Meminta Pelunasan dengan Keringanan Malah Dipingpong dan Tidak Dilayani dengan Baik

Saya adalah nasabah BCA Finance kendaraan bermotor nomor kontrak 088183861 pembiayaan dari bulan Februari tahun 2019 sudah mengangsur kendaraan saya 41 bulan dengan masa angsuran 60 bulan.

Awal saya macet bermula saya terkena covid 19 yang mewajibkan saya dan keluarga saya tidak bisa bekerja. Setelah saya sembuh dari covid saya datang Ke BCA Finance Veteran Surabaya dengan membawa bukti terkena covid. Saya meminta relaksasi namun tidak dikasih karena program covid sudah ditutup. BCA menyuruh saya mengangsur seperti biasa saja kalau ada uang lebih dilunasi.

Dengan beberapa kondisi di atas saya telat pembayaran 3 bulan saya meminta keringanan kepada BCA untuk mengangsur setiap bulannya 1x angsuran Rp 2.537.200 setiap bulan saya membayar 1x angsuran rutin berjalan selama 6 bulan tanpa terlambat. Tiba-tiba ada pihak BCA yang datang ke rumah saya di mana saya disuruh membayar langsung 3x angsuran Rp12.000.000 dengan biaya kolektor Rp2.000.000. Saya memohon maaf dan meminta untuk mengangsur 1x terlebih dahulu tetapi tidak boleh.

Saya mendatangi pihak BCA untuk meminta keringanan pelunasan karena berdasarkan Di SLIK OJK pokok pemakaian angsuran saya sebesar 11.312.220. Pegawai BCA Bapak Ar**** malah mengejek saya dan berkata bahwa data di OJK adalah tidak benar saya disuruh menanyakan kepada OJK dapat dari mana angka 11 juta sekian, jika saya mau melunasi angka tersebut disuruh pengajuan ke OJK dan diambil BPKBn-ya di OJK. Saya tetap meminta keringanan namun karyawan tersebut meminta saya pelunasan Rp42.000.000 ( sesuai total tagihan).

Saya adalah nasabah BCA Finance kendaraan bermotor nomor kontrak 088183861 pembiayaan dari bulan February tahun 2019 sudah mengangsur kendaraan saya 41
Meminta pelunasan Dengan Keringanan Malah dipingpong dan tidak dilayani Dengan Baik

Karena karyawan BCA tidak merespons dan memberikan keringanan kepada saya, saya berinisiatif telepon ke call center BCA menanyakan masalah saya dan pelunasan saya. Saya disuruh menghubungi nomor telepon Bapak Idi**** ketika saya menghubunginya Bapak Idi**** tetap menyerahkan hal ini kepada Bapak Ar**** dan menginformasikan per tanggal 14 maret 2023 pokok saya 42 juta. Bapak Idi**** mengundang saya datang ke kantor BCA Veteran. Saya membuka negosiasi yang ditemui oleh 2 karyawan tersebut (dengan tidak membawa data apa pun hanya debat saja dan belum ada solusi bahkan keringanan kepada saya).

Pada tanggal 17 Maret 2023 saya menghubungi bapak Idi****. Namun bapak Idi**** menyuruh saya melunasi Rp79.000.000. Sungguh tidak masuk akal dan bahkan menyudutkan saya. Pada tanggal 30 Maret saya email ke customer care BCA. Beberapa hari kemudian dibalas dan meminta saya datang lagi ke BCA Veteran. Saya sudah membalasnya tidak ada solusi namun juga tidak direspons.

Mohon kiranya BCA Finance memberikan keringanan kepada saya untuk melunasi dan bisa mengabulkan permohonan saya. Tanpa mem-pingpong dan mohon responsnya. Mobil juga masih di saya dan saya hanya ingin melunasi hutang saya. Saya sudah bingung harus menuliskan dan meminta keringanan melalui apa?

Salam hormat,

Ningsih
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan BCA Finance perihal “Meminta Pelunasan dengan Keringanan Malah Dipingpong dan Tidak Dilayani dengan Baik”

Menanggapi keluhan Ibu Iis Agustina Ningsih melalui Rubrik Surat Pembaca www.mediakonsumen.com pada tanggal 05 Juni 2023 dengan judul “Meminta Pelunasan...
Baca Selengkapnya

47 komentar untuk “Meminta Pelunasan dengan Keringanan Malah Dipingpong dan Tidak Dilayani dengan Baik

    • 5 Juni 2023 - (20:09 WIB)
      Permalink

      Ulah oknum kolektor menekan sepeti itu.. Jalan terkahir, lewat jalur hukum aja.. Karna kasus nya perdata. Dan ada niat untuk membayar bukan menghilangkan unit / dijual unitt nya.

