Komplain Terkait Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI

Saya nasabah tabungan dan kartu kredit Bank BRI. Sebelumnya, saya memiliki beberapa kartu kredit dari bank ini: Visa Touch Blue, Visa Traveloka, JCB Platinum, Mastercard OVO, dan Mastercard Platinum Wonderful.

Beberapa tahun lalu, saya pernah mengajukan cicilan hp. Saya telepon ke call center BRI, yang mengatakan kartu kredit BRI Touch saya dengan free iuran for life. Saya juga menanyakan kartu kredit saya yang lain saat itu (Mastercard Wonderful) juga tidak ada iurannya (free for life), terbukti dari beberapa tahun pemakaian memang saya tidak ada di-charge perihal iuran tahunan tersebut. Bahkan cicilan sudah lunas beberapa lama.

Setelah beberapa tahun kemudian, kartu JCB saya tiba-tiba dikenakan iuran tahunan. Saya telepon untuk penghapusan beberapa kali, tapi CS tidak mau membantu. Terakhir saya komplain, akhirnya saya melakukan penutupan kartu JCB tanpa membayar iuran, karena saya keberatan atas iuran tersebut.

Saya dibantu oleh CS terakhir itu dan saya bertanya tentang iuran kartu lainnya. Katanya kartu lain juga itu ada iurannya. Saya diinfokan juga kalau belum pernah ditagihkan iuran tahunan sebelumnya, maka CS tersebut akan membuat surat, agar ke depannya ditagihkan iuran ke kartu kredit lainnya. Saya terpaksa harus menutup kartu kredit tersebut karena iuran tahunannya.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan perkataan CS yang beberapa tahun sebelum saya melakukan cicilan hp itu. Beberapa kali saya minta untuk memastikan iuran tahunan ini dan dikatakan kartu kredit saya memang tidak ada iuran tahunannya.

Di sini saya hendak komplain, mengapa bank sekelas dan sebesar BRI tidak memiliki kejelasan soal iuran? Misalkan hari ini dikatakan free for life, tahun depan beda lagi ceritanya, terus nanti setelah ini diganti lagi ketentuannya. Kalau orang sudah terikat dengan ketentuan lama, harusnya jangan diganti-ganti lagi dong. Peraturan baru untuk nasabah baru. Kalau begitu sangat membingungkan nasabah lama, apalagi saya juga gak ada waktu kalau harus tiap hari update info terkait bank satu ini. Saya sebagai nasabah tentu merasa sangat dirugikan dan kapok banget dalam hal ini.

Tommy
Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Tommy

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Komplain Terkait Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI

    • 11 April 2023 - (14:29 WIB)
      Permalink

      Jgnkan yg jcb. Yg kartu lain visa dan master jg ada ditulis ada iuran dan saya gk ditagih selama bbrp thn. Yg jcb jg bkn setelah thn pertama sejak aktivasi yg tiba2 muncul iurannya. Saya malah telepon berkali2 utk memastikan iurannya free for life di kartu visa dan master dan dikatakan benar kk saya tidak ada iuran tahunannya.

      • 21 April 2023 - (09:50 WIB)
        Permalink

        Pak Tommy, saya juga mengalami hal yang sama.
        Punya kartu kredit BRI World, dari bulan Januari 2022. Dimana sebelumnya pernah dijanjikan oleh marketing BRI saat ditawari CC BRI World dengan iming2 free dari annual fee utk selamanya.
        Eh, gak taunya bulan Maret 2023 ini saya mendapatkan e-statement utk kewajiban membayar annual fee sebesar 1,000,000,- dan segera saya telpon Card Center BRI nya utk penutupan kartu kredit BRI World tersebut. Tapi selalu tidak diberikan solusinya, selalu dijanjikan akan diproses sampai sekarang bulan April sudah muncul e-statement bulan April dengan denda keterlambatan dari iuran annual fee. Padahal tidak ada saya gunakan sama sekali kartu kredit ini selama setahun, dan annual fee tetap saja diminta dibayar baru bisa ditutup.

        Bener2 saya sangat kecewa dan merasa terjebak dengan kinerja Bank ini. Bank lain bila kita sampaikan utk dihapus annual fee mereka selalu layani dgn baik dengan berikan solusi yang tidak memberatkan konsumen, ini bank plat merah BRI haduuh, sampai kesel saya nelpon berkali kali tapi selalu saja tidak diberikan solusi.
        Kapok saya pak Tommy, btw pak Tommy saat penutupan kartu apakah tetap diharuskan bayar annual fee tsb ? Mohon inputnya, thanks

  • 12 April 2023 - (00:09 WIB)
    Permalink

    Gratis iuran ada syarat yg musti terpenuhi beda beda tiap bank penerbit klu BRI minimal perbulan ada pemakaian 3x
    Klu bca minimal pemakaian 30℅ dari limit.
    Bank lain saya gak tau hanya punya BRI dan bca saja?

    • 12 April 2023 - (14:18 WIB)
      Permalink

      gratis iuran tahunan itu ada syaratnya,misal minimal harus dipake brp kali dlm setahun atau dipake minimal limit brp persen tergantung kebijakan bank penerbit

      • 12 April 2023 - (21:31 WIB)
        Permalink

        kalau bri saya mmg ga tau ada ketentuan transaksi brp kali utk setahun. nah kalau di bca saya tau ada ketentuan pemakaian limit brp persen. itupun kl ga mencapai batasan pemakaian, kita bs tuh ajuin penghapusan iuran kk kadang malah dijwb oleh cs ybs “dengan senang hati akan kami bantu buatin laporannya pak” gt. kl bri, waduh… saya serasa uda telepon ke 4 sampai 5x mungkin juga lebih ya dan gk ada cs yg mau bantu even hanya buatin laporan penghapusan iuran kredit. Terakhir saya blg saya mau menutup kk karena keberatan membayar iuran kk dan bener lgsg diproses penutupan. cobak kl itu kk penerbit bank swasta, uda ga pake ribet dan lgsg dibantu dengan kalimat menyenangkan. jadi tau ya, jgn deh apply kartu kredit bank bumn, arogannya to the moon.

    • 12 April 2023 - (21:39 WIB)
      Permalink

      kl di bank bca saya tau memang ada ketentuan 30% dari limit. ga tau jg yah kl di bank bri ada ketentuan gitu. coba ditanggapin aja oleh bank bri biar clear masalah ini agar nasabahmu yang satu ini tidak merasa dibohongin lagi kedepannya.

  • 13 April 2023 - (12:47 WIB)
    Permalink

    Saya heran, kenapa ya Perbankan di Indonesia ini suka sekali ngejebak konsumen, apa yang dijanjiin di awal selalu gak sesuai dengan kenyataan yang terjadi dan sayangnya perjanjian itu gak ada hitam diatas putih, cuma omongan aja, makanya jgn heran ketika kita komplain otomatis mereka akan berkelit dan komplain kita jadi sia2

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Komplain Terkait Iuran Tahunan Kartu Kredit BRI

oleh tommy tommy dibaca dalam: 1 menit
10