Shopee Menonaktifkan Metode Pembayaran Spaylater di Toko Secara Mendadak

Kepada Media Konsumen,

Saya selaku seller di Shopee dengan akun Sinarindah ingin berterima kasih karena sudah menayangkan surat pembaca ini, karena keluhan ini cukup membuat saya pusing dan bingung. Bagaimana tidak, saya sudah berjualan di marketplace Shopee bertahun-tahun dan selalu jujur dan amanah. Tiba-tiba metode pembayaran Spaylater di toko saya dinonaktifkan secara mendadak, padahal orderan lagi ramai-ramainya.

Awalnya banyak customer yang mengeluh kenapa di toko saya tidak bisa checkout menggunakan metode pembayaran Spaylater, sedangkan di toko yang lain dengan jualan kategori yang sama bisa. Dan ternyata, saat ditanyakan ke CS Shopee, memang betul sudah tidak bisa digunakan dengan alasan toko saya tidak memenuhi kriteria, dan tidak diberitahukan penyebabnya karena parameter penilaian mereka tidak bisa diinformasikan.

Padahal sebelumnya metode pembayaran Spaylater di toko bisa dan saya merasa tidak melakukan kesalahan/pelanggaran yang menyebabkan toko saya dihukum seperti ini.

Dinonaktifkannya secara mendadak mengakibatkan orderan saya menurun drastis. Yang awalnya dalam seminggu omset penjualan saya bisa mencapai 70 juta kurang lebih, sekarang jadi menurun. Padahal saya sudah menyetok barang-barang yang mau saya jual di Shopee dan telah mengambil barang di sales dengan jumlah besar karena memang rencana buat stok ulang barang yang mulai kosong untuk dijual kembali di Marketplace Shopee ini.

Memang ada metode pembayaran yang lain yang masih tersedia, tapi dengan tidak adanya metode pembayaran Spaylater di akun saya, toko saya mengalami kerugian karena orderan berkurang, customer saya jadi dipersulit dan mengakibatkan pindah ke tempat lain.

Saya sudah sangat menjaga kualitas dan pelayanan akun saya di Shopee. Pelanggaran yang disengaja atau tidak sepertinya jarang terjadi, dan saya merasa bersih dalam berjualan. Terbukti dengan rating dan penilaian toko saya yang sangat baik di Shopee.

Tolong tim Shopee Indonesia dengan sangat, tinjau ulang dan kembalikan/normalkan kembali metode pembayaran Spaylater akun seller saya supaya customer saya tidak dipersulit untuk berbelanja/checkout barang yang saya jual di akun saya tersebut. Karena adanya Shopee lah saya merasa terbantu dalam berjualan.

Terima kasih.

Eko
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

38 komentar untuk “Shopee Menonaktifkan Metode Pembayaran Spaylater di Toko Secara Mendadak

  • 9 Juni 2023 - (18:27 WIB)
    Permalink

    Baru kalo ini ada penjual yg marah pembayaran spaylater di tokonya dinonaktifkan biasanya kan pemakai spaylater yg marah kalo tiba tiba non aktif
    😂😂😂
    Ya kalo tokomu bagus customer pasti check out pake metode apa aja lah bayarnya selain spaylater

    Dan shoppee juga punya datanya kali kalo toko mu kebanyakan cuma Nerima pembayaran spaylater ya otomatis terindikasi tokomu dipake buat gestun spaylater doang Ama pengguna spaylater

    6
    2
    • 9 Juni 2023 - (22:55 WIB)
      Permalink

      Mungkin seller sangat terbantu dgn pembayaran Spaylater karena banyak voucher cashbacknya untuk pengguna yg pakai metode pembayaran itu. Kl soal gestun atau ngga, gampang kok ngeceknya. Coba aja kk belanja di tokonya untuk pembuktian gestun atau tidak (saran aja sih). Krn saya pun ngga suka metode pembayaran Spaylater. Ada uang ya belanja, kalo ngga ada uang ya tabung dulu aja sampai bisa kebeli.

