Apakah ini Salah Satu Modus Penipuan Pekerjaan Secara Online yang Ramai Dibicarakan?

Sekedar cerita dan berbagi pengalaman, tentang modus penipuan iming-iming pekerjaan di online, yang katanya hanya membuat ulasan atau testimoni di akun pemilik toko online di Bukalapak ataupun Shopee.

Saat ini Rabu 1 Maret 2023, kebetulan saya sedang diprospek oleh akun WhatsApp cewek. Seperti yang tertera dalam screenshot percakapan WhatsApp yang saya upload itu, dia mengaku atas nama Bella Anggraeni. Awal cerita, perkenalan kami dari aplikasi pertemanan sekitar 3 bulan lalu. Saat awal perkenalan dia hanya kirim foto-foto yang lumayan meyakinkan, katanya sedang online membuat ulasan pesanan di Bukalapak dan Shopee, serta foto-foto kegiatan lainnya yang memamerkan gaya hidup high class.

Singkat cerita, saya pun sejak awal tidak punya rasa curiga sedikit pun tentang pekerjaannya. Namun dengan berjalannya waktu, saya berinisiatif untuk mengajak ngobrol via video call, tapi dia selalu menolak dengan alasan yang kurang masuk akal menurut saya. Dari situ saya mulai curiga. Bisa saja foto-foto yang dikirim ke saya tersebut hasil dari Google.

Nah, semakin hari sampai saat ini kecurigaan saya semakin bertambah, karena dia memprospek saya untuk mau ikut bergabung kerja online dengan membuat/menulis ulasan/testimoni di akun Bukalapak. Yang katanya sih penghasilannya lumayan cukup menggiurkan nominalnya. Namun kurang bisa masuk akal menurut saya.

Dalam hati saya sebenarnya sudah curiga, tapi sengaja saya ingin tahu modus dia itu seperti bagaimana. Alhasil dia mengarahkan saya untuk kirim WhatsApp ke nomor yang dia beri ke saya, katanya sih nomor tersebut merupakan admin sistem dari layanan Bukalapak (screenshot terlampir).

Namun sebelum saya mengikuti arahan dia tersebut, saya sempatkan untuk browsing dan saya menemukan situs mediakonsumen.com ini tentang artikel penipuan kerja online, ternyata sudah banyak korbannya.

Dari hal itu kecurigaan saya semakin kuat bahwasanya saya hampir saja akan dijadikan sebagai target penipuan oleh mereka. Maka dari itu saya berinisiatif untuk posting di sini, dengan harapan agar pembaca juga selalu berhati-hati untuk tidak serta merta mudah percaya dengan iming-iming yang kurang masuk logika. Agar terhindar dari menjadi korban penipuan yang seperti itu!!

Terima kasih, mudah-mudahan postingan ini bisa bermanfaat untuk semuanya agar bisa lebih waspada dan terhindar dari segala bentuk modus penipuan.

Agus Effendy
Jember, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai pengalaman ini:
[Total:42    Rata-Rata: 4.2/5]

33 komentar untuk “Apakah ini Salah Satu Modus Penipuan Pekerjaan Secara Online yang Ramai Dibicarakan?

  • 1 Maret 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Penipuan sih ini, apa jaminannya kalau sudah beli maka akan dibalikkan uangnya +10% komisi?. Kan kalau sudah nulis review berarti sudah mengklik bahwa barang sudah sampai tanpa ada masalah yang artinya BL sudah meneruskan uang ke penjual?.

  • 1 Maret 2023 - (11:44 WIB)
    Permalink

    Fix percobaan penipuan. Lagipula saya yakin yg mengaku bernama Bella Anggraeni itu adalah LANANG alias COWOK! 😂

    22
    • 2 Maret 2023 - (12:35 WIB)
      Permalink

      asli nya dia emang cewek bos,. tp emang komplotan penipu,.
      bermain halus dia,.

      • 3 Maret 2023 - (11:10 WIB)
        Permalink

        Sama gue juga ada yg nawarin beginian , nanti nya emang dapet tugas di transfer uang klo udah ngerjain tugas . Pokonya klo udah ngikutin tugas nya ampe dapet transferan ikutin aja nah klo nanti udah di suruh topup berhenti aja . Lumayan nuyulin penipuan kek gini , anggap aja kita nurut2 aja tugas nya dan bila mana disuruh topup baru kita stop yg penting transferan tugas nya udah masuk rekening kita . Gue juga nuyulin kek gini lumayan 3x dapet uang gratis hehe

  • 1 Maret 2023 - (12:17 WIB)
    Permalink

    Modus penipuan ini hati hati, kasus ini ada kejadian pernah dibahas sama YouTuber, korbannya juga pernah diwawancara, saran saya kalo ada pesan kayak gitu abaikan saja, blok nomornya

  • 1 Maret 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Ya ini 100% penipuan. Afiliasi yang terlegitimasi tidak butuh pihak ketiga, yang justru membuat budget bengkak. Ada program yang jelas dan dipublikasikan langsung oleh perusahaan bersangkutan, bukan lewat WA admin ini itu anu.

    Sebetulnya TS bisa menanyakan hal-hal begini langsung ke CS perusahaan bersangkutan (dalam hal ini Sopi dan BukaLayaw), atau telusuri web resmi perusahaan bersangkutan terkait program afiliasi dan sejenisnya.

