Mohon Bantuan Mediasi Terkait Masalah Salah Transfer Sesama Rekening BRI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada Yth.
PT. Bank Republik Indonesia
Di tempat

Mohon bantuannya dari pihak Bank BRI terkait masalah yang saya alami. Pada tanggal 4 Februari 2023 pukul 19.43 WIB, saya melakukan salah transfer melalui mobile banking BRIMO, dari no rekening: 7005 **** **** 533 atas nama: Ana Rahmawati ke nomor rekening: 5717 **** **** 533 atas nama: Misni. Yang seharusnya ke nomor rekening:6819 **** ****530 atas nama: Misni.

Saya sudah melaporkan masalah saya ini ke callbri@bri.co.id dan juga nomor 150017, dan mendapatkan nomor tiket TTB000044450029 namun belum mendapat kepastian dan jawaban dari pihak BRI.

Adapun kronologinya saya mentransfer melalui aplikasi Brimo ke nomor teman saya atas nama Misni, namun saya tahu bahwa ternyata salah transfer setelah saya mengirimkan bukti screenshot ke teman saya dan ternyata nomor rekeningnya berbeda dengan nama yang sama yaitu Misni.

Saya mohon bantuan mediasi kepada pihak Bank BRI terkait untuk membantu menyelesaikan masalah saya. Dan mungkin juga pihak penerima dana atas nama Misni membaca surat ini juga. Karena saya tidak tahu dan tidak kenal sama sekali dengan Misni penerima dana yang salah transfer ini.

Sekian, atas bantuannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamuā€™alaikum, wr. wb.

Ana Rahmawati
Jakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai permohonan ini:
[Total:34    Rata-Rata: 3.9/5]
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Ana Rahmawati

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan yang Ibu...
Baca Selengkapnya

60 komentar untuk “Mohon Bantuan Mediasi Terkait Masalah Salah Transfer Sesama Rekening BRI

  • 12 Februari 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Sebelum input pin brimo kan muncul layar konfirmasi Kak, kalo udah sesuai terus baru kita lanjutkan. Semestinya kita sebagai nasabah harus lebih teliti juga lihat detail rekening tujuan dilayar konfirmasi tsb. Setau aku kalo ada salah transfer gini, pihak bank bakalan hubungin orang tujuan transfer dulu, kalo udah buat laporan, ditunggu dulu aja Kak. Semoga cepat selesai ya.

    17
    2
    • 14 Februari 2023 - (07:09 WIB)
      Permalink

      Iyaa kak. Betul saya sudah input nomernya. Dan keluar atas nama misni. Jadi saya tau kalau itu beda no rek setelah hasil ss malahan keesokan harinya katanya uang gak masuk ke no misni yg saya tuju. Baru kali ini pertama koq bisa gitu. Saya bingung juga. Saya sudah lapor dan ikutin semua arahan bri. Pihak bri bilang katanya si misni gak bisa dihubungi sampai saat ini. Maka dari itu saya tulis berita disini. Berharap semoga ada rezeki masih balik itu dana.

      • 14 Februari 2023 - (12:12 WIB)
        Permalink

        Gw malah korban safety mode, uang otomatis transfer sendiri ke orang yang tidak dikenal total sekitar 10 JT bulan Desember 2022 ….. Sedih bukan šŸ˜­šŸ˜­
        Sekarang mah lebih hatiĀ² kalau menggunakan aplikasi, kejahatan lebih mudah

    • 14 Februari 2023 - (07:06 WIB)
      Permalink

      Baik, terimakasih saya mohin bantuan dari pihak bri untuk memberi info kepada pihak penerima dana transfer atas nama misni. Karna saya sama sekali gak tau itu misni siapa. Trim’s

    • 18 Februari 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Setelah dilakukan penelitian saat ini yang bersangkutan tidak mengetahui bahwa ada dana masuk ke rekening tersebut. Dikarenakan rekening tersebut sudah tidak digunakannya lagi dan digunakan oleh keponakan saudara Ibu Misni dan yang bersangkutan tidak bersedia mengembalikan dana tersebut. Silakan Ibu dapat melakukan konfirmasi ke kantor BRI terdekat. Tks^Vini

      Kalau jawaban bank seperti itu bagaimana ? Sedangkan dana salah tf katanya di blokir oleh bank bri ? Mohon penjelasan donk