      • 9 Juni 2023 - (23:08 WIB)
        Permalink

        Kalo sesama seller pasti mengerti bagaimana terbantunya toko apabila ada metode pembayaran yang lengkap di toko..tanpa ada yang kurang..
        Custumer kita bisa bebas memilih mau pembayaran apa saja tanpa di persulit..

        2
        2
          • 10 Juni 2023 - (20:57 WIB)
            Permalink

            Anda jangan mencemarkan nama baik toko ya..
            Anda bilang “Pasti”..anda bisa membuktikany??
            Jangan asal memberi statement kalo gak punya bukti

            1
            1
        • 26 Juni 2023 - (16:13 WIB)
          Permalink

          Disyukuri saja bang… Dengan kasus ini setidaknya anda menjauhkan puluhan orang dari dosa riba… Semoga justru menjadi amal jariah anda

    • 28 Juni 2023 - (10:38 WIB)
      Permalink

      Kadang org pake spaylater tuk beli barang receh yg harganya mgkn cm puluhan ribu atau di bawah 2rts ribu. Itu membantu kalau ada emg barang yg urgent tuk di beli tp bisanya bayar saat gajian/awal bulan.

  • 9 Juni 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Klo aku mah gak aneh dengan polanya Shopee yg suka² dan mau² sistemnya, soalnya Shopee suka cenayang jg dia, yg data tidak sesuai lah, yg data beda lah dll pokoke

    • 11 Juni 2023 - (10:02 WIB)
      Permalink

      Ak jg sring beli perhiasan pake spaylater krn membantu.. Kumpulin banyak koin trus pake spaylater jdi kya hemat gtu.

  • 9 Juni 2023 - (21:15 WIB)
    Permalink

    Mungkin ada perubahan aturan Sopi karena disitu disebutkan hanya toko terpilih yang bisa menerima pembayaran SPL. Mungkin perusahaan finance di belakang SPL mulai kekurangan dana dan minta Sopi untuk membatasi transaksi utang dalam bentuk SPL.

    MUNGKIN.

    Semoga ada hikmahnya karena rejeki bukan diatur oleh mekanisme PayLater.

  • 9 Juni 2023 - (21:54 WIB)
    Permalink

    Toko terindikasi gesol. Cara ngeceknya gampang. Dilihat dr bentuk paket. Pake asuransi dak. Banyak parameternya. Jadi kl gesol direm rem. Jangan di gaspol rem blong.

  • 9 Juni 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    dari kemarahan anda yg meledak ledak itu sudah lebih dari cukup utk membuktikan bahwa toko anda sering memproses transaksi gestun yang dilarang, fitur spayltr tersebut disable dr toko anda karna banyak orang galbay setelah transaksi di toko anda

    amarah anda tidak berdasar sama sekali jika melihat posisi anda adalah seorang seller, tapi anda merasa rugi karena slama ini anda melayani gestun, pantas saja anda marah penuh amarah sampai sedemikiannya.

    jika kata2 saya benar lihat saja pasti anda akan membantah habis habisan komentar saya yg sesuai fakta ini 🙂

    • 9 Juni 2023 - (23:04 WIB)
      Permalink

      Saya hanya menyatakan perasaan kecewa saya kepada shopee.. amarah yang meledak2 dimana yang anda temukan di tulisan saya..tolong di garis bawahi saja..
      Saya gak akan meladeni nitezen shuzon seperti anda.. seperti yang anda tuliskan..bagaimanapun saya membantahnya itu akan di anggap percuma.
      Pointnya bukan di anda..tapi d tim Shopee Indonesia yang akan menilai kembali bagaimana kelayakan toko saya untuk di tinjau kembali bergabung sama program unggulan mereka..terimakasih

