Sikap Kasar dan Arogan Tim Leasing Mandiri Tunas Finance

Saya adalah Anis Fahira Lubis, nasabah Mandiri Tunas Finance dengan nomor kontrak: 5662001186, pengambilan Mobil Toyota Agya tahun 2020. Cicilan per bulan Rp2.860.000 dan saat ini sudah pembayaran ke-27 kali, sisa pembayaran 33 kali lagi.

Bukti pembayaran terakhir

Semenjak saya bekerja di perusahaan yang baru, saya mendapatkan tanggal gajian yang berbeda dari perusahaan saya yang lama. Sehingga saya terpaksa harus memundurkan pembayaran mobil saya ke tanggal 27 atau maksimal tanggal 31 (akhir bulan). Namun saya sama sekali tidak pernah melewati tenggang akhir bulan, karena saya tahu itu adalah kewajiban saya.

Saat ini hp saya mode arsip untuk chat yang tidak saya anggap penting, jadi saya harus buka dulu arsipnya baru tahu ada pesan atau tidak di hp saya. Dengan kondisi seperti itu, Tim Mandiri tunas finance dengan sombongnya mengatakan akan mencetak surat penarikan, hanya karena tanggal yang bahkan belum lewat. Mereka menagih dengan cara yang tidak sopan, dengan mengatakan saya banyak gaya dan sebagainya.

Saat ini saya benar-benar merasa dirugikan oleh Mandiri Tunas Finance dengan perkataannya yang tidak sopan dan menyepelekan nasabah. Saya harap surat saya dapat ditanggapi dengan pernyataan permintaan maaf resmi dari pihak yang bersangkutan.

Anis Fahira Lubis
Medan, Sumatera utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan kepada Debitur kami Ibu Anis Fahira Lubis

Redaksi dan Debitur yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 4 April 2023 berjudul “Sikap Kasar dan...
Baca Selengkapnya

63 komentar untuk “Sikap Kasar dan Arogan Tim Leasing Mandiri Tunas Finance

    • 5 April 2023 - (03:41 WIB)
      Permalink

      Bener kan apa kata Saya, segera dan hindari kreditan, karena praktek Lintah Darat sudah merajalela, karena perkataan dan kalimat cukup mewakili kelakuan Lintah Darat.
      Kreditur di awal ngutang bukan tidak punya perencanaan tapi karena sesuatu hal, apalagi ini cuma masalah Gajian berbeda waktu diperlakukan tidak layak sebagaimana Gak Ngasih Makan sama pegawai perusahaan Bank tsb.
      Kreditur teraniaya karena peraturan, padahal secara akal manusia bisa dimaklumi dan diperbaiki.
      Ingat loh kreditan Mandiri itu bunganya sampai 100% padahal itu Legal, tapi melampaui bunga Lintah Darat, dan Kreditur diperlakukan seperti sapi perah.

      Cukup alasan kalo ada yg nawarin kreditan muluk, layak di tolak.

      43
      4
      • 5 April 2023 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Bnr2 ga sopan sama nasabah, aku aja dr acc pernah hampir 2 bulan ga bayar. Pas jatuh tempo 2 bln byr sekaligus 2 bln. Ga pernah DC nya ngomong begitu. Sllu panggil sy ibu & ga pernah ancem2 mobil akan ditarik

        12
        1
      • 5 April 2023 - (10:25 WIB)
        Permalink

        Cb nasehatin pejabat RI yang doyan ngutang, itu kan lebih dari lintah darat, sdh mainnya T an bukan jutaan..hehehe,

        12
        5
    • 5 April 2023 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Bantu..bantu .. **** lu .. itu nasabah bukan telat bayar, tapi waktu pembayarannya aja yg berubah mengikuti jadwal gajian dia, bahkan kalo 1-2x telat pun wajar kok toh ada denda kan..kok kayak preman bgitu cara nagihnya…najis jangan sampe ambil leasing ******** ini

      19
    • 5 April 2023 - (09:47 WIB)
      Permalink

      Ada yg bisa kami bantu? Emang lu ga baca tuh postingan??? Makanya bayar tuh duit asuransi nasabah lu , asuransi plus investasi kok potongannya lebih dari 3/4 total tabungan…itu investasi apa gares duit orang??

