg jelas, yg penting paket terkirim, klo alamatnya susah diretur…

  • 18 Januari 2023 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Intinya, memang dipaksa pakai shopee expresss, penjual tidak bisa menon aktifkan, disuruh hubuñgi cs. Sudah tanya cs chas, suruh lewat bantuan, padahal sama sama cs. Singkat cerita, pihak cs menolak penonaktifan shopee express. Dan akhirnya, kita offkan toko shopee karena berbahaya. Sekarang dia mengaktifkan shopee ekspress, besok bisa saja mengaktifkan atau non aktifkan apa lagi. Alhamdulillah sudah off dari shopee.

  • 18 Januari 2023 - (08:36 WIB)
    Permalink

    Ngga semua kurir spt itu mbak.

    Sy sebel sm kelakuan customer yg spt sok jd raja.
    – Alamat ga sesuai, biasanya kurir berpatokan pd titik lokasi, sesuai ga ?
    – Nunggu lama (tlp/chat ga dibalas).

    Klo merasa kirim/pesan, ya rajin mantau lah, standby, hp dipegang biar gampang di hub.
    Emangnya kurir cm nganter paket sampeyan doang.

    Jgn me-laknat²kan yg berkaitan dgn pendaringan situ.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 98 komentar sampai saat ini..

Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress oleh Shopee Indonesia Akibatk…

oleh laras safira dibaca dalam: 3 menit
98