Penagihan ke Kontak Darurat Akulaku

Tanggal 5 Mei 2023 adalah tanggal jatuh tempo saya untuk pembayaran tagihan pinjaman dana tunai di Akulaku. Pada tanggal 6, 7, dan 8, sudah mulai telepon penagihan bertubi-tubi ke HP saya. Saya anggap ini wajar, dan saya akui kalau dananya belum ada.

Namun pada tanggal 9 Mei 2023, ada chat WhatsApp yang mulai mengancam dan bawa nama OJK (seakan-akan OJK akan menjelekkan saya). Mulai satu persatu kontak darurat ditagih, dihubungi dengan bahasa yang tidak pantas.

Saya akan laporkan hal ini kepada OJK, karena setahu saya, penagihan ke kontak darurat bisa dilakukan jika saya tidak merespons telepon penagihan atau tidak menjawab! Peraturan OJK juga melarang menghubungi kontak darurat dalam jangka waktu yang ditentukan (keterlambatan saya 4 hari).

Saya lampirkan chat WA, juga nomor telepon yang saya yakin tidak akan pernah aktif lagi di tulisan ini.

Ritzky Taroreh
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Akulaku Indonesia:
[Total:165    Rata-Rata: 1.9/5]
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Ritzky Taroreh

Kepada Yth Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat,  Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Ritzky Taroreh pada tanggal 08...
Baca Selengkapnya

95 komentar untuk “Penagihan ke Kontak Darurat Akulaku

    • 10 Mei 2023 - (08:43 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya akulaku cukup kredibel,tapi ngk tau kenapa,mereka punya desk collector jg kasih data kita ke orang lain(untuk menagih)bahkan Sampe kontak darurat nya

      11
      1
        • 10 Mei 2023 - (12:02 WIB)
          Permalink

          Karena loe kan DC???gw teriak karena nagih ngk sesuai SOP,klo telp tiap hari bahkan tiap waktu,santai aja.Telat bayar pun bukan gagal bayar kok????

          37
          11
          • 10 Mei 2023 - (14:01 WIB)
            Permalink

            Alamdulilah sya bayar lazpaylater lacar sblm tgl jtuh tempo bahkan kadang 1 atw 2 minggu lbh cepat

            6
            2
          • 10 Mei 2023 - (19:54 WIB)
            Permalink

            Benar itu paling DC yang makannya dari pinjol kerjanya neror nasabah pinjol

            6
            0
          • 11 Mei 2023 - (18:44 WIB)
            Permalink

            mangkanya punya utang tu dibayar tolol bukan malah koar2 cari pembelan

            2
            4
          • 19 Mei 2023 - (19:50 WIB)
            Permalink

            Terimakasih pihak akulaku dengan respon nya, sangat saya hargai

        • 11 Mei 2023 - (01:39 WIB)
          Permalink

          Gua sumpahin si Jalu DC bau, gak pernah mandi, gak pernah ganti baju, gak makan sekolahan, kerja lu ga pernah target. Amiiiiin.

          8
          6
        • 11 Mei 2023 - (09:37 WIB)
          Permalink

          Gak usah takut , dia nagih diluar SOP apalagi sampai sebar DATA , Gak usah Dibayar.

          Kasusnya sama kaya Temen gue sampai dikeluarin dari pekerjaan gara2 ulah DCnya sebar data.

          Setelah dilaporin dari DC sama Pihak Akulaku Mingkem Semua.

          Bacot penagihan cuma Berani Di WA.
          Coba dateng langsung , Abis Itu DCnya Disini.

          6
          3
        • 11 Mei 2023 - (10:00 WIB)
          Permalink

          lebih malu lagi kalo dc mulutnya kotor kayak sampah, seakan akan didikannya seperti orang yang tidak dididik orang tua

      • 11 Mei 2023 - (14:56 WIB)
        Permalink

        Klo gw lebih malu kerja jd DC,seburuk apapun kerjaan yg Laen,DC itu pusat nya dosa,cnth…ngata2in orang,bicara kasar,etika dan attitude 0 ( walaupun tdk smua DC spt itu,lbh ke oknum Kya DC yg komen itu ) dia ngatain yg ngutang utk malu,Kya hidup nya kaya aja tanpa utang!! Yg paling vital adalah gaji DC itu adalah makan uang riba,kebayang ga gaeesss gmn sengsara nya hidup,mending cpt tobat ngab,msh bnyk kerjaan lg yg ridho dan insyaallah barokah…