      9
      1
    • 5 April 2023 - (18:59 WIB)
      Permalink

      Yang ini pura2 sok baik ya….krn uda di viralkan ???
      Kerja kaliah harus sesuai SOP.. Krn nasabahlah kalian bergaji…

    • 6 April 2023 - (16:12 WIB)
      Permalink

      Maaf keluar dari jalur kita .mau tny klo di mandiri finence ini y kita ambil mobil trs krna tdk byr trs mobil sudah di kembalikan baik2 surat2 pun ke2 belah pihak sudah ok .apalah nama kita masih hitam di ojk.secara mobil sudah di kembalikan otomatis kita tdk ad hutang krna adm2 lain sudah lunas.cuma mau baik2 kembalikan .knp nama nama di ojk hitam

      0
      1
      • 6 April 2023 - (21:52 WIB)
        Permalink

        Maaf bang coba bantu jwb ya.sepengetahuan sy dari pihak leasing sy pernah di jelaskan,walau kita mengembalikan kendaraan itu,tp tertulis di data base kita pernah alami kredit macet,karna TDK sampai selesai.kecuali Abang take over resmi,hingga kredit Abang di anggap selesai dan di alihkan kepihak ke3.begitu sekiranya yg pernah di jelaskan ke sy.thanks.

    • 7 April 2023 - (04:59 WIB)
      Permalink

      Eh mbak atau mas dri pihak kreditur yg merespon ini. Anda adalah makhluk sempurna, jadi jgan biasakan bekerja seperti robot, anda punya panca indera sbaiknya dgunakan dg maksimal, itu dibaca baik2, dinalar, pahami masalahnya, barulah direspon. Setiap org yg mengajukan keluhan psti ada alasannya, trlebih smpai ke sosmed sprti ini. Eladalah dtg2 mlah nanya ada yg bs kami bantu…rasane pgen tak banting hape iki

    • 4 April 2023 - (22:30 WIB)
      Permalink

      Belum tiga bulan sudah mau buat surat penarikan kendaraan. Apakah DC yang ditugaskan sudah faham dengan regulasi.
      Harusnya pihak MTF memanggil dan memberikan skorsing kepada pihak DC.

      17
    • 5 April 2023 - (09:15 WIB)
      Permalink

      Dari respon mandiri tunas finance disini aja kelihatan ga nyambungnya.. Halo halo apakah ada yg bs kami bantu? Baca lah suratnya pada makan gaji buta atau ga ada pendidikan ya karyawan mandiri tunas finance?

      20
      • 7 April 2023 - (11:24 WIB)
        Permalink

        Mw ngasih saran mas…. Ini pernah beberapa kali gw lakukan ketika jd DC di leasing. Menurut gw mas termasuk nasabah lancar bg DC krn tdk pernah bayar lewat dri bulan nya. Krn gw lihat kredit mas mh 3 tahun lbh alangkah bagusnya ketika ada dana lgsg aja bayar tuk 2 bln (bln skrg dan bulan berikutnya) shg mas menjadi nasabah dgn pembayaran ke depan dan ini akan membuat nama mas tdk muncul di aging/dftr DC yg jatuh tempo. Dan kemudian di bulan2 berikut mas ttp bayar sperti biasa (sllu bayar sblm bulannya). Kenapa gw saranin seperti ini, krn ada beberapa nasabah gw jg seperti mas, sebelumnya sllu bayar lancar dan gak telat tanggal tp krn pindah kerja dan sistem gajian yg awalnya diperusahaan sblm selalu awal bulan menjadi tanggal 25 akhir bulan di perusahaan yg baru. Atau mas bisa dtgi leasingnya dan buat permohonan pergantian tgl pmbyrn sesuai gaji, tp yg ini kurang efektif jika sblm selesai kredit mas pindah kerja lg dan sistem gaji jg berubah lagi. Mudah2an ada rezeki mas shg bisa dicoba tuk melalukan yg gw saranin td.
        Jujur aja gw pernah jd DC dan gw gak pernah kasar ama nasabah gw sehingga ketika masa rotasi DC atau rotasi wilayah tugas, nasabah malah bilang jgn pindah spy tetap di wilayah tsb krn dia takut dpt DC baru yg kasar (biasanya yg kayak gini lbh sering nasabah cewe khususnya emak2)??.
        Dan gw jg salah 1 DC yg gak gak respek ama DC yg kasar.

        Itu aja saran dri gw mas… Semoga urusan mas nya dpt selesai dgn baik. ?