  • 1 Maret 2023 - (12:45 WIB)
    Permalink

    Oh temannya sy udah pernah kena ini.kita seolah olah suruh beli dan transfer dgn nilai yg kecil dulu,nanti uang kita dibalikkin plus bunganya.begitu terus,sampe si korban percaya dan nilai nominalnya makin besar,stlh nilainya besar br kabur dia

    11
  • 1 Maret 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Baru sekitar hampir 2 Mingguan sy dapat wa yg mengatasnamakan Bella juga, menawarkan pekerjaan di shopee. Kalo sy, simpel saja langsung laporkan dan blokir. Pokoknya no telp tidak dikenal telp tdk akan prnh sy angkat. Bila wa maka akan sy baca dl, bila menawarkan yg tdk masuk akal ya langsung laporkan dan blokir saja.

    10
    • 2 Maret 2023 - (12:38 WIB)
      Permalink

      si bella,. udh di bella bellain malah jd tukang kibul ya,…
      itu pun sy jg yakin dia hanya mencatut nama org lain,…

    • 2 Maret 2023 - (12:39 WIB)
      Permalink

      akun di aplikasi hijau saya malah njijiki ,. isinya pd akun g jls,.
      cb pake aplikasi merah,malah banyak penipunya..ujung -ujungnya

      • 4 Maret 2023 - (20:08 WIB)
        Permalink

        tantan jg bs d coba om. sy ketemu pasangan di sana dan alhamdulillah hubungan berjalan sdh 3 tahun menuju 4. btw ty sharingnya om, ternyata banyak ya modus-modus seperti ini

  • 1 Maret 2023 - (21:49 WIB)
    Permalink

    gw jg prnh dpt WA kek gitu.trs gw cari info,trnyta itu slh satu modus penipuan.slanjutnya nongol lg WA dgn nomor baru lg.gw cuekin aj tuh hahaha asu emang.

  • 2 Maret 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    kemarin siang sy jg malah dapat watsapp lg, di nomor saya yang satunya, penawaran dr shopee katanya,. setelah sy balas sy beri link nya mediakonsumen.com akhirnya dia ngacir dan wa sy di blokir oleh dia.

    • 3 Maret 2023 - (10:51 WIB)
      Permalink

      Saya pernah ikut hal seperti di atas.
      Emang, awalnya kita disuruh utk memberikan “LIKE” Dan “Review” Yg bagus, tp ujung² nya juga di suruh beli produk dgn harga yg saya rasa tidak sepadan dgn produk tsb.
      Bahkan saya sudah sampai pada level 5, baru berhenti, karena saya sudah mendapatkan uang sebesar 800k….
      Untung saya sudah berhenti, di level pembayaran 1jt, seandainya saya teruskan mungkin bisa saja modal saya tidak akan bisa kembali.

    • 4 Maret 2023 - (12:55 WIB)
      Permalink

      Waaah itu dia 😭 gara-gara kena tipu itu saya sampai pinjam ke pinjol di suruh transfer totalnya 2jt tapi gak di kembalikan 😭 gara-gara kerja online Penipu itu saya sampai pinjam ke pinjol dan sekarang saya di teror-teror pinjol teruus…😭 Mana saya sudah gak kerja sekarang saya gak punya uang sama sekali buat bayar 😭😭😭. Kerja online Biadab!!! 😭😡👊

  • 2 Maret 2023 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Saya korban, saya sudah lapor ke polda metro jaya. Yuk ramai2 laporkan biar ditindak secepatnya.
    Masuk grup wa
    0853 65 01 delapan 07 nol

  • 3 Maret 2023 - (10:34 WIB)
    Permalink

    Fix penipuan.
    Sistem transaksi mencurigakan.
    Akun bisnis BL-nya tidak centang biru.
    Rekomendasi cuma disuruh bilanh dari Bella Anggraini, yg biasanya berupa kode refferal ini malah nama.
    Maaf, inj kenal dari aplikasi tinder ya?
    Soalnya disave dg nama “Bella Bdg Tndr”, yg menurut artian saya “Bella Bandung Tinder”.
    Apalagi bilang udh kenal 3 bulan lebih.
    Hati² mas, mereka sekarang memang banyak mencari korban melalui aplikasi online date.
    Mereka lebih mudah mendapatkan target

  • 7 Maret 2023 - (11:15 WIB)
    Permalink

    Bella Anggraeni, dari nama juga sudah tahu = Nama Siluman, pakai PP cwe Cantik ato Sexy ato Mewah, klo gmbr nya jelek mana bisa dapat korban wkwkwk..

    klo emang menguntungkan, ngapain dikasi orang tak dikenal, mending ajak keluarga, sepupu, family, sahabat, teman, mantan, baru ke musuh, daripada ke OTK. wkwkwk..

  • 9 Maret 2023 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Namanya cakep, bella, tapi setelah divideo call ternyata Bambang 😂😂 uda cerdas bung, ngapain gak mau video call kalo dia jujur. Apapun itu yg namanya kerja pasti dapet uang, bukan setor uang. Kecuali investasi. Tapi investasi pun banyak yg bodong. Itinya gak usah mudah tergiur keuntjngan yg diluar nalar ujung-ujungnya minta duit

 Apa Komentar Anda mengenai pengalaman ini?

Ada 33 komentar sampai saat ini..

Apakah ini Salah Satu Modus Penipuan Pekerjaan Secara Online yang Rama…

oleh Gus Laros dibaca dalam: 1 menit
33