      4
      2
  • 9 Juni 2023 - (22:53 WIB)
    Permalink

    Tentu sebagai seller kecewa dengan di nonaktifkan metode pembayaran spaylater di toko saya yang jadi salah satu fitur unggulan shopee..dan toko saya tidak bisa menikmati fitur tersebut(di anak tirikan) sedangkan di toko lain bisa..padahal saya sudah fokus sepenuh hati habiskan waktu pagi -malam jualan secara baik di marketplace ini..kalo anda berada di posisi saya..anda yakit tidak akan komplen??
    Tuduhan anda tidak mendasar..lihat saja rating toko dan histori transaksi kita nanti di perilahkan untuk di cek sampe akar2nya..ada gak indikasi curang yang anda tuduhkan..

    • 10 Juni 2023 - (19:10 WIB)
      Permalink

      Justru dari histori transaksi kamu sudah jelas, kamu jualan emas + surat fisik yang bisa dibawa kembali jika pembeli mau jual emas itu kembali di tokomu.
      Contoh rating dari akun signorita tertanggal 28-05-2023 disitu udah jelas banget dia beli emas di kamu dan dapet surat fisiknya seharga 300 ribu dan di surat tersebut tertulis “surat wajib dibawa jika ingin jual”
      Ini sama aja kamu jualan “duit” karena mereka yang beli emas di kamu bisa datang setelah pembelian selesai untuk menjual lagi emas tersebut jadi duit, makanya tokomu dicopot metode paylaternya.
      Ini sama kasusnya dengan yang jualan uang mahar.
      Sesuatu yang gampang dicairkan bisa diindikasikan gestun. Dan metode gestun kamu ini lewat emas meski secara tidak langsung.
      Kalau saya beli emas di tokomu pake paylater, dapet barang lalu mau dijual kembali boleh kan? Saya dapetnya apa? YA DUIT.
      PENCAIRAN LIMIT PAYLATER JADI DUIT = GESTUN.
      Semoga kamu paham letak salahmu dimana.

      • 28 Juni 2023 - (10:43 WIB)
        Permalink

        Dimana mana kalau jual emas lagi ya pasti hrs di bawa “surat sakti” / notanya biar ga selesih jauh turunnya. Dan sy rasa mksd dia nulis bgtu sebagai pemberitahuan kepada org yg beli emasnya.

  • 10 Juni 2023 - (04:59 WIB)
    Permalink

    Egk akan bisa Aktip lagi kak spaylater nya ,kalau Shope udh menonaktifkan nya.kalau terlalu sering pembeli menggunakan pembayaran spaylater pasti dnon Aktip kan apalagi kalau 90% lebih bnyk yg menggunakan spaylater dari pada pembayaran cash.

  • 10 Juni 2023 - (14:03 WIB)
    Permalink

    Penggunaan dg SPaylater memang memudahkan buyer untuk berbelanja, karena tidak repot dan juga bisa diangsur. Nah perlu diwaspdai pembelanjaan yang diangsur ini banyak yang macet tidak ? Kalau setelah dianalisa team Shopee banyak yang macet…toko anda yang kena dampaknya…salah satunya dihapuskannya pembayaran dg SPaylater ini…

  • 10 Juni 2023 - (19:04 WIB)
    Permalink

    Kamu mau tau letak salahmu dimana?
    Kamu ini toko emas, saya lihat di ratingnya kamu punya toko emas fisik beserta surat fisik yang bisa diterima pembeli jika beli emas di kamu.
    Mau tau kesalahannya? Itu rawan di gestun.
    Contoh nih saya misal beli emas di kamu harga 1jt lah, pake limit nih paylater 1jt, dapet dong emas + suratnya dari kamu.
    Karena saya butuh duit, saya dateng lah ke tokomu untuk jual emas itu kembali, dapet duit lagi dong, meski mungkin ada potongannya.
    Disitu letak kesalahannya, jualan emas sama aja dengan jualan “duit” karena emas gampang dicairkan kembali jadi duit, kamu paham sampai sini? Pasti paham lah, orang kalau butuh duit jual apa? Ya EMAS.