    • 4 April 2023 - (23:24 WIB)
      Permalink

      Terima sudah share pengalaman ini.
      Rencana mau pakai MTF, tapi fix aku batalin lihat cara nagihnya yang arogan seperti itu bahkan untuk menagih tagihan yang belum jatuh tempo dan belum terlambat.
      Benar-benar gila dan menyeramkan.

      27
      1
      • 5 April 2023 - (04:32 WIB)
        Permalink

        Baca yang baik lagi ya, itu udah telat jatuh tempo karena dia pindah tempat kerja, gaji yang diterima pun tanggal nya berbeda, sehingga nayar cicilannya diundur dan telat.

        18
      • 5 April 2023 - (06:28 WIB)
        Permalink

        Laporin ke polisi bang itu sdah keterlaluan dan pengancaman ,pa lagi cm telat hari ,biar kapok leasingnya pnya team dc ky gini bukti sdah ada

  • 4 April 2023 - (16:43 WIB)
    Permalink

    Kurang lengkap screen shot kronologis chattnya, susah menilai siapa yg mulai duluan cari gara-gara, dll

    2
    13
    • 4 April 2023 - (17:32 WIB)
      Permalink

      parah kali kata² buat customer hrsnya lebih santun. saya bekas karyawan tetap dr mtf pecenongan malu baca hal ini. Smoga ada klarifikasi baik dr Ho MTF.

      13
      1
  • 4 April 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Bukan kasar, logat gaya medan itu bah! Terkaget2 kau kak? Lama tinggal di jawa kah?

    1
    17
  • 4 April 2023 - (20:21 WIB)
    Permalink

    Beh… Bukannya leasing ini uda dicabut ijinnya Sama OJK,,,
    Ya pantas lah dicabut kalo kelakuan Orang2nya seperti itu

    4
    1
  • 4 April 2023 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Untuk pihak MTF nya kurang santun klo itu di lakukan penagihan oleh team internal konfirmasi ke nasabah seharusnya menggunakan kata bapak/ibu minimal. untuk nasabah sendiri juga jangan gunakan aplikasi wa tambahan yg akhirnya pesan tidak bisa terjawab dengan baik. bisa jadi seolah2 nasabah mengabaikan konfirmasi yg berlarut2 sehingga di anggap tidak koooeratif oleh pihak mtf

  • 4 April 2023 - (20:56 WIB)
    Permalink

    Wiihh…ternyata begitu yah cara nagih ke nasabah…hrs hati² juga klo mau pilih2 leasing…

  • 4 April 2023 - (22:53 WIB)
    Permalink

    malu amat baca cara penagihan.a sperti itu,, toh ini blm telat 40 hari gaya2.an cetak surat penagihan… toh walaw telat jga di kenakan denda yg pasti.a nasabah byar.

    1
    1
  • 5 April 2023 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Sbnrnya semua bs diatur dan disesuaikan. Sy di bri aja ada angsuran tiap tgl 8. Sdh didebit sbnrnya tp kdng lupa ngisi saldo. Jd dipotong seadanya. Kdng mlh nol dan br tgl 31 ditagih buat byr ya byr. Di slip ojk baik2 sj. Kl di finance2an gt dc lapangan kl gak narik g dpt komisi. Prnh pakai Lwt jatuh tempo, sy g bs bayar. Dikunci sm dcnya. Kl sy mau lanjut ngangsur hrs minta dibuka kuncinya karena kendaraan sy sdh proses tarik sm dc. Pdhl dcnya diem2 aja dirumah kendaraan msih sy pakai. Sy tawar kasih duit 100ribu ke dc. Dibuka kuncinya. Kapok saya

  • 5 April 2023 - (03:20 WIB)
    Permalink

    Coba dikontak MTF nya, minta ganti jadwal penagihan biar ga kena denda terus.
    Kalau ga bisa juga, lebih baik over kredit saja pakai yang lain.
    Nambah biaya dikit tapi hidup tenang ga dimaki orang seolah kita rendah banget.

  • 5 April 2023 - (04:39 WIB)
    Permalink

    Kita bicara Ekspetasi Logika aja dah, gak usah bego.
    kalo telat gajian situ marah gak?
    Gitu jg klo leasing telat dibayar juga marah.
    Solusinya ya gimana cara biar sama-sama enak, jgn satu pihak saja yang enak, yang diuntungkan pihak lain dirugikan.
    Cobalah diskusi cari benang merah, duduk bersama, gimana solusinya biar sama-sama enak. Jangan lepas lari dari tanggung jawab sekarepe dewe, seenaknya sendiri.

