Klaim Asuransi JNE JTR

Assalamualaikum wr wb.

Saya Hadi Pramono pengguna jasa JNE JTR yang pada barang yang saya kirim mengalami kerusakan, dengan detail sebagai berikut:

No Resi: 090010112329222
Pengirim: Hadi Pramono
Penerima: Hadi Pramono
Jenis Kiriman: JTR (termasuk Packing kayu + asuransi)
Kota Asal: Palembang, Sumsel
Kota Tujuan: Curug, Tigaraksa, Kab. Tangerang
Isi Paket: 3 koli 1 resi dengan isi masing2 koli: – TV Samsung 65″ – Speaker Samsung curved, brecket, kabel dan remot – Speaker bass Samsung.

Kronologi:

Pada tanggal 14 Januari 2023 saya mengirimkan paket tersebut di atas ke kantor JNE pusat di Palembang. Ketiga paket tersebut sudah saya bungkus dengan bubble wrap. Namun oleh pihak JNE paket harus dibongkar dan diperiksa karna paket diasuransikan. Setelah diperiksa ketiga paket tersebut diterima dengan kondisi baik (TV dalam keadaan nyala dan tidak ada kerusakan sama sekali) dan selanjutnya paket kembali di-packing dengan dibungkus bubble wrap – kardus – bubble wrap – kayu tipis. Total nilai barang Rp. 24,000,000 dengan rincian TV Rp. 17,000,000 dan Kedua speaker Rp. 7,000,000.

Singkatnya pada malam 18 Januari 2023 pihak kurir JNE menghubungi saya untuk menginfokan bahwa paket akan diantarkan ke alamat tujuan.

Setelah paket tiba yang diserahkan kurir hanya 2 koli yaitu kedua Speaker Samsung, dan saya infokan ke kurir bahwa kiriman saya ada 3 koli yang 1 koli lagi adalah TV. Selanjutnya bapak kurir tsb konfirmasi ke kantornya terkait kekurangan paket yang diterima, setelah dicek paket menyangkut di gudang dan akan dikirim disusulkan besok hari.

Malam tanggal 19 Januari 2023 1 koli (isi TV) tiba di rumah dengan kondisi kayu packing dalam keadaan rusak pada bagian sisi kanan tidak terdapat kayu penahan atau mungkin terlepas (foto terlampir). Besoknya tanggal 20 Januari 2023 siangnya paket saya buka dan pada saat TV dinyalakan dalam keadaan rusak yaitu LCD pada bagian kanan pecah (foto terlampir).

Mengetahui hal tsb saya langsung menghubungi pihak JNE untuk mengajukan klaim, oleh mereka diarahkan untuk mengirimkan berkas via email ke dan langsung saya kirimkan.

Dalam 2 hari setelah berkas dikirim ada beberapa pihak yang menghubungi via WA untuk menanyakan perihal kerusakan dan meminta dokumen/berkas yang sama dengan yang diminta CS JNE. Pihak tsb yaitu, – JNE Care Tangerang, JNE cabang (kurir, Curug), JNE Pusat Palembang kemudian semua pertanyaan dan berkas yang diminta saya kirimkan ke mereka masing2.

Pada saat itu info dari JNE Care Tangerang bahwa penyelesaian klaim dalam waktu 14 hari kerja.

Sampai dengan surat ini saya tulis belum ada pihak JNE baik pusat maupun JNE Palembang menghubungi saya terkait penyelesaian klaim saya. Saya sudah menghubungi JNE pusat, JNE Palembang via email, telepon, WA namun semua jawaban mereka sama yaitu sedang dalam penanganan dan disuruh untuk menunggu.

Pertanyaan saya, kapan klaim saya akan diselesaikan? Sudah lebih dari 14 hari kerja sejak berkas saya kirimkan namun belum ada satu pihak pun yang menghubungi saya untuk penyelesaian klaim. Minimal menyampaikan cara penyelesaian klaim bagaimana, apakah menanyakan nomor rekening atau menginfokan uang klaim akan diberikan secara tunai? Saya rasa progres klaim akan hampir selesai bila pihak JNE menanyakan terkait cara penyelesaian klaim, namun sayang sampai saat ini belum ada.