    • 10 Juni 2023 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Penjualan kita sudah ke seluruh indonesia..bahkan pelosok daerah pun pernah beli sama kita.. pernah juga jual sampe ke manca negara karna kita ikut program expor yang di kasih link dari shopee..memang emas bisa di perjual belikan,tapi kalo yang di luar daerah yang membeli barang kita akan lebih susah untuk menjual kembali ke toko karna mekanismeny lebih rumit..pertama dari tim expedisi belum tentu bisa menerima pengiriman barang berharga..kedua takutnya kehilangan barang pas pengiriman..dan masih banyak hal yang harus di pikirkan kembali ketika harus jual kembali ke kita.. dan satu lagi kalo memang alasannya saya jualan barang berharga jadi di nonaltifkan, kenapa toko lain yang jualannya sama masih bisa aktif??
      Kalo tuduhan anda seperti itu berarti shopee gak boleh jual barang berharga ya?? Contoh jualan Hp,furniture dan lain2 yang bernilai tinggi..itu juga rentan di salahgunakan kalo memang penjualnya mau nakal..
      Nanti dari tim shopee la yang akan menilai kembali toko saya bagaimana cara jualany..

      • 10 Juni 2023 - (20:46 WIB)
        Permalink

        Dilihat dari komentarmu yang ngeyel, kamu ini bukan mau cari solusi, tapi pembenaran.
        Sepertinya gausah dijelasin ya.
        Handphone
        Furniture
        Laptop
        Dan elektronik lainnya
        Jika dibandingkan dengan emas lebih jauh mudah yang mana untuk jual kembali, anak ingusan pun bisa jawab ini.
        Dan lagi, walaupun kamu jualan ke beda pulau, beda negara, bahkan beda alam sekalipun, tetap gak akan merubah kenyataan kalau emas itu liquid, artinya gampang dicairkan kembali jadi duit.
        Ambil contoh sederhana aja deh ya, orang-orang tajir melintir di negara ini selain punya aset duit, deposito, tanah, rumah dll lalu punya aset apalagi? YA EMAS.
        Kalau saya ada di beda pulau, beli di tokomu, saya tinggal jual ke perantara atau toko emas lain, banyak yang terima beli emas tanpa surat, meski harganya memang akan lebih jatuh. Masih mau ngeyel apalagi? Kecuali kamu jualan ke beda alam, mungkin jualannya susah, karena emas belum tentu laku disana, ga ada penampungnya.

      • 11 Juni 2023 - (16:14 WIB)
        Permalink

        Udeh diem aje kl merasa ga salah, jangan ks pembenaran kpd netizen. Semakin memberikan pembenaran, semakin seneng netizen 🤣, gw sih kaga bela sapa2.. Cm kl gw merasa bener, ya gw nunggu aje jwban dr shoope, krn gw urusannya sm dia. Kl kamu berani nulis disini, ya siap menghadapi komen2 warganet sih. Gitu aja saran gw. Salam sehat selalu buat semua.

        • 12 Juni 2023 - (12:28 WIB)
          Permalink

          Makanya saya berani tulis di artikel ini dengan nama toko saya terpampang jelas buat di investigasi lebih lanjut..

  • 10 Juni 2023 - (21:20 WIB)
    Permalink

    Dinonaktifkan mungkin sebagian besar yang order pake SPL persentase gak gak balance 80:20 atau mungkin lebih tinggi, itu sepenuhnya hak Sope seller hanya numpang jualan