      • 6 Juni 2023 - (16:45 WIB)
        Permalink

        Iya benar, tp klo masih ada solusi enak secara kekeluargaan yang sama sama tidak merugikan

      • 9 Juni 2023 - (23:19 WIB)
        Permalink

        itu bukan perdata lagi , klo jaminan motor / pembiayaan kredit motor , bisa bisa di tarik kendaraan nya

        perdata itu klo gk ada jaminan hanya secarik materai

  • 5 Juni 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Pdhl lagi viral puja & puji utk satpam BCA.

    Knp malah yg bersatus karyawan, notabene pendidikannya lebih tinggi dari satpam kok sikapnya kasar & arogan spt itu ya ? Ga ada sopan santunnya sama sekali.
    Sptnya pak Idi**** harus di training lg ttg ‘customer excellent’

    6
    3
    • 6 Juni 2023 - (07:02 WIB)
      Permalink

      Di mana pun kita berada akan slalu ada orang yg arogan dan bertindak sewenang-wenang serta tdk mengindahkan hak2 orang lain. Itulah Perbankan, pelunasan di awal kena penalti, telat kitanya di denda.
      Sebisa mungkin kita menghindari hal2 yg berbau riba, ngeri banget..

      • 6 Juni 2023 - (19:53 WIB)
        Permalink

        Nyicil mobil kok 5 tahun bu? Bisa dpt 2 mobil itu. Sayang banget duitnya. Apalagi depresiasi harga mobilnya, jatuh banget
        Kl saya nih bulan ini cicilan terakhir, ambil 12 bulan aj, itu pun 0%. Kl gak 0% gak sy ambil. Jatuh tempo tiap tgl 28, tgl 25 sdh saya bayar. Krn saya gak mau ditagih2 dc

    • 7 Juni 2023 - (00:18 WIB)
      Permalink

      Kalo dari ceritanya sih posisi bank BCA emang bener malahan..

      Penulis melohat SLIK OJK ada tanggungan pokok sekitar 12 juta kurang, mau melunasi ya senilai pokok itu saja. Padahal setiap kita kredit setau saya dijelaskan di peraturan awal tiap cicilan itu berapa persen untuk membayar pokok, dan berapa sisanya untuk bunga, admin dsb. Yang berikutnya memotong sisa tanggungan pokok kita.

      Dan setahu saya juga , harusnya kalo cicilan mobil, penulis mendapatkan manfaat lain dari pembayaran melalui kredit yang nilainya juga lumayan besar (pengalaman saya selama ini nyicil mobil memang dapat beberapa benefit seperti asuransi all risk dsb) dan itu memang worth it dengan perbedaan biaya dengan cash.

      Kalo solusi harusnya ya cuma pelunasan sesuai akad kredit awal, karena penulis sudah mendapatkan hak.nya (bonus beberapa 2X Angsuran biasanya atau asuransi atau extra gift lain) sesuai kesepakatan awal tinggal bayar pokok+admin+bunga.. gabisa kalo cuma mau minta bayar kekurangan pokok saja,, karna penghitungan admin+bunga sudah di set di simulasi awal kredit (selama ini saya beli mobil di brosurnya ada tulisannya semua)..

      Bila tidak mampu, ya tinggal operkredit saja atau ditarik leasing..

      • 7 Juni 2023 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Ini untuk kredit kolektabilitas berapa? Karena kalou sudah masuk kredit macet bisa dibayarkan dipokok hutang saja.

      • 8 Juni 2023 - (21:29 WIB)
        Permalink

        Itu posisi lancar pak. Tidak ada bonus angsur 2x dll. Semua lembaga pembiayaan naungannya ke OJK. Takutnya ada pentedia saja yang sewenang wenang. Seperti yang saya rasakan mulai dari awal kredit sampai pembayaran nunggak.

