Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress oleh Shopee Indonesia Akibatkan Kerugian Saya Sebagai Penjual

Saya salah satu seller di Shopee, yang kedepannya akan segera menutup toko saya setelah kerugian yang saya alami dikembalikan penuh oleh pihak Shopee.

Awal cerita saya sering kali mendapatkan whatsapp penawaran dari pihak Shopee Xpress agar mengaktifkan jasa pengiriman Shopee Xpress di toko saya. Akan tetapi selalu saya tolak karena saya tahu kredibilitas buruk jasa pengiriman Shopee Xpress.

Akhirnya pada suatu ketika saya sangat kaget ketika jasa pengiriman Shopee Xpress di toko saya dinyalakan tanpa izin dari saya dan tidak bisa dinonaktifkan (padahal saya sudah chat ke cs customer Shopee juga). Dari sinilah masalah tersebut dimulai.

Pesanan pertama:

Saya mendapatkan pesanan dengan nomor orderan 221226NJY148SV dengan nomor resi Shopee Xpress SPXID02881247656C dengan nilai 794 ribu rupiah. Pengiriman dari kota Surabaya ke Bali. Barang tersebut sampai di Shopee xpres hub Denpasar pada tanggal 2 Januari 2023. Lucunya tanpa alasan jelas barang tersebut diretur ke penjual.

Pembeli barang sudah melakukan komunikasi dengan saya melalui whatsapp (bukti terlampir) pada tanggal 2 Januari 2023 siang hari. Sekitar pukul 14.00 WITA customer mendatangi Shopee Xpress hub Denpasar untuk melakukan penjemputan paket, karena customer kaget kok paketnya mau dikembalikan ke penjual. Dan setelah menunggu lama di hub tersebut, customer mendapatkan kabar bahwa katanya barang tersebut diretur kembali ke penjual.

Customer tidak pernah mendapatkan konfirmasi mengenai paket tersebut bermasalah atau kenapa,padahal nomor telepon tercantum dengan jelas

Bayangkan hanya dalam waktu 2-3 jam setelah barang tiba di hub Denpasar, tiba-tiba barang sudah dikembalikan ke customer. Sangat hebat sekali kinerja Shopee Xpress ini.

tanggal 2 januari, customer coba ambil paket tersebut ke gudang shope xpress hub denpasar tapi katanya sudah di kembalikan ke seller, akan tetapi faktanya per tanggal 8 januari barang tersebut masih ada disana

Akan tetapi “Kehebatan” mereka belum berhenti sampai di situ, ketika saya menunggu barang saya kembali sampai hari ini, tanggal 16 Januari 2023, barang saya juga belum juga kembali kepada saya.

Saya pun melakukan tracking paket tersebut, dan alangkah terkejutnya saya, ternyata paket tersebut per tanggal 8 Januari 2023 Masih berada di Shopee Xpress hub Denpasar. Kenapa ketika tanggal 2 Januari 2023 customer mencoba melakukan pickup sendiri ke gudang mereka dibilangnya paket tersebut sudah dikembalikan ke penjual?

Saya pun menanyakan masalah ini kepada Tim management Seller Shopee Xpress, jawaban mereka pun sangat singkat “AKU KURANG TAU KAK KARENA AKU TIDAK 100% DI LAPANGAN” (bukti terlampir), dan tidak ada pertanggung jawaban dari pihak Shopee sama sekali terhadap masalah ini.

jawaban ala kadarnya dari tim management Shopee

Pesanan kedua:

Pesanan kedua dengan nilai 473.500 rupiah dengan nomor orderan 221227RF7Y1K2X dan nomor resi shope Xpress SPXID02367723793C pengiriman dari Kota Surabaya ke Kabupaten Gresik yang berjarak kurang lebih hanya 30 KM saja.

Barang dikirim dari tanggal 27 Desember 2022, dan lucunya ternyata barang ini dioper oleh Shopee Xpress ke ekspedisi Sicepat. Bayangkan pihak Shopee sudah memaksa secara sepihak penjual menggunakan jasa pengiriman Shopee Xpress akan tetapi barang tersebut masih dioper ke pihak ekspedisi lain (bukti terlampir).

Shopee dan Shopee eXpress ini sangat sangat serakah tapi tidak mempunyai kemampuan yang memadai dalam menghandle kiriman paket.sampai saat ini paket tersebut pun masih belum diterima oleh pembeli.

