Permohonan Pelunasan KPR BSI Lama dan Tidak Jelas

Saya nasabah KPR BSI, dengan nomor rekening pinjaman: 7096973335. Pada tanggal 22 Desember 2022, saya bermaksud untuk mempercepat proses pelunasan KPR di Bank BSI. Namun dari pihak BSI menginfokan sedang sibuk dan bisa diproses pada bulan Januari 2023. Saya terima dan saya sudah diberitahu estimasi yang harus saya bayar untuk pelunasan di bulan Januari 2023.

  • Pada tanggal 2 Januari 2023, saya sudah mengajukan permohonan pelunasan kepada pihak BSI, dan pihak BSI menginfokan untuk syaratnya cukup itu saja.
  • Pada tanggal 9 Januari 2023, karena belum info saya tanyakan kembali dan pihak BSI bilang “Semoga hari ini sudah bisa di proses langsung ya”.
  • Pada tanggal 11 Januari 2023, karena belum info saya tanyakan kembali dan pihak BSI bilang “Tunggu sebentar ya,”.
  • Pada tanggal 12 Januari 2023, karena belum info saya tanyakan kembali dan pihak BSI tidak membalas.
  • Pada tanggal 13 Januari 2023, karena belum info saya tanyakan kembali dan pihak BSI tidak membalas.
  • Pada tanggal 17 Januari 2023 karena belum info saya tanyakan kembali dan pihak BSI minta maaf dan bilang “Nanti saya cek ya”.
  • Pada tanggal 18 Januari 2023, saya tanyakan kembali karena tanggal 20 Januari akan didebit dan hitungan pelunasan akan berubah lagi. Namun pihak BSI bilang “Maaf sebelumnya, pengajuan yang kemarin dikembalikan lagi, untuk pelunasan griya/KPR di bulan Februari pak”.

Tentu saja saya kecewa, karena saya sudah ingetin berulang kali, tapi tiba-tiba bilang tidak bisa dilakukan pelunasan untuk bulan Desember dan Januari. Saya minta bukti info tersebut, tapi tidak dikasih.

NB: Sebelumnya saya sudah langsung ke kantor BSI. Namun security menginfokan untuk pelunasan harus melalui marketing. Kemudian saya telepon call center dengan info yang sama harus melalui marketing. Saya sudah meminta bantuan 2 marketing cabang BSI Cabang Bandung-Ahmad Yani, tempat peminjaman rekening. Berikut buktinya:

Mohon sebagai instansi yang besar bisa lebih profesional dan mohon proses pelunasan saya bisa diproses sebagaimana mestinya. Terima kasih untuk Media Konsumen, yang bisa menjadi wadah untuk kemajuan bersama.

Husna Idbarul Azis
Bojonegoro, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Permohonan Pelunasan KPR BSI Lama dan Tidak Jelas

    • 21 Januari 2023 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Sama seperti kejadian rekananku. Mau pelunasan KPR BSI akhir November & sudah setor dana pelunasan, tapi baru boleh dilunasi bulan berikutnya. Sudah pasti bank berhitung rugi pendapatan bunga kalau dilunasi akhir bulan. Kecuali anda melunasi dengan meminta diskon/keringanan (misalnya diskon biaya pelunasan dipercepat), biasanya diaràhkan untuk pelunasan di awal bulan berikutnya. Jangan percaya dengan alasan “sedang sibuk”. Bankir kelas apa yang menyampaikan alasan seperti itu ke nasabah.

      10
      • 21 Januari 2023 - (22:21 WIB)
        Permalink

        Mas Azis,maaf mungkin keluar dari tema…..Klo boleh tahu pas ajukan KPR BSI itu,pake akad apa?…..harap maklum kan BSI itu bank syariah….saya lum begitu soal perbankan syariah secara menyeluruh

  • 22 Januari 2023 - (22:05 WIB)
    Permalink

    Sepertinya yaaa, system BSI msh kacau karena BSI kan gabungan dr bbrpa bank Syariah, jd utk mensingkronkan dg system baru butuh waktu lama.. sepengalaman saya mah bgtu..