    7
    22
      • 5 April 2023 - (09:48 WIB)
        Permalink

        Pahami maksud ane lagi, klo situ cari benang merah, apa ngajak DC ngobrol??? Gak guna, bukan urusan dia.
        Temui atasan bagian yang bersangkutan. Ngajukan pengunduran tanggal angsurn secara formal.
        Bukan WA. Haduuuhh..

        • 5 April 2023 - (17:24 WIB)
          Permalink

          Apapun itu, dc tdk bole kasar apalagi bergaya preman, ngancam2 mau buat surat penarikan. Emank dc itu siapa bang ?

      • 5 April 2023 - (17:10 WIB)
        Permalink

        Bused dah belom ada klarifikasi pa permintaan maaf dr HO MTF juga ini. makin memalukan etika penagihan di MTF dari dulu, harusnya bisa lebih sopan, cust anis udah korperarif. dulu saya Sales Officer 6 th di MTF Pecenongan ngalami nagih cust tp ga gitu² amat, di MTF S.O jaga angsuran 10 bln pertama, bila sudah telat cukup info kapan angsuran bs dibayar & jgn lewat 30hari krn by sistem Estar MTF akan cetak SKT.

        • 8 April 2023 - (18:49 WIB)
          Permalink

          Saya dapat ilmu dari orang lain
          1.Apabila kita cicil.Barang yang kita cicil harus yang produktif atau yang bisa menghasilkan jangan barang yang konsumtif buat gaya
          2.Rumus cicil misal gajih kita 100 % buat nyicil 30% sisanya buat kebutuhan
          3.semoga beres ya ka cicilannya ini hanya buat pengalaman saya aja terima kasih

    • 5 April 2023 - (09:25 WIB)
      Permalink

      Gw tanya ama lo yg katanya ga usah belaga bego.. Ada DC yang bisa diajak diskusi? Ngarang lu

      • 5 April 2023 - (09:45 WIB)
        Permalink

        Wkwkwk bego kalo ngajak DC diskusi, emang lu perjanjian ama leasing duduk sama DC?
        Klo mau diskusi ya sama yang buat perjanjian atau yang berkaitan. DC cuma bawhan, cuma menjalankan perintah, dia gak ngurus gitu2.

        1
        3
        • 5 April 2023 - (10:12 WIB)
          Permalink

          Diskusi ama yang buat perjanjian? Lu pernah pake leasing? Ngurus surat simple aja cth: buat perpanjang STNK mandiri aja ribetnya amit2.. Ngurus mundurin ngasih duit/bayar cicilan? Gih lo coba, tar info disini.. Btw adi ini org mandiri tunas finance ya? Kalo iya pantesan ga heran lah

          • 5 April 2023 - (10:28 WIB)
            Permalink

            Ane bukan orang MTF, ane cuma berpikir logika aja, siapa yang waras, dah tau salahmasih aja bela, situ sehat?
            Cicilan telat kok bela, terkesan salah benarnya cara nagih DC, itu pribadi mereka, karna merek jg kerja, klo berhasil nagih, merka dpt duit.
            Lah ane ngomong berdasarkan di lapangan, ane jg punya cicilan, emang pada dasarnya bakal ribet ubah isi kontrak, emang sengaja dibikin ribet biar gak ketemu nasabah gini2 juga
            Perjanjian itu bisa dirubah, tebus ke atasan, ane jfg punya cicilan, memang sengaja dibikin sulit, enk aja klo dibuat mudah, perjanjian kontra mungkin bisa dirubah sekarepe dewe.
            Pintar dikit napa klo diskusi, ke bank tanya, pak bisa rubah tgl perjanjian.”gak bisa”, situ paling lgsung pulang hahahah ya jelas jwabannya gak bisa,.krena prosedur ganti itu sulit.
            Pintar dikit lah,.sesuatu yg sulit emang harus usaha

            1
            6
          • 5 April 2023 - (10:33 WIB)
            Permalink

            Cara baik tidak baiknya nagih emang tergantung DC, ane sndiri tdk setuju klo ditagih seperti itu.
            Tp ane pahamilah, itu kerjaan mereka, mereka jg butuh duit klo berhasil nagih.
            Sudah resiko kalo bayar telat.
            Simple aja, kalo gak mau nagih seperti itu, gak usah cicil, gak usah pinjam kredit, gak usah telat bayar.
            Hidup lebih tenang.

