Pesan Tiket Kereta Api lewat m-Banking BCA Lifestyle dan Tiket.com Kursi Tidak Sesuai

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Awal mulanya saya ingin membeli tiket Kereta Api dari Jakarta Pasar Senen ke Surabaya Pasar Turi langsung dari KAI Access. Tapi karena tidak saya temukan pilihan pembayaran menggunakan BCA ataupun BCA Virtual Account, saya melakukan pencarian Google, ternyata bisa langsung pesan tiket di aplikasi m-Banking BCA melalui fitur BCA LifeStyle.

Lalu pada tanggal 26 Mei 2023 saya melakukan pemesanan tiket tersebut dan memilih kursi Eko 3 – 8A 8B 8C. Saya berniat melakukan perjalanan 2 orang namun memesan 3 kursi, 1 baris (A B C) tersebut karena bermaksud agar ada ruang untuk rebahan atau tidur, mengingat perjalanan yang tidak sebentar.

Setelah itu pembayaran pun saya lakukan langsung dari aplikasi m-Banking BCA, dan e-Tiket diterbitkan dengan nomor 34B6D8O, dengan keterangan kursi yang saya dapatkan benar adalah Eko 3 – 8A 8B 8C.

Lalu dari tangkapan layar berikut ini, baru saya ketahui jika fitur pembelian tiket Kereta Api di BCA Lifestyle merupakan hasil kerja sama antara BCA dan Tiket.com.

Kemudian terbitlah e-Tiket yang dikeluarkan oleh Tiket.com yang dikirimkan melalui e-Surel saya. Akan tetapi nomor kursi yang tertera pada e-Tiket yang diterbitkan Tiket.com tersebut berbeda dengan e-Tiket yang sebelumnya sudah saya dapatkan dari BCA Lifestyle. Alih-alih mendapatkan kursi Eko 3 – 8A 8B 8C, saya mendapatkan kursi Eko 1 – 19B 19C 19D.

Karena merasa pesanan saya tidak sesuai, maka saya berusaha menghubungi Layanan Konsumen Tiket.com dan BCA. Awalnya saya menghubungi Tiket.com melalui percakapan WhatsApp. Pihak Tiket.com pun melakukan pengecekan terkait nomor pemesanan yang saya lakukan.

Dan pihak Tiket.com memberitahukan bahwa pesanan saya sudah sesuai dan menyarankan untuk menghubungi merchant ada pertanyaan ataupun keluhan, namun pada kenyataannya tidak ada kesesuaian. Saya pun bingung merchant yang dimaksud Tiket.com itu siapa? Dan saya berpikiran kalau maksudnya mungkin adalah BCA.

Lalu saya melakukan panggilan ke Layanan Konsumen BCA melalui aplikasi Halo BCA. Karena percakapan tersebut melalui panggilan suara, saya belum bisa membagikan percakapan tersebut di sini. Untuk inti dari percakapannya, setelah dilakukan pengecekan.

Pihak BCA menyarankan untuk menghubungi merchant (juga) karena pihak BCA hanya sebagai media pembayaran saja. Sampai disini saya pun semakin bingung, jika pihak Tiket.com menghimbau saya untuk menghubungi merchant. Lalu pihak BCA juga menghimbau untuk menghubungi merchant, lalu siapa yang harus saya hubungi? Kapten Amerika? Sedangkan transaksi pembelian tiket yang saya lakukan sebelumnya hanya melibatkan BCA Lifestyle dan Tiket.com saja.

Tangkapan layar percakapan melalui WhatsApp:

Tangkapan Layar percakapan melalui surel:

Inti dari percakapan yang saya lakukan melalui WhatsApp dan e-Surel tersebut, saya dibuatkan laporan keluhan oleh Tiket.com dengan nomor laporan 11209665 dengan estimasi penanganan 1×24 jam. Karena sudah lebih dari 1×24 jam, saya pun menanyakan kembali bagaimana kelanjutan dari permasalahan saya, dan melakukan sedikit tuntutan, jika dalam 1×24 lagi permasalahan saya belum ada kejelasan, saya akan membagikan cerita yang kurang mengenakkan ini di Media Konsumen dan media daring lainnya.

Dan di ujung cerita, pada tanggal 29 Mei 2023 saya mendapatkan surel dari Tiket.com tentang tata cara melakukan pembatalan tiket Kereta Api yang sudah saya beli, jika saya ingin melakukan pembatalan, dan menyatakan (menuduh) bahwa saya sempat mengganti nomor kursi pemesanan, padahal tidak. Dan mengatakan saat pergantian tersebut Tiket.com mengakui terdapat kesalahan pada system pemesanan partnet/merchant sehingga kursi yang terinput di BCA Lifestyle dan Tiket.com menjadi berbeda.

