Tidak Amanah, 6 Bulan Dana Refund Belum Dicairkan oleh PT Maswindo Bumi Mas

Buat para pembaca yang belum mengenal atau mau memakai jasa kontraktor PT Maswindo Bumi Mas dan Aswin Yanuar selaku owner-nya, Berikut ini pengalaman buruk saya, yang telah salah memilih Maswindo sebagai jasa untuk renovasi rumah saya.

Sebelumnya perkenalkan, saya Aristo, salah satu klien dari PT Maswindo Bumi Mas. Saya sudah membayar lunas 100% senilai Rp205.000.000 ,sesuai RAB untuk biaya renovasi rumah saya

Maswindo

Setelah semua pembayaran lunas, maka dibuatlah Surat Perjanjian Kerja Sama ( MOU ) pada tanggal 11 Agustus 2022.

maswindo

Akan tetapi sampai pada bulan Oktober 2022, rumah saya masih belum dilakukan renovasi oleh Maswindo. Sehingga saya memutuskan untuk refund pengembalian dana, pada tanggal 17 Oktober 2022 dengan jangka waktu 30 hari kerja.

Maswindo

 

Setelah jangka waktu lebih dari 30 hari kerja (sesuai isi kesepakatan di dalam surat refund tersebut), dana saya masih belum juga dikembalikan. Hingga pada tanggal 1 Desember 2022, saya diberikan surat lagi, yang isinya menjaminkan salah satu aset berupa sertifikat rumah di Perumahan Grand Zam Zam Lamongan, dengan jangka waktu hingga 12 Desember 2022.

maswindo

Setelah lewat dari tanggal 12 Desember 2022, dana refund saya juga belum dikembalikan. Dari poin ini yang saya minta pengembalian dana, bukan surat kuasa untuk menjual aset tersebut. Nyatanya, surat kuasa ataupun akta jual beli juga tidak diberikan.

Tanggal 19 Desember 2022, saya mendatangi kantor pusat untuk meminta kejelasan dan ditemui oleh kuasa hukum yang kemudian di bawah surat tersebut diberikan catatan :

“Pada tanggal 19 Desember 2022, kami selaku kuasa hukum Maswindo Bumi Mas telah menemui Pak Wahyu Aristo dan memberikan jaminan SHGB No.81 yang beralamat di Perumahan Grand Zam Zam Cluster Namira No. 24 Lamongan, untuk meminta waktu penyelesaian di bulan Januari 2023”

maswindo

Sampai bulan Februari, dana refund juga belum dicairkan. Lalu saya datang lagi ke kantor pusat untuk yang ke sekian kalinya. Hingga saya memutuskan untuk pembayaran refund diangsur 4x, mereka setuju dan dibuatkan surat lagi, dengan pembayaran cicilan refund pertama pada tanggal 28 Maret 2023.

maswindo

Lagi dan lagi hingga saat saya menulis surat ini pada tanggal 03 Maret 2023, DANA REFUND BELUM DICAIRKAN. Sudah lebih dari 9 kali saya datang ke kantor Maswindo, yang mana sangat menyita waktu, tenaga dan materi.

Buat Aswin Yanuar, mana tanggung jawabmu? Mana Motto Amanah, Jujur dan Bertanggung Jawab?Ā Saya tidak meminta kompensasi, saya hanya kau mengembalikan apa yang bukan HAK-mu. Coba kalau kau jaminkan sertifikat ke bank, sudah berapa juta bunga yang harus kau bayarkan?

Apabila Maswindo sudah menyelesaikan permasalahan dan mengembalikan semua dana refund saya, saya akan update juga di sini. Kiranya pembaca bisa tahu dan mengikuti bagaimana perkembangan permasalahan di atas.

Sekian, terima kasih.

