Saya Sudah Menutup Kartu Kredit Bank Mega Tahun 2019, Tapi Masih Ada Tagihan Sampai Sekarang

Sebelum tahun 2020, saya memegang kartu kredit Bank Mega dengan no. 4890 8*** **** 02**. Namun sejak tanggal 14 Oktober 2019, saya sudah menutup kartu kredit tersebut dengan nomor laporan: REV6735471.

Sebelum saya menutup kartu kredit tersebut, saya terlebih dahulu menelepon CS berapa jumlah tagihan saya secara keseluruhan, karena saya mau bayar dan menutup kartu kredit saya. CS mengatakan tagihan saya sebesar Rp19.833.345. Setelah itu, tanggal 08 Oktober 2019, saya melakukan pembayaran sebesar Rp19.849.345, saya lebihkan karena mengantisipasi uang fee transfer bank dan materai.

Pada tanggal 14 Oktober 2019, saya telepon lagi ke CS bahwa saya sudah melakukan pembayaran dan minta kartu credit saya ditutup. Setelah CS mengecek pembayaran saya, dia mengatakan ada kelebihan, kata saya enggak apa-apa mungkin dibutuhkan untuk materai dll. Setelah itu saya dapat nomor laporan REV6735471 untuk penutupan kartu kredit saya.

Pada waktu yang hampir bersamaan saya juga menutup kartu kredit di Bank BCA, dan pada hari yang sama status kartu kredit saya di BCA sudah TUTUP.

Sejak saya menutup kartu credit di Bank Mega tersebut saya sudah tidak pernah membuka email lagi, karena saya beranggapan tanggung jawab saya sudah selesai.

Namun pada tanggal 11 Januari 2023 saya dapat telepon dan WhatsApp yang menagih tagihan kartu kredit atas nama saya. Otomatis saya kaget, dan saya katakan bahwa saya sudah lama menutup kartu kredit tersebut. Namun saya dipaksa membayar hari itu juga, ya saya tidak mau karena merasa sudah ditutup kartu kreditnya. Ternyata saat saya tutup kartu kredit tanggal 14 Oktober 2019, mereka bikin tagihan baru pada tanggal 18 Oktober 2019.

Tolong Bank Mega jangan saya diberlakukan dan dipermainkan begini. Anda sebagai petugas atau karyawan tidak melaksanakan permintaan pemegang kartu kredit kenapa sekarang Anda menagih ke saya? Itu kesalahan Anda yang tidak menutup kartu kredit saya, jadi bukan tanggung jawab saya lagi.

Jadi Bank Mega tolong keluhan saya ini diselesaikan.

Melfini Yusnur
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Bank Mega:
[Total:85    Rata-Rata: 1.5/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

28 komentar untuk “Saya Sudah Menutup Kartu Kredit Bank Mega Tahun 2019, Tapi Masih Ada Tagihan Sampai Sekarang

    • 16 Januari 2023 - (13:54 WIB)
      Permalink

      Saya memang ada loan yg 14 x sudah saya cicil tinggal sisanya yg saya tutup dan sudah disetujui jumlah yg harus saya bayar, hanya saja petugasnya saja yang tidak melaksanakan tugas dengan permanen,;sehingga tagihan saya yg seharusnya sudah ditutup sama mereka tetap dicicil, sehingga keluar tagihan baru timbul dari iuran kartu selama 3th

      4
      3
      • 16 Januari 2023 - (18:43 WIB)
        Permalink

        Menurut saya anda sdh.benar. Selama anda merasa sdh melunasi dan menutup CC nya, menurut saya abaikan saja.

    • 16 Januari 2023 - (11:02 WIB)
      Permalink

      Cicilan 566×48 27jt
      Uda d bayar 14 kali sisa 20jt an
      Ts seperti lgs bayar sisa 20jt an
      Pdhl klo cicilan lgs d lunasi Akan ada denda penalty…
      Alasan ts ga buka email agak lucu..karna d saat bersamaan nutup bca pengalaman nutup cc bank pasti kriim surat penutupan Dan kalimat tdk ada kewajiban lg..

      • 16 Januari 2023 - (17:00 WIB)
        Permalink

        Kalau dilihat sepertinya penutupan cc nya pas pelunasan itu tidak diproses.. Dan sepertinya tagihan yang timbul saat ini adalah biaya annual fee.. Dan seharusnya ketika anda complaine saat ini bank mega akan memproses penutupan kecuali ketika setelah anda bayar pelunasan kemarin anda pernah menggunakan kembali cc nya..