Terkait cara pembatalan tiket tersebut pun saya sudah mencari tahu, dan bukan itu keluhan utama saya. Saya merasa hal tersebut akan memberatkan / merugikan saya karena harus membayar biaya pembatalan sebesar 25% harga tiket. Padahal saya sebagai pembeli sudah melakukan pembelian dengan syarat, ketentuan, dan tata cara yang menurut saya sudah sesuai, namun saat system penjual yang bermasalah, tidak sesuai atau tidak berjalan sebagaimana mestinya, saya juga kah yang harus menanggung kerugian ?

Bukan bermaksud berlebihan terkait nomor kursi, namun jika demikian, maksud saya memesan kursi lebih pun jadi tidak berguna atau sia-sia, karena baris kursi BC terpisah dengan D, terdapat jalan/sela. Dan saya sangat kecewa dengan pelayanan BCA ataupun Tiket.com terkait permasalahan saya, seolah tidak terjadi apa-apa dan tidak merasa harus mengganti rugi.

Yang membuat saya heran:

  1. Saat kedua belah pihak saya tanya “merchant yang dimaksud itu siapa ?”, mereka tidak saling tunjuk atau menyebutkan nama merek/perusahaan partner mereka. Seolah tidak mau terlihat menuding rekan namun tidak mau mengakui kesalahan.
  2. BCA menyatakan sebagai media pembayaran saja (dalam kasus saya). Kenapa ada fitur pemesanan tiket Kereta Api terintegrasi pada aplikasi m-Banking mereka ? Jika saya membeli di e-Commerce lain lalu melakukan pembayaran dengan BCA, mungkin masih bisa saya terima “dalih” tersebut, namun hal ini lain ceritanya.

Yang menjadi tuntutan saya kepada BCA dan/atau Tiket.com:

  1. Memberikan nomor kursi yang sesuai dengan pesanan, atau setidaknya Huruf yang sesuai, yaitu A B C, bukan B C D
  2. Atau, mengembalikan uang saya dan tiket dibatalkan.
  3. Atau, saya membatalkan tiket sendiri dan biaya pembatalan ditanggung/diganti rugi oleh BCA dan/atau Tiket.com.

Sekian dan terima kasih, semoga bisa menjadi pelajaran dan pertimbangan untuk teman-teman Media Konsumen yang lain yang mungkin akan melakukan pembelian tiket untuk kebutuhan tertentu, khususnya Kereta Api melalui BCA LifeStyle.

Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh.

Thathit Septiarko
Banyuwangi, Jawa Timur


Update (8 Juni 2023): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Bank BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan tiket.com atas Surat sobat tiket Thathit Septiarko

Halo sobat tiket Thathit Septiarko, Sehubungan dengan surat pembaca di Media Konsumen tanggal 25 Mei 2023 yang ditulis atas nama...
Baca Selengkapnya

34 komentar untuk “Pesan Tiket Kereta Api lewat m-Banking BCA Lifestyle dan Tiket.com Kursi Tidak Sesuai

    • 29 Mei 2023 - (16:31 WIB)
      Permalink

      ya saya di ketawain kalo protes ke KAI mas bos, orang keasalahannya ada di sistem nya BCA sama tiket.com

      • 30 Mei 2023 - (08:15 WIB)
        Permalink

        siapa nyang suruh protes ke KAI, krn Merchantnya KAI anda cukup cek di KAI Access, no kursi mana yg sebenarnya. yg jadi patokan adalah yg muncul di KAI Access

        • 30 Mei 2023 - (10:11 WIB)
          Permalink

          saya nggak mempertanyakan kursi saya yg sebenarnya yg mana
          yg saya pertanyakan, kenapa saya dapet kursi Eko1 – 19 BCD, sedangkan saya pesen nya Eko 3 – 8 ABC

  • 29 Mei 2023 - (16:08 WIB)
    Permalink

    Maaf, untuk pembelian tiket via KAI access pembayarannya bisa menggunakan BCA mobile, yaitu menggunakan fitur Qris. Saya dulu naik Airlangga dari SBY-JKT dpt tempat hoki, samping & depan bangku kosong semua sampai tujuan yg lainnya full karena saya belinya buru² dan milih yg masih kosong 🤣 barangkali anda hoki seperti saya

      • 29 Mei 2023 - (16:49 WIB)
        Permalink

        Memang, di KAI access saya juga GK ada yg berhubungan dgn bca, tp ada Qris. Pesan tiket di KAI access, pilih fitur qris kemudian screenshot, lalu masuk ke BCA mobile> setelah masuk pilih bagian tengah bawah yg tertulis QRIS>setelah muncul ke kamera pilih bagian kanan bawah > pilih screenshot KAI tadi > kemudian bayar, udh beres.

        • 29 Mei 2023 - (17:34 WIB)
          Permalink

          iya mungkin ada yg terlewat, soal nua saya pilih ATM/Mobile/Internet Banking, tapi gak nemu ada BCA, di list “Bank Lain” juga gak ada, tapi udah bukan itu yang jadi persoalan
          saya gak nyalahin kelalaian saya nyari pembayaran yg yepat 🤣

          • 29 Mei 2023 - (18:31 WIB)
            Permalink

            Sudah saya infokan cara untuk batalkan atau reschedule via KAI akses.
            Biarpun pembelian tidak melalui KAI akses.