Wahyu Aristo
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai PT Maswindo Bumi Mas:
[Total:17    Rata-Rata: 1.8/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Tidak Amanah, 6 Bulan Dana Refund Belum Dicairkan oleh PT Maswindo Bumi Mas

  • 7 Maret 2023 - (09:28 WIB)
    Permalink

    ini sudah tanda2 ga mau bayar lagi, sewa kontraktor penagih juga om kyk bank, byk tu debt kolektor yg mau, bagi persen dari yang tertagih, iseng-iseng berhadia seperti bank, dapat syukur, ga dapat ya ga dibiarin enak juga di sono

  • 7 Maret 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Ya ampun bacanya greget banget ya om, mau ambil uang sendiri saja di PERSULIT. jelas hak nya si om.

    Udah taulah kemana larinya uang itu kalo minta dikembalikan saja berbelit belit.

    Pake segala ada kuasa hukum segala, menuntut hak nya aja lama banget. hati hati deh buat semua nya.

    Semoga segera cair FULL REFUND om setelah terbit disini, terserah mau cari pinjaman dimana aja tuh Maswindo. Parah banget sampe akhirnya pertemuan terakhir disepakati dicicilšŸ˜­šŸ˜­ sedih banget semangat om.

      • 8 Maret 2023 - (11:20 WIB)
        Permalink

        Klo ada uang, knp gak bangun / renovasi rumah sendiri ?
        Ada mandor, tukang, arsitek independen, dsb dll yg bs bantu.

        Gak pengen ribet diawal
        malah jadi super ribet diakhir.

      • 9 Maret 2023 - (09:28 WIB)
        Permalink

        Kl di kami kebetulan juga bergerak di bidang sama. Cuma bedanya skala kami masih kecil. Tapi di sistem kami administrasi pakai termin 3x. Termin1 30%.termin2 . 40%.termin3.25% dan retensi 5% di bayarkan setelah masa garansi berakhir. Mohon maaf kl kasus yg di sampaikan TS. Ini ya.. Agak terlalu beresiko sebenarnya. Pelunasan administrasi sebelum ada progres pekerjaan dari kontraktor

  • 7 Maret 2023 - (11:36 WIB)
    Permalink

    Update :

    Pada tanggal 28 Februari 2023 malam PT. Maswindo hanya mencairkan dana Refund saya sejumlah Rp, 30.000.000

    Tidak sesuai dengan isi kesepakatan dalam surat tersebut, yang mana seharusnya dicairkan sejumlah Rp.50.000.000 untuk pembayaran pertama.

    • 7 Maret 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Emng sudah waktunya menggunakan jasa DC untuk mendapatkan kepastian. Klo ga bakalan se’enaknya Saja tuh pengembalian uang ya

    • 7 Maret 2023 - (13:41 WIB)
      Permalink

      Fix ada masalah ini seperti nya om, tidak sesuai janji kesepakatan laporin aja sudah biar clear.

      Dugaan penipuan dan ketidakpastian tuntut juga keterlambatan pembayaran sampai berlarut larut.

      Parah banget yah

    • 8 Maret 2023 - (13:09 WIB)
      Permalink

      Kalau gak di gas tiap hari, ga bakal lunas atau bisa sampai tahun 2050 baru di bayat. Udah kebaca nanti nycil berikut nya lebih kecil lagi, nungggu debitur capek.

  • 7 Maret 2023 - (12:34 WIB)
    Permalink

    Sewa jasa DC dan ajak sambangi kembali kantor PT MBM. Buat perjanjian tertulis mengenai pengembalian dana 205 juta BERIKUT KOMPENSASI MORIL DAN MATERIIL KETERLAMBATAN 6 BULAN. Uang kompensasi bisa digunakan sebagian atau seluruhnya untuk jasa DC. Pastikan DC cukup dibayar dengan uang muka dulu, dilunasi setelah 205 juta kembali ke haribaan TS.

    Nampaknya saran saya terkesan OMDO layaknya menteri yang ngurusin pajak itu. Tapi TS cobalah dulu. Hasil ditentukan oleh ikhtiar.