  • 12 Februari 2023 - (12:16 WIB)
    Permalink

    ga bakal balik, selain ikhlas kita gak bisa apa apa.. salah no tujuan dan nama bisa beda jauh gitu dengan rek penerima aslinya kan aneh, bank menganggap gitu..

    akhir akhir ini banyak penipuan dg modus begitu, orang beli barang sudah transfer terus ngaku salah transfer. di bri sudah banyak kejadian serupa sehingga skrg lebih ketat diperiksanya

    nggak bisa orang asal lapor salah transfer langsung di refund

    17
    4
    • 12 Februari 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Klo mmng bnat bgtu kronologisny y tnggal mnunggu kbaikn si penerima dnany utk ngembaliin duit smpeyan mbae

      • 12 Februari 2023 - (14:04 WIB)
        Permalink

        seharusnya melalui aplikasi brimo bisa no rekening dihapus sesuai keinginan, karena rawan salah kirim.

    • 12 Februari 2023 - (23:58 WIB)
      Permalink

      Kan seharusnya nomor dulu dimasukkan baru keluar namanya, sementara nomor rekening misni 1 dan misni 2 itu jauh berbeda loh. Liat saja nomor awalnya 5717 dengan 6819 . Jauh sekali perbedaannya

      • 14 Februari 2023 - (07:11 WIB)
        Permalink

        Iya betul nama sama kak. Dan saya gk pernah tf ke no misni sebelumnya

  • 12 Februari 2023 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Biasanya klo sesama bank dari pihak bank bisa di tarik lagi asal langsung melaporkan. Kecuali antar bank atau ke virtual account itu tidak bisa. Saya juga pernah mengalami hal tersebut tapi beda bank

    • 12 Februari 2023 - (17:50 WIB)
      Permalink

      Nggak bisa Bro! Pihak Bank hanya bisa membekukan Dana yg salah transfer sebelum digunakan, itupun dg catatan segera lapor dan dana belum digunakan. Selanjutnya tinggal tunggu niat baik Sinasabah penerima salah transfer tsb untuk mengembalikan alias transfer balik.

    • 14 Februari 2023 - (07:12 WIB)
      Permalink

      Saya sudah lapor kak ke bri. Cuma emang harus persetujuan pihak penerima dana. Masalahnya gak bisa dihubungi kata pihak bank. Dan saya disuruh datang lagi ke kantor bri lagi.

    • 14 Februari 2023 - (07:13 WIB)
      Permalink

      Betul kak begitu. Padahal saya input no dulu baru keluar nama kan. Biasanya juga yg udaj2 gitu. Nah baru OK. Sejak kejadian ini hati2 betul kalau tf via brimo.

  • 12 Februari 2023 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Nama penerima /nama yg punya rek tujuannya sama ya.. MISNI… šŸ¤”šŸ¤”
    Banyak juga yg namanya misni..šŸ¤­šŸ˜

    Sabar aja ya boss… Berdoa aja semoga masih rejekinya jd bisa balik lagi.. aaamiin

    • 14 Februari 2023 - (07:14 WIB)
      Permalink

      Aamiin. Iyaa kak betul. Saya juga baru ngeh ternyata nama bisa sama persis gitu. Semoga maaih rezeki dan kali aja ada nama misni yg no rek tersebut yg baca. Makaanya saya tulis disini.

  • 12 Februari 2023 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Itu ngarang penulis nya, coba norek jangan di skip pasti gak ada tu nama yg bersangkutan

      • 14 Februari 2023 - (07:19 WIB)
        Permalink

        Itu dia bisa jauh sekali dan bener2 gak tau kalau yg misni beneran mau di tf gak komplen karna uang gak masuk.

    • 14 Februari 2023 - (07:19 WIB)
      Permalink

      Capek kak ya ngarang2 kalau gak bener ngapain. Minta yg bukan hak kita. Coba aja kak cek nih gk saya skip 5717 0101 0083 533 a/n MISNI. Sekalian dari pembaca semua yg baik hati mungkin kenal dg misni tersebut. Trims.

  • 12 Februari 2023 - (15:15 WIB)
    Permalink

    Yakin gk kenal ? Kemungkinan norek di save makanya ada 2 misni dr noreknya aja beda jauh, sblmnya pernah transaksi ke misni yg sslah ini, . Kedepannya lebih teliti

    • 12 Februari 2023 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Sipenulis emang nggak kenal Bos… Yg kenal adalah orang yg pernah minta tolong ditransfer ke Nasabah a/n MISNI. Mungkin si penulis ini adalah pelaku usaha macam Brilink, banyak orang transaksi dan kemungkinan emang ada beberapa nomor rekening yg disave untuk memudahkan transaksi selanjutnya karena sudah sering transaksi. Saya termasuk pelaku usaha macam itu, dan memang usaha ini butuh kesabaran dan ketelitian.

