Kecewa dengan Indihome, Promo Menarik Tapi Pasang Baru Sulit

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Perkenalkan, nama saya Indri. Saya adalah seorang tenaga pengajar/guru di Taman Kanak-Kanak Tunas Bangsa Desa Adireja Kulon, Adipala-Cilacap. Saya bermaksud melakukan pasang baru indihome untuk menunjang pekerjaan saaya sebagai guru, dan saya kira prosesnya akan cepat karena kabel indihome melintas tepat di depan rumah saya.

Tanggal 19 Februari 2023 lalu saya mengajukan pasang baru indihome dengan nomor registrasi MYID-1012302190129, validasi identitas sudah saya lakukan via telepon tidak lama setelah proses registrasi, dan saya pun sudah mendapat email berisi draft kontrak pemasangan.

Tanggal 20 Februari 2023 teknisi datang ke rumah saya (tiga orang mengendarai 2 motor) setelah mereka melakukan pengecekan jaringan, dan menurut mereka, jarak rumah saya dari terminal terdekat sekitar 300m, sementara batasan kabel dari kantor hanya 250m, mereka mengatakan akan mengajukan penambahan terminal baru di pertigaan dekat rumah saya, dan saya diminta menunggu. Namun ketika saya bertanya estimasinya, mereka diam tidak bisa memberikan estimasi.

Tanggal 28 Februari saya menghubungi indihomecare via twitter untuk menanyakan progres pasang baru milik saya, dan menurut indihomecare pasang baru saya saat ini sudah diproses dengan nomer SC-529501675 dan akan dibantu percepatan dengan nomor tiket IN159515926 dengan estimasi penanganan 03 Maret 2023 jam 17.00.

Tanggal 3 Maret 2023 sampai jam 21.00 saya menunggu teknisi datang untuk pemasangan, namun hasilnya nihil.

Tanggal 4 Maret 2023 sekitar jam 08.00 saya kembali menghubungi indihomecare via twitter dan lagi-lagi cs bilang akan dibantu percepatan dengan nomer tiket IN159690530. Siang harinya saya coba bertanya ke cs indihome via WA, dan lagi-lagi saya dapat nomor tiket IN159700894

*ini adalah denah rumah saya

Keterangan:

  • icon merah: lokasi terminal
  • icon biru: lokasi rumah saya
  • icon orange: lokasi tetangga saya yang sudah berlangganan indihome

Jujur saya sangat kecewa sekali dengan indihome. Kabelnya melintas di depan rumah, tetangga saya yang jaraknya lebih jauh malah sudah berlangganan indihome sejak lama, lalu kenapa saya tidak bisa pasang baru?

Saya rasa permasalahan jarak terlalu jauh tidak bisa jadi alasan karena ada pelanggan lain yang lebih jauh malah sudah mendapat layanan indihome. Jika memang perlu menunggu untuk penambahan terminal terdekat, setidaknya berikan saya estimasi waktunya agar calon pelanggan seperti saya bisa dapat sedikit kepastian.

Indri Astuti
Cilacap, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Telkom atas Keluhan “Kecewa dengan Indihome, Promo Menarik Tapi Pasang Baru Sulit”

Dengan hormat Terima kasih kepada Media Konsumen yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Ibu Indri Astuti pada tanggal 5 Maret...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Kecewa dengan Indihome, Promo Menarik Tapi Pasang Baru Sulit

  • 5 Maret 2023 - (21:21 WIB)
    Permalink

    memang begitulah indihome, promonya banyak, tapi giliran mau pasang susah. ga ada slot, ga ada terminal, odp penuh, jarak kejauhan, ujung-ujungnya nanti pengajuannya lenyap tanpa kabar, atau disuruh pake orbit yang notabene jualan modem, speed tergantung area dan kuotanya kecil.

  • 6 Maret 2023 - (06:07 WIB)
    Permalink

    Sabar Bu…
    Kejadian sama kaya saya..klo saya permasalahannya dari SOP indihome yg mengharuskan ada tiang indihome terpisah dari tiang listrik .. sedangkan untuk pemasangan tiang ga mudah harus ijin RT/RW dan tentunya pemilik tanah jg..