  • 7 Maret 2023 - (13:09 WIB)
    Permalink

    enak ini buat diguagat wan prestasi, sekalian sajah bangkrutkan itu PT nya dan ownernya, dia kayaknya sering hedon dan flexing, tapi nasabah/customernya pada gigit jari semua.

    saran saya mumpung lagi tahun politik, sambangai calon2 DPR, DPRD anda yang pastinya bisa dibantu viralin hingga terdengar para pihak berkewenangan.

    jaman sekarang kalau ga viral, ga bakal di proses deeeh.

  • 7 Maret 2023 - (14:55 WIB)
    Permalink

    Salah dari awal juga mungkin, kenapa TS bgitu percaya dan lngsung bayar lunas, mngkin harusnya bayar bbbrp persen dulu,klo sdh ada bukti pekerjaannya baru bayar lagi…begitu seterusnya…
    Klo kasusnya kayak begini mungkin dananya sdh dihabiskan dan bingung cari dana buat refund…semoga cepat terselesaikan masalahnya

  • 7 Maret 2023 - (18:38 WIB)
    Permalink

    Maswindo di ig lagi playing victim juga ke cabangĀ² mreka. Ini maswindo yang salah urus atau memang gak bisa ngurus ya??

  • 8 Maret 2023 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Masya Allah, pertengahan thn kmrn sbtlnya saya pny niat utk renov rmh pake jasa maswindo, tapi mundur terus krn km blm ketemu rmh sementara utk pindah, tiba2 skrg sy baca ada berita kyk gini, ya ampun seandainya saat itu sy udah ngasih uang pelunasan renov, rumah gak jadi renov dan pasti uang saya gak akan kembali

    • 9 Maret 2023 - (15:12 WIB)
      Permalink

      inilah fungsi media konsumen, jadi bahan kita pembelajaran dan juga dapat terhindar dari berbagai hal yang merugikan konsumen.

  • 10 Maret 2023 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Anda orang yang kedua komplen di MK ini setelah konsumen yang di Bali beberapa waktu lalu.

    Heummmm. Emang saya juga sdh curiga di IG nya komentar dibatasi ada apa? Sedangkan yang komen yg bagus2. Tapi fi youtube banyak dibombardir konsumen yang merasa dirugikan. Proyek mangkrak!

    Semoga dpt refund dalam waktu dekat.

    Oke untuk semua pembaca MK yang ingin melakukan renov & bangun awal menggunakan kontraktor/developer:

    – Jika dana anda sudah tercukupi, maka libatkanlah pihak bank untuk mengurus pembayarannya sesuai kontrak kerja. Bank apapun itu mau mengerjakan dan ada fee nya sekitar 0,2-1,5 dr nilai kontrak. Nanti saldo anda yang sesuai kontrak tsb akan diblokir oleh bank untuk dijaminkan sebagai pembayaran ke pihak developer/kontraktor.
    – Kalau proyek sudah selesai dan anda puas, anda harus/wajb mengintruksikan bank untuk melakukan pembayaran. Biasanya dikasi waktu maksimal 3hr kerja.

    Kalau pihak developer/kontraktor ogah dengan skema pembayaran seperti ini. Jangan mau!, bisa jadi:
    – Kontraktornya bokek gak ada modal buat bangun proyek.
    Yang ada duit diputer2 dulu buat bayar proyekan sebelumnya.

    Atau pake jasa kontraktor tp anda yg belanja material sendiri. Itu juga aman.

    “Wah mahal kl sistem bgt”.

    Ada yang jauh lebih murah, konsep kontruksi rumah RISHA! . Nanti untuk interior/exteriornya anda sendiri yg menentukan.

    Saya sdh menerapkan konsep ini sdh ampir 7th aman2 aja 2 lantai total 160 M2. Gak ada yg retak2 dinding tuh.. lha wong konstruksinya panel semua šŸ˜‚.
    Cuma kelemahan konstruksi ini… Wifi kagak tembus dinding! .

 Apa Komentar Anda mengenai PT Maswindo Bumi Mas?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Tidak Amanah, 6 Bulan Dana Refund Belum Dicairkan oleh PT Maswindo Bumā€¦

oleh Aristo dibaca dalam: 2 menit
22