Sudah Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo, tapi Dikenakan Denda dan Bunga

Sebagai pengguna aktif kartu kredit DBS, kali ini saya cukup kecewa. Dikarenakan saya sudah melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo, tapi tercatat telat melakukan pembayaran dan kena denda beserta bunga.

Saya juga sudah mengajukan keberatan terkait denda dan bunga melalui call center. Sebelumnya ditawarkan untuk diskon 50% potongan bunga. Namun saya minta full, karena saya tidak terlambat melakukan pembayaran dan melakukan pembayaran full payment, dengan nilai tagihan yang cukup besar, kurang lebih Rp31 juta.

Saya harap melalui Media Konsumen ini denda dan bunga keterlambatan tagihan yang muncul dapat dihapus, karena saya tidak terlambat bayar. Nomor pelaporan di Bank DBS: 5599206. Terima kasih Media Konsumen.

Haryo Bagus Suharjo
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Surat Tanggapan PT Bank DBS Indonesia atas Surat Sdr. Haryo Bagus Suharjo

Redaksi Surat Pembaca Mediakonsumen.com Yth., Pertama-tama, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mediakonsumen.com. Melalui surat ini, kami...
Baca Selengkapnya

35 komentar untuk “Sudah Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo, tapi Dikenakan Denda dan Bunga

  • 10 Mei 2023 - (15:27 WIB)
    Permalink

    Kalau bayar CC lewat menu “Bayar Tagihan” ya tidak bisa langsung otomatis masuk di hari yang sama — apalagi beda bank.. Btw itu SS nya bayar via Seabank tapi kok di statement tertulis dari Maybank..?? Kena charge 12.500 lagi.. Hmm selama ini saya bayar CC beda bank gratis2 ajah kaga kena biaya sepersen pun..

    Finance Charges 788K — biaya apaan itu..?? Kok ngeri sekali yah.. Saya selama pakai CC kaga pernah kena biaya2 kek gitu..

    3
    1
      • 10 Mei 2023 - (23:24 WIB)
        Permalink

        Yang suka mepet bayar CC Bank asing dan dari Bank berbeda usahakan bayarnya pada hari kerja dan menu transfer.. pastikan kita menanyakan hal ini ke call center dan jadilah nasabah yg bijak karena kita juga yg akan rugi karena kita lalai..

        5
        1
    • 16 Mei 2023 - (13:16 WIB)
      Permalink

      Kenapa bunga besar ? Karena tagihan Dy besar mba . Kalau pake menu pembayaran yg di bebankan 12.500 akan masuknya 2-3 hari kerja . Maka dari itu kalau bayar CC mepet pake menu pembayaran ya gitu . Kan biasa nya ada ketentuan pembayaran di bill tagihan/e-statement nya.

      • 17 Mei 2023 - (17:31 WIB)
        Permalink

        Selanjutnya mas Haryo untuk pembayaran kartu kredit dari SeaBank pakai menu transfer kecuali ada sebagian bank yg tidak didaftarkan sebagai rekening contoh dulu ya bank Bumiputera sebelum menjadi MNC iya tidak bisa pakai menu transfer karena bank tidak mendaftarkan sebagai rekening. Menu transfer itu real-time kalau menu pembayaran kartu kredit ada proses kliring jadi perlu waktu setidaknya 1 – 2 hari kerja. Limit transfer antar bank di SeaBank bisa kita atur sendiri di menu kanan bawah ‘Saya’ pilih ‘Pengaturan Limit dan Pembayaran’ itu bisa set antar bank sampai 500 juta SKN (ada jeda waktu beberapa jam kadang sangat singkat). Menu transfer tidak ada biaya & di akun saya limit free transfer antar bank sampai 100 kali juga isi semua jenis e-money 100 kali. Semoga diberikan penghapusan late charge karena ketidak tahuan nasabah, walau sebenarnya bank cari keuntungan besar dari late charge & membayar tidak full amount.

  • 10 Mei 2023 - (15:29 WIB)
    Permalink

    Semoga segera selesai masalahnya. Masukan kedepan sebaiknya pembayaran sebisa mungkin jangan H-1 untuk menghindari sistem yang pending atau gangguan.
    Biasanya pembayaran tercatat setelah dana masuk ke rek yng bersangkutan bukan berdasar tanggal kita bayar

    4
    1
      • 11 Mei 2023 - (08:54 WIB)
        Permalink

        kalau mau bayar mepet, lewat rek dbs juga pak bayarnya. Saya hari H trus bayar, tetap ada late fee tetapi dikembalikan lagi sama dbs late fee nya, dijadikan pembayaran untuk bulan selanjutnya. Kalau lewat bank lain, dibaca2 dlu apakah pembayaran melalui bank lain itu realtime atau butuh proses bbrp hari

        2
        2
        • 12 Mei 2023 - (00:52 WIB)
          Permalink

          Saya punya cc dbs jg dan emang mereka masuknya agak lama, jd ya saya tinggal sesuaiin aja kalo bayar pake bank/platform lain bayarnya jauh2 hari. Klo dari rek dbs mending pas pagi, biar tenang. Pernah telat dan ajuin keberatan dan dihapus full tp transaksinya emg gak gede.

          Btw fee charge bayar dari bank lain ke dbs itu paling mahal, 12.500. Itu blm ditambah charge dari platform lain. Cuma karena ada cashback dan limitnya gede jd masi saya pertahanin

      • 11 Mei 2023 - (15:09 WIB)
        Permalink

        Ekwkwk gak gitu cara maenya kalo TF dari bank lain itu gak langsugn masuk sehari apa lagi bank asing (bekas AnZ 3 hari kerja aja ragu bisa masuk..

        CC BCA bayar dari rekening BCA it oke 1 hari kerja

        Ini dari seabank ke DBS wkwk ngarep banget 1 hari masuk..

        Emang lalai dari si pengguna sih ini ..
        Besok bayar itu janagn pas H-1 jatuh tempo karena ada PROSESNYA…

        1
        2
  • 10 Mei 2023 - (15:34 WIB)
    Permalink

    Engga dijelaskan (baca: cropped) oleh TS kapan pembayaran itu masuk ke Bank DBS sebab ini kan pembayaran beda bank.

    Ngirit biayakah pembayaran lewat Seabank?

    1
    3
    • 10 Mei 2023 - (18:10 WIB)
      Permalink

      Biaya sama saja pak, cuma kalau pembayaran pakai transfer antar bank kartu bca platinum saya saja max 25jt sedangkan tagihan saya 31jt pak.

      1
      1
      • 11 Mei 2023 - (16:09 WIB)
        Permalink

        saran saya mending pakai bca pa.. saya pengguna KK DBS juga, tanggal 1mei kemarin saya melakukan pembayaran via transfer BCA dan langsung masuk notifikasi kalo pemabayaran sudah di terima beberapa menit kemudian.

        kalau memang batas maksimal limit transfer cuma 25jta, kan bisa 2x transfer untuk pembayarannya,,

        2
        2
  • 10 Mei 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Sudah jelas2 diberi peringatan tertulis: Lakukan pembayaran selambatnya 2 HK dst.
    Kalau mau bayar dekat2 jatuh tempo, mending transfer realtime dulu ke digibank, entar bayar langsung dari tabungan ke KK via app. Itu dalam bbrp jam pasti tercatat.

    Tapi memang jadi tdk dapat promo cashback dll…

    Apalagi bank ini memang sistem KK nya agak lelet (transaksi KK mesti nunggu beberapa hari baru tercatat). Beda dengan bank biru yg sangat gercep pencatatan transaksinya.

    6
    2
    • 10 Mei 2023 - (16:55 WIB)
      Permalink

      Bayar tagihan CC dengan sumber dana dari rekening Bank yang sama dengan Bank penerbit CC aja perlu waktu settlement transaksi minimal H+2 dari tanggal transaksi pembayaran.
      Kalau rekening sumber pembayaran beda bank dengan bank penerbit CC, aku biasanya bayar 5-7 hari sebelum Tanggal Jatuh Tempo Tagihan.
      Lain kali kamu harus perhitungkan waktu settlement transaksi sesama bank (bank yang sama) atau antar bank (bank yang berbeda).

      3
      1
    • 10 Mei 2023 - (18:15 WIB)
      Permalink

      Sejujurnya sudah beberapa kali bayar dengan seabank ini dan masuk di besoknya

      • 10 Mei 2023 - (20:27 WIB)
        Permalink

        karena tlg 1 mei itu hari libur jadi lebih lambat masuknya. next antisipasi jangan mepet2 apalagi tagihan besar

        6
        1
  • 10 Mei 2023 - (15:49 WIB)
    Permalink

    Di luar soal pengajuan penghapusan biaya yang hasilnya tergantung kebijakan internal bank…

    Saya kira pembayarannya ini terlalu mepet juga dilakukan di H-1 (1 Mei 2023) sebelum tanggal jatuh tempo (2 Mei 2023) karena proses kliring pembayaran kartu kredit jarang yang 1 harian diterima.
    Kalo boleh tahu karena screenshot dipotong, itu pembayaran tercatat masuk di tanggal berapa oleh sistem DBS?

    Lalu CMIIW saya lihat penulis bayar pakai menu pembayaran app Seabank ya, kenapa tidak transfer online antar bank saja langsung tembak nomer kartu kreditnya? Toh biayanya sama saja kena 12,5rb juga setahu saya. Bedanya transfer online antar bank…langsung masuk dan tercatat. Saya pernah 2 kali bayar CC digibank keluarga saya cara begitu tapi lebih seringnya pakai app digibank.

    Menurut saya untuk menghindari terjadi lagi, mungkin bisa coba membuka rekening digibank, sama2 online bank, khusus untuk urusan pembayaran CC digibank lebih cepat bebas biaya juga. Urusan lain ada valas, investasi, dll. Lazim lah nasabah punya bbrp rekening online untuk zaman now, tinggal pindah-pindah dana saja ribetnya.

    7
    1
    • 10 Mei 2023 - (18:12 WIB)
      Permalink

      Dikarenakan saya ga punya rek digibank sehingga bayar dari sumber lain, biaya sama saja kalau pakai bank selain digi max transfer antar bank bca saya 25jt sedangkan tagihan 31jt pak

      1
      4
  • 10 Mei 2023 - (16:01 WIB)
    Permalink

    Sekedar info.. Utk pembayaran Beda Bank memang spt itu gan.. gk bsa langsung. Alhamdulillah DBS saya gk prnah brmasalah sdh ganti kartu baru skrang dan naik trus Limit selama qta faham penggunaannya bozque..

    5
    3
    • 10 Mei 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Nah ini yang saya tidak pahami, di smsnya pun hanya notifikasi bayar sebelum jatuh tempo. Tapi thanks infonya

  • 10 Mei 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Saat ini jaman sudah berubah, dimana digitalisasi perbankan semakin kedepan, artinya transfer antar bank bisa real-time terlebih melalui mobile banking, by semakin murah, dari BI Fast yg hanya Rp.2.500/ transaksi atau transfer online Rp.6.000/ transaksi. Jadi memang aneh jika transfer di hari yg sama dikonfirmasi tidak masuk. Jika hal ini digunakan utk menjerat nasabah, bank bisa ditindak oleh OJK sebagai garda perlindungan nasabah perbankan dan hal ini akan diteliti dan diinvestigasi utk memastikan real event nya. Jika transfer via counter bisa dg RTGS by Rp.30.000 dimana no kartu mrpk no rekg nya.

    • 11 Mei 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      itu jika transfer ke rekening perbankan, realtime. inikan ke rekening kartukredit jadi ada proses tambahan di bukukan /dialihkan ke sistem kartu kreditnya,

      1
      1
  • 10 Mei 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    Saya juga memiliki tagihan di beberapa bank asing seperti Danamon, niaga selama ini membayar via Mobile banking dg menu transfer selalu real time masuk. Dan menurut pendapat saya Bank harus konsisten jika memang telah dibayar pada tgl jatuh temponya seyogyanya fair, sebab hal ini dapat menimbulkan resiko reputasi dimana masyarakat menurunkan tingkat kepercayaannya. Namun bagi debitur berkewajiban memenuhi kewajibannya tepat waktu.

    • 10 Mei 2023 - (21:55 WIB)
      Permalink

      Kalau channel pembayaran tidak realtime masuk. Lebih baik 7 hari sebelum jatuh tempo untuk menghindari kendala yang timbul kedepannya.

  • 10 Mei 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Saran saya, untuk pembayaran tagihan kartu kredit dg menu transfer, bukan pembayaran agar masuk secara realtime dan anda mendapat notifikasi ucapan terima kasih

    1
    1
    • 10 Mei 2023 - (21:49 WIB)
      Permalink

      Bener banget, menu transfer. Saya pun kmrn bayar maybank via transfer bca di tgl 28/4, namun di tgl 2/5 (jatuh tempo) masih jg ditagih via telp. Tapi ngga kena denda krn di statement masuknya tetap di tgl 28/4.

    • 10 Mei 2023 - (21:56 WIB)
      Permalink

      Bca platinum tf beda bank maksnya 25jt pak, itu jadi bayar pake seabank masuk di menu pembayaran karena tagihannya di atas 25jt

      • 10 Mei 2023 - (22:25 WIB)
        Permalink

        Bisa ngakali 2x trf di tgl 1 mei dan 2 mei ya lain kali, atau via bi fast jika mendukung bank nya.
        Tapi dikarenakan sudah terlanjur kali ini, hanya bisa dicoba terus mohon pengapusan denda nya.

        [Limit transfer BI FAST di KlikBCA Individu adalah Rp 250.000.000 per transaksi dengan limit maksimum harian sebesar Rp500.000.000]

        2
        1
        • 10 Mei 2023 - (22:48 WIB)
          Permalink

          Iya saya baru tau trik trik seperti itu pas posting ini, sebelumnya ga tau nih pak. Thanks for info

      • 12 Mei 2023 - (00:33 WIB)
        Permalink

        Pengalaman saya di kartu kredit. Jangan bayar mepet mepet kalau beda bank . 1. Tgl bayar belum tentu sama dengan tgl buku bank (tgl buku bank itu yg dicatat si bank penerima kartu kredit). 2. Tgl bayar jangan tgl merah atau hari libur karna proses berjalan itu dimulai tgl 2 mei tgl transaksi dan tgl buku dicatat tgl 4 mei. 3. Jangan pakai layangan Pembayaran Tagihan dari menu bank apapun yang beda bank. Bedanya pembayaran tagihan itu biaya pembayaran dicatat di kartu kredit, kalau transfer realtime online itu dibebankan biaya direkening kita langsung. 4. Kalau tagihan diatas 25jt seharusnya dipecah 2x bayar dengan jarak waktu perbedaan 1 hari (realtimeonline) jangan pakai menu Pmbayaran Tagihan dari bank lain. Karna tgl 29-30april dan 1 mei dianggap bank tgl merah. Dijalankan tgl 2 mei hari kerja

  • 11 Mei 2023 - (11:18 WIB)
    Permalink

    Aneh jig sih masa transfer uang bisa 1 hari tidak sampai, kalau menurut saya ini termasuk permainan bank untuk menjerat nasabah dengan denda.

    1
    2
    • 16 Mei 2023 - (13:33 WIB)
      Permalink

      Ini pake nya menu pembayaran mba sehingga masuknya beda hari apalagi tgl 1 mei 2023 tgl merah dan akan di proses ditanggal hitam . Lebih baik saran nya sih jangan mepet bayarnya, karena sudah di info “lakukan pembayaran 2-3 hari kerja” kenapa ? Untuk menghindari semacam denda dan bunganya . Begitu sih sekiranya

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank DBS?

Ada 35 komentar sampai saat ini..

Sudah Bayar Tagihan Sebelum Jatuh Tempo, tapi Dikenakan Denda dan Bung…

oleh haryogus dibaca dalam: <1 menit
35