Agen PT AJ Sequis Life Sudah Mengakui Bersalah, Tetapi Klaim Kematian Polis 3006894812 Dipersulit

Perkenalkan nama saya Nigati Harefa, ahli waris dari Alm Saroasa Harefa. Saya sangat kecewa dan dipermainkan oleh perusahaan asuransi jiwa PT Sequis Life. Sudah 1 tahun lebih pengajuan klaim kematian polis 3006894812 dipersulit dengan alasan yang tidak jelas.

Pihak PT Sequis Life memberikan jawaban penolakan bahwa, alasannya adalah bahwa alm. suami saya memiliki asuransi lain, namun data polis asuransi itu tidak dicantumkan dalam SPA (surat permintaan asuransi) Sequis Life, sehingga dianggap alm. suami saya berbohong tidak memberikan informasi secara jujur.

Perlu diketahui, bahwa alm. suami terdaftar di Asuransi PT Sequis Life di 30 April 2021, dan polis mulai berlaku pada tanggal 03 Mei 2021. Namun pada tanggal 06 Juli 2021 suami meninggal dunia. Berdasarkan keterangan dan informasi dari agen, diketahui bahwa pengisian SPA dilakukan oleh agen sendiri, karena nasabah kurang paham dalam menulis dan membaca.

Dan berdasarkan pengakuan agen Bpk Feit**** Zam***, bahwa dialah yang mencontreng SPA Hal 5, terkait pertanyaan , “Apakah pemegang polis atau dan calon tertanggung telah mempunyai polis atau sedang mengajukan permintaan asuransi jiwa pada asuransi lain? Dijawab tidak.

Berdasarkan pengakuan agen, sudah jelas bahwa yang mengisi SPA adalah agen tanpa mengkonfirmasi ke nasabah. Lagi pula juga nasabah meninggal 2 bulan setelah polis terbit jadi nasabah memang kurang paham dalam berbahasa Indonesia. Pengakuan agen ini dibuktikan juga dengan membuat surat pernyataan, dan akhirnya si agen pun diberhentikan perusahaan.

DATA NOMOR POLIS

Dalam masalah ini sangat terlihat bahwa perusahaan mencari-cari alasan agar klaim nasabah tidak dibayarkan, padahal nasabah Alm Saroasa Harefa, klaim kematiannya di polis asuransi PT Manulife dibayarkan penuh tanpa dipersulit.

Kesalahan yang dipaksakan itu adalah pengisian informasi data polis, yang mana si agen lupa menanyakan ke nasabah dan malah mengisi sendiri. Di surat penolakan Sequis Life, dinyatakan bahwa penolakan bukan karena riwayat kesehatan, melainkan informasi data polis asuransi lain tidak dicantumkan.

Sungguh aneh, dan tidak profesional perusahaan Sequis Life, pada saat nasabah sudah penuhi semua kewajiban malah ditolak dan diputar-putar, padahal aturan UU dan OJK sudah jelas menyatakan bahwa, jika agen melakukan kesalahan/kelalaian maka perusahaan asuransi wajib bertanggung jawab atas kerugian konsumen. Namun prakteknya konsumen ahli waris dipersulit.

Dan yang membuat kami kecewa juga adalah ada surat pernyataan lain dari Wakil Kepala Dusun, namun setelah kami konfirmasi Wakil Kepala Dusun menyanggah bahwa dia tidak membuat pernyataan yang berupaya menggagalkan klaim ahli waris. Ketika kami meminta surat itu kepada Sequis Life justru ditolak juga, alasan mereka itu dokumen milik perusahaan.

Dari sini sangat terlihat jelas perbedaan pelayanan Asuransi Manulife dan Sequis Life. Harapan keluarga kami agar manajemen PT Sequis Life menyelesaikan pembayaran klaim, karena yang bersalah adalah agen kalian yang sudah dipecat.

Terima kasih

Nigati Harefa
Telukdalam, Nias Selatan
Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Sequis Life atas Surat Pembaca Ibu Nigati Harefa

Jakarta, 15 Maret 2023 Kepada Yth. Redaksi MediaKonsumen.com Di tempat Hal: Surat Jawaban Sequis atas Tulisan di MediaKonsumen.com Dengan hormat,...
Baca Selengkapnya

68 komentar untuk “Agen PT AJ Sequis Life Sudah Mengakui Bersalah, Tetapi Klaim Kematian Polis 3006894812 Dipersulit

  • 16 Maret 2023 - (17:09 WIB)
    Permalink

    Woii gak usah pada bahas agen agen silit. Lihat penjelasan bawah ini aja udah kelihatan perusahaan berani menghalalkan segala cara dengan memalsukan data pemerintah dusun:

    ================
    “Dan yang membuat kami kecewa juga adalah ada surat pernyataan lain dari Wakil Kepala Dusun, namun setelah kami konfirmasi Wakil Kepala Dusun menyanggah bahwa dia tidak membuat pernyataan yang berupaya menggagalkan klaim ahli waris. Ketika kami meminta surat itu kepada Sequis Life justru ditolak juga, alasan mereka itu dokumen milik perusahaan”

 Apa Komentar Anda?

Ada 68 komentar sampai saat ini..

Agen PT AJ Sequis Life Sudah Mengakui Bersalah, Tetapi Klaim Kematian …

oleh boy dibaca dalam: 2 menit
68