Penjual dipaksa menggunakan kurir shopee xpres, akan tetapi ternyata paket dioper ke ekspedisi lain

Dan ada 1 lagi kasus dengan Shopee Xpress, mereka salah menempelkan label alamat pada paketan saya yang membuat paketan saya nyasar entah kemana. Tapi mereka tidak mau bertanggung jawab, sampai saya sendiri yang harus melakukan tracking dan menghubungi customer yang menerima salah paket tersebut. Tapi masalah ini akan saya ceritakan di artikel lain.

Untuk teman teman yang belum menjadi korban dari Shopee dan Shopee Xpress , saya sarankan untuk jangan berjualan di Shopee lagi, karena sangat sangat tidak aman dan tidak terjamin hasil dana penjualan kalian.

Laras Safira
Kab Malang, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

98 komentar untuk “Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress oleh Shopee Indonesia Akibatkan Kerugian Saya Sebagai Penjual

  • 18 Januari 2023 - (12:18 WIB)
    Permalink

    Akhir2 ini saya malah milih shopee ekspress krn sicepat &jnt kayaknya lg overload! Dan paket nyampenya malah lbh cepat, mgkn tergantung tanggung jwb kurir masing2 wilayah aja kali ya

    • 19 Januari 2023 - (09:06 WIB)
      Permalink

      Emang shopee kadang lama bgt sampe dan kadang cepet banget juga.. Engga shopee aja sih, semua jasa kirim saya pernah ngerasain ada aja sampenya lama dan itu semua banyak alasannya kok apalagi paket dikirim ke pekerja yang ga tiap waktu ada dirumah.. Belum lagi yg dihubunginnya susahnya minta ampun.. Suami saya kurir shopee dan kalo kirim paket bisa sampe malem bangettt karena kebanyakan COD dan ngatur banget waktu kirimnya padahal suami saya jg pengen pulang cepet ??
      Pernah dibalikin ke gudang lg barangnya karena emg dr konsumennya gabisa diajak kerjasama padahal kurir gajinya ga seberapa. Suami saya sebulan gaji cuma 2juta aja bensin ga ditanggung juga. Makanya kadang sama suami pembayaran cod biasa dibulatin cuma biar bisa isi bensin..

  • 19 Januari 2023 - (09:22 WIB)
    Permalink

    SISTEM BUSUK, AROGAN DAN TIDAK JELAS…

    Saya beli barang tanggal 6 Januari 2023 tiba-tiba dibatalkan sepihak oleh shopee dan akun seller dibekukan tanpa alasan jelas sehingga tidak bisa berdiskusi atau mencari solusi.

    HINGGA DETIK INI UANG SAYA BELUM DIKEMBALIKAN KE SALDO SAYA.

    Saya amat sangat dirugikan karena arogansi shopee dalam membatalkan pembelian saya sebab walaupun dana dikembalikan TETAP SAJA SAYA RUGI BAYAR BIAYA PENANGANAN DAN BUNGA CICILAN TETAP DITAGIHKAN OLEH PIHAK KARTU KREDIT… APA SHOPEE MAU BERTANGGUNGJAWAB ATAS KERUGIAN SAYA???

    PIHAK SHOPEE PENUH OMONG KOSONG, mau kita kirim bukti sebanyak apapun, adu argumen sampai jari bengkak, telpon sampai habis pulsa, TETAP SAJA KONSUMEN (BUYER DAN SELLER) YANG DIKORBANKAN…

    Bahkan katanya seller yang akunnya dibekukan hingga sekarang uang di saldo shopee dia gak bisa dicairkan. Lha apa shopee mau merampok seller atau merchant dan buyer mereka ya?

    • 19 Januari 2023 - (09:23 WIB)
      Permalink

      Busuknya permainan shopee kalau ada kompline atau protes atau berita buruk di media konsumen adalah, MEREKA TIDAK MEMBERIKAN SURAT TANGGAPAN, TAPI MAIN AMAN DENGAN MEMBALAS KOMENTAR.

      Pengecut banget cara mainnya.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan di Shopee?

Ada 98 komentar sampai saat ini..

Pemaksaan Penggunaan Kurir Shopee Xpress oleh Shopee Indonesia Akibatk…

oleh laras safira dibaca dalam: 3 menit
98