Putus Asa dengan Perjalanan Paket J&T Sejak Tanggal 28 Maret

Assalamu’alaikum…

Saya di sini sebagai penjual. Sebenarnya saya sudah cukup putus asa dengan nasib paket saya, dengan nomor resi:

  • JP4857808079
  • JP0163527668

Memang kesalahan dari pihak buyer, dia dropshiper yang salah menginput nama kecamatan, kota, bahkan provinsi. Dia seharusnya input Kecamatan Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan. Namun entah bagaimana dia menginputnya menjadi Kec Tulang Bawang, Kab Gunung Agung, Lampung.

Status paket tersebut sejak tanggal 1 April 2023 sampai saat ini ( tanggal 11 April 2023) terus bolak-balik antara Bandar Lampung, Jakarta, Palembang, namun tidak pernah sampai ke gerai akhir.

Sebenarnya pihak buyer maupun saya sebagai penjual sudah beberapa kali menelepon CS J&T untuk minta tolong diubah alamat atau jika tidak bisa ubah alamat, maka dikembalikan saja kepada seller. Namun jawaban dari pihak CS bikin putus asa, buyer diminta telpon lagi saat paket sudah sampai di gerai kecamatan terdekat. Masalahnya paket tersebut tidak pernah sampai ke kecamatan terdekat lagi, hanya bolak-balik antar gudang sortir kota.

Saya bingung harus menempuh cara seperti apa agar paket tersebut masih bisa selamat, entah itu sampai ke alamat tujuan (setelah diubah) ataupun ke tangan saya sebagai seller. Menelepon CS sudah lelah rasanya dan putus asa, dan pulsa yang habis pun sudah banyak.

Saya paham betul saat ini ekspedisi sedang super padat, tapi saya tetap berusaha membantu buyer saya yang masih berharap paket tersebut bisa sampai ke tangan pemesannya, mengingat dia sudah checkout sejak tgl 28 Maret dan paketnya sudah di jalan cukup lama.

Semoga ada solusi dari pihak J&T untuk hal ini. Kalaupun harus retur ke arah seller, rasanya lebih baik daripada ujungnya hilang setelah menunggu lebih lama dan dana pembeli pun tertahan lama di Shopee.

Habibah Rahmah
Kota Depok

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Putus Asa dengan Perjalanan Paket J&T Sejak Tanggal 28 Maret

  • 13 April 2023 - (20:31 WIB)
    Permalink

    Sama nih saya juga jnt baik itu sbg penjual dan sbg penerima barang nyangkut semua. Ada yg hilang juga… Parah emang.

    • 14 April 2023 - (06:55 WIB)
      Permalink

      Saya pun kak. Sebagai buyer sy berusaha legowo kl paketnya ga sampai meski saya butuh pake barang tsb tgl 19 ini, sy msh paham kurir area saya udah cukup berat bebannya.

      Tp sebagai seller, sy tentu kepikiran perasaan customer saya dan tentu reputasi toko kita pun dipertaruhkan

  • 13 April 2023 - (20:43 WIB)
    Permalink

    Berharap saja paketnya balik. Dgn alamat yg ruwet hampir mustahil bisa sampai. Jangan menggampangkan telp cs untuk ganti alamat.

    • 13 April 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Betul kak, sy sendiri udah sempet bilang ke cs, utk balik arah aja ke seller kl memang sulit utk ubah alamat. Dan buyer sy jg udah sempet bilang gt. Tp kata cs disuruh telp LG kl paketnya udah di gerai akhir (bukan gudang sortir). Yang bikin bingung itu timing utk nelponnya.

      • 14 April 2023 - (02:07 WIB)
        Permalink

        apa sdh pernah tanya knp harus begitu? bukankah logika dari cs bisa tambah note lewat sistem, untuk resi no sekian apabila sudah sampai gerai akhir mohon dikembalikan, karena tiap stage perlu akses status paket untuk update?

        • 14 April 2023 - (06:47 WIB)
          Permalink

          Sy juga bingung kak kenapa mesti telponnya pas udah di gerai, prosedurnya mungkin seperti itu, makanya buyer sy itu cukup putus asa dan udah nyerah nelpon cs, sy jg udah hopeless.

          Ini usaha terakhir saya dlm membantu dropshiper tsb. Kasian jg yg mesen k dia nunggu barang itu datang atau refund (kl memang fix barang tsb akhirnya balik dan diterima LG oleh seller).

          Jujur ya cs jnt menurut sy ribet. Sy pernah request pick up via aplikasi mereka. Sy ingin jemput paket dr rumah Ade sy, JD sy cantumkan identitas Ade sy dong sebagai pengirim dan saya sebagai penerima.

          Lalu ceritanya pihak gerai Deket rumah Ade main ubah status JD sudah dipick up dan bahkan sudah jalan dr gerai menuju gudang kota, sy lapor cs ga bisa, katanya yg harus nelpon itu Ade sy sebagai pihak pengirim, padahal jelas sy yg submit orderan pick up tsb via aplikasi di hp sy, gimana saya ga emosi.

