Kecewa PT. AEON Credit Service Indonesia atas Biaya Asuransi yang Tak Masuk Akal

Dear Media Konsumen,

Saya adalah seorang pelanggan AEON. Pada tanggal 14 Mei 2023, saya membeli HP Samsung S23 seharga Rp13 jutaan dengan cara mencicil melalui aplikasi AEON. Karena terburu-buru, maka saya langsung melakukan transaksi pembelian, tanpa menanyakan lagi biaya-biaya apa saja yang dikenakan nantinya. Petugas AEON yang melayani saya juga tidak membicarakan biaya apa saja dan berapa jumlahnya yang dikenakan bagi konsumennya, jika melakukan transaksi cicilan barang melalui AEON.

Saya juga tidak memeriksa lagi (terburu-buru), dan seharusnya petugas AEON merinci biaya-biaya yang dikenakan kepada langganannya jika melakukan transaksi cicilan barang melalui AEON.

Yang saya permasalahkan di sini adalah adanya biaya asuransi yang mencapai hampir Rp2 juta. Bagi saya, ini tak masuk akal, karena setahu saya pada saat kita membeli HP, maka HP tersebut sudah mendapat jaminan garansi dari perusahaan HP tersebut.

Namun saat saya melakukan transaksi pembelian HP tersebut melalui AEON, kenapa bisa dikenakan biaya asuransi sebesar hampir Rp2 juta? Biaya asuransi sebesar ini kenapa tidak dikonfirmasi sejak awal kepada saya, dan saya baru tahu ada biaya asuransi sebesar hampir Rp2 juta ini saat mengecek transaksi saya melalui aplikasi AEON FAST saat sampai di rumah.

Pertanyaan saya, buat apa biaya asuransi sebesar hampir Rp2 juta ini? Sedangkan saat membeli HP kita sudah mendapatkan asuransi dari perusahaan HP tersebut. Biaya hampir Rp2 juta ini bagi saya sangatlah terlalu besar, dan seandainya saya tahu ada biaya asuransi sebesar ini, saya tidak akan melakukan transaksi ini.

Bagaimana tanggapan PT. AEON Credit Service Indonesia atas biaya asuransi yang besar ini? Saya terus terang kecewa atas biaya asuransi yang besar ini tanpa ada penjelasan di awal sebelum transaksi. MUNGKIN INI TRANSAKSI TERAKHIR SAYA MENGGUNAKAN JASA AEON. NEXT? Tidak lagi.

Terima kasih buat Media Konsumen atas dimuatnya surat saya ini. 🙏🙏🙏

Hendri
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan AEON Credit Service Indonesia atas Surat Bapak Hendri

Sehubungan dengan surat Bapak Hendri di MediaKonsumen.com tertanggal 11 Juni 2023 dengan judul: “Kecewa PT. AEON Credit Service Indonesia atas...
Baca Selengkapnya

22 komentar untuk “Kecewa PT. AEON Credit Service Indonesia atas Biaya Asuransi yang Tak Masuk Akal

  • 11 Juni 2023 - (18:40 WIB)
    Permalink

    mereka bisa seenaknya sama konsumen, logikanya anda juga bisa balas.. gak usah dibayar saja 🙂 biar tau rasa

    4
    1
    • 11 Juni 2023 - (18:54 WIB)
      Permalink

      Iya bro..buat pengalaman saja..ini saya jadikan transaksi terakhir bersama AEON..🙏🙏🙏

    • 12 Juni 2023 - (19:01 WIB)
      Permalink

      Sy juga pny pengalaman yg sama dgn aeon, sales aeon nya tdk menjelaskan mslh asuransi yg besar sekali yg masuk dlm pembayarn cicilan tiap blnnya tp sy sadarnya setelah timbul tagihan, buat pengalaman yg lain jg hati” sblm belanja dgn aeon..

  • 11 Juni 2023 - (19:26 WIB)
    Permalink

    “dan seandainya saya tahu ada biaya asuransi sebesar ini, saya tidak akan melakukan transaksi ini” makannya pihak perusahaan biasanya menaruh syarat dan ketentuan dengan tulisan yang kecil dan samar agar tidak terbaca oleh konsumennya, kalau ditulis JELAS ya kacau om, bisnis gak jalan

    • 11 Juni 2023 - (23:08 WIB)
      Permalink

      Dan Saya Kapok sekapoknya, jika melakukan pembelian kredit yang mengelabui, lebih baik saya pakai hp kentang daripada berhutang kredit untuk sekedar menaikkan pamor gaya didepan orang tapi dibelakangnya kita tersiksa atas perilaku saya sendiri. Dan akhirnya Ujung2 hp yg dibeli secara kredit tidak panjang umur alias Blank

  • 12 Juni 2023 - (01:37 WIB)
    Permalink

    Sayangnya TS tidak menjelaskan kronologi lengkap kapan dan bagaimana asuransi itu ikut masuk dalam transaksi. Setahu saya gerai penjual ponsel non-counter (misalnya EF, GS, dll) seringkali menawarkan berbagai jenis asuransi saat pembeli sudah deal dan barang diperiksa kelengkapannya. Sambil ngobrol sales-nya mulai membual mengenai proteksi ini-itu, jaminan layanan premium gono-gini, dst. Pembeli yang tidak aware akan mudah mengiyakan dan menyetujui, apalagi ini dalam kondisi terburu-buru.

    • 12 Juni 2023 - (06:43 WIB)
      Permalink

      Coba tanya ke admin Aeon credit dulu pak, itu asuransi jiwa atau asuransi HP? Kemungkinan besar itu asuransi jiwa, jadi amit2 cicilan belum lunas, tapi yang bersangkutan meninggal, cicilan dianggap lunas dan tidak membebani keluarga atau kerabat.

  • 12 Juni 2023 - (19:14 WIB)
    Permalink

    Itu bisa jadi asuransi untuk hardware nya jadi kalau HP kebanting pecah bisa diganti baru atau asuransi bila kehilangan, biasanya HP semahal itu ada asuransi kalau2 diambil maling. Coba cek ke admin nya AEON dech.

    • 15 Juni 2023 - (02:28 WIB)
      Permalink

      Makanya bro..ngeri juga biaya asuransinya..juga MUBAZIR karenakan tiap kita beli HP BARU sudah dapat garansi selama setahun dari perusahaan produk hp tersebut jika terjadi kerusakan bisa di klaim untuk perbaikan..nah coba di aeon ditambah – tambah lagi biaya ssuransi apalah sampai 2 juta..ketahuannya dirumah baru kaget karena di awal gak ada penjelasannya ..KAPOK SUDAH BERHUBUNGAN DENGAN AEON LAGI

    • 16 Juni 2023 - (10:59 WIB)
      Permalink

      Beli hp mahal puluhan juta tp kredit. Tar kalo ga sanggup bayar cicilan dan di tagih DC ngadu ksni lg.
      Itu tutornya bos.

 Apa Komentar Anda mengenai AEON Credit Service?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Kecewa PT. AEON Credit Service Indonesia atas Biaya Asuransi yang Tak …

oleh HENDRI dibaca dalam: 1 menit
22