Sebelumnya dan sesudahnya saya sampaikan terima kasih kepada Media Konsumen telah menjadi wadah untuk keluhan pelanggan di Indonesia dan saya banyak belajar di sini.

Semoga dengan adanya surat ini pihak JNE sebagai yang bertanggung jawab atas kerusakan dan klaim dapat membaca dan segera bertanggung jawab untuk menyelesaikan case ini.

Salam,

Hadi Pramono
Curug, Tangerang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan JNE untuk Keluhan Bapak Hadi Pramono

Sehubungan dengan surat pembaca yang telah dimuat di mediakonsumen.com pada tanggal 11 Februari 2023 berjudul “Klaim Asuransi JNE JTR” kami...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Klaim Asuransi JNE JTR

    • 11 Februari 2023 - (15:18 WIB)
      Permalink

      Sangat riskan sekali tv lebar besar, saya pesen lcd laptop 14″ aja retak, saya juga pernah angkat 2 tv samsung 55″ dan 60″ turun tangga ber dua berat nya minta ampun. Apalagi kalau di lapangan yg asal main angkat dan lempar brakk.

        • 11 Februari 2023 - (21:54 WIB)
          Permalink

          Syarat komplain yg bs dipercaya/diterima harus ada video unboxing tanpa terputus dari awal bukak paket sampai akhir, ops jangan lupa photo dulu sebelum n sesudah video unboxing ke 4 sisi paketnya. Salam oi

    • 13 Februari 2023 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Saya duli langganan pakai jne peking kayu, jualan saya minyak kayu putih ambon botol kaca, dan selalu ikut aturan peking jne untuk peking kayu, paketnya saya pake kardus , bubble dan stirofoam , akan tetapi selalu dibongkar tanpa konfirmasi ke pengirim , stirofoamnya dilepas alasannya gak muat dikayuin, dan nyampe selamat, ya udah tapi terakhir ada laporan customer saya kalau stirofoamnya kenapa gak pake lagi jadi lah kami investigasi ternyata dicopot jne. Kapok deh pake jne, sekarang pake jnt sama sicepat gak pernah tuh suruh pake kayu wkwkwkwk aman2 aja alhamdulillah , bilang aja mau nambah ongkir .modus aja padahal paketan sdh kami kirim ampe luar negri juga gak masalah , pas pake jne bocorlah, rembeslah eh taunya dibongkar.

    • 14 Februari 2023 - (09:31 WIB)
      Permalink

      Via DM apa ini ?
      Ga ada update, info, atau apapun itu via apapun !

  • 11 Februari 2023 - (18:20 WIB)
    Permalink

    Maaf ya gan, ikut nimbrung krn mnrt saya ada kejanggalan.
    1. Di foto tv nya terlihat layar retak/pecah di sisi yg rusak, normalnya jika dr awal sudah begitu… Ngga mungkin masih maksain masang bracket, dll… Bikin dokumentasi.. Mlalu balikin kotaknya lagi (itu kalo saya dan rasanya org laen jg akan begitu..)
    2. Anda menyatakan: Besoknya tanggal 20 Januari 2023 siangnya paket saya buka dan pada saat TV dinyalakan dalam keadaan rusak yaitu LCD pada bagian kanan pecah (foto terlampir). – – namun foto WA jelas tertera foto dikirim tgl 26 jan (kalo bisa, lampirkan screenshot galeri anda yg tgl 20, sebagai bukti konkrit agar tidak menuduh yg ngga2)

    Krn tv nya curved, pasang bracket tentunya tidak semudah yg layar standar/rata… Mungkin ngga sih saat pasang bracket itu tenaganya over jd break lalu anda panik… Atau bisa jg sekian hari dipasang, lalu ada anggota keluarga yg lalu lalang dpn tv dan krn curved (sisi nongol melengkung), ga sengaja senggol.

    Maaf ya kalo kenyataan nya bkn demikian, namun sudah sering byk org drama ngarang cerita sendiri di sini, jd kalo ada kejanggalan (terutama no. 1), jd ber tanya2.

    4
    10
    • 11 Februari 2023 - (18:50 WIB)
      Permalink

      Hahaha, sayangnya anda salah gan.
      Dan cara anda komentar sepertinya anda sudah pernah mengalami dan melakukan hal tsb.