  • 14 April 2023 - (01:38 WIB)
    Permalink

    Memang parah kak saya saja kirim ke Bali dari tanggal 5 April 2023 paket tidak bergerak di Badung,Bali dan setelah seminggu lebih yakni tanggal 13 April 2023 pukul 13.33 paket diantar ke alamat tujuan dan hanya durasi 4 menit saja yakni pukul 13.37 paket dinyatakan rusak kemasanya..hal yang mencurigakan dan berulang kali compalin via email ke jnt pun tidak ada tanggapan..bener bner parah jnt

  • 14 April 2023 - (06:07 WIB)
    Permalink

    Saya sih jika sudah asuransi tak ambil pusing ya. Tapi di sini yg dipermasalahkan kinerja jasa kirimnya ya. dari awal kesalahan juga dari yg pesan sulit juga jadinya. Sebaiknya jangan 2 orang yang laporan. Itu jadi kayak 2 laporan masuk makanya jadi tambah ribet. Klo agen gerai di lokasi anda bagus sih biasanya lebih mudah drpd laporan ke CS, karena mereka kayak pny chanel antar gerai secara langsung gtu. Di tempat saya waktu bermasalah sih gtu minta bantuan sama agennya.

    • 14 April 2023 - (06:59 WIB)
      Permalink

      Justru Krn dia dropshiper kasian kak. Dia pasti ditagih barang tsb oleh buyernya dia.

      Memang ujungnya dana bisa balik, tp bisa lama nyangkut di MP sampai ada kejelasan dr pihak ekspedisi. Sy pernah ngalamin sekali sebagai buyer, paketnya selip di gudang sortir jnt, sampe sebulan ga selesai itu status pesanan saya dan dana JD ketahan lama.

  • 14 April 2023 - (06:34 WIB)
    Permalink

    Kalo yg jual nya dropshipper ngapain pusing tlp pihak expedisi. Itu kan sudah tanggung jawab nya dropshiper. Soal pembayaran harus nya dropshiper suruh transfer dulu sebelum paket di serahkan ke pihak expedisi. Saya seller di shopee ada beberapa dropshiper yg ikut jual barang saya. Ketika mereka ada order mereka akan kirim resi atau kode boked. Sebelum barang di kirim mereka pada transfer dulu ke no rek saya. Jadi urusan penjualan itu sudah tanggung jawab dropshipper dengan pihak buyer.

    • 14 April 2023 - (06:50 WIB)
      Permalink

      Betul kak, seharusnya memang bukan kewajiban saya. Tp sy hanya bantu dropshiper tsb karena saya punya hati. Ini usaha terakhir saya dlm bantu dia, entah ujungnya bisa ubah alamat atau ujungnya paket tsb balik ke sy. Biar dana dia engga ketahan lama2 jg di MP, ga semua orang mudah perputaran modalnya.

      • 14 April 2023 - (07:35 WIB)
        Permalink

        Iya kak. Mungkin karna itu pihak jnt lambat menangani masalah karna yg tlp bukan pemilik akun yg bersangkutan. Mudah2an barang nya cepat kembali kak

  • 14 April 2023 - (09:03 WIB)
    Permalink

    Setau saya sih kak. Kalau alamat tidak jelas di jnt itu langsung diretur. Entah kenapa harus sampai bolak balik gitu

    • 14 April 2023 - (17:20 WIB)
      Permalink

      Kurir nya Terinspirasi dgn ayu ting ting dgn lagu alamat palsu .. Kesana kemari mencari alamat. Hihi

  • 14 April 2023 - (09:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga pembeli, j&t mmng lgi super padat pengiriman itu, smpt paket saya tertahan hampir 1 Minggu tpi Alhamdulillah ya saya pnya kurir langganan di j&t jdi klo apa” minta tolong dia cekin paket saya dan Alhamdulillah sudah sampai, semoga paket KK nya sampai ke customer atau tidak balik ke KK nya ya aamiin ?

  • 25 April 2023 - (05:36 WIB)
    Permalink

    Update terbaru kasus ini. Tim shopee sudah menghubungi saya sesaat setelah surat ini tayang di Media Konsumen. Mereka bantu follow up ke J&T. Awalnya tim shopee bilang apa bersedia jika paketnya dinyatakan hilang, saya bilang iya boleh, tapi kasian ekspedisi, barang aslinya kn ga hilang.

    Akhirnya, per tgl 19 April,

    JP0163527668 statusnya sudah gagal kirim, jadi sudah batal statusnya di shopee dan paket akan dikembalikan ke seller. Namun dari tgl 19 april-25 April, belum ada kejelasan paket sudah dimana. Tulisannya masih akan dikirim k gudang sortir Palembang. Pihak J&T, saya minta tolong diperjelas mengenai status paket yg ini. Saya jelas tidak akan menerima dana penjual atas paket ini, apa iya harus kehilangan barang jg…

    JP4857808079 paket sudah dinyatakan gagal kirim jg tgl 19 April dan batal di sistem shopee. Namun tgl 21 barang yg seharusnya sampai ke seller, malah sampai ke buyer. Untung buyernya kooperatif dan mau bayar manual.

    Kasus ini belum tuntas karena paket dgn resi JP0163527668 sampai sekarang masih ga jelas keberadaannya, tidak jalan ke arah buyer maupun ke arah seller

  • 4 Mei 2023 - (16:54 WIB)
    Permalink

    Per hari ini, kasus kedua paket dengan nomor resi di atas sudah selesai.

    Terima kasih banyak, seluruh Tim J&T yang sudah menangani kendala ini meski sampai sebulan 6 hari, semoga J&T bisa tetap sukses dan lancar pengirimannya selalu.

    Terima kasih juga Tim Shopee yg membantu saya menghubungi pihak ekspedisi. Dan juga kepada Media Konsumen yang telah memfasilitasi konsumen untuk menyampaikan kendalanya sehingga lebih digubris oleh pihak terkait

 Apa Komentar Anda?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Putus Asa dengan Perjalanan Paket J&T Sejak Tanggal 28 Maret

oleh Buku dibaca dalam: 1 menit
21