    • 6 Juni 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Klo gak ada kesulitan bukan hidup om, orang udah hati hati di jalan masih ada yang kesandung dan jatuh🙏💪

      2
      1
      • 6 Juni 2023 - (16:55 WIB)
        Permalink

        Maka dari itu. Seharusnya anda persiapkan sebelum memutuskan tuk kredit mobil. Masa iya gada simpanan tuk hal2 spti ini?
        Semoga sj ada jalan keluarnya 🤲

        1
        2
      • 6 Juni 2023 - (20:29 WIB)
        Permalink

        Iya benar pak Rugi besar, Udah kapok nyicil2. Makanya ini saya minta pelunasan bukan cicilan lagi sampai saya yang ngejar ngejar untuk negosiasi

          • 8 Juni 2023 - (21:32 WIB)
            Permalink

            Pelayanannya saja yang tidak pantas diucapkan. Bank atau pembiayaan harus tutur kata yang baik supaya nasabahnya puas dan nyaman. Bukan malah diejek

          • 9 Juni 2023 - (15:30 WIB)
            Permalink

            Rusak habis kenak musibah

  • 6 Juni 2023 - (01:24 WIB)
    Permalink

    Sejak kapan angsuran mobil bisa nego besaran cicilan. Sesuai chat yg saya baca, 12jt itu tunggakan 3 bulan kamu. Cicilan masih kurang 19 bulan, dari mana caranya bisa minta keringanan utk pelunasan bayar hanya 12jt dan dianggap mobil lunas?
    Normalnya jika sudah kesulitan cicil mobil/rumah, ya dijual/overkredit.

    8
    1
      • 7 Juni 2023 - (15:15 WIB)
        Permalink

        Yg ngasih fasilitas kredit mobil bukan OJK. Tapi kalo kamu jawaban spt ini, ya tidak salah chat di WA itu, kamu dipersilahkan bayar menurut angka yg kamu mau ke OJK dan ambil BPKB ke sana.

        Itu kalimat sarkasme, karena jelas tidak mungkin, BPKB bukan di tangan OJK.

  • 6 Juni 2023 - (06:38 WIB)
    Permalink

    Maaf, tpi setau aku hal yang paling memungkinkan untk pelunasan itu dengan meniadakan denda. Tpi jumlah terutangnya masih tetap.
    19bulan x 2jt = 38jt + 6jt( tunggakan) = 44jt lagi.

    3
    0
    • 6 Juni 2023 - (09:56 WIB)
      Permalink

      ya pantesan aja kesel karyawan bca nya.
      total tunggakan kurang 44jt, udah gak bayar 3 bulan, terus tiba2 datang minta pelunasan di 12jt.
      dibilang gak bisa ya ngeyel, apa gak kesel??
      ngomong2 biasa pihak bank kasih hapus denda dan waktu saja pak. jadi misalnya seperti ini udah telat 3 bulan, ya paling setau saya yang bisa dihapus denda telat ini.

      kalau mau sampai lunas diskon, biasa ya memang alot. apalagi, selisih lumayan jauh dari sisa utang dan angka yang anda inginkan.

      • 9 Juni 2023 - (21:13 WIB)
        Permalink

        Kesalahan macet bukan kesalahan saya 100 ℅. Tiba tiba langsung ada pihak eksternal yang mau ekskusi mobil saya

    • 6 Juni 2023 - (17:52 WIB)
      Permalink

      44jt nambah dikit udah dapat mobil lebih bagus lagi. Klo ojk bisa tau pokok terhutang kenapa masih dikenakan bunga denda. Bunga denda bisa dihapus kalou sudah masuk macet. Intinya harus ada dolusi yang terbaik

  • 6 Juni 2023 - (07:14 WIB)
    Permalink

    Pinjaman leasing mobil itu kalau pelunasan dipercepat jumlahnya : (angsuran per bulan × sisa tenor) + tunggakan bunga & denda (kalau ada).
    Di pelaporan OJK, pinjaman leasing itu di-split jadi 2 pinjaman atas nama Bank penyedia dana & atas nama perusahaan leasingnya. Yang kamu bilang sisa pokok 11 juta itu pelaporan dari perusahaan leasing. Kalau pelaporan dari pihak Bank yang memberikan pendanaan, nominal sisa pokoknya pasti lebih besar.
    Pandemi sudah selesai, gak ada lagi program2 restru perlakuan khusus covid.