      Foto tv yg pecah itu SS chat sama petugas JNE, karna foto dari galeri tidak bisa diupload karna oversize 5 Mb max upload platform 2 Mb jadi saya SS chat untuk size yg lebih kecil.

      Main kerumahlah klo mau jelas, hubungi 082328956151, udah kyak detektif aja. Tanpa tau yg sebenarnya.
      Walaupun udah minta maaf, gede aja liat komentar anda. !!!

      4
      1
      • 11 Februari 2023 - (19:02 WIB)
        Permalink

        Tv samsung qled saya jauh lbh mahal drpd pny anda, dan beli nya lsg di best denki dan dianter serta dipasang teknisi, jadi nasib saya tidak akan spt anda. Ya syukur kalo memang anda pegang bukti unboxing dan kondisi tv saat baru dibongkar, kalo hanya berbekal foto tv retak yg sudah terpasang bracket, sbg pihak asuransi juga akan berpikiran seperti saya. Good luck, semoga cair klaim nya.

        2
        2
      • 11 Februari 2023 - (19:32 WIB)
        Permalink

        Di sini MK inti nya biar rame aja pak, memang pada ditektif semua @ Pak Hadi, jadinya pada bisa berasumsi liar, Jika upload foto, screenshot, video saat terima barang, unboxing kurang lengkap maka mikir nya jg bisa macem2. Saya jg pernah salah nuduh di MK yg “hp samsung 14 jt sdh asuransi isinya kayu tapi akhirnya claim berhasil.”

        Saya jg pernah pasang sendiri 5 unit tv 32″ ke tembok bor sendiri, kalau angkut yg 55 ” & 60 inci ber2. Pasang di bracket di tembok . Harus extra hati2 handle nya Beratnya minta ampun Pak, ga boleh lengah, slebor dikit brakkk. Jadi tahu rasanya meng handle tv sebesar itu. Semoga claim 17 jt berhasiil ya Pak sama jne.

        2
        1
        • 12 Februari 2023 - (00:28 WIB)
          Permalink

          Pengalaman Pribadi,
          Jika di rasa Barang itu mahal.
          Minta si kurir untuk standby menjadi saksi bahwa paket yang sudah sampai itu normal.

          Biasanya setelah tau harga barang mahal, si kurir bersedia untuk menjadi saksi barang tersebut ketika unboxing.

          Mungkin barang yang saya beli tidak semahal anda. Tapi saya mencoba meningkatkan nilai barang bukti, ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

    • 23 Februari 2023 - (13:30 WIB)
      Permalink

      Memalukan, nuduh negatif orang lain yang berkata benar dan jujur. Ternyata akhirnya memang claim approved

  • 13 Februari 2023 - (09:38 WIB)
    Permalink

    Apapun itu, asuransi jiwa kah, asuransi barang kah, kalau hubungannya sudah KLAIM asuransi, pasti akan mbulet pada waktunya

  • 14 Februari 2023 - (10:58 WIB)
    Permalink

    *Update
    Hari ini selasa 14 Februari 2023 10:14 WIB.
    JNE pusat Palembang menginfokan via WA :

    **Qte**
    selamat pagi pak,untuk pengajuan klaim asuransinya sdh di approve, bisa dibantu untuk kirim nomor rekeningnnya pak untuk kami proses budget transfer klaimnya maksimal tgl 24-2-2023
    **Unquote**

  • 20 Februari 2023 - (22:19 WIB)
    Permalink

    Update :
    Hari ini tgl 20 Februari 2023, pihak JNE telah menyelesaikan claim dgn mentransferkan uang sejumlah total kerugian.

    Terimakasih Media Konsumen, terimakasih semua atas masukan dan doanya.

    Untuk yg lain yg sedang atau akan mengajukan klaim, jgn lupa untuk selalu follow up setiap saat, email ,wa, tlp dan yg paling penting adalah upload cerita kalian di MK. !

    Terimakasih

 Apa Komentar Anda mengenai JNE Express?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi JNE JTR

oleh Hadi PRAMONO dibaca dalam: 2 menit
17