  • 6 Maret 2023 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Sabar Bu…
    Kejadian sama kaya saya..klo saya permasalahannya dari SOP indihome yg mengharuskan ada tiang indihome dan tidak boleh memakai tiang listrik, walaupun pada kenyataannya banyak kabel WiFi memakai tiang listrik .. sedangkan untuk pemasangan tiang ga mudah harus ijin RT/RW dan tentunya pemilik tanah jg..

      • 8 Maret 2023 - (12:52 WIB)
        Permalink

        Ditempat saya belum ada iconnet, info dari beberapa teman yang sudah pakai iconnet, jaringannya masih kurang stabil dibandingkan indihome

  • 6 Maret 2023 - (10:16 WIB)
    Permalink

    Ada kemungkinan hub yang terhubung dengan tetangga anda ODP-nya sudah penuh, sehingga untuk anda harus dicarikan hub lain terdekat yang masih ada slot kosong.

    Untuk hal-hal begini biasanya memang kalangan awam kurang paham. Tahunya kalau ada kabel fiber lewat depan rumah maka tinggal nyantol dan jreng sudah bisa menikmati internet.

    Sebetulnya untuk ODP penuh bisa diakali menggunakan Splitter. Hanya saja hal ini mungkin melanggar kebijakan Telkom. Coba diskusikan dengan teknisinya mengenai bisa atau tidaknya. Splitter harus anda beli sendiri. Coba cari di e-commerce dengan kata pencarian “Indihome Splitter 1:2”.

    • 8 Maret 2023 - (12:55 WIB)
      Permalink

      yang bermasalah adalah jarak terminalnya dari rumah pak, bukan slotnya. Hasil akhir kemarin mungkin sekitar 350meter kabelnya, dan saya lihat mas teknisinya sempat menyambung kabelnya..

  • 6 Maret 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Tadi pagi sudah ada teknisi yang ke rumah untuk melakukan pemasangan, sore hari tadi, internet sudah bisa digunakan. Terimakasih untuk mediakonsumen yang telah membantu.

    1
    2
    • 6 Maret 2023 - (18:48 WIB)
      Permalink

      Izin menjawab ya bu, di indihome ada sop nya lebih diperketat maka dari itu tidak sama dengan pelanggan yang lama. Dan juga untuk penambahan odp atau pt 2 sekarang sulit kalau lewat inputan provisioning biasa karena bentar lagi mergen dengan Telkomsel. Harap di maklumi pengajuan itu gak semudah yang dikira. Apalagi kalau belum ada tiang harus tanam tiang sendiri. Yang bilang ikut tiang listrik itu gausah di contoh, kontrak pln ama Telkom udah habis jadi gak bisa seenak jidat ikut tiang pln. Sekian terimakasih semoga terbantu:) sebenarnya kalau masalah psb emang perlu banyak pertimbangan tapi layanan indihome soal perbaikan insyaallah lebih cepat dari yang lain.

  • 7 Maret 2023 - (06:06 WIB)
    Permalink

    Waw enak sekali bu, sekali tampil di media konsumen langsung terpasang tanpa babibu.
    Saya aja ajuin dah berbulan2 lamanya gak ada kejelasan. Padahal sudah daftar via aplikasi terus daftar manual juga.
    Dengan alasan ODP udah penuh. Dan harus menunggu minimal 5 orang. Mungkin karena BUMN jadi seperti ini. Pak erick tohir harusnya tau ini.
    Tetangga saya persis depan rumah mengajukan wifi juga dengan provider mega vision tanpa babibu langsung pasang. Kaka saya juga gak jauh2 banget dari saya juga secara ajaib tiba2 terpasang dengan mega vision. Saya juga sepertinya akan coba pasang. Tapi pak erick tohir sepertinya harus tau ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Pasang baru Indihome?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Indihome, Promo Menarik Tapi Pasang Baru Sulit

oleh Indri dibaca dalam: 1 menit
12