  • 23 Januari 2023 - (06:42 WIB)
    Permalink

    Situ ***** mau pelunasan pinjaman tapi dari Bank sekuler bukan asli bank BSI langsung karena bank BSI kerja sama dengan bank Lian nya yang ada diseluruh Indonesia ini jadi iya lama lah proses nya karena kerja sama itu banyak pihak terkait yang harus ditemui di data diselesaikan berkas nya jadi orang konsumen atau nasabah iya pinter lah meski sedikit

    • 18 Agustus 2023 - (19:13 WIB)
      Permalink

      Saya juga semoga mengalami hal yang sama. Setelah dipersulit dalam hal pelunasan, sekarang dipersulit dalam hal meminta surat keterangan Lunas agar bisa mengambil SHM rumah. Padahal saya sudah melunasi sisa pembayaran dan sudah Di debet dari Bulan Juni 2023. Tapi sampai sekarang, surat keterangan Lunas tidak juga keluar dari BSI. Dan ketika BI Checking, Nama saya masih ada tanggungan Di BSI padahal Ada Bukti sudah di debet dan marketing BSI juga sudah confirm. Ini bagaimana prosedurnya sih BSI??!! Kenapa gak professional! Apa harus saya viralkan dulu Di media baru ditanggepin? Contact marketing pun selalu dibilang masih progress, Mohon tunggu. Sampai kapan??!

    • 9 Desember 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Hallo mas, boleh share infonya utk proses percepatan pelunasan di BSI sperti apa ya mas.. Utk pembelajaran sy dan yg lain jg.. Tks

  • 12 Februari 2023 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Sama dengan sy, sangat sulit untuk melakukan pelunasan di BSI, padahal sy sudah sounding dri awal januari. Sampai sekarng blm ada info apapun. Kalau boleh tau mas aziz gmn caranya biar cepat ada respon dari pihak BSI

  • 4 Mei 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami masalah terkait pinjaman di BSI, marketingnya omdo, jadi emosi. Pas mau minjem gercep banget ngejar-ngejar buat akad, pas mau pencairan/pelunasan, lama banget. Sebal banget. Apa harus ditulis di media publik dulu supaya ditanggepin kaya gini???

  • 4 September 2023 - (16:49 WIB)
    Permalink

    Saya nasabah BSI yang juga mau melakukan pelunasan dipercepat, kredit KPR diberikan di bulan Feb 2013 dengan jumlah pokok pembiayaan 746jt + Margin 1.030jt, sehingga total pokok dan margin yg harus saya bayar selama 15 tahun sebesar Rp. 1.776.443.141.

    Tgl 25-Aug-23 saya mendatangi BSI cab Fatmawati Jakarta Selatan untuk menanyakan pelunasan jika saya mau melunasi segera, tapi saya diminta untuk mengirimkan pengajuan lewat email yang baru dibalas hari ini 4-Sep-23 dengan jumlah pelunasan sebesar 426jt. inipun dengan catatan jika saya mengajukan top up, jika tidak ada kemungkinan jumlahnya lebih besar lagi.

    Dengan angsuran yang sudah bayarkan lebih dari 10 tahun atau mungkin sekitar 126 bulan artinya dana yang saya sudah bayar ke BSI sekitar 1.20 Milyaran atau sekitar 70% dari kewajiban yang harus saya bayarkan, tapi kenapa keringanan yang diberikan oleh BSI hanya sebesar 43% dari pokok pinjaman saya.

    Saya paham akad yang diberikan murabahah, tapi mohon kebijakannya agar tidak terlalu membebankan nasabah kecil seperti saya yang sudah membayar tepat waktu dan bahkan memberikan margin besar dari total pokok pinjaman saya, tolong belajar dari kasus yg terjadi dengan bpk. Jusuf Hamka.

  • 15 Maret 2024 - (10:50 WIB)
    Permalink

    saya pun sama sebagai nasabah KPR BSI mengajukan percepatan pelunasan dari tanggal 16 Februari tapi katanya proses pelunasan dilakukan di periode tanggal 1-15, OK..sya tunggu sampai tanggal 1 Maret langsung ingetin marketingnya tapi sampai hari ini saya tulis pesan di tanggal 15 Maret masih belum pasti prosesnya. Belum lagi waktu pengambilan sertifikatnya 14 hari dari proses pemotongan biaya pelunasan….hadeuuuh

 Apa Komentar Anda mengenai KPR BSI?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Permohonan Pelunasan KPR BSI Lama dan Tidak Jelas

oleh Azis dibaca dalam: 1 menit
18