    • 29 Mei 2023 - (18:28 WIB)
      Permalink

      Kalau untuk pembatalan atau reschedule dari tiket yang sudah di booking lewat media pembelian lain, Bisa melalui KAI akses juga.
      Tinggal buka KAI aksesnya dan pilih menu tambahkan tiket, kemudian masukan kode booking kita.
      Maka tiket kita akan muncul di aplikasi dari situ bisa kita pilih batal atau reschedule.
      Semoga membantu.

    • 30 Mei 2023 - (11:20 WIB)
      Permalink

      Mungkin kurang teliti waktu membuka KAI acces..

      Disana ada sistem pbayaran yang mudah & Cepat bernama QRIS.

      Dan BCA sudah dari dulu ada fitur QRIS di BCA Mobile

    • 3 Juni 2023 - (00:57 WIB)
      Permalink

      Padahal kalau pesan lewat tiket.com banyak diskonnya daripada kai access waktu tertentu saja

  • 29 Mei 2023 - (16:32 WIB)
    Permalink

    Karena aku penasaran dgn yang TS keluhkan, aku iseng saja, coba book tiket dengan tujuan yang sama, dan .. uhm, entah TS mencari opsi pembayaran nya dimana, karena aku bisa menemukan opsi dgn Virtual Account (dan hanya ada opsi untuk BCA) tsb dgn mudah, dan berbagai opsi pembayaran lain, dari ATM, debit, e-wallet, dll.

    • 29 Mei 2023 - (16:36 WIB)
      Permalink

      ya mungkin ada yang terlewat, soalnya saya pilih pembayaran ATM/Mobile/Internet Banking, tapi bukan itu permasalahannya disini

      • 29 Mei 2023 - (18:36 WIB)
        Permalink

        Batalkan atau reschedule lewat aplikasi KAI akses.
        Buka aplikasi KAI akses, pilih tambahkan tiket dan masukan kode booking yang sudah didapat dari pembelian (bca lifestyle).
        Nanti tiket kita akan ada di KAI akses dari situ bisa pilih pembatalan/reschedule.
        Ini berlaku untuk semua pembelian tanpa melalui KAI akses.

  • 29 Mei 2023 - (18:22 WIB)
    Permalink

    Saya sudah 5 tahun beli tiket Kereta via KAI akses dan selalu bayar via transfer/Virtual account BCA kok. Apalagi sekarang ada metode pembayaran dengan QRIS.
    Jadi aneh saja kalau dibilang tidak ada pilihan pembayaran via virtual account BCA.

    • 29 Mei 2023 - (18:44 WIB)
      Permalink

      iya udah ada yang komen begitu, mungkin emang ada yg terlewatkan, karena saya pilih ATM/Mobile/Internet Banking, dan nggak ada pilihan Bank BCA, tp inti dari surat ini udah bukan membahas soal itu,beda topik

  • 29 Mei 2023 - (19:23 WIB)
    Permalink

    Kalau menurut pemantauan kursi A masih kosong. Mending segera ganti kursi D jd A nambah 25% dari tiket di loket KAI stasiun

  • 29 Mei 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Sekedar info, BCA sama Tiket.com itu perusahaan yang berada dalam 1 group kerjasama termasuk jg blibli. Tak heran jika bca mobil menyediakan layanan pemesan KAI seperti halnya tiket.com dan blibli. Bukan cuma itu. Tapi ada tiket pesawat dan hotel jg

  • 30 Mei 2023 - (13:44 WIB)
    Permalink

    Masih untung TS dpt tempat duduk yg masih dalam 1 gerbong, coba bayangkan klo beli 3 tiket terus sama pihak ke 3 dikasih kursi yg beda gerbong😀😂
    Lain kali belinya lewat KAI access langsung bisa pilih gerbong dan kursi sendiri

    • 30 Mei 2023 - (13:55 WIB)
      Permalink

      situ nggak baca dengan seksama, saya pesan dari BCA LifeStyle juga bisa milih gerbong dan kursi, yaitu Eko 3 (Gerbong 3) – 8A 8B 8C (Kursi 8 ABC), tapi e-tiket yg di keluarkan tiket.com (partner BCA) malah dikasih Eko 1 (Gerbong 1) – 19B 19C 19D (Kursi 19 BCD)

  • 31 Mei 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    nanti kalau mau beli tiket lagi, mending lewat KAI Akses aja …
    Kalau ingin bayar pake BCA, pembayaran via “QRIS” kalau VA BCA nya kagak ada.
    jd kalau mau komplain lagi gk bingung dilempar sana sini.

    btw kemarin saya pesan di KAI access sdh bisa Pembayaran VA BCA…

 Apa Komentar Anda mengenai tiket.com?

Ada 34 komentar sampai saat ini..

Pesan Tiket Kereta Api lewat m-Banking BCA Lifestyle dan Tiket.com Kur…

oleh Coco dibaca dalam: 3 menit
34