        11
      • 12 Mei 2023 - (06:44 WIB)
        Permalink

        Banyak yg pinjam uang ke saya, setiap menagih selalu dgn bahasa yg santun, tapi semuanya tdk ada yg mau bayar, ada yg tetangga dekat juga, sering ketemu di masjid, di dunia ini banyak orang yg sdh dibantu dipinjamkan uang saat dia butuh tapi justru malah menipu, padahal sudah tanpa bunga. Jadi jangan heran SOP pinjol mmg dgn bahasa yg kasar, karena kuatir orang tsb tidak mau bayar, jadi tetaplah bayar sesuai perjanjian, dan jika mmg tdk sanggup membayar lebih baik jgn meminjam. Kalau uang anda dipinjam dan tdk dibayar tepat waktu kira2 perasaan anda bagaimana? Apalagi anda sedang butuh uang Anda….. Klise urusan ini, karena tdk amanahnya orang yg meminjam.

        4
        1
    • 10 Mei 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Begitulah resiko kalau minjem uang pinjol yang tanpa jaminan. Sebaiknya hindari minjem uang pinjol kalau tidak punya penghasilan tetap yang lebih buat bayar hutang pinjol.

      10
      1
    • 11 Mei 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Betul saya juga kena tipu saya pesan hp seken tp yg dtng tas pinggang kecil eh… Saya disuruh nyicil saya gak mau tiap hari tlp trs no.tiap hari ganti gk prnh saya angkt trs wa trs sampe ngancam saya bls penipu…gitu.

    • 10 Mei 2023 - (08:49 WIB)
      Permalink

      Lagi saya pikirkan,pastinya dengan pertimbangan,bayar tagihan dulu ??biar ngk macam macam mereka✌️✌️✌️

        • 10 Mei 2023 - (09:01 WIB)
          Permalink

          Saya ngk ada niat untuk ngk bayar jg sih bang.Tapi ancaman itu pidana,lebih baik bayar dulu baru laporan buat,biar polisi ngk macem macem nanya.Terima kasih masukan nya,??

          • 10 Mei 2023 - (09:18 WIB)
            Permalink

            “Tapi ancaman itu pidana”

            Makanya lapor polisi bukan lapor ojk. pidana bukan ranah ojk

            “lebih baik bayar dulu baru laporan buat,biar polisi ngk macem macem nanya.”

            Ga ada hubungannya, polisi tdk mengurusi hutang piutang

          • 10 Mei 2023 - (10:03 WIB)
            Permalink

            penagihan ngelantur gini juga ga akan digubris sama OJK. pokoknya keluhan kita semua ga bakal diladenin sm OJK selama kita ga nuntut secara pengadilan.

      • 13 Mei 2023 - (08:11 WIB)
        Permalink

        Jujur saya jg baru pertama kli ini hutang d pinjol akulaku, cuma 300 ribu jh, tgl jatuh tempo pun sdh jlz tgl 12 mei,tapi 5 hari sebelum jatuh tempo, sdh d telpon d teror kyk orang g byr jh, jujur karna baru pertama utang pinjol sy takut sekali, kok kyk gini yah bikin g nyaman, sehari itu jh dah berapa kli d teror dng d telpon?alhamdulillah kemaren sdh lunas, g d teror lagi, jdi takut klo mau pinjem lagi, saran sy harusnya klo belum jatuh tempo janganlah d teror gtu kyk orang g mau byr ajah, kecuali klo sdh melewati tgl jatuh tempo, ya d ingatkan lah dng bijak jangan d teror kyk gtu,??

    • 10 Mei 2023 - (14:26 WIB)
      Permalink

      wkwkw sah sah aja nagih di kontak darurat jika sudah late 1 hari . inilah yang namanya pengutang merasa terdzalimi padahal dia ngutang ,kalo ngutang bayar tepat waktu gak bakal ditagih ke kontak darurat , mau lapor ojk mk kagak ngaruh lah anda dah jelas terlambat bayar.

