Kartu Kredit Pengganti Tokopedia Card Tidak Kunjung Dikirim

Sebelumnya kartu Tokopedia Card saya sempat hilang, tapi kemudian ketemu lagi, dari orang lain yang menemukan. Karena khawatir disalahgunakan, saya berinisiatif mengganti kartu tersebut dengan yang baru. Saya lakukan pelaporan ke Call Center BRI 14017, pada hari Senin 5 Juni 2023 pukul 15:07.

Saya menjelaskan alasan penggantian kartu, dan CS mengatakan akan mengganti kartu tersebut dengan yang baru. Kartu yang saya pegang dinonaktifkan/diblokir pada hari itu juga. Nomor tiket aduannya adalah: 46254473. Saya akan dikenakan biaya penggantian kartu sebesar Rp50.000 dan saya setuju dengan biaya tersebut.

Beberapa hari kemudian status kartu di BRI Mobile sudah berubah menjadi “Transferred Acc” (lihat screenshot di bawah). Artinya kartu sudah dipindahkan ke yang baru, tetapi kartu yang baru belum saya terima (kebijakan pengiriman kartu kalau tidak salah adalah 7 hari untuk pulau Jawa).

Saya tunggu sampai 7 hari dari tanggal 5 Juni 2023, tidak ada pengiriman sama sekali. Sekarang sudah 2 minggu lewat tidak ada pengiriman kartu. Pada tanggal 19 Juni 2023, saya coba hubungi Call Center BRI dan mencoba menanyakan status pengiriman kartu baru saya. Saya diberikan nomor tiket aduan lagi, tapi lupa nomor berapa (sudah saya cari di ponsel tapi tidak ketemu).

Pada saat pengiriman kartu yang pertama, kartu saya langsung sampai ke alamat tujuan. Sedangkan yang sekarang sudah lewat 2 minggu tidak ada pengiriman kartu baru. Saya sendiri tidak pernah mengubah alamat kantor, alamat rumah nomor ponsel dan info lainnya.

Tanggal jatuh tempo untuk pembayaran adalah tanggal 2 Juli 2023, sedangkan saya tidak punya akses ke kartu lama (karena sudah dinonaktifkan dan statusnya transferred acc), dan kartu baru belum saya terima. Lantas bagaimana saya melakukan pembayaran kartu kredit?

Mohon kepada pihak Bank BRI untuk segera menyelesaikan masalah ini. Karena kalau saya menunggak atau masuk SLIK, itu bukan kesalahan saya, melainkan dari pihak bank.

Anton Toni Agung
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Bapak Anton Toni Agung

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Kartu Kredit Pengganti Tokopedia Card Tidak Kunjung Dikirim

  • 21 Juni 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Bayar kartu kredit bisa ke nomor yang lama nanti otomatis clear, tapi coba tanyakan dulu ke cs nya soalnya di bank lain kartu saya udah expired/diblokir masih bisa terima pembayaran ( credit )

  • 21 Juni 2023 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih telpon aja ke Call centernya buat tanya nomor kartu yg baru supaya bisa bayar tagihannya dulu, sambil nunggu kartunya selesai dikirim. Saya pernah juga kok begitu tapi pengirimannya sih sesuai jadwal

    • 21 Juni 2023 - (08:48 WIB)
      Permalink

      Saya barusan sudah di hubungi pihak BRI, katanya ada kesalahan cetak alamat jadi dikirim ulang.

  • 21 Juni 2023 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Setahu aku sih (pengalaman pribadi) apabila nasabah meminta kartu pengganti entah karena kartu hilang atau rusak dll, dan kartu baru belum diterima, maka nasabah bisa membayar tagihan kartu kredit tsb ke nomor yang lama terlebih dahulu, sampai kartu penggantinya diterima. Nanti otomatis gitu, di billing statement pembayarannya akan di transfer ke nomor yang baru gitu.

  • 21 Juni 2023 - (17:18 WIB)
    Permalink

    Terlalu takut…Dicek dulu di aplikasi mobile credit cardnya. Kalau tdk ada transaksi mencurigakan dan limitnya aman2 saja. Berarti kartunya aman. Gak perlu minta diblokir dan minta kartu pengganti. Sebab percuma sj punya kartu klw berada ditangan orang teledor, ceroboh. pelupa seperti anda.

    • 22 Juni 2023 - (01:20 WIB)
      Permalink

      Mohon maaf pak, saya g tahu apakah kartu yang hilang itu pernah di foto orang apa ga. Karena aplikasi seperti Lazada tidak butuh verifikasi 3D secure. Cukup masukin data2 di kartu dan pembayaran langsung terverifikasi.

      Emang kalau ada tagihan ke kartu kredit tsb anda mau ikut bayar?

      • 27 Juni 2023 - (08:53 WIB)
        Permalink

        iya sih , agak kaget , di beberapa marketplace tidak ada keamanan 3D secure.. pernah belanja di aliexpress , lazada. input saja transaksi berhasil

        • 27 Juni 2023 - (10:06 WIB)
          Permalink

          makanya saya inisiatif segera minta kartu pengganti wlopun kartu ini ketemu lagi; lebih tepatnya ditemukan orang. Mungkin bpk yg komen diatas tidak pernah belanja di lazada jadinya tidak bisa membedakan mana teledor dan hati2.

 Apa Komentar Anda mengenai Pengiriman Tokopedia Card?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kartu Kredit Pengganti Tokopedia Card Tidak Kunjung Dikirim

oleh Anton dibaca dalam: 1 menit
11