      • 12 Februari 2023 - (20:38 WIB)
        Permalink

        Temen sy minta tolong transfer dari brimo ga tuh di save nomornya karena bkn seorang yg akan sy transfer lg.

      • 13 Februari 2023 - (01:47 WIB)
        Permalink

        Masa sih 2 org namanya sama MISNI plek ketiplek, g ada tambahan di belakangnya, berarti penulis pernah transaksi dengan kedua org yg bernama MISNI, karena itu ada namanya di daftar transaksi., klo dr no rek sangat jauh antara MISNI yg satu dg MISNI yg satunya. Ini sangat tdk msk akal, bisa terjadi kesalahan kirim, ini indikasinya penulis punya no. HP 2 org MISNI, tinggal hubungi saja minta transfbeck

        • 14 Februari 2023 - (07:36 WIB)
          Permalink

          Kalau ada no misni si penerima gk perlu ke sini buat tulisan kak. Masalahnya saya gak tau misni siapa dan gk ada kontaknya kak.

      • 14 Februari 2023 - (07:24 WIB)
        Permalink

        Iya kak. Saya pelaku usaha tapi saya pake rek bri pribadi aja. Nah transaksi saya gak banyak juga kak karna baru. Saya juga gk nyimpen data orang yg tf. Jadi tiap ada tf baru saya input no dan keluar nama gitu aja terus kak. Baru ini juga salah dg nama sama rek beda. Si yg tf juga gak ada kontak pak karna dia nyebutin angka no misni benar itu aja.

        • 14 Februari 2023 - (14:04 WIB)
          Permalink

          Kalau seperti itu kejadiannya ya minta tanggung jawab orang yg minta tolong transfer tadi, kan dia yg nyebutin nomer rekeningnya, bukan anda yg salah. Apa anda transfer 2 kali karena yg pertama salah kirim?

    • 14 Februari 2023 - (07:21 WIB)
      Permalink

      Iya kak betul gak ada. Sudah saya liat2 semua transaksi satu persatu gk ada misni yg salah tf itu kak. Iya kak pasti sangat lebih teliti setelah kejadian ini.

  • 12 Februari 2023 - (17:37 WIB)
    Permalink

    1/10000 peluang kemungkinan nama yg sama dengan rekening beda, kebetulan yang sangat jarang terjadi.

    • 12 Februari 2023 - (18:02 WIB)
      Permalink

      Untuk pelaku usaha koperasi dg nama yg sama tapi nomer rekening berbeda itu banyak Bosss…. Jadi nasabah tak perlu jauh -jauh bayar angsuran, cukup lewat Brilink di dekat rumah.

      • 13 Februari 2023 - (00:04 WIB)
        Permalink

        Walaupun nama sama, tapi nomor rek misni 1 dan misni 2 itu jauh sekali bedanya, coba liat suratnya yang diatas 4 angka awalnya saja beda sekali

        • 14 Februari 2023 - (03:17 WIB)
          Permalink

          Itulah kesalahan Sipenulis, tidak teliti. Saya sendiri ada save 1 nama sama dg 3 nomor rekening yg berbeda. Pekerjaan saya macam Brilink, transfer & top up.

    • 14 Februari 2023 - (07:29 WIB)
      Permalink

      Iya kak dan ternyata banyak kejadian gini . Saya baca2 sampai ketemu disini berharap masih rezeki jadi berusaha disini biar ada respon dari bri juga. Untuk bantu mediasi ke pihak penerima salah tf.

  • 12 Februari 2023 - (17:58 WIB)
    Permalink

    FIX ini ngemis gaya baru, sudah banyak yang kayak gini di MK. Ngaku salah transfer dengan norek beda tapi nama sama. Bukti transfer seperti itu gampang dibuat, coba tunjukkan foto transaksi di buku rekening pasti gak akan berani, karena transaksi ini tidak ada alias fiktif belaka.

    • 12 Februari 2023 - (21:36 WIB)
      Permalink

      Hati2 menuduh org sembarangan. Pihak Bank juga gk sebodoh itu tanpa melihat mutasi rekening penerima & pengirim.

      Hanya masalahnya si pengirim kok bisa salah transfer padahal norek jauh beda nomornya. Kemungkinan pernah transfer sebelumnya hingga tersimpan nomor yg salah.