      12
      7
      • 10 Mei 2023 - (14:29 WIB)
        Permalink

        Iya sih,OJK ngk mungkin gubris.Tapi ada peraturan baru,untuk tidak menagih ke kontak darurat itu dari OJK malahan

      • 10 Mei 2023 - (15:54 WIB)
        Permalink

        Mau ngadu ke OJK gegara pinjol??
        Hallowww bro…,bumiputra, Jiwasraya, prudensial dll. Mangkrak, gada solusi yg real, apalagi pinjol. Gada gunanya ngadu, gak usah dibayar sekalian.
        Paling konsekuensi terburuk gak bisa pinjam lagi dmn2, menurut saya pribadi malah bgs GK bisa pinjam LG, dgn begitu kita dilatih mandiri dan hijrah gada hutang piutang lagi kedepannya.

        26
        • 11 Mei 2023 - (06:05 WIB)
          Permalink

          Setuju tapi kurg setuju di bagian gk bayar. Utang tetap harus di bayar. Apalagi klo muslim. Klo semisal galbay trus kredit skor jelek sehingga sulit untk ajuin pinjaman di mana pun its ok. Jdi mindset kita berubah dan doanya jg brubah, agar bisa beli apapun cash .. gk cicil2 lgi.

          • 12 Mei 2023 - (11:05 WIB)
            Permalink

            Saya pastikan untuk bayar,tapi penagihan yg diluar SOP itu yg saya permasalahkan di tulisan ini.Saya tdk pernah tdk menjawab TLP penagihan,tapi KLO chat WA yg bahasa nya mengancam,untuk apa saya respon?!!!bnyk yg komentar ngk ngerti isi tulisan saya,cuma komentar tapi ngk mengerti.

      • 11 Mei 2023 - (01:43 WIB)
        Permalink

        Nagih ke kondar ada syaratnya !.
        Apabila si kreditur susah dihubungi atau tidak bisa dihubungi,baru hubungi kondar.
        Tapi hubungi kondar juga ada aturan mainnya , gak boleh main nagih ke kondar, hanya boleh “menitip pesan”.
        Dan ingat, nitip pesan itu baik² ke kondar! Bukan ancaman atau bahasa kasar. Percaya sama saya, debitur ga bakal mau bayar kalau cara teror seperti itu! ????????

        Hadhuh, ketara banget nih DC DC pada gak tersertifikasi semua!

        6
        1
      • 12 Mei 2023 - (13:12 WIB)
        Permalink

        SOP mana yg bilang telat sehari bisa WA kontak darurat dengan ancaman?Ada buktinya ?

      • 11 Mei 2023 - (00:16 WIB)
        Permalink

        mending gak usah dibayar sekalian Bos.. Uangnya disumbangkan aja ke Panti asuhan… Niat sedekah buat bayar hutang.. Pinjol sekarang mah sadis????

        2
        1
        • 11 Mei 2023 - (23:05 WIB)
          Permalink

          Bukannya intinya harus dibayar, masalah selesai?
          Kan semua sudah ada dalam perjanjian pinjaman.
          Kurang enak apalagi, ga ada jaminan apapun anda dapat pinjaman uang, anda berani meminjam berarti anda paham resikonya jika telat.
          Sayapun juga pengguna/pemakain pinjol/paylater, tp kalo waktunya bayar ya bayar, jangan cuman seneng pas minjem & nerima duitnya doang.
          Ga usah koar” di media sosmed soal masalah utang piutang pinjol. Gantelmen aja seperti anda saat menerima uang pinjamannya.

      • 12 Mei 2023 - (11:08 WIB)
        Permalink

        Laporan karena ada ancaman disitu,masalah hutang itu perdata,saya ngerti kok??

        • 12 Mei 2023 - (13:04 WIB)
          Permalink

          Ancaman apa bos? Membawa nama anda ke ojk biar ga bs minjem2 lg? Atau ancaman menagih ke kontak darurat anda?
          Lebay sekali anda ini, kirain ancaman kekerasan atau pembunuhan ky pekerja BRIN yg kmnrin viral.