    Kasus kamu gak ada solusi lain kecuali :
    1. Bayar tunggakan & lanjut bayar angsuran normal sampai lunas.
    2. Kalau tidak sanggup angsur sampai lunas atau melunasi sesuai nominal pelunasan sesuai ketentuan, jual mobilnya, minta take over pihak lain. Karena dalam kondisi kamu sekarang, dengan adanya pinjaman mobil lebih banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

  • 6 Juni 2023 - (16:38 WIB)
    Permalink

    Ekskusi jaminan cepat, tp responnya ke debitur lambat. Ini saya yang ngejar ngejar Bank BCA nya bahkan saya tidak pernah ditagih dan tidak pernah dihubungi🤗

  • 7 Juni 2023 - (13:12 WIB)
    Permalink

    Masih mending kayak gitu. Ane kemarin bca finance juga tuh. Katanya diauruh lunasin dulu cicilan nanti dendanya bisa dibicarakan. Pas udah selesai cicilan. Ada denda tunggakan 31jt. Minta pengurnagan denda buat ambil bpkb. 1rb perak aja kgk dikurangin. Padahal pokonya dah seleasai. Waktu nunggak karena keuangan lagi nggak bagus. Mau diadukan kemana juga sama aja ujung2nya harus dibayar.

  • 24 Juni 2023 - (19:34 WIB)
    Permalink

    Kasus saya sudah hampir 1 bulan namun tidak ada respon dari BCA Financenya. Suruh pengajuan namun tidak ada tanggapan

  • 26 Juni 2023 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Ini logika saya :
    1. Ibu sisa angsuran 19 x 2.537.200 = 48jutaan + yg tertunggak 3 bulan (pokok hutangnya), belum denda keterlambatan, belum penalti pelunasan dipercepat (di tempat saya 5% dari total pokok hutang). Itu aja udah berapa
    2. Kolektor datang karna sudah masuk 3 bulan itu wajar, kolektor juga ada internal, baru ke eksternal yg eksekusi nanti
    3. Ibu dtg/nego dengan nominal 11jutaan dari yg seharusnya 40jutaan sesuai angka yg di OJK itu ga bisa jadi patokan bu, patokannya adalah akad kredit yg di ttd pas awal, kalo ibu penasaran coba dtg ke OJK.nya dipertanyakan soal angka 11 itu bukan ujug-ujug minta pelunasan senilai yg ibu liat tsb
    4. Menurut saya respon bpk inisial I itu wajar karna dia jengkel makanya dia jawab suruh ibu ke OJK/pelunasan ke OJK, itu lebih ke arah edukasi menurut saya kpd ibu. Dan dari chat tdk ada kata2 merendahkan jadi ga ada masalah dgn bpk tsb
    5. Ibu juga harus tau ada istilah ‘depresiasi’ setiap barang apapun (kecuali emas murni). Apalagi kendaraan pasti spt itu hukum alamnya

    Menurut saya pilihannya cuma ini :
    1. Bayar angsuran kembali normal
    2. Bayar pelunasan sesuai kesepakatan bersama
    3. Jual mobil walaupun sedikit kembaliannya
    4. Atau ditarik eksternal ga dapet apa2

    Saran saya :
    1. Coba ajukan kompensasi dgn penyerahan unitnya ke leasing
    2. Ambil tenor jangan lama2, kalo alesan tenor pendek angsurannya besar, ya sabar nabung dulu beli cash atau DP.nya di gedein

    Kesimpulan : menurut saya leasing tsb tidak akan acc pengajuan/permohonan ibu karna jauh dari pokok yg terhutang

    Sekedar edukasi saja buat yg baca, selebihnya silahkan diselesaikan baik2 dgn leasing tsb

  • 6 Juli 2023 - (16:46 WIB)
    Permalink

    Ternyata pengajuan saya tetap ditolak dibebankan semua kewajiban hutang saya. Tidak ada solusi dari BCA Finance nya baik dengan cara restrukturing, rescreduling, maupun reconditioning. Dari awal saya permohonan sampai sekarang tetap solusinya sama tidak ada kemudahan bagi debuturnya wajib membayar seluruh kewajiban pokok, bunga, denda, dan pinalty.

  • 6 Juli 2023 - (16:48 WIB)
    Permalink

    Saya ajukan komplin tanggal 5 juni baru selesai direspon tanggal 5 juli ( 1 bulan) dan ujung ujungnya sama, Artinya tidak ada solusi, BCA Finance sama sekali tidak menurunkan negosiasi nya

 Apa Komentar Anda mengenai BCA Finance?

Ada 47 komentar sampai saat ini..

Meminta Pelunasan dengan Keringanan Malah Dipingpong dan Tidak Dilayan…

oleh iis dibaca dalam: 2 menit
47