      • 13 Februari 2023 - (18:24 WIB)
        Permalink

        Saya memang menuduh sembarangan, karena saya termasuk orang yang tidak percaya dengan kasus seperti ini. Saya sudah sering melihat kasus-kasus yang seperti ini diposting di MK. Coba dia berani tidak menyertakan foto transaksi di buku rekening. Bukti transfer digital sangat mudah dibuat. Logika saja kalau memang salah transfer nomor seharusnya cuma salah satu dua angka. Okelah kalau salah ketik transfer nama, itu berarti 2 nama yang sama di transaksi mobile adalah 2 orang yang dikenal oleh penransfer uang karena dia pasti pernah transaksi dengan keduanya dan tersimpan di list daftar transaksi, dan karena mereka saling kenal seharusnya bisa diselesaikan dengan cara komunikasi. Modus penipuan yang seperti ini sudah sering terjadi, mereka bertindak sebagai playing victim padahal mereka aslinya pelaku kejahatan.

        • 14 Februari 2023 - (07:33 WIB)
          Permalink

          Kak kalau baca itu keseluruhan ya jangan setengah2. Jadi mau nuduh sembarangan juga biar gak lucu. Jelas salah tf no rek beda jauh yg sama hanya nama. Semoga kakak selalu benar ya dalam hak tf. Baik2 kak. Trims.

    • 14 Februari 2023 - (07:31 WIB)
      Permalink

      Kak kalau ngemis gaya baru kyknya sedikit kalau cuma 800 ya. Banyak di media ini yg jutaan juga kalau masih rezeki balik koq. Saya cuma usaha disini selebihnya urusan yang diatas.

    • 14 Februari 2023 - (07:37 WIB)
      Permalink

      Iya kak. Yg jadi masalah sipenerima tf tidak bisa dihubungi dan dikonfirmasi. Itu terahir laporab dari bri. Dan saya disuruh mengajukan lagi pengaduan salah tf ke kantor bri.

  • 13 Februari 2023 - (08:41 WIB)
    Permalink

    norekening berbeda jauh lo, emang sampeyan dapat nomor rekening darimana? jauh banget lo, kalaupun cuma beda 2 angka belakang nomor wajar. kan pastinya sebelum kirim dapat nomor rekening dari teman anda dulu, baru kirim uang, “setelah saya mengirimkan bukti screenshot ke teman saya dan ternyata nomor rekeningnya berbeda dengan nama yang sama yaitu Misni.” dari sini agak rancu, bukan menuduh apa apa, tapi harusnya udah dpt no rekening dr teman anda dulu, baru anda kirim kan? #hanyapendapat

    • 14 Februari 2023 - (07:39 WIB)
      Permalink

      Betul kak nah itu. Saya ngetiknya input ya nomer yg bener. Tiba2 hasilnya beda taunya dari hasik ss kak. Saya baru pertama kali juga bingung kan. Gak masuk akal bener. Gak tau nomer misni yg salah koq bisa muncul.

  • 13 Februari 2023 - (09:26 WIB)
    Permalink

    Ini mah namanya ******, jelas bener beda norek ny,
    Kalo cuma beda 1angka okelah
    Jelas bener beda lah masih d terusin trfx,

  • 13 Februari 2023 - (18:56 WIB)
    Permalink

    Kalo memang salah transfer semoga ada itikad baik dri orng bersangkutan buat balikin duit km .

    Kalo cuman modus . Wah salah tempat dong ngepost di sarang detektiv šŸ˜

  • 13 Februari 2023 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Maksud ts disini minta dimediasi sma pemilik rekening yg salah transfer oleh petinggi bank bri.. Tapi maunya biar lebih kuat bikin surat laporan polisi biar di respon lebih cepat…

    • 14 Februari 2023 - (07:42 WIB)
      Permalink

      Iyaa kak betul. Maksud saya begitu. Saya hanya minta tolong pihak bri hubungi misni atau memberi tau kalau ada dana salah tf yg bukan haknya. Nah bri bilang misni gk bisa dihubungi. Makanya saya coba cari lain. Masa hubungi nasabaah gak bisa gitu.

 Apa Komentar Anda mengenai permohonan ini?

Ada 60 komentar sampai saat ini..

Mohon Bantuan Mediasi Terkait Masalah Salah Transfer Sesama Rekening Bā€¦

oleh Ana Rahmawati dibaca dalam: 1 menit
60