          • 12 Mei 2023 - (13:53 WIB)
            Permalink

            Biarin aja bos,toh saya lebay ngk mengganggu anda yg makmur sentosa ??? urusan saya lebay atau ngk.Ngk perlu jg cerita detail ke anda, pertanyaan anda saya skip??

    • 10 Mei 2023 - (11:45 WIB)
      Permalink

      Akulaku tahu Nmr TLP saya,dan update siang ini,SDH melakukan telepon ke orang tua saya yg BUKAN kontak darurat!!!Ancaman jg dilakukan kepada orang tua saya

      4
      3
      • 11 Mei 2023 - (07:09 WIB)
        Permalink

        Tenang mas. Akulaku semi ilegal. Legal di OJK tapi gaya nya persis ilegal. Jadi inget ma temen2 ngerjain DC akulaku haha. Di Vc ga pernah mau itu bacot doang di Wa. Di ajak ketemuan ga mau. Akhirnya sekian lama ada yg hubungi org lapangan dan mau di ajak ketemuan ternyata bocil di kerumunin aja itu bocil. Temen sengaja di bikin telat bayar pengen tau doang seperti apa akulaku.

      • 11 Mei 2023 - (08:32 WIB)
        Permalink

        Yah akulaku mah.. jgn kan telat.. jatuh tempo masih seminggu jg DC nya udh misscall2 tiap hari pdhl bayar ga pernah telat.. smg cepat selesai masalahnya bang

  • 10 Mei 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga pakai akulaku tp tepat waktu soalnya tahu resiko telat pst diteror, makanya mending saya bayar hbs itu ngajuin lagi

    1
    2
      • 10 Mei 2023 - (12:46 WIB)
        Permalink

        Biasanya desk coll rata rata galak di penagihan doang dia nyali gede karna ga ketemu langsung konsumen dan pake nama palsu klo disamperin juga ciut kaya keong

        • 11 Mei 2023 - (00:19 WIB)
          Permalink

          bener ..badan nya kecil kecil dan masih muda semua… dihadapi aja.. mentok kalau buat perkara lapor polisi. mereka bakal takut.. sekalian gak usah dibayar Bos.. Biar Pinjol SE Indonesia pada tutup semua.

      • 10 Mei 2023 - (20:26 WIB)
        Permalink

        Angsur aja bang dikit dikit…kalo soal cara dia nagih kaya neror gitu .. ya rata rata semua kaya gitu sekarang…kita ini urusan nya Ama riba pasti dampak buruk ke diri kita jelas ada…sekelas akulaku terbilang lengkap team tagih nya…dari yg di belakang layar Ampe yg Dateng ke rumah dan itu juga rajin datengnya kaya bang keliling…ya kalo mau lapor ya Monggo…asal Abang siap waktu..tenaga …fikiran dan uang juga…

        • 11 Mei 2023 - (00:20 WIB)
          Permalink

          Gak semua kok didatangi..lihat jumlah nya.. kalau cuma 2 juta mah.. rugi mendatangkan… kecuali 10 juta ke atas beda lagi

          • 11 Mei 2023 - (01:48 WIB)
            Permalink

            Ga gitu sih mba.
            Bukan besar atau kecilnya yang dikunjungi.

            Ada 3 faktor:
            – Banyaknya debitur nunggak di satu lokasi yang sama
            – keterjangkauan lokasi
            – HOKI

            Saya bukan DC/ FC dan jangan sampe juga kerja kayak begini, tapi…. kenalan mantan DC sih ada.

        • 12 Mei 2023 - (11:11 WIB)
          Permalink

          Saya ngk masalahkan tagihan saya disini,semua TLP saya angkat kok,ngk kabur juga.Tapi penagihan dari chat WA itu sepertinya desk collector share Nmr saya,ke orang lain untuk menagih.Istilahnya untuk menakuti

    • 10 Mei 2023 - (13:46 WIB)
      Permalink

      Urusan saya mau malu atau ngk??? dan itu jg bukan urusan anda untuk komentar,urus urusan anda saja

      9
      9
      • 10 Mei 2023 - (15:14 WIB)
        Permalink

        Enak cuma di terror saya sudah lunasi nih tempat tiba2 ada tagihan ke 13 kan lucu dibiarkan malah kena denda dan di terror

        • 12 Mei 2023 - (12:15 WIB)
          Permalink

          Lu minjem ya lu bayar
          Kagak perlu koar2…
          Pake permasalahin sop penagihan, lah lu kagak ngaca sop pembayaran lu gmn???