            2
            2
          • 5 April 2023 - (10:51 WIB)
            Permalink

            Dari cara bicaranya jelas banget kalo DC menyamar si adi ini.. Pokoknya salah salah dan salah.. Lalu seolah olah.. DC juga manusia.. Padahal kelakuan kayak.. Hehe..

            3
            2
        • 6 April 2023 - (08:23 WIB)
          Permalink

          Ngredit dimana? justru ane malah ditawarin leasing untuk perubahan schedule tgl pembayaran krn pernah telat bayar 2-3hr, yang bilang ribet dan susah siapa? ente ngredit nya panci atau kendaraan?

  • 5 April 2023 - (06:35 WIB)
    Permalink

    Ya kalo masih telat tanggal sihh wajar ya.. Dan juga bisa dilihat trend bayarnya, bisa dilihat kan di track recordnya tiap tgl berapa. Jadi kalo jadi dc itu ya gak asal nagih, harus pintar baca data konsumen dan pahami karakter konsumen, ada yang harus di tagih dengan tegas ada yang konsumen yang minta dituntun/diikuti dan kalo bisa jadi dc itu bisa mencarikan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi oleh konsumen agar dia bisa bayar lancar.. Kalo di kasar semua dipukul rata malah konsumen gak mau bayar, sekarang konsumen udah pada pintar gak kayak zaman dulu yg bisa digertak.

    • 5 April 2023 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Setuju saya, dc harus lihat history debitur, sebelum nagih, itupun harus ke rumahnya dulu, bertanya kendala telatnya krn apa, pindah kerja , sakit, pending gaji,atau yg lain2, baru nyawi solusi terbaik,

  • 5 April 2023 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Jujur parah itu DC karena membawa nama besar Mandiri Finance, sebaiknya di evaluasi ulang dalam SDM yang di pilih oleh Mandiri Finance dan system’ nya ada yang direvisi mengenai tenggat waktu toleransi sebatas mana .

  • 5 April 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Ini DC nya apa CMO nya ? Sepertinya masih kawan sendiri yah.. dia selalu bantu kurang dana 10rb 10rb kan itu yah.. biasa kan memang masuk ke Penilaian kinerja CMO jika Customer nya ada telat2 bayar..

    • 5 April 2023 - (12:13 WIB)
      Permalink

      Bukan selalu ,sekali bang, dan sudah saya ganti ,itupun karena dia ga sabar tunggu saya setor tunai

    • 6 April 2023 - (22:03 WIB)
      Permalink

      @alvero. mungkin hasil dari lelang unit mobil tsb nilainya kurang / selisih dr sisa pokok hutang, dulu di MTF ada asuransi untuk perluasan GAP guna cover hal spti ini. tp sifatnya hanya penawaran gimana cust mau atau tidak.

  • 5 April 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    waduh, seBIADAB gitu yaa penagihan Tunas Mandiri Finance, org udh bayar, telat kena denda, kehormatan org diserang lagi pake cara kasar, tuh denda berjalannya gak kena bunga lagi kah ? Tunas Mandiri Finance bukannya BUMN ya ? mw memajukan ekonomi indonesia sprti gmn klo ngawurnya kyk gitu ? . ngeri ah, mikir ribuan kali deh klo mw pake pembiayaan itu. saran saya somasi tuh leasing krn anda udah dirugikan apalagi anda perempuan, aturan negara tentang penagihan udah jelas.

  • 5 April 2023 - (17:38 WIB)
    Permalink

    Pihak mandiri finance jgn tutup mata, kasih pelajaran yg baik buat karyawannya karna gimanapun debitur adalah aset perusahaan . Pelayanan dgn bahasa dan tindakan yg sopan itu lebih baik.

  • 5 April 2023 - (19:00 WIB)
    Permalink

    Ada yang bisa kami bantu?? Wkwkwkwk
    Apakah masih terhubung,,?? Ada yaa perusahaan kaya gini sudah jelas2 kronologi di jelaskan dan duduk persoalannya dimana??