        • 17 Januari 2023 - (18:11 WIB)
          Permalink

          Bagi anda yang ingin menutup kartu kredit pastikan langsung mendapatkan surat keterangan lunas dari pihak bank dan surat ini disimpan untuk menjaga jika terjadi ada tagihan siluman

        • 16 Januari 2023 - (18:27 WIB)
          Permalink

          Jgn kan orang Megatron.. d media konsumen ini ge d kira debt kolektor juga karna suka komentari orang yg ga mau bayar hutang k pinjol hahhahaha

          • 16 Januari 2023 - (19:53 WIB)
            Permalink

            Ya ente kudu bisa bedain orang gak mau dan yang sedang memohon keringanan. Jgn ente bilang ga mau bayar pinjol. Gak mau bayar pinjol ngapain komen atau pasang postingan di forum ini. Ya mending diem aja atau kabur. Tul ora son?

    • 16 Januari 2023 - (16:54 WIB)
      Permalink

      Anda tidak membaca dan melihat tagihannya secara detail, itu uang saya transfer buat ditutup kartu creditsnya, otomatis semua tagihan saya lunasi. Sehingga saya dapat no.laporan penutupan kartu credits dari CS,
      Bukan minta ditutup tapi nggak saya bayar, klu coment dibaca dulu jangan asbun

      4
      2
  • 16 Januari 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Uang yang saya setor 19 jutaan itu untuk menutup semua tagihan saya sampai 48 kali karena sebelumnya sudah dicicil selama 15 kali, saya harap dipelajari dulu jangan asal bicara. Sebelum.saya bayar saya sudah konfirmasi ke CS, berapa yang harus saya bayar jika saya menutup kartu credit saya, setelah cs dapat angkanya baru saya transfer sesuai dg pembicaraan, malah saya lebihkan buat fee transfer dan biaya materai. Dan setelah saya bayar baru saya telp lagi CS, bahwa saya sudah membayar semua tagihan saya, dan setelah mereka ckeck , CS mengatakan ya buk, malah ada kelebihan, setelah saya katakan kelebihan itu utk fee transfer dan biaya materai. Setelah itu saya dapat no. Laporan tutup kartu. Jadi kalau nggak ngerti nggak usah ikut bicara.

    12
    3
  • 16 Januari 2023 - (12:27 WIB)
    Permalink

    Sebaik nya minta surat keterangan lunas. Sebagai bukti. Bahwa sudah dibebaskan dari segala tagihan. Surat tersebut wajib ada. Apabila kedepan nya ada oknum2 penagihan masih menagih. Apabila tidak ada posisi nya tidak kuat untuk menyatakan saya sudah menutup. Karena ada saja kejadian spt ini. Ditutup ternyata masih ada biaya lain yg baru keluar saat tagihan selanjut nya di cetak.

    6
    1
    • 3 Februari 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      betul dan ini terjadi di saya, saya sudah punya surat keterangan lunas tetap didatangi debt coll nya, ketika saya sampaikan surat lunas mereka masih ngotot bilang kartu saya aktif dan minta saya datang ke kantor, bukan cuma sekali kejadian begini, capek

  • 16 Januari 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Setelah saya datangi dan saya jelaskan pada dasarnya mereka mengerti dengan data yg ada pada saya, mereka menyayangkan kenapa waktu tutup kartu credits yg bersangkutan tidak menutupnya, kenapa malah dibikin tagihan tiap bulan lagi. Mereka sendiri bilang ini oknum.

    7
    1
    • 17 Januari 2023 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Ga ada oknum oknum, oknum apa? Kalau saya liat anda sebagai nasabah sudah benar bayar nya, tapi sepertinya ini karna ada AF dan mungkin bagian penutupan kartu ga buat laporan sampai clear.

  • 16 Januari 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Kalau mau tutup kartu kredit memang akan dipersulit. Hampir semua bank begitu. Bahkan kadang dilempar kesana kemari. Jadi wajib dipastikan dulu sampai benar2 sudah ditutup dan sudah tidak ada saldo terutang baik itu cicilan, loan on phone atau semacamnya. Bahkan terkadang kelebihan bayar pun bisa jadi masalah.

  • 16 Januari 2023 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Bapak datangi saja Bank Mega dialamat ini

    Jl. Kompleks Rumah Sakit Mata Aini Kav.No.5 & 6, RT.5/RW.5, Kuningan, Karet, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

    Itu spesialis nasabah Bank Mega yang yang ingin ditutup CC nya. Disana bapak di arahkan untuk membayar adm berupa biaya penutupan. Stelah adm semua selesai…Ingat minta bukti pelunasan dan penutupan kartu kredit. Berupa tandatangan pejabat banknya…waktunya paling lama 14 hari….

    Saya tahun 2014 sudah saya tutup. Dengan meminta surat bukti pelunasan dan penutupan. Sampai saat ini aman. Jika ada yang menagih lagi….siapkan saja Parang atau teriakin maling…debt. kolektornya.

    Kasus bapak, di serahkan agen. Dan agen tersebut mempermainkan bapak. Jika bapak kuat bawa kuasa hukum. Untuk meringankan denda yang berjalan…

    Bank ini…emang rada²…untuk penutupan CC. Masih mudah Bank namanya Internasional seperti ANZ, telp.call. center Minta surat penutupan melalui email. Tunggu beberapa hari, cek lagi taraaaa…Diberikan tuh surat penutupan, melalui surat TTD elektronik. Cek tagihan. Nomer CC sudah ditutup statusnya….

    3
    3
  • 16 Januari 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Yg komen asal jeplak dah kayak pahlawan kesiangan lalu mandi gak pake sabun karna ingin cepat2 ikutan komen 😁😁

  • 17 Januari 2023 - (07:07 WIB)
    Permalink

    Dilihat dari berbagai sisi pun ini masih masih salah konsumennya. Seharusnya penutupan kartu kreditnya benar-benar dipastikan sudah sepenuhnya ditutup. E-mail dari banknya juga harus selalu dipantau apakah masih ada tagihan tambahan atau tidak. Karena itu adalah kewajiban konsumen untuk mengecek tagihan yang dikirim. Jika tutup mata seperti ini sangat beresiko, dan bisa kejadian ternyata kartunya belum ditutup dan masih ada tagihan. Kalau begitu, kan bapak sendiri yang jadi repot.

    1
    1
  • 17 Januari 2023 - (08:17 WIB)
    Permalink

    Kejadian sama dengan saya. Di bank mega dan di bank bca. Sudah di lunasi dan sudah ditutup kartu kredit nya. 4 – 5 hari kemudian ditelp dari bank tersebut. Kartu kredit baru sudah dikirim ke rumah. saya tidak ada minta cc baru. Telemarketing jawab enteng. Abaikan dan jangan digunakan.. setahun kemudian tagihan annual fee. Mulai masalah datang. Tidak dibayar bunga bertambah trus. Telp ke bank tersebut cuma diblg lg diajukan ato lagi diproses. Jd bagi saya ini bukan kesalahan bank tapi orang yg bekerja dibank trus. Dapat komisi dengan menyusahkan nasabah.

  • 17 Januari 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Hati” dgn credit card krn kl kita tutup mrk rugi & kl mau tutup cc atau sdh lunas cicilan apapun selalu minta surat pelunasan yg asli br scanned & email ke kita sendiri takut surat yg asli hilang kl perlu suruh mrk email ke kita jg berikut bukti surat keterangan lunas jd super aman bt kita kl msh d tagih gamparin, somasi & lapor polisi plus viralkan di semua medsos mencret cipirit deh

  • 18 Januari 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Bank Mega ini agak aneh. Saya pernah di tahun 2006, tiba-tiba ada tagihan CC bank mega via email. Punya rekening bank Mega aja nggak, apalagi request CC aja nggak pernah. Di hari yang sama saya langsung telp bank mega untuk nutup CC-nya.
    Tiba-tiba di tahun 2016 ada telp dari bank Mega kalau CC masih aktif dan di tahun 2021 ada telp dari bank mega kalau CC bisa diperpanjang. Hadeuh…

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mega?

Ada 28 komentar sampai saat ini..

Saya Sudah Menutup Kartu Kredit Bank Mega Tahun 2019, Tapi Masih Ada T…

oleh Melfini Yusnur dibaca dalam: 1 menit
28