    • 11 Mei 2023 - (01:49 WIB)
      Permalink

      Lah lu bayarin lah cokkkk! Seenak jidatnya ngetik utang dibayar. Lu bayarin pake ginjal lu noh!!! ??????

  • 10 Mei 2023 - (14:09 WIB)
    Permalink

    kmrin pakai akulaku. Trlambat sampai 27hari. Tp di hari ke 4 sy cicil. Trnyata tagihan bs dicicil sy kira hrs sekali byr. Nyicil jg seadanya. Nominalnya itu bs diganti suka2 sampai lunas. Yg pnting ada respon niat cicil. Tim penagih ga sampai ancam dan hub kontak darurat. Trlambat 1 hari sj masuk slik ojk di bulan berikutnya. Tp slm itu kol 2 dan segera lunas msih bisa ajukan KUR BRI. Sdh sy lunasi dan gak mau pakai akulaku lg.

  • 10 Mei 2023 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Bahasa yg ga pantasnya kaya gimana bang?
    Klo cuma bgtu doang, diemin aja. Kita bales chatnya, dia jg ga bakal jawab.

    Oya punya saya sekarang, telat 1hari ud kena denda wkwkwk, biasanya telat 6hari baru didenda

    • 10 Mei 2023 - (18:26 WIB)
      Permalink

      Kalo Punya Uang tp Punya Utang Kita Ga tau Uang kita sebenar nya brp,
      Yg Aku hindari dari Hidup Keuangan : kredit Barang, Utang ke Bank apalagi Pinjol, KK & Asuransi kecuali BPJS, Trus Baca2 di MK, Memperkuat Sy Untuk Tidak Terlibat Hutang piutang, mau beli apapun lbh baik nabung , kalo cukup beli baru , ga cukup beli second , Segede Apapun Promo Cicilan nya di itung2 Mahal jg,
      Semoga Yg terlibat Hutang Cepet Selesai Urusan nya & Mulai Lah Menabung #Salam Tidur Nyenyak

  • 10 Mei 2023 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Ah cerita klasik. Namanya hutang dan ditagih kan hal yg wajar. Apalagi hutang tanpa jaminan. Gimana caranya mereka dapat uang mereka kembali. Ujung2nya yg komen kek gini disangka DC. Wkwkwk

    • 11 Mei 2023 - (00:24 WIB)
      Permalink

      Bos . Kamu Belum pernah di posisi mereka.. Hidup kamu lempeeeng terus.. semoga aja kamu gak diuji kayak yang punya tanggungan ..supaya Hidup Bos aman dan Terkendali

      1
      4
      • 11 Mei 2023 - (08:08 WIB)
        Permalink

        Begitulah pinjol. Bunga dan cara penagihan nya ga ngotak. Bukan hal baru bang dc pinjol nagih seperti itu.
        Nt bisa nulis di mk pasti udah sering lihat post pengaduan yg berbau pinjol
        Cara terbaik bayar secepat nya dan tutup semua akun pinjol. Lebih baik ngutang ke bank yg pakai jaminan. lebih waras bunga dan cara penagihan nya

    • 12 Mei 2023 - (11:13 WIB)
      Permalink

      Penagihan dengan ancaman itu ngk boleh lagi,mereka pikir ancaman itu bentuk fisik saja.Padahal ancaman KLO ngk bayar jam segini,saya bikin laporan tolak bayar,itu jg bentuk ancaman!!!

    • 12 Mei 2023 - (13:06 WIB)
      Permalink

      Wajar kok ditagih hutang,tapi PENAGIHAN jg ada standard nya kan?Dan saya ngk tulis di surat saya,tapi saya ngk pernah ngk angkat telpon penagihan Akulaku???Semoga kita semua diberikan rizki yg banyak ya,seperti Abang,yg ngk pernah berhutang ???