  • 10 Juni 2023 - (21:22 WIB)
    Permalink

    Sy hanya mau membantah pernyataan anda..bukan mau ngeyel karna pernyatan anda selalu mau memojokan toko saya saja..
    Saya mau menjelaskan dan mejabarkan ke anda yang sok tau.. emas yang akan bernilai itu emas dengan yang kadar 99,9%.. itu baru bisa jadi pegangan anda kalo anda memang mau jadi barang investasi..
    toh di shopee juga memang otomatis gak bisa pembayaran paylater atau cicilan semacamny apabila belinya berupa logam 99,9%..
    Di sini kita jualny perhiasan..perlu di garis Bawahi perhiasan yang kadar umum yang bukan berbentuk lempengan..dan ada campuran logam lain + perhiasan yang di tambah pernak pernik matamata..yang apabiLa di jualny di tempat lain mungkin akan jatoh harganya dan di kurangi berat mata yang terpasang di perhiasan tersebut,yang mengakibatkan harga tentu akan jatoh dari harga belinya..
    Sampai di sni paham kan?

    • 11 Juni 2023 - (05:36 WIB)
      Permalink

      Meski harganya jatoh tetep aja bisa jadi duit ya bambang.
      Netizen lain aja ngerti, situ aja yang pura-pura polos.
      Udah lah, jualan emas pengen bisa pake paylater, ya dimanfaatin sama orang yang pengen gestun lah.
      Semakin banyak membantah semakin mencurigakan. Teruslah membantah kawan.🤗

      • 11 Juni 2023 - (07:22 WIB)
        Permalink

        Terus kenapa toko lain jual produk yang sama masih bisa??
        Bisa anda jelaskan??

  • 11 Juni 2023 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Semua produk kalo mau di jual juga pasti jadi duit bambang..
    Coba aja anda jual hape yang sedang anda punya sekarang apa gak jadi duit juga??
    Emang harus emas aja yang bisa jadi duit..mikir..

    • 3 April 2024 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Sama.. Saya juga mengalami kendala yg sama🥲. Pas chat ke cs shopee juga g da kejelasan😅 malah minta customer chat ke cs biar dibantu. Gitu customer chat ke cs shopeenya malah di tanggapin dengan mgkn kategori produk dr penjual nya yang tidak memenuhi syarat🥲(disalahkan ke penjual) pdhl kata cuatomer kmrn tes masih bisa.
      Toko jual produknya juga amanah.
      Saya jg heran pada salahin yg buat artikel ini.
      Dengan adanya artikel ini Ternyata ada jg yg senasib🥲
      Hanya buat yang Tokonya kena kendala ini kurasa yg bakal ngerti perasaannya sama yang tulis artikel ini🙏 setidaknya saling kasi semangat bukannya asal menuduh..

  • 1 Oktober 2023 - (19:48 WIB)
    Permalink

    Sekedar sharing juga. Saya juga mengalami hal yang sama, spaylater tidak bisa digunakan lagi di toko saya. Saya tidak jual emas, saya jual merchandise kpop yang harganya juga cenderung receh, album kpop pun tidak ada yg sampai jutaan. Jika ada yg judge pembeli2 saya sering menggunakan spaylater, itu tidak benar. Mereka lebih sering menggunakan shopee pay, online payment. tp sesekali memang ada yang bayar pakai spaylater. Tiba-tiba ada customer yg mengeluhkan ngga bisa bayar pakai spaylater dan customer ini tanya ke cs, jawaban cs adalah “Anda bisa meminta tokonya untuk mengaktifkan metode pembayaran tsb” sedangkan metode pembayaran seller ini kan diatur otomatis ya. Jd giliran saya yg tanya CS knp customer2 saya ini tidak bisa lagi pakai spaylater. Saya malah diminta utk naikkan performance, pdhl saya juga kehilangan kesempatan utk dapat pembeli krn mereka ngga bisa bayar pake spaylater. Menurut saya aneh sih shopee tiba2 aja menonaktifkan metode pembayaran ini, CS juga bilang, ngga ada aktivitas mencurigakan di toko saya, jd ngga bisa dipastikan juga knp ini dinonaktifkan. Juga saya heran baca komentar2 di sini pada judging, hehehe

 Apa Komentar Anda?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Shopee Menonaktifkan Metode Pembayaran Spaylater di Toko Secara Mendad…

oleh Eko dibaca dalam: 1 menit
38