  • 5 April 2023 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Ikut komen ya mbak anis, yg ingin saya tanyakan mengenai perubahan tanggal dilakukan dikantor atau via tlp atau bagaimana setau saya jika dilakukan dikantor pasti tercatat sistem dan disitu ada mengetahui dan diketahui, dimana atasan leasing tanda tangan, debitur tanda tangan. Dan yg jelas utama bagian collection pun mengetahui jika dilakukan dikantor terkait perubahan tanggal.
    Nah perlu diketahui juga collection disini ada beberapa bagian pertama internal collection, ibarat kata bagian dalam kantor dilengkapi surat tugas dan id card resmi kantor kedua external collection biasanya disebut pihak ketiga, internal mendapatkan gaji kantor karena dikontrak, external modelnya freelance sistem komisi dibutuhkan jika ada nasabah yg gagal bayar bukan menunggak ya istilah gagal bayar. Karena menunggak sendiri pasti ada alasan dan solusi masih berencana membayar walaupun telat, jika gagal bayar sudah pasti tdk bisa alhasil kantor mengeluarkan surat dianggap wanprestasi unit diacarakan penarikan lalu menghubungi pihak ketiga nah persoalan penarikan ini sudah urusan pihak ketiga biasanya diserahkan kantor hanya memberi info unit dll. lalu mengenai perilaku dc beda orang beda cerita beda konsumen beda perlakuan mengapa begitu karena mereka bs membedakan history sejarah debitur dan orangnya dalam arti debitur seperti apa dan satu hal lagi tdk selamanya prg bekerja disatu leasing pasti berpindah pindah misal pernah kerja dileasing a berapa tahun keluar pindah leasing b, dc pun sama begitu tdk menetap satu kerjaan dalam arti ada info kerjaan soal penarikan tdk bergantung pada satu perusahaan.

  • 6 April 2023 - (00:26 WIB)
    Permalink

    Emang parah mtf ini .saya angsuran sisa 2x telat 3 hari. Di kirim surat ….penagihan. 1x keluar surat .biaya 500rb..emg gila .sebaiknya .. cari lesing lain..dari pada mtf .Dipostar …dll lebih ramah..saya mtf cabang Pontianak..

  • 6 April 2023 - (00:29 WIB)
    Permalink

    Gak bakalan LG ke mtf. …lebih baik..pinjam bank. Beli mobil cash ..dr pada ke mtf. Biar denda kita makin bnyk. Telat 2 3 hari..di kirim surat penagihan yg biayanya 500rb.. padahal.. sudah di telpon puluhan x..masih aja di kirim surat penagihan .

  • 6 April 2023 - (14:52 WIB)
    Permalink

    itu biasa nya oknum pegawai yg masih baru… cz kl collector baru ya rata2 begitu tingkah laku nya… bahasa yg mereka gunakan pun kasar dan arogan… seolah mereka punya kuasa.. kalau pun nanti nya konsumen/nasabah komplain ke perusahaan, paling banter di jawab nanti kita kasih teguran ke pihak pegawai tsb… itu lah jawaban template yg perusahaan gunakan… ini sih hanya masukan utk para nasabah/konsumen, SEBELUM AKAD KREDIT, SEBAIK NYA DI BACA BETUL2 TERKAIT KONTRAK KREDIT NYA.. JANGAN ASAL TANDA TANGAN.. CZ KONTRAK TSB SDH TERIKAT SAH SECARA HUKUM JIKA TERDAFTAR FIDUSIA NYA.. NAH YG PERLU DI CERMATI DI DALAM KONTRAK ADALAH DATA DIRI ANDA YG TERCANTUM DI KINTRAK BERIKUT STATUS KENDARAAN ANDA… LAMA KONTRAK BERLAKU/ TENOR, BESARAN ANGSURAN PER BULAN NYA.. TANGGAL JATUH TEMPO PEMBAYARAN PER BULAN NYA, BESARAN DENDA PER HARI YG DI KENAKAN JIKA ADA KETERLAMBATAN PEMBAYARAN ( RANGE NYA ANTARA 0,3%-0,5% PER HARI DARI NILAI ANGSURAN), SANGSI KETERLAMBATAN LAIN ( JIKA ADA), DAN HAL2 PENTING LAIN YG TERTERA DI DALAM KONTRAK AKAD KREDIT.. INI SANGAT PENTING KARENA KONSUMEN/NASABAH SERING KALI MENYEPELEKAN DAN LANGSUNG TANDA TANGAN DI KONTRAK DAN PARAF DI POIN2 AKAD KREDIT TANPA MEMBACA NYA SAMA SEKALI………. SEMOGA BISA BERMANFAAT BUAT YG LAIN… TERIMA KASIH

 Apa Komentar Anda mengenai Mandiri Tunas Finance?

Ada 63 komentar sampai saat ini..

Sikap Kasar dan Arogan Tim Leasing Mandiri Tunas Finance

oleh Anis dibaca dalam: 1 menit
63