  • 11 Mei 2023 - (00:59 WIB)
    Permalink

    Meributkan sop penagihan? Lah anda telat bayar itu ga sesuai sop perjanjian hutang piutang kan?
    Lucu kadang mereka2 ini

    • 12 Mei 2023 - (11:14 WIB)
      Permalink

      Perjanjian mengatur tanggal pembayaran,dan jika telat bayar denda diberlakukan.Itu bunyi perjanjian nya bos?koreksi KLO saya salah

      • 12 Mei 2023 - (12:44 WIB)
        Permalink

        Perjanjiannya pjg bos, ga mgkn cm 2 itu sj. Emg anda pikir sy ga pernah daftar yg bgtuan?.

        • 12 Mei 2023 - (12:58 WIB)
          Permalink

          Bagus dong rajin membaca ???klo saya baca yg penting penting aja, mungkin anda hafal karena anda kerja disana?kan kita ngk pernah tau.Saya komentar buat Akulaku kenapa anda yg sewot ya???malah ngatur ngatur????kocak

        • 12 Mei 2023 - (19:24 WIB)
          Permalink

          Kalo ngeselin galbay aja sekalian..lihat perkembangan prilaku kalo anarkis cari bukti yang kuat..segera laporkan..

  • 11 Mei 2023 - (10:32 WIB)
    Permalink

    Semua pinjol sama saja, belum jatuh tempo saja sudah di telp terus apa lagi sudah jatuh tempo

  • 11 Mei 2023 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Emang oknum DC akulaku kebanyakan begitu, bahkan sudah dicicil aja masih ngehubungi orang diluar kontak darurat bukan kontak darurat lagi yang dihubungi, bukan main emang.

  • 11 Mei 2023 - (23:08 WIB)
    Permalink

    Tanggal 5 jatuh tempo. Tanggal 6,7,8 dihubungi lewat telepon. Pertanyaannya, anda jawab ga itu teleponnya? Kalo anda kacangi ya wajar mereka marah. Saya tidak melihat tulisan anda yang menyatakan anda menjawab telepon mereka, jadi asumsi saya anda tidak menjawab telepon mereka. Jadi wajar mereka menghubungi kontak darurat, terlepas sopan tidaknya mereka berbicara

    • 12 Mei 2023 - (11:15 WIB)
      Permalink

      Saya jawab semua TLP nya,kontak darurat itu dihubungi,jika saya TDK pernah menjawab TLP penagihan,atau saya sengaja tdk mau jawab.

  • 15 Mei 2023 - (22:46 WIB)
    Permalink

    Hajar aja bang..nasib Abang sama kayak saya sekarang…
    Ini malah ada 5 Pinjol… Jatuh temponya sama semua..
    Pusing juga di teror 5 DC..padahal mereka ini diduga masih 1 komplotan..
    Modusnya bisa jadi seperti itu..karena saat satu Pinjol melakukan penagihan..Pinjol yang lain menawarkan..hingga akhirnya pakai cara gali lobang tutup lobang..
    Meski tidak pernah telat bayar..bahkan jika tidak bisa melunasi bayar perpanjangan..tapi tetap 3hari sebelum jatuh tempo sudah diteror dan nuduh maling..ini sudah keterlaluan…
    Ada SWI, ada Cyber sudah dilapori juga tetap lakukan seperti itu..saya dukung bang..

  • 17 Mei 2023 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Makannya bang, jangan pakai paylater. Gaji minum Gaya hedon, lebih baik bayar full daripada hutang

    • 19 Mei 2023 - (09:38 WIB)
      Permalink

      Siapa yg pake paylater 😆😆😆😆loe komentar ngk baca baca,nuduh orang hidup hedonis!!!!

      • 19 Mei 2023 - (10:08 WIB)
        Permalink

        Saya mohon maaf, pak. Maksud saya bukan anda, tapi merujuk orang yang pakai nomor darurat anda. Biang keladi/sumber masalah orang yg pakai nomor kontaknya.

      • 19 Mei 2023 - (10:09 WIB)
        Permalink

        Kan bisa pakai nomor acak. Soalnya aku pernah gitu nyoba fitur paylater. Nomor darurat saya acak. Haha

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 95 komentar sampai saat ini..

Penagihan ke Kontak Darurat Akulaku

oleh Ritzky dibaca dalam: 1 menit
95