Berbagai Kekecewaan terkait Kartu Kredit CIMB Niaga

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen, karena telah menjembatani keluhan saya. Saya adalah nasabah kartu kredit CIMB Niaga, dengan nomor kartu kredit 356-3400-****-**50. Selama pemakaian kartu tersebut tidak ada kendala apa pun, tapi beberapa waktu terakhir ini mulai tidak nyaman.

Ketidaknyamanan berawal dari pembayaran tagihan bulan November 2022 ,yang jatuh tempo tanggal 06/12/2022. Saat itu saya lupa dan saya membayar tagihan tersebut pada tanggal 06/12/2022. Namun setelah tanggal cetak tagihan, ternyata tanggal 06/12/2022 itu sudah dikenakan denda keterlambatan sebesar Rp100.000. Seharusnya denda keterlambatan tidak ditagihkan karena belum lewat jatuh tempo.

Kemudian kejadian selanjutnya adalah bulan Februari 2023, kartu saya dikenakan membership fee sejumlah Rp350.000, per tanggal 15/02/2023. Saat itu saya menghubungi CS 14041 dan disarankan wajib mengaktifkan fasilitas credit protector plus, dengan premi 0.55 % dari total tagihan, agar membership fee tersebut bisa dihapuskan. Namun saya menolak, buat apa mengaktifkan asuransi credit protector? Akhirnya diberikan alternatif pilihan kedua diajukan dengan syarat dilihat dari jumlah transaksi.

Setelah dilakukan pengecekan ternyata transaksi saya sudah mencapai Rp5 juta di bulan itu dan bisa untuk pengajuan pembebasan iuran tahunan. Namun setelah saya tunggu beberapa hari, ternyata hasilnya juga tetap nihil, membership fee kartu saya tersebut tidak bisa di-waived.

Kemudian akhir-akhir ini saya juga sering dikenakan overlimit fee. Terjadi mulai tagihan bulan 17/03/2023 sejumlah Rp250.000, dengan keterangan “Fee debit adj“. Saya mencoba mengecek limit saya melalui OCTO Mobile, tapi juga tidak bisa dengan keterangan “invalid account” di menu informasi kartu.

Lalu bulan tagihan bulan April juga masih dikenakan lagi biaya over limit pada tanggal 17/04/2023, sejumlah Rp250.000. Setelah saya cek ulang di OCTO Mobile, tetap tidak bisa untuk inquiry sisa limit dan hal ini saya rasa mulai meresahkan. Saya mencoba menghubungi 14041, tapi hingga saat ini belum berhasil terhubung.

Saya juga mengajukan kenaikan limit kartu kredit CIMB Niaga melalui email, karena saya khawatir jika nanti dikenakan biaya over limit kembali. Namun hasilnya juga nihil. Sebagai nasabah CIMB Niaga saya sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi, karena CIMB Niaga terkenal mudah, tapi saya akhir-akhir ini merasakan sebaliknya.

Adi Puryanto
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Bapak Adi Puryanto

No. 036/CCG/MBCX/VI/2023 7 Juni 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Adi Puryanto...
Baca Selengkapnya

23 komentar untuk “Berbagai Kekecewaan terkait Kartu Kredit CIMB Niaga

  • 11 Mei 2023 - (15:59 WIB)
    Permalink

    Saran saya Tutup saya Klu cara main nya kayak gtu cimb ini.Banyak kok kak bank yg free annual fee dan ngak asal main gertak biaya kayak gini.bank Bumn Lebih asik kartu kreditnya cara main nya.

    5
    4
  • 11 Mei 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    07/12 pembayaran baru efektif di kartu (biasanya ini lewat bank lain atau menu pembayaran, tidak real time dan di hari yg sama), jadi tetap terhitung telat. Pemakaian kartu udah 34jt sekian, bayarnya hanya minimum 1,3jt dan telat pula. Dan itu tiap bulan masih dipakai belanja. Jujurlah pada diri sendiri, kenapa bisa berulang kena overlimit: pemakaian rata2 sudah diatas 90% limit kartu, ada nambah belanja berapa dan denda2 baru di bulan cetak tagihan sulit diantisipasi tidak over.
    Kecewa boleh, tapi jika tidak ada perbaikan/kontrol kartu… Masalah akan berulang. Tidak suka bank tsb? Ya silahkan lunasi seluruh tagihan dan tutup kartu, jika memang mampu.

