Investree, TKB 93% tapi yang Macet Banyak dan Belum Ada Kejelasan

Sekitar setahun lalu saya mencoba memutar tabungan saya via Investree (peer to peer lending, investree.id), karena saya lihat TKB-nya lumayan bagus dan pinjaman diasuransikan. Ternyata seiring berjalannya waktu, saat ini lebih 90% dana saya yang di Investree macet, bahkan hingga hampir setahun.

rekap pendanaan

Jika ditanyakan kepada pihak Investree, jawabannya selalu kurang lebih sama, sedang diusahakan untuk penagihan kepada pihak borrower. Saya menanyakan cara penarikan dana, karena katanya diasuransikan, tetap juga tidak bisa.

Di website Investree, saat ini TKB-nya masih 93% (data per 16 Januari 2023) dan masih terus menawarkan pendanaan. Bagaimana dengan modal saya yang sampai saat ini macet di Investree? Apakah jawabannya masih tetap sama atau bisa dicairkan? jika masih terus mencari dana untuk pemodalan, apakah Investree masih aman? Apakah benar dan bisa dibuktikan bahwa TKB hingga saat ini masih di atas 90%?

penawaran pendanaan investree

Catatan:

  • Investree adalah peer to peer lending, dalam hal ini Investree memberikan dana kepada pihak yang membutuhkan dana (borrower) dan mendapatkan dananya dari investor/lender (seperti saya). Pinjaman dilakukan dengan tenggang waktu tertentu dengan bagi hasil (bunga) yang lebih tinggi dari bunga bank. Tingkat keberhasilan Investree selaku pengelola pinjaman diukur dengan TKB90. Investree dijamin oleh OJK dan semua pinjaman diasuransikan sehingga aman. Jika macet, dana dapat dikembalikan oleh asuransi
  • TKB90 adalah tingkat keberhasilan penyelenggara P2P lending dalam memfasilitasi penyelesaian kewajiban pinjam meminjam dalam jangka waktu hingga 90 (sembilan puluh) hari sejak tanggal jatuh tempo. Semakin tinggi nilai TKB, artinya semakin sedikit kredit bermasalah. Contohnya saat ini TKB yang ditulis pada website Investree (18 Januari) (investree.id) sebesar 96.1%, yang artinya kredit yang wanprestasi hanya 4%, ini lebih tinggi dibandingkan 2 hari lalu yang hanya 93%
  • Apa yang terjadi jika borrower mengalami kegagalan pembayaran? Untuk meminimalisasi risiko wanprestasi, Investre2, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akan melakukan analisis, seleksi, dan persetujuan berdasarkan sistem credit-scoring yang modern terhadap setiap pinjaman yang diajukan. Setelah dana Lender dicairkan kepada Borrower, Investree juga akan melakukan pengawasan untuk memastikan bahwa tidak ada penyalahgunaan terhadap dana yang diberikan, repayment pun dapat dilaksanakan tepat waktu. Jika Borrower mengalami kegagalan pembayaran, Investree akan segera mengambil tindakan untuk melindungi kepentingan Lender melalui pencairan jaminan.
  • Pada hari ke berapa pinjaman dapat diajukan untuk klaim? Periode klaim adalah 91 hari (sesuai kalender) setelah tanggal jatuh tempo pinjaman.

Salam.

Josephus Willy
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Investree:
[Total:25    Rata-Rata: 1.6/5]
Tanggapan Investree atas Surat Bapak Willy

Yth. Bapak Willy, Terima kasih atas informasi yang Bapak sampaikan di atas. Kami sangat mengapresiasinya dan mohon maaf atas ketidaknyamanan...
Baca Selengkapnya

18 komentar untuk “Investree, TKB 93% tapi yang Macet Banyak dan Belum Ada Kejelasan

  • 21 Januari 2023 - (10:36 WIB)
    Permalink

    Gada bedany dgn tani hub hahahah
    Macet pembayaran ke nasabah..asuransi hanya d ganti 30% dr janji 80%

    • 21 Januari 2023 - (18:43 WIB)
      Permalink

      Padahal CEO Tani Hub (yg sekarang sudah resign) itu orang yg digadang-gadang Presiden JKW. Ternyata zonk juga.

      2
      1
  • 21 Januari 2023 - (11:13 WIB)
    Permalink

    Akibat tergiur bunga yang tinggi dan janji diasuransikan modalpun jadi ga jelas balik atau tidak. Pelajaran berharga buat yang lain.

    7
    1
    • 21 Januari 2023 - (18:57 WIB)
      Permalink

      Seharusnya sblm melakukan pendanaan dipahami dl lah resiko pendanaannya, biasanya ada ulasan untk itu diaplikasinya, pengalaman waktu di Koin W*rks dana sempat terpending hingga 2 bulan pengembalian tapi akhirnya selesai jg walaupun yg balik cm modal doank. Semoga masalahnya cepat kelar dan buat orang orang miskin diluar sana yg bisanya ngoceh ttg riba riba emang kalian pikir sekelas bank syariah pun ga makan riba? pahami dl lah konsep keuangan yg benar perbanyak baca sblm menjudge orang lain.

      4
      5
  • 21 Januari 2023 - (16:53 WIB)
    Permalink

    sukurin, orang orang tamak memang pantas ketipu. berharap cuan gedhe eh malah ludes.. gak bakalan balik lah itu ranah perdata jg kamu ga bisa nuntut apa apa.. ikhlasin..

    7
    17
  • 21 Januari 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Sukurin, berbisnis dengan riba. Rasulullah SAW melaknat orang yang makan riba, yang memberi makannya, penulisnya dan dua saksinya.

    7
    20
  • 21 Januari 2023 - (17:44 WIB)
    Permalink

    Penulis belum paham prinsip dasar investasi. HIGH PROFIT HIGH RiSK. Saat pernah menikmati hasil tinggi kemana saja Bos ??

    5
    4
  • 21 Januari 2023 - (20:13 WIB)
    Permalink

    Pendana => pinjol => hasil gede => tidak dibayar..
    Peminjam => pinjol => bunga gede => gagal bayar..

    10
  • 22 Januari 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Bisnis kaya begininga cocok di indonesia.. banyak yg berhutang tp ga mau bayar, malah bangga kalo galbay.. dan asuransi di indonesia juga yaaa.. begitulah, janji tinggal janji..
    Banyak bersabar ya, untung sy msh percaya yg namanya deposito bank BUMN..
    So far saya rasain paling aman dibanding P2P begini

  • 22 Januari 2023 - (12:32 WIB)
    Permalink

    Kita juga butuh duit, ngapain dipinjamkan dengan iming iming imbal hasil yang mudah. Resikonya ya seperti yang TS alami, boncosss resikonya.

    Lebih baik, kalo uang kita putar dibuat modal usaha, daripada dipinjamkan sambil kita duduk, makan & tidur gak taunya uang kita dibawa kabur

  • 23 Januari 2023 - (12:31 WIB)
    Permalink

    lebih baik deposito di bank aja kalo ada uang nganggur. meski bunga kecil, tp aman, hati tenang, ga stress

  • 23 Januari 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Coba baca disclaimer di website resmi dia:
    “Layanan Pinjam Meminjam Berbasis Teknologi Informasi merupakan kesepakatan perdata antara Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman, sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan tersebut ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak.”
    “Risiko kredit atau gagal bayar ditanggung sepenuhnya oleh Pemberi Pinjaman. Tidak ada lembaga atau otoritas negara yang bertanggung jawab atas risiko gagal bayar ini.”

    Meminjamkan uang kepada orang yg dikenal saja, kita ragu dan takut tidak dikembalikan. Apalagi ini meminjamkan uang kepada orang yg tidak dikenal sama sekali. Anda sungguh ‘cerdas’. Ya.. ikhlaskan saja uang nya. Anggap pelajaran berharga.

  • 23 Januari 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Banyak aplikasi pinjol yg bangkrut, biar tau rasanya para lintah darat mengalami kebangkrutan juga

  • 23 Januari 2023 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Kalo mau invest aman mah mending beli emas, deposito, tanah / property.. emang cuannya agak lama tp pasti cuan walau naiknya ga signifikan dlm wktu dekat..

 Apa Komentar Anda mengenai Investree?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Investree, TKB 93% tapi yang Macet Banyak dan Belum Ada Kejelasan

oleh Willy dibaca dalam: 1 menit
18