    30
    6
  • 11 Mei 2023 - (17:48 WIB)
    Permalink

    Lebih percaya & masuk akal penjelasan @Iwen — mungkin dia karyawan C*MB NIAGA..

    Nasabah sendiri yang berulah kok bank yang disalahkan.. Saya juga nasabah CC bank C*MB NIAGA, selama ini nggak ada kendala apapun — nggak pernah ada biaya apapun selain tagihan yang bener2 saya tanggung..

    Menurut saya penyedia layanan CC terbaik selama saya pernah punya CC setiap bank yang ada di Wakanda, hanya C*MB NIAGA yang terbaique..

    12
    6
    • 11 Mei 2023 - (18:23 WIB)
      Permalink

      Saya bukan karyawan, hanya sudah terbiasa baca statement karena memiliki kartu di berbagai bank dan rutin belanja online baik dalam dan luar negri. Dan TS mencoba menutupi tapi masih kurang rapi, dan tetap terbaca bagi yg jeli.

      6
      3
    • 12 Mei 2023 - (08:06 WIB)
      Permalink

      Saya juga menggunakan CC dari bank ini so far g ada masalah . Memang saya ikut kredit protector guna jika kelak saya g ada ..utang dianggap kelar begitu .. toh juga g bny nominal nya .. untuk fee member juga telpon ke cs trs di kembalikan juga . Intinya bayar sesuai tagihan bukan minimal pembayaran..salam santun ,?

  • 11 Mei 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Ini sih sumber masalahnya di diri anda sendiri.

    Kalau anda bayar tagihan di tanggal jatuh tempo, artinya sudah terlambat dan memang dapat denda. Tagihan kartu kredit itu wajib dibayar SEBELUM jatuh tempo.

    Mengenai denda over limit, sudah jelas kamu memakainya terlalu banyak. Harus kurangi pemakaian dan bayar lebih, agar limitnya bisa kembali.

    Ingat, over limit itu terjadi bukan dilihat dari tagihan ketika akhir bulan, tapi dari transaksi sehari-hari yang melebihi limit.

    6
    1
  • 11 Mei 2023 - (19:06 WIB)
    Permalink

    Mas Adi, dulu aku juga seperti kamu mas. Punya 4 CC, hidup mengandalkan CC, Gaji selalu habis buat bayar CC.
    Meski saya selalu bayar Full CC saya, tapi lama2 kerasa beratnya. Limit yang awalnya hanya 3 jt bisa sampai 70 an juta hanya dalam waktu yabg singkat, bahkan itu saya tanpa minta upgrade limit, tapi selalu di kasih rutin beberapa bulan sekali pasti limit saya naik.
    Namun ternyata itu jebakan batman, agar kita merasa superior dan merasa di anak emaskan.
    Hingga akhirnya anual fee salah satu CC saya gak bisa di hapus, saya juga pernah kena charge overlimit. Dimana charge nya jauh lebih besar daripada nilai over limitnya.
    Dari situ saya sadar, saya harus memutus rantai CC ini, hidup tanpa utang lebih nyaman buat hati dan fikiran kita agar kita tetap waras. Akhirnya dengan segala niat 4 CC saya saya tutup semua. Bahkan sampai sekarang saya sering ditelpon ditawari produk CC, tapi saya sudah memantabkan hati hidup tanpa CC.
    Saran saya segera tutup CC nya mas, dan hidup sesuai penghasilan kita.

    Salam Waras Tanpa CC.

    17
  • 11 Mei 2023 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna CIMB Niaga dan bukan karyawan bank tersebut yach… hehehe
    Octo mobile tidak bisa tampilkan, mungkin perlu di update versi terbarunya ya ka..
    Dan menurut saya call center cimb niaga (14041) adalah yang paling gampang ditelpon dan gak pake tunggu lama loh.. (gak ribet koq, coba bandingkan dgn bank lainnya)
    Cimb KK saya, bebas annual fee koq dari awal pakai (± thn 2006 – saat ini 2023), dan limit yang terbesar dari antara 4 KK saya lainnya.
    Limit kalo mau cepet naik tuh, bayarnya jangan minimum dan ataupun telat apalagi overlimit. Kalo saya sih auto debet 100% rek saya (supaya tidak lupa bayar). Makanya limitnya nge gas terus. Dan sering ada penawaran pencairan dana tunai dari sisah limit kartu (semua KK yang saya koleksi), tapi malah saya tolak karena saya tidak butuh dan tergiur penawarannya ( saya tidak mau konsumtif).

    So.. manfaatkan dengan baik kartu ajaib itu ( KK dari bank manapun). Bisa pakai harus bisa bayar, pakai seperlunya jangan untuk gaya hidup berlebihan. Salam kartu ajaib.

  • 11 Mei 2023 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Saya juga pakai CC Niaga dan BCA Master Card, Alhamdulillah nggak ada masalah selama kita bisa ngatur belanja, dan dilimit maksimal kesanggupan kita bayar cicilan tiap bulannya (limit uang yang bisa disisihkan tiap bulan).
    Kalau sudah mendekati limit, di stop dulu pemakaian CC sampai ada cicilan yang lunas, baru ambil lagi.
    Usahakan tiap bulan bayar sesuai jumlah tagihan (jangan bayar minimal) kalau perlu dilebihkan.

  • 12 Mei 2023 - (00:44 WIB)
    Permalink

    Klo bayar pas jatuh tempo ya resiko masuknya telat, apalagi klo lewat bank lain/lewat platform lain kayak toped/shopee dll. Itu konsekuensi wajar, klo g mau telat ya bayar max 2-3 hari sblm jatuh tempo.

    Terus itu klo mau limit naik tu justru jgn dipake sampe over wkwkwk, yg penting mah konstan dipake aja. Klo udah over ya bayar dulu.

    Padahal cimb ccnya termasuk yg bagus. Saya pake ini dah 5 taun ga masalah. Bahkan hapus denda dan hapus iuran taunan pasti dikasi karena pemakaian mencukupi

  • 12 Mei 2023 - (07:36 WIB)
    Permalink

    Saya pemegang 2 CC CIMB Niaga, dua-dua nya (Mastercard) free annual/membership fee seumur hidup. Dan ada juga CC dari bank lain. Setahu saya tidak ada istilah annual fee yg di-waived, adanya di kreditkan lagi pada tagihan bulan depan, jadi pada bulan tsb anda harus bayar full dulu. Kok bisa begitu? Ya memang begitu cara kerjanya, kalau anda tidak suka atau keberatan, jangan pakai CC, tutup saja. Trik penggunaan CC, bayar sebelum JT minimal 1 hari, apalagi jika bayar lewat bank lain. Jika bayar lewat lewat bank lain, gunakan menu transfer, jangan menu bayar CC supaya dana langsung bisa diterima. Selalu bayar full tagihan. Hindari overlimit, atau minta aja limit nya dinaikkan.

  • 12 Mei 2023 - (08:13 WIB)
    Permalink

    Bapac ini udah banyak pengalaman masalah kartu kredit sebenarnya. . Semoga cepat selesai masalahnya pack ?

  • 12 Mei 2023 - (18:07 WIB)
    Permalink

    coba apply kartu kredit cimb nya itu yg wave n go (VISA), kalo ga, yg mastercard. benar2 free annual fee seumur hidup tanpa syarat.

  • 13 Mei 2023 - (21:33 WIB)
    Permalink

    Saya pengguna CC Niaga juga, kebetulan waktu ditawarin saya minta bebas biaya tahunan dan oke. Jadi sampe sekarangan aman.

    Nah, kalo mau cek limit, sebenernya ditagihan CC nya ada tertulis limit berapa dan yg kepake berapa. Jadi gak perlu login kemana2.

    Dan kalo udah tau over limit, harusnya jgn dipake CC nya. Selama dipake terus, ya wasalam.

    Saran saya, ubah gaya pake CC. CC itu cuma buat kalo terpaksa dan kepepet.

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank CIMB Niaga?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Berbagai Kekecewaan terkait Kartu Kredit CIMB Niaga

oleh ADI PURYANTO